8+ Kelebihan Microsoft Office 365 & Manfaatnya Bagi Bisnis

by -3 views
8+-kelebihan-microsoft-office-365-&-manfaatnya-bagi-bisnis

Selain Google, platform lain yang juga sering digunakan dan kian populer adalah Microsoft. Hampir setiap orang pasti setidaknya memiliki satu produk Microsoft pada komputer mereka, entah itu Power Point, Teams, Office, Excel, Outlook, OneNote, atau OneDrive. 

Kedua perusahaan yang kian melejit tersebut (Google dan Microsoft) terus bersaing secara positif dengan meningkatkan kualitas produk mereka melalui fitur-fitur yang terus dikembangkan. Microsoft sendiri pada bulan Oktober 2010 mulai meluncurkan produk terbaru mereka yang bertajuk Office 365

Hingga saat ini, layanan yang dimiliki oleh Office 365 telah berkembang dengan pesat sampai berhasil memperoleh pendapatan lebih besar dibandingkan versi Microsoft Office terdahulu (versi klasik). Hal tersebut memicu adanya inisiasi pada tahun 2020 untuk melakukan rebranding dengan mengubah nama Office 365 menjadi Microsoft 365.

Nah, agar kalian tak ketinggalan update teknologi terkini saat ini, terus simak artikel berikut karena akan membahas salah satu aplikasi yang sangat dibutuhkan oleh semua orang yaitu Office 365. Tentu saja kalian juga penasaran bukan apa saja kelebihan Office 365 hingga berhasil menyedot banyak pengguna dan meraup keuntungan yang besar. So, jangan sampai ketinggalan, ya! Terus simak selengkapnya!

Apa Itu Microsoft Office 365?

Microsoft Office 365 memiliki begitu banyak keunggulan sehingga kian diminati.
Microsoft Office 365 memiliki begitu banyak keunggulan sehingga kian diminati. (Sumber: iStock Photo)

Microsoft Office 365 adalah produk terbaru dari Microsoft yang dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi cloud. Secara singkat, Office 365 menggabungkan berbagai layanan Microsoft seperti Word, Excel, SharePoint, Teams, Outlook, dan lainnya. Karena Office 365 telah menerapkan teknologi cloud, maka semua layanan tersebut mudah diakses dari mana pun, kapan pun, dan melalui perangkat apa pun asalkan terhubung dengan internet. 

Microsoft Office 365 sangat membantu perusahaan dan pelaku bisnis karena terhubung secara langsung dengan perangkat lunak tambahan yang berbasis komputasi awan, yaitu Hosting Exchange Server, SharePoint, Skype for Business Server, serta Windows 10 Enterprise. Sedikit bocoran mengenai kelebihan Office 365, bahwa layanan ini tidak perlu di-update secara manual karena akan diperbarui otomatis secara berkala tanpa memerlukan biaya tambahan.

Meskipun saat ini Office 365 telah memiliki pamor yang cemerlang terutama bagi kalangan pebisnis, tapi versi Microsoft Office lainnya masih memiliki tempat tersendiri di hati para pengguna setianya. Lalu, apa sih sebenarnya perbedaan Office 365 dengan versi lainnya? Exabytes Friends dapat menemukan jawabannya dengan singgah sejenak pada artikel berikut: Perbedaan Microsoft Office 365 dan Office 2019 

Kelebihan Office 365 yang Dapat Dimanfaatkan

Pada bagian sebelumnya telah diberikan sedikit bocoran mengenai keunggulan Office 365 yaitu dapat ter-update otomatis secara berkala tanpa tambahan biaya. Nah, untuk mengetahui kelebihan-kelebihan lain dari Office 365 maka simak selengkapnya pada pembahasan di bawah ini. Selamat membaca!

Layanan Bebas Panggilan Internasional Setiap Bulan Menggunakan Skype

Dengan menggunakan Skype, komunikasi jarak jauh akan terasa lebih mudah. Ini merupakan salah satu kelebihan office 365.
Dengan menggunakan Skype, komunikasi jarak jauh akan terasa lebih mudah. (Sumber: iStock Photo)

Karena Microsoft Office 365 telah tersambung secara otomatis dengan Skype, maka siapa pun yang berlangganan Office 365 akan mendapatkan layanan panggilan internasional gratis selama 60 menit untuk setiap bulan (tergantung pula dari wilayah). Kalian juga akan lebih mudah untuk menggunakan beberapa fitur premium dari Skype, seperti voice mail, membuat panggilan ke darat, dan SMS.

Akses Penyimpanan ke Cloud Storage

Cloud storage dapat menyimpan data dan file secara mudah.
Cloud storage dapat menyimpan data dan file secara mudah. (Sumber: iStock Photo)

Kelebihan Office 365 berikutnya yaitu menyediakan bonus penyimpanan berbasis komputasi awan (cloud storage) sebesar 1 TB (Terabyte) di Microsoft OneDrive. Sehingga kalian dapat bebas menyimpan dan mengakses data serta file kapan pun dan di mana pun. Dengan berlangganan Office 365 maka tidak perlu lagi membeli cloud storage terpisah karena Office 365 telah menyediakannya secara gratis.

Dapat Digunakan di Berbagai Perangkat Sekaligus

kelebihan Office 365 selanjutnya adalah Microsoft Office 365 tidak hanya dapat digunakan pada satu perangkat saja, tetapi banyak perangkat. Pengguna dapat menggunakan Office 365 melalui laptop dengan Operating System MacOS atau Windows, tablet, atau pun smartphone. 

Keistimewaan bagi pengguna Microsoft Office 365 untuk bisnis, maka dapat menggunakan layanannya secara bersamaan pada 5 perangkat pengguna sekaligus. Sehingga proses koordinasi dalam pekerjaan bisnis dapat dilakukan secara mudah dan cepat. Sangat bermanfaat sekali, bukan?

Layanan Customer Service 24 Jam

Layanan customer service yang cepat tanggap akan sangat mempermudah pelanggan.
Layanan customer service yang cepat tanggap akan sangat mempermudah pelanggan. (Sumber: iStock Photo)

Apabila terdapat gangguan atau trouble ketika menggunakan layanan Office 365, maka kalian tidak perlu cemas. Karena customer service dapat dihubungi melalui chat, telepon, dan e-mail kapan pun selama 24 jam untuk menangani keluhan dan siap membantu kalian.

Memiliki Tingkat Keamanan yang Canggih

Tingkat keamanan yang canggih adalah salah satu kelebihan Office 365. Karena Microsoft Office 365 telah dilengkapi dengan standar keamanan 27001 ISO / IEC. Standar keamanan tersebut telah diakui secara internasional sehingga seluruh dokumen dan data diri pengguna akan terjamin aman. 

Selain itu, layanan Office 365 saat ini juga sudah sesuai dengan standar keamanan Perlindungan Data Directive Uni Eropa. Dengan tingkat keamanan yang berkelas internasional kalian tidak perlu khawatir lagi akan kebocoran data atau hacking pada layanan Microsoft Office 365.

Dilengkapi dengan Office 365 Education

Office 365 Education dapat mempermudah proses belajar online.
Office 365 Education dapat mempermudah proses belajar online. (Sumber: iStock Photo)

Kelebihan Office 365 selanjutnya adalah terhubung dengan layanan Office 365 for Education. Layanan tersebut sangat membantu penggunanya yang masih berstatus pelajar untuk kebutuhan pendidikan mereka. Para siswa yang memiliki Live ID akan dapat mengakses Outlook Live, Windows Live Spaces, Windows Live Messenger, Windows Live SkyDrive, Windows Live Mobile, dan lainnya.

Menyediakan Berbagai Aplikasi Penunjang yang Lengkap

Dengan berlangganan Office 365, maka pengguna akan memperoleh bermacam-macam aplikasi penunjang yang sangat lengkap dan membantu dalam pekerjaan sehari-hari. Aplikasi penunjang tersebut di antaranya adalah:

SharePoint Online

SharePoint Online sangat cocok digunakan oleh sebuah tim yang akan berbagi data dan dokumen dengan para anggota timnya. Fungsi utama dari aplikasi ini yaitu untuk berbagi, menyimpan, dan mengakses informasi (data dan dokumen penting) melalui perangkat apa pun.

Yammer

Yammer berfungsi untuk mempermudah proses komunikasi dengan orang dari luar tim atau organisasi serta memungkinkan sebuah komunikasi dilakukan laksana sebuah forum. Namun, Yammer juga dapat digunakan untuk berkolaborasi antar anggota perusahaan atau organisasi. 

Skype

Bagi pelaku bisnis, peranan Skype sangat dibutuhkan. Skype yang telah dilengkapi dengan teknologi VoIP, audio, video, dan konferensi web sangat membantu untuk berkomunikasi antar anggota tim secara jarak jauh.

OneDrive

OneDrive adalah aplikasi berbasis cloud untuk mengunggah dan menyimpan segala file kalian sehingga dapat dengan mudah diakses kapan pun dan dimana pun. Melalui OneDrive, akan dengan mudah pula berbagi file dengan orang lain melalui perangkat apa pun.

Selain yang telah disebutkan di atas, aplikasi penunjang lainnya yang terhubung dengan Office 365 yaitu Microsoft Teams, Outlook Online, dan Delve Board.

Biaya Berlangganan yang Fleksibel

Office 365 mengklasifikasikan harga berlanggan menjadi lima jenis, yaitu Home, Business, Business Premium, ProPlus, dan Enterprise. Home ditujukan bagi pengguna pribadi atau pun keluarga dan aksesnya hanya dibatasi pada lima pengguna saja. Sedangkan Business dan Business Premium dilengkapi dengan layanan online SharePoint, Skype for Business, dan Microsoft Exchange.

ProPlus menawarkan akses ke layanan Microsoft Office 2019 dan dapat digunakan oleh lima pengguna. Yang terakhir yaitu Enterprise ditujukan bagi lingkungan perusahaan dan dilengkapi dengan fitur yang lebih lengkap (semua aplikasi Office, Microsoft Exchange yang telah di-hosting, dan lainnya).

Jika kalian tertarik ingin membeli Office 365, maka dapat berkunjung sejenak ke website Exabytes karena tersedia paket Office 365 dengan harga yang lebih terjangkau. 

Mempermudah Proses Bisnis

Penggunaan Office 365 dapat mempermudah proses bisnis.
Penggunaan Office 365 dapat mempermudah proses bisnis. (Sumber: iStock Photo)

Salah satu kegunaan Microsoft Office 365 yang cukup penting adalah untuk mempermudah proses bisnis. Melalui fitur-fitur yang tersedia, Office 365 dapat membantu agar kolaborasi, komunikasi, dan kerja sama antar anggota perusahaan tetap stabil dilakukan meskipun secara jarak jauh.

Misalnya, meskipun karyawan bisnis tidak bekerja secara tatap muka, tetapi dengan menggunakan OneDrive mereka dapat berbagi file dengan mudah. Melalui Microsoft Teams dan Skype mereka bisa melakukan video conference dengan lancar. Sehingga pekerjaan akan tetap berjalan stabil dan mudah.

Kesimpulan

Microsoft Office 365 yang mulai diperkenalkan pada publik sejak tahun 2010 telah menyedot perhatian semua orang. Banyak perusahaan dan pelaku bisnis yang menggunakan layanan Office 365 untuk membantu agar pekerjaan berjalan lancar meskipun secara daring. Hingga akhirnya versi lengkap dari Microsoft Office 365 dirilis pada bulan Juni 2011.

Office 365 semakin diminati lantaran memiliki berbagai keunggulan menarik. Beberapa kelebihan Office 365 yaitu layanan bebas panggilan internasional setiap bulan menggunakan skype, akses penyimpanan ke cloud storage, dapat digunakan di berbagai perangkat sekaligus, layanan customer service 24 jam, memiliki tingkat keamanan yang canggih, dilengkapi dengan office 365 education, menyediakan berbagai aplikasi penunjang yang lengkap, biaya berlangganan yang fleksibel, mempermudah proses bisnis.

Office 365 juga dilengkapi dengan berbagai aplikasi penunjang, diantaranya OneDrive, Skype, Yammer, SharePoint Online, Office 365 Education, Microsoft Teams, Outlook Online, dan Delve Board. Berdasarkan biaya berlangganan, Office 365 dikelompokkan menjadi Home, Business, Business Premium, ProPlus, dan Enterprise.

Nah, cukup sekian pembahasan kali ini mengenai kelebihan Office 365. Semoga bermanfaat, ya! Bagi kalian yang ingin membaca artikel-artikel menarik lainnya mengenai website atau digital marketing maka dapat mengunjungi blog Exabytes. Selain itu, Exabytes sebagai perusahaan hosting Indonesia juga menyediakan jasa web hosting, loh! Untuk selengkapnya Exabytes Friends dapat mengunjungi laman Exabytes, ya.

Leave your vote

333 Points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *