26.8 C
Jakarta
Sunday, May 22, 2022

Inilah Tutorial Shalat Bagi Orang yang Sakit | Bincang Syariah

BincangSyariah.Com–  Shalat merupakan ibadah paling...

Hukum Bersentuhan dengan Bukan Mahram Saat Thawaf | Bincang Syariah

BincangSyariah.Com– Termasuk dari syarat thawaf...

8 Cara Terbaik untuk Menghilangkan Rasa Ngantuk saat Bekerja

Edukasi8 Cara Terbaik untuk Menghilangkan Rasa Ngantuk saat Bekerja

cara-menghilangkan-ngantuk

Kamu sering ngantuk di tempat kerja? Berikut tips dan cara menghilangkannya.

“Huaaah… kenapa hari ngantuk banget ya?”

Apakah kamu juga sering mengeluhkan hal tersebut? Jika iya, berarti kita sama. Secara umum rasa ngantuk ini memiliki banyak penyebab lho, mulai dari kurang tidur, bosan, kurangnya aktivitas fisik, hingga stres. Nah, bagi kamu yang mungkin bingung menghadapi permasalahan ini, yuk simak artikel berikut untuk mengetahui beberapa tips dan cara menghilangkan rasa ngantuk saat bekerja. Let’s go.

1. Mengonsumsi kafein

Ketika mendengar kata kafein, pasti hal yang pertama kali terbayang olehmu adalah kopi. Dengan kandungan kafein di dalamnya, membuat kopi dianggap sebagai salah satu solusi untuk mengatasi rasa ngantuk. 

Dikutip dari Houston Methodist, minuman berkafein sangat cepat diserap oleh tubuh termasuk otak, sehingga ketika setelah dikonsumsi akan menimbulkan efek waspada dan terjaga. Oleh karena itu, minuman ini sangat cocok bagi kamu yang sering ngantuk di tempat kerja. Namun, jangan sampai berlebihan ya. 

Lalu bagaimana dengan kamu yang tidak bisa minum kopi? Tenang guys, selain kopi masih ada cara lain kok, keep scrolling ya.

2. Bangun dari mejamu dan pergi keluar ruangan

Tak jarang beberapa dari kamu mungkin cepat merasakan lelah, kepala terasa berat dan akhirnya merebahkannya ke atas meja. Adapun hal ini dapat disebabkan oleh dirimu yang terlalu lama duduk sambil memaksakan menyelesaikan pekerjaanmu. Berdasarkan penelitian dari British Medical Journal, terlalu lama duduk dapat menyebabkan kelelahan. Ketika kamu lelah maka dapat berujung pada rasa ngantuk yang tidak terhindarkan. 

Sebagai solusi dari hal tersebut, cobalah bangun dari tempat dudukmu dan ambil waktu sebentar dengan jalan-jalan keluar ruangan untuk menghirup udara segar. Hal ini terbilang cukup efektif. Dengan berjalan-jalan sebentar dapat membuat peredaran darah menjadi lancar dan membantumu tetap terjaga serta dapat berkonsentrasi kembali pada pekerjaanmu. 

3. Melatih pernapasan

Selain mencari udara segar, kamu dapat melatih dan mengatur pernapasan agar dapat menjadi lebih rileks. Terkadang kita tidak sadar bahwa pernapasan yang kita lakukan pada saat bekerja tidak memberikan oksigen secara optimal.  

Berdasarkan artikel pada Medical News Today, dengan meluangkan waktu untuk berlatih pernapasan dalam setiap hari dapat meningkatkan jumlah oksigen dalam tubuh dan membantu mengurangi kelelahan. Kamu dapat mencobanya dengan mengambil beberapa napas lambat dan dalam ke perut. Hal ini dapat membuatmu untuk merasa segar kembali dan waspada untuk sementara.

Baca juga: Apa itu Burnout? Ini Penyebab, Ciri-ciri, dan Cara Mengatasinya!

4. Mendengarkan musik

Jika masih merasa mengantuk, tidak ada salahnya mencoba untuk mendengarkan musik. Kamu dapat mengawalinya dengan mendengarkan musik yang disukai atau dengan playlist yang ada di platform musik favorit. 

Seperti yang kamu ketahui musik memiliki banyak manfaat salah satunya meningkatkan fokus dan daya ingat. Menurut Masha Godkin yang merupakan profesor dari Universitas Northcentral, musik dapat mengaktifkan otak kiri dan kanan secara bersamaan. Pengaktifan kedua belahan otak ini dapat memaksimalkan pembelajaran dan meningkatkan daya ingat. 

Selain itu, musik memiliki efek mendalam pada suasana hati, tekanan darah, dan detak jantung. Agar kamu dapat menjadi fokus, pilihlah lagu yang membuatmu tetap terjaga, tetapi tidak sampai menyebabkan kamu menggoyangkan anggota tubuhmu. 

cara-menghilangkan-rasa-ngantuk-saat-bekerja

5. Tidur siang sebentar

Hah tidur?

Sebagian dari kamu mungkin masih ada yang bertanya-tanya seberapa efektifnya cara ini. Adapun tidur siang pada kasus ini bukanlah tidur siang yang berjam-jam. Melainkan hanya berlangsung beberapa menit saja. Dikutip dari Sleep Fondation, tidur siang yang berlangsung 10 hingga 20 menit dianggap sebagai waktu yang ideal untuk memulihkan diri. Istilah yang cukup dikenal sebagai power naps ini memberikan manfaat pemulihan diri tanpa membuat kamu merasa mengantuk sesudahnya. 

Kamu dapat melakukan power naps ini di jam istirahat. Jika takut kebablasan, kamu dapat mengatur alarm agar dapat bangun tepat waktu. Selain itu, agar menjadi lebih segar, kamu juga bisa mencoba untuk mencuci muka dengan air dingin setelah bangun dari power naps

6. Sediakan cemilan sehat

Memakan makanan ringan bisa menjadi pilihan bagi kamu yang kesulitan melawan rasa kantuk di siang hari. Namun, tentunya cemilan yang kamu makan haruslah sehat. Pilihlah cemilan yang memiliki kandungan campuran protein, karbohidrat, dan lemak sehat. 

Kacang-kacangan, granola, telur rebus, yogurt serta buah segar, seperti pisang, anggur, atau apel dapat menjadi cemilan yang baik bagi kamu. Adapun cemilan tersebut dapat membantu menjaga gula darah dan membuat perhatianmu stabil sepanjang hari. 

7. Jangan lupa minum air putih

Minum air putih dianggap cukup membantu kamu untuk merasa segar kembali. Bagi yang tidak bisa minum kopi, air putih bisa menjadi pilihan bagi dirimu. Dengan menjaga tubuh agar tidak kekurangan cairan dapat membuatmu tetap terjaga. Sebab ketika kamu dehidrasi, maka dapat membuat kamu lebih sulit berkonsentrasi pada pekerjaan.

8. Gunakan wewangian dengan aroma yang tajam

Bau tajam atau menyengat dapat membantu membangunkan indra dan membuatmu merasa lebih waspada. Kamu dapat menyediakan beberapa minyak beraroma kuat di atas meja kerjamu seperti, minyak kayu putih, jeruk, atau peppermint. Kamu juga dapat mengoleskan minyak tersebut pada tangan dan pelipis untuk membantumu tetap terjaga dan berenergi.

Itulah beberapa cara menghilangkan ngantuk saat bekerja yang bisa kamu langsung terapkan. Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak mengenai tips mengenai dunia kerja maupun gaya hidup, kamu bisa cek artikel lainnya di Blog Skill Academy. Sedangkan jika kamu berniat untuk meningkatkan kemampuan di dunia kerja, kamu bisa langsung menuju Skill Academy atau klik banner di bawah ini.

Tingkatkan kualitas dengan ikut kelas di skill academy!

Referensi

Higuera, Valencia. (2020). Hacks for Managing Daytime Sleepiness at Work. https://www.healthline.com/health/daytime-sleepiness/tips-for-work [Daring] (Diakses 25 April 2022)

Johnson, Jon. (2018). Is it possible to keep alert at night safely? https://www.medicalnewstoday.com/articles/321674 [Daring] (Diakses 25 April 2022) 

McCallum, Katie. (2021). Caffeine & Sleep: How Long Does Caffeine Keep You Awake? https://www.houstonmethodist.org/blog/articles/2021/oct/caffeine-sleep-how-long-does-caffeine-keep-you-awake/ [Daring] (Diakses 25 April 2022) 

Ncu.edu. (2017). Can Music Help You Study and Focus?. https://www.ncu.edu/blog/can-music-help-you-study-and-focus [Daring] (Diakses 26 April 2022)

Olsen, Natalie. (2017). 17 Tips for Staying Awake at Work. https://www.healthline.com/health/how-to-stay-awake-at-work#Tiredness-at-work [Daring] (Diakses 26 April 2022)

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles