8 Sifat R.A Kartini yang Patut Diteladani, Terapkan di Keseharian yuk!

by -1 views
8-sifat-r.a-kartini-yang-patut-diteladani,-terapkan-di-keseharian-yuk!

Panutan perempuan masa kini!

Setiap tanggal 21 April diperingati sebagai hari Kartini. Ibu kita Kartini ialah salah satu pahlawan Nasional yang memiliki peran besar dalam memajukan pendidikan kaum perempuan di Indonesia.

Kisah perjuangan R.A kartini tentunya patut diapresiasi. Terlebih lagi ada banyak nilai-nilai yang bisa dicontoh dari beliau. Berikut ini adalah 8 sifat kartini yang patut diteladani oleh generasi muda.

1. Pribadi yang gemar membaca dan belajar

Sifat R.A Kartini yang Patut Diteladani | Source image: Foto oleh Dodo Karundeng/ANTARA

R.A Kartini dikenal sebagai wanita yang memiliki wawasan luas dan menguasai beberapa bahasa. Kecerdasannya didapat karena ia memiliki hobi membaca surat kabar dan juga berbagai buku, seperti budaya, agama, sastra, dan masih banyak lagi.

Sifat R.A Kartini yang Patut Diteladani | Source image: tribunnews.com

Seperti yang banyak diketahui, salah satu karya populer beliau adalah buku yang berjudul “Habis Gelap Terbitlah Terang”. Buku tersebut berisi kumpulan surat-surat yang telah ditulis oleh R.A Kartini semasa hidupnya. Terdapat kutipan populer yang layak dijadikan inspirasi salah satunya “Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi, satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri”.

Klik dan temukan beragam perlengkapan unik untuk dukung hobimu!

3. Mencintai bangsa Indonesia khususnya kaum perempuan

Sifat R.A Kartini yang Patut Diteladani | Source image: Tagar.id

Perjuangan Kartini muda memang layak diapreasiasi. Beliau dikenal sebagai pelopor kesetaraan derajat antara laki-laki dan perempuan di Indonesia termasuk di bidang pendidikan. Sehingga kaum perempuan juga bisa membaca dan menulis, Perjuangannya dimulai saat ia berusia 12 tahun.

4. Berjiwa sosial dan penuh rasa kasih sayang

Sifat R.A Kartini yang Patut Diteladani | Source image: Portal Informasi Indonesia

Kartini mempunyai kepedulian terhadap sesama. Anak-anak didiknya juga banyak yang berasal dari kalangan menengah bawah, misalnya anak-anak terlantar. Rasa kasih sayang juga ditunjukannya melalui kutipan “Cinta melahirkan cinta, tetapi hinaan tak akan pernah menimbulkan kasih sayang.”

5. Tetap menjadi pribadi yang sederhana

Sifat R.A Kartini yang Patut Diteladani | Source image: Film Kartini

Walaupun lahir dari keluarga bangsawan, tidak serta merta membuatnya hidup bermewah-mewahan. Bahkan saat hari pernikahannya ia memilih pakaian sederhana dan tidak mengadakan pesta mewah seperti halnya anak bangsawan lainnya.

6. Merakyat dan tak sungkan untuk berbaur

Sifat R.A Kartini yang Patut Diteladani | Source image: Film Kartini

Beliau juga tidak membatasi diri dengan lingkungan sekitar. Bahkan ia dapat berbaur dengan masyarakat dari berbagai kalangan tanpa membeda-bedakannya berdasarkan status sosial.

7.  Sosok yang pemberani dan optimis

Sifat R.A Kartini yang Patut Diteladani | Source image: Film Kartini

Keteguhannya untuk menyetarakan gender sempat mendapatkan tentangan dari masyarakat. R.A Kartini menilai bahwa perempuan tidak hanya bisa menjadi ibu rumah tangga saja, melainkan dapat mengenyam pendidikan dan mengejar cita-citanya.

8. Berbeda pendapat namun tetap menghormati orang tua

Sifat R.A Kartini yang Patut Diteladani | Source image: harpersbazaar.co.id

Layaknya hubungan anak dan orang tua, ada saja perbedaan pendapat yang terjadi. Termasuk R.A Kartini yang memiliki perbedaan pandangan hidup dengan orang tuanya. Namun, beliau berusaha untuk tetap menghormati dan menghargai keputusan yang diambil oleh orangtuanya.

Itu dia 8 sifat R.A Kartini yang patut diteladani. Semoga bisa menjadi inspirasi generasi masa kini dan bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari.


Makin percaya diri dengan  koleksi terkini women’s outwear!

Cek terus Blog Jakmall untuk info ter-update lainnya!

Baca juga: Cara Memperingati Hari Kartini Walau Sedang #DiRumahAja

Leave your vote

728 Points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *