8 Plugin Contact Form WordPress Terbaik Untuk Website

by -0 views
8-plugin-contact-form-wordpress-terbaik-untuk-website

Bagi Anda yang memiliki website bisnis, tentunya interaksi dan komunikasi dengan klien atau calon konsumen adalah hal yang sangat krusial dan penting. Kemudahan klien atau konsumen dalam menghubungi Anda secara langsung melalui website akan menjadi penilaian tersendiri dalam menentukan kredibilitas dan profesionalitas. Alur berinteraksi antara pelanggan dengan penyedia jasa atau barang yang menggunakan website sebagai platform untuk promosi mereka saat ini masih terbilang cukup rumit.

Ketika seorang calon pelanggan menemukan website Anda dan tertarik dengan barang atau jasa yang ditawarkan, maka mereka akan mencari cara untuk menghubungi Anda bukan? Lalu apa yang mereka temukan? Mereka mungkin menemukan sebuah fitur obrolan langsung di sudut bawah kanan website Anda atau nomor telepon untuk dihubungi.

Dengan contact form berupa email, memungkinkan calon pelanggan yang berkunjung pada website dapat mengirim pesan dengan cepat melalui email dan merespon balik email tersebut sesuai waktu luang yang mereka miliki.

Bagi Anda yang menggunakan WordPress sebagai website bisnis, jangan khawatir akan kesulitan untuk menambahkan contact form ke dalam WordPress, karena saat ini telah tersedia berbagai jenis plugin contact form. Dan dalam artikel ini pula, Anda akan mengetahui 8 plugin contact form WordPress terbaik disertai dengan keunggulan dan fitur unik dari masing-masing. Silakan simak penjelasannya!

Daftar Plugin Contact Form WordPress

WPForms

Plugin Contact Form WPForms

WPForms merupakan jenis plugin contact form untuk WordPress terbaik dan andal karena dapat dengan mudah digunakan oleh pemilik website bisnis yang pemula sekalipun. WPForms menyediakan layanan untuk membuat formulir online bagi website bisnis Anda hanya dalam hitungan menit saja. Plugin ini juga menyediakan berbagai template untuk online form yang Anda butuhkan.

Bagi Anda yang menginginkan email sebagai bentuk contact form di website bisnis Anda, maka plugin ini adalah pilihan yang tepat. Dikarenakan WPForms dapat dengan mudah terintegrasi dengan email service provider pilihan Anda. Bahkan plugin ini dapat pula melakukan konfigurasi dan mengumpulkan data-data dari pemesanan, booking, atau pembelian yang dilakukan oleh pelanggan website Anda dari berbagai sistem pembayaran online seperti PayPal, Stripe, dan lainnya.

Fitur-fitur yang dimiliki oleh plugin WPForms:

  • Melakukan drag and drop pada form builder yang memudahkan Anda untuk membuat formulir tanpa menggunakan koding
  • Fitur proteksi spam yang dapat mengamankan formulir dari pengiriman spam menggunakan teknologi CAPTCHA dan honeypot. Teknologi tersebut juga memungkinkan formulir yang dibuat menjadi multi halaman atau multipage.
  • Fitur notifikasi instan yang berguna agar Anda sebagai pemilik website mengetahui ketika ada pelanggan yang mengirimkan email melalui WordPress sehingga Anda dapat dengan cepat membalasnya
  • Fitur personalisasi dengan mendeteksi geolokasi

Selain fitur-fitur yang disebutkan di atas, WPForms juga menyertakan sejumlah add-on yang dapat membantu pengunjung website berkontribusi secara langsung terhadap website Anda seperti dengan mengirimkan konten mereka sendiri. Add-on tersebut mungkin berguna bagi Anda yang memiliki website bisnis berupa online media. Yang tidak kalah penting adalah plugin WPForms juga menyediakan layanan versi gratis.

Gravity Forms

Plugin Contact Form gravity forms

Gravity Forms merupakan salah satu plugin contact form yang sangat populer digunakan pada WordPress. Gravity Forms menawarkan layanan dalam pembuatan formulir mulai dari versi sederhana hingga versi yang sangat kompleks sekalipun.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh Gravity Forms adalah sebagai berikut:

  • Pembuatan formulir yang responsive dengan filter spam
  • Menambahkan gateway pembayaran pada formulir yang dapat mendukung berbagai digital payment seperti PayPal
  • Fitur upload file yang memungkinkan website Anda berinteraksi dengan calon pelanggan dengan lebih interaktif. Calon pelanggan yang datang ke website bisnis Anda dapat dengan mudah mengunggah file (lembar feedback, bukti pembayaran, dan lainnya) ke dalam formulir

Gravity Forms cocok bagi Anda yang sedang mencari sebuah plugin contact form untuk membuat formulir yang kompleks karena plugin ini memiliki berbagai fitur dan layanan yang sangat lengkap. Namun harus Anda ingat jika Gravity Forms memang memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan plugin contact form lainnya. Harga yang ditawarkan oleh Gravity Forms berkisar antara $59 hingga $259.

Formidable Forms

Plugin Contact Form formidable forms

Formidable Forms adalah salah satu jenis plugin contact form yang tersedia dengan versi gratis. Namun apabila Anda menginginkan sebuah contact form yang cukup kompleks dan lebih terlihat professional, maka Anda dapat memilih versi Pro (berbayar) dari plugin ini. Versi Pro dari Formidable Forms hadir dalam dua pilihan yakni dengan harga $99 (for one site) dan versi harga $399 (for unlimited sites).

Plugin ini sangat mudah digunakan dalam membuat formulir, terutama bagi seseorang yang tidak banyak memiliki pengetahuan dalam dunia webmaster sekalipun. Pembuatan contact form menggunakan plugin ini hanya memakan waktu kurang lebih 60 detik. Kecepatan waktu yang ditawarkan Formidable dalam membuat formulir di WordPress dikarenakan plugin ini memiliki fitur drag and drop.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh Formidable Forms adalah sebagai berikut:

  • Melakukan import dan export formulir menggunakan XML
  • Melakukan modifikasi pada HTML dan CSS untuk membuat formulir lebih sesuai dengan yang Anda inginkan
  • Dapat terintegrasi dengan WooCommerce yang merupakan plugin e-commerce paling populer di WordPress

Kelebihan yang tak kalah penting dimiliki oleh Formidable adalah dapat membuat berbagai jenis dan bentuk formulir, misalnya formulis survey, pembayaran, pemesanan, quiz, registrasi, hingga bahkan kalkulator.

Ninja Forms

Plugin Contact Form ninja forms

Apakah Anda mencari sebuah plugin contact form dengan berbagai fitur dan memiliki kemampuan membuat formulir yang kompleks dan detail? Maka Ninja Forms adalah pilihan yang sangat tepat. Hadir dalam versi gratis dan berbayar dengan tarif berlangganan berbayar hanya mulai dari $29.

Plugin ini juga mobile friendly dan memiliki fitur drag and drop sehingga sangat mudah digunakan bagi pemiliki website bisnis yang sangat awam terhadap pemrograman. Ninja Forms pun memiliki tim support yang dengan siaga siap membantu keluhan dan permasalahan mengenai contact form WordPress yang Anda hadapi.

Visual Form Builder

Plugin Contact Form visual form builder

Plugin Visual Form Builder memiliki versi gratis dan berbayar seperti halnya kebanyakan plugin contact form lainnya. Versi Pro (berbayar) dari plugin ini dibanderol mulai dari $29. Plugin ini juga memiliki fitur drag and drop yang sangat memudahkan penggunanya dalam menghasilkan sebuah formulir.

Kelebihan plugin ini jika dibandingkan dengan plugin lainnya adalah dapat mengekspor formulir Anda ke dalam file CSV dan secara otomatis menyimpan formulir pada database WordPress. Selain kelebihan tersebut, kelebihan lainnya adalah dapat menduplikasi formulir hanya dengan sekali klik sehingga sangat menghemat waktu.

Caldera Forms

Plugin Contact Form caldera forms

Caldera Forms memiliki desain tampilan yang sangat menarik karena fitur desain responsive yang dimilikinya memungkinkan tata letak formulir dapat disesuaikan dengan ukuran layar dari gadget (smartphone, tablet, atau laptop).

Selain itu, plugin ini mendukung beberapa add-on seperti Google Analytics, PayPal, BrainTree, Authorize.net, Dwolla, Stripe, MailChimp, ConvertKit, Aweber, A/B Testing, dan yang lainnya. Kelebihan lain dari Caldera Forms yaitu menyediakan fitur conditional logic, multipage form, hingga tracking submission yang tersedia hanya dengan menggunakan versi gratis dari plugin ini.

Contact Form 7

Plugin Contact Form 7

Anda adalah seorang pebisnis pemula yang menggunakan WordPress sebagai platform untuk menjual dan mempromosikan produk Anda serta saat ini sedang mencari sebuah plugin contact from yang 100% gratis? Maka Contact Form 7 adalah pilihan yang sangat tepat. Plugin ini tidak memiliki versi berbayar dan 100% bebas dari iklan.

Tidak heran jika plugin ini telah digunakan oleh lebih dari 5 juta WordPress. Meskipun hanya hadir dalam versi gratis, tidak menjadikan plugin ini memiliki fitur yang kaleng-kaleng. Banyak kelebihan yang dimiliki Contact Form 7, diantaranya fitur keamanan yang dapat terintergrasi dengan tools Akismet spam filtering dan CAPTCHA. Serta dapat digunakan untuk membuat formulir otomatis dengan hanya menyesuaikan kolom dan melakukan modifikasi.

Contact Form by BestWebSoft

Plugin Contact Form BestWebSoft

Plugin Contact Form by BestWebSoft merupakan plugin “freemium” yang hadir dalam versi gratis dan juga berbayar. Untuk versi berbayarnya terbilang cukup terjangkau dibandingkan plugin lainnya yaitu berkisar dari $30 per tahun untuk satu situs hingga $300 untuk akses seumur hidup.

Salah satu keunikan dan kelebihan dari plugin ini adalah dapat memungkinkan pemilik website untuk mengatur sendiri penerima dari formulir email yang akan dibuat. Contohnya adalah apabila website Anda ingin mengirimkan email newsletter hanya kepada pelanggan tertentu yang loyal, maka Anda dapat mengaturnya dengan mudah menggunakan plugin Contact Form by BestWebSoft.

Kesimpulan

Meskipun dengan memiliki fitur chat langsung menggunakan Virtual Assistant website adalah cara yang luar biasa digunakan untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan pengunjung website, namun penting untuk tetap menyediakan berbagai opsi bagi calon pelanggan. Lagipula, kebanyakan orang mungkin sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk duduk sambil menelepon atau terus-menerus berbalas pesan dengan Virtual Assistant (VA).

Oleh karena itu, membuat sebuah formulir sebagai contact form di WordPress Anda adalah cara yang cukup simpel dan efisien. Karena saat ini telah tersedia berbagai plugin contact form untuk WordPress. Di antaranya yaitu WPForms, Gravity Forms, Formidable Forms, Contact Form by BestWebSoft, Contact Form 7, Caldera Forms, Visual Form Builder, dan Ninja Forms. Jika Anda sudah tertarik dengan salah satu plugin di atas, saat menginstal plugin tersebut. Ikuti panduan cara install plugin WordPress berikut untuk informasi selengkapnya!

Dari daftar tersebut, plugin contact form yang paling populer adalah “Contact Form 7” yang tersedia 100% dalam versi gratis tanpa harus berlangganan premium untuk mendapatkan berbagai fiturnya.

Bagi Anda yang ingin menggunakan plugin tersebut namun belum memiliki website, Anda bisa membeli layanan hosting WordPress Indonesia dari Exabytes. Anda bisa membuat website dengan mudah hanya dengan sekali klik saja! Mulai sekarang!

Sekian informasi yang bisa kami berikan. Semoga bermanfaat.

Leave your vote

434 Points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *