9 Artis Korea Utara dengan Kisahnya, Ada yang Tragis!

by -1 views
9-artis-korea-utara-dengan-kisahnya,-ada-yang-tragis!

Apa yang terlintas di pikiran Parents ketika mendengar nama Korea Utara? Senjata nuklir yang konon dapat mereka luncurkan sewaktu-waktu? Mode rambut dan pakaian penduduknya yang seperti tertinggal berdekade-dekade dari tren dunia? Atau aturan yang aneh di dalam negara tersebut? Atau, soal artis Korea Utara yang mungkin belum pernah Parents dengar namanya?

Republik Demokratik Korea atau yang lebih dikenal sebagai Korea Utara merupakan salah satu negara yang berada di Asia Timur. Ibu kota dan kota terbesar dari negara ini adalah Pyongyang. Negara yang sangat tertutup dari dunia Internasional ini menerapkan beberapa aturan yang sangat aneh bila dibandingkan dengan negara lain.

Korea Utara mempunyai jumlah penduduk kurang lebih 25 juta jiwa. Negara ini telah diperintah oleh 3 pria dari keluarga yang sama. Negara ini menerapkan aturan pemimpin seumur hidup, sehingga sampai saat ini hanya 3 orang yang telah memimpinnya.

Pemimpin pertama adalah Kim Il Sung yang telah meninggal pada tahun 1994. Setelah meninggal, kekuasaan negara ini beralih ke Kim Jong Il dan Kim Jong Un. Meskipun kepemimpinannya telah berubah, aturan-aturan aneh dan ketat di negara ini tetap dipertahankan sejak kepemimpinan Kim Il Ilsung.

Salah satu aturan di Korea Utara adalah membatasi tayangan televisi sehingga akan menghambat masyarakatnya ketika ingin berkreativitas. Oleh karena itu, Korea Utara hanya memiliki artis bentukan pemimpinnya saja dengan aturan seleksi yang sangat ketat. Aturan ini sangat berbeda dengan negara tetangganya, Korea Selatan, yang telah dikenal ke seluruh penjuru dunia. Lalu, siapa saja artis Korea Utara? Simak daftarnya di bawah ini.

1. So Un Hyang

So Un Hyang adalah pelatih vokal di Universitas Musik Pyongyang dan sering berpartisipasi dalam pertunjukan musik. So Un Hyang populer berkat suaranya yang merdu.

Ia beberapa kali tampil di pertunjukan orkestra di Korea Selatan dan sukses membuat banyak orang terpesona dengan kecantikannya. Ia juga dikenal sebagai wanita Korea Utara tercantik abad ke-21. Di samping berbakat, ia lebih dipuji karena penampilan fisiknya. 

2. O Mi Ran

O Mi Ran lahir di Pyongyang, Korea Utara pada 1954 dan memulai karirnya sebagai penari di Pyongyang Art Troupe, sebelum beralih ke akting pada 1979.

Film berjudul Fireworks menjadi debut karir keartisannya setelahnya dia membintangi banyak judul film. Ia dinobatkan sebagai Aktris Korea Utara Terbaik berkat aktingnya dalam film The Bellflower.

O Mi Ran didiagnosis menderita kanker dan mendapat perawatan di rumah sakit terbaik di Pyongyang. Banyak penggemar bersedih setelah kematiannya pada 2006. Ia dimakamkan di Pemakaman Patriotik Martir bersama dengan banyak veteran Gerakan Kemerdekaan Korea.

Artikel Terkait: Duh! Kim Jong Un Hukum Mati Warga Korea Utara yang Nekat Nonton Drakor

3. Sonu Hyang Hui

Sonu Hyang Hui adalah pemain biola pertama dan pemimpin band musik wanita yang terkenal, Moranbong Band. Sebelumnya ia adalah anggota Samjiyon Band di Mansudae Art Troupe. Moranbong Band kini menjadi band paling berpengaruh dan populer di Korea Utara, yang juga memiliki fan club di luar negeri.

Sonu Hyang Hui adalah lulusan Universitas Musik Kim Won Gyun di Pyongyang. Pada 2012, ia menjadi pemimpin bagian string dari Moranbong Band. Ia sempat menghilang dari band selama periode waktu tertentu, tapi selalu muncul kembali dalam beberapa konser.

4. Moranbong Band

Moranbong band adalah salah satu girlband yang ada di Korea Utara. Berbeda dengan negara tetangganya, Korea Selatan yang telah terkenal di kancah internasional karena telah memiliki banyak artis dan penyanyi.

Anggota dari Moranbong band ini berjumlah 20 orang dengan tiga penyanyi inti, yaitu Ryu Jin A, Ra Yu Mi, dan Kim Yu Gyong. Mereka merupakan penyanyi kebanggaan Kim Jong Un yang telah diberi gelar aktris terhormat. Selain itu, untuk proses seleksinya pun sangat ketat, hanya mereka yang tidak memiliki kecacatan ideologis dan memiliki paras cantik yang boleh bergabung dengan Moranbong band.

5. Chongbong Band

Pada tahun 2015 lalu, Kim Jong Un membentuk sebuah band baru yaitu Chongbong Band. Girlband ini terdiri atas 7 orang penyanyi wanita yang memiliki wajah cantik. Di tahun yang sama, girlband ini memulai debut publiknya di Rusia. Alasan pemilihan tempat di Rusia karena untuk memperkuat hubungan ekonomi antara Korea Utara dan Rusia.

Selain di Rusia, Chongbong Band juga tampil di teater rakyat Pyongyang dan di hadapan Kim Jong Un secara langsung.

Artikel Terkait: Warga Korut Dilarang Tertawa 11 Hari Lamanya, Ternyata Ini Alasannya

6. Wangjaesan Light Music Band

Selama Kim Jong Il menjabat sebagai pemimpin Korea Utara, ia juga pernah membentuk sebuah girlband bernama Wangjaesan Light Music Band. Girlband ini terkenal pada tahun 80-an dan telah membawakan banyak lagu.

Konon katanya, tahun 2013 lalu, banyak kabar yang mengatakan bahwa beberapa dari anggota girlband ini telah dieksekusi oleh Kim Jong Un.

Artikel Terkait: Ternyata Tak Mudah, 7 Aturan Ini Harus Dipatuhi Ri Sol-ju Istri Kim Jng Un

7. Hong Yong Hui

Hong Yong Hui adalah salah satu aktris Korea Utara terbaik sepanjang masa. Ia lahir di Kaesong, Provinsi Hwanghae Utara pada tahun 1955. Pada tahun 1972, pada usia 17 tahun, ia memulai debutnya di film terkenal The Flower Girl, yang membuatnya mendapatkan gelar artis terbaik dan pada saat yang sama, dia mendapat predikat sebagai bintang nasional.

Sejak itu, ia telah tampil di banyak film Korea Utara lainnya sebagai protagonis, seperti We Met Again on Mt. Myohyang dan Silver Harpin. Dia memperoleh gelar People Actress pada tahun 1980 dan telah memenangkan beberapa medali termasuk First Class of the National flag.

8. Kim Ryon Hwa

Kim Ryon Hwa lahir di Pyongyang pada tahun 1973. Setelah lulus kuliah, ia berkelana ke dunia akting dan memainkan berbagai peran dalam film seperti We Live Here dan Trunks Grow From Roots.

Salah satu perannya yang paling terkenal adalah sebagai mata-mata yang sangat terlatih dalam serial Red Balsam.

9. Woo In Hee

Aktris yang satu ini meraih popularitas di dunia hiburan Korea Utara pada era 1960-an dan telah berakting di puluhan judul film. Di antaranya adalah The Tale of Chunhyang dan The Girl from Diamond Mountain.

Sayangnya, aktris yang dijuluki perempuan tercantik di Korea Utara ini meninggal mengenaskan pada 1981. Woo dieksekusi Kim Jong Il, putra Kim Il Sung yang saat itu memimpin Korea Utara, akibat membocorkan hubungan rahasia mereka. Wow..seram sekali ya.

Memang terlihat masih jauh dengan negara tetangganya, Korea Selatan. Tetapi Artis-artis Korea Utara di atas sudah selayaknya kita apresiasi karyanya, karena seni itu universal.

 

Harganya Selangit! Ini 10 Gaya Busana Shin Min Ah di Hometown Cha Cha Cha

10 Fakta Kim Soo Hyun, Aktor dengan Bayaran Termahal di Korea Selatan

13 Artis Korea yang Sempat Berdonasi untuk Atasi Penyebaran Virus Corona

Leave a Reply

Your email address will not be published.