26.5 C
Jakarta
Sunday, May 22, 2022

Inilah Tutorial Shalat Bagi Orang yang Sakit | Bincang Syariah

BincangSyariah.Com–  Shalat merupakan ibadah paling...

Hukum Bersentuhan dengan Bukan Mahram Saat Thawaf | Bincang Syariah

BincangSyariah.Com– Termasuk dari syarat thawaf...

8 Cara Efektif Membangun Relasi (Networking) untuk Dunia Kerja

Edukasi8 Cara Efektif Membangun Relasi (Networking) untuk Dunia Kerja

cara-membangun-relasi

Yuk simak artikel berikut untuk mengetahui cara membangun relasi dan networking.

Halo guys, kamu pasti pernah mendengar kalimat yang kurang lebih seperti ini,

“Cari relasi (networking) sebanyak mungkin, biar nanti gampang dapat kerja”.

Jika dipahami lebih dalam, tidak ada yang salah dengan kalimat tersebut. Sepertinya kita semua tahu bahwa relasi memiliki dampak yang cukup besar dalam perkembangan karier seseorang.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Zippia ke pada pekerja di Amerika, bahwa 70% karyawan menerima pekerjaan mereka saat ini melalui koneksi atau networking. Oleh sebab itu, bagi kamu yang saat ini berencana memperluas networking, berikut adalah beberapa tips dan cara membangun relasi yang bisa kamu coba. Check it out!

1. Tentukan tujuan

Menentukan tujuanmu dalam membangun networking adalah hal yang sangat penting. Dikutip dari forbes.com, memahami tujuan dalam membangun networking adalah adalah kunci untuk merancang dan memelihara hubungan yang selaras dengan kepribadian, nilai, dan ambisimu. Adapun untuk menentukan tujuan tersebut, kamu dapat mengawalinya dengan membuat daftar pertanyaan sederhana seperti, 

  • Apakah dengan membangun networking dapat bermanfaat bagi perkembangan karier saya?
  • Mengapa ini penting bagi saya?
  • Apakah networking yang ingin saya bangun ini sesuai dengan kepribadian saya?

Setelah dapat memaknai pertanyaan tersebut, kamu kini tinggal memulai langkah-langkah yang sesuai dengan tujuanmu.

2. Beranikan diri untuk berkenalan dengan orang baru

Setelah memiliki tujuan, langkah selanjutnya adalah memberanikan dirimu untuk berkenalan dengan orang baru. Memang bagi sebagian orang hal ini tidaklah mudah. Terutama bagi kamu yang kesehari-harianya lebih suka menyendiri atau introvert. Namun seperti yang kamu ketahui, bahwa memiliki networking dapat mempengaruhi perkembangan kariermu. 

Ketika kamu baru memasuki sebuah lingkungan baru seperti tempat kerja atau organisasi di kampus. Jangan sungkan untuk memperkenalkan dirimu terlebih dahulu. Adapun hal ini dapat kamu lakukan secara cepat dan juga efektif. Seperti memulai dengan salam singkat dan tanpa basa basi. 

Selain itu, jangan malu untuk terlibat dalam pembicaraan. Hal ini dapat kamu coba pada saat berada di berbagai acara seperti, festival, diskusi komunitas/organisasi, bahkan sekedar obrolan rekan kerja di kantor. 

Melakukan hal ini memang cukup tricky. Kamu harus dapat membaca situasi sebelum terlibat dalam sebuah pembicaraan yang dilakukan oleh orang asing. Pastikan terlebih dahulu topik yang mereka bicarakan merupakan hal yang kamu ketahui. Sehingga kamu dapat memberikan pendapatmu pada saat bergabung dengan pembicaraan yang mereka lakukan. Di samping itu, jika kamu ragu untuk terlibat secara langsung, coba ajak salah satu temanmu untuk menemanimu. 

3. Cobalah bergabung dengan organisasi atau komunitas

Ini merupakan salah satu tempat yang efektif untuk mengawali proses dalam membangun networking. Di dalam organisasi atau komunitas, kamu akan dengan mudah menemukan orang-orang yang menyukai hal yang sama denganmu.

Misalnya, komunitas yang sesuai dengan jenjang kariermu, seperti komunitas blogger, sales, web and developer. Biasanya para anggota komunitas tidak sungkan untuk membagikan informasi terbaru mengenai dunia kerja. Selain komunitas, kamu juga bisa ikut bergabung dengan organisasi seperti alumni universitas atau jurusan. 

4. Jangan malu untuk mendekatkan diri dengan rekan kerja, senior, dan atasan

Walaupun tidak semua orang dapat melakukan hal ini. Namun memiliki hubungan baik dengan orang-orang yang sering bertemu denganmu merupakan sebuah langkah yang tepat dalam membangun networking. Jangan malu untuk mendekatkan diri dengan mereka. Rekan kerja atau senior merupakan salah satu networking yang dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan kariermu. Karena mereka dapat memberikan rujukan penting, menawarkan informasi, dukungan, serta pembinaan dan pendampingan. 

Sebagai contoh, ketika memiliki hubungan baik dengan senior, kamu bisa mendapatkan masukan/saran mengenai pekerjaan yang sedang kamu lakukan sekarang. Selain senior, atasan juga bisa memiliki pengaruh yang cukup besar. Misalnya, jika kamu memiliki performa yang baik di tempat kerja, mereka dapat memberikan rekomendasi kerja ketika kamu ingin melamar pekerjaan di tempat baru.

Selain itu, jika kamu ingin mempelajari cara untuk mendapatkan relasi secara profesional, langsung klik banner di bawah ini untuk mengikuti kelas memperluas networking untuk menunjang kariermu. 

kelas-membangun-networking

5. Optimalkan kualitas pembicaraan

Dari sekian banyak cara dalam membagun relasi (networking), kemampuan komunikasi merupakan hal yang paling utama. Karena dengan hal ini kamu dapat menunjukkan kualitas dari dirimu. Ada beberapa cara yang dapat kamu terapkan ketika ingin mengoptimalkan kualitas berkomunikasi dengan networking-mu. 

  1. Fokus pada faktor “Know, Like And Trust”

    Know, Like And Trust” adalah salah satu konsep yang biasa digunakan dalam dunia marketing. Pada dasarnya konsep ini adalah proses yang dapat membuat orang mengenal dirimu secara baik. Mulai dari mereka mengenalmu (know), menyukaimu (like), dan mempercayaimu (trust). Dengan konsep ini, kamu dapat menciptakan kesan yang baik ketika baru berkenalan dengan seseorang.



    Dikutip dari Forbes.com, menurut Mauricio Cardenal yang merupakan pengusaha Amerika, kamu harus dapat menciptakan faktor “know, like, and trust” dalam lima menit pertama ketika bertemu seseorang.

    Misalnya, pada saat kamu ingin membangun hubungan dengan seseorang yang baru kamu kenal. Setelah melakukan perkenalan dan pembicaraan ringan. Coba  dengarkan terlebih dahulu pembicaraan yang dilakukan. Biasanya akan ada sebuah masalah yang pada pembicaraan tersebut, misalnya perihal pekerjaan, hobi, dan lain-lain.

    Kemudian coba identifikasi masalah yang mereka alami.  Selanjutnya, temukan cara di mana kamu dapat membantu orang itu mencapai menyelesaikan masalahnya. Apakah memberikan saran, bantuan fisik, atau sekedar informasi. Hal ini bisa menjadi langkah sederhana untuk terhubung dengan seseorang.

  2. Hindari multitasking pada saat berbincang

    Cobalah untuk tidak melakukan hal lain ketika kamu sedang melakukan pendekatan dengan seseorang seperti, bermain HP. Melakukan hal tersebut dapat menciptakan kesan yang buruk kepada dirimu. Kamu seolah-olah tidak fokus dan seperti tidak menghargai mereka.
  3. Dengarkan setiap pembicaraan dengan baik

    Mendengarkan merupakan sesuatu yang tidak mudah. Tak jarang beberapa dari kita, tanpa sadar memotong pembicaraan dari seseorang yang baru kita kenal. Dengan menjadi pendengar yang baik, kamu tidak hanya memberikan kesan yang positif, tetapi juga bisa mendapatkan berbagai hal dari proses perbincangan yang sedang berlangsung. Seperti, ide-ide menarik, pengetahuan baru, hingga saran yang membangun. 

Baca juga: 8 Cara Berkomunikasi yang Baik di Tempat Kerja

6. Jangan malu untuk memberi dan meminta bantuan

Memberi bantuan merupakan salah satu cara yang efektif untuk membangun hubungan dengan seseorang. Ini juga dapat menjadi langkah lanjutan dari proses perkenalan yang kamu lakukan dengan orang baru. Banyak macam bantuan yang bisa kamu tawarkan kepada orang yang akan menjadi networking-mu.

Misalnya,  memberikan mereka saran dan solusi terkait masalah yang mereka alami. Menawarkan atau meminta bantuan juga bisa kamu terapkan di tempat kerja. Selain bisa membantumu secara pribadi, meminta bantuan juga dapat menjadi kesempatan untuk dapat mengenal rekan kerjamu dengan lebih baik. 

cara-membangun-networking

7. Manfaatkan media sosial

Banyaknya jenis media sosial pada saat ini, bisa kamu manfaatkan untuk membangun relasi dengan orang-orang yang dapat menunjang kariermu. Misalnya seperti LinkedIn. Di LinkedIn kamu dapat bertemu dengan para praktisi dan juga profesional di bidangnya. Jika kamu memiliki fokus karier yang jelas, kamu dapat mengikuti bahkan berhubungan dengan mereka.

Di LinkedIn kamu juga bisa bertanya sembari membangun relasi dengan para profesional. Selain itu, media sosial seperti Instagram juga bisa menjadi portofoliomu jika kamu memiliki passion di bidang kreatif seperti, desain grafis, video, dan lainnya. 

8. Jaga hubungan dengan networking-mu

Menjaga hubungan dengan networking bisa dibilang gampang-gampang susah. Terkadang kita tidak bisa selalu melakukan hubungan secara intens dengan orang-orang tersebut. Oleh karena itu, kamu perlu untuk menjaga hubungan tersebut agar tidak putus, seperti menghubungi mereka kembali untuk sekedar menanyakan kabar. Kamu juga bisa memanfaatkan media sosial. Misalnya seperti mengomentari postingan mereka di LinkedIn. Adapun dengan melakukan hal-hal tersebut, hubunganmu dengan mereka tetap terjaga. 

Di samping itu, dalam upaya menjaga sebuah relasi yang baik. kamu dapat menghubungi orang-orang yang punya hubungan dengan dirimu di masa lalu seperti, teman kuliah, dosen, dan senior di organisasi. Tidak ada salahnya ketika kamu ingin membangun hubungan kembali dengan mereka. Karena semakin banyak relasi (networking) yang dimiliki maka semakin banyak peluang nantinya.

Gimana guys? Itulah beberapa tips dan cara membangun relasi yang bisa kamu coba untuk mengembangkan kariermu. Jika kamu berniat meningkatkan kemampuanmu di bidang hard skill ataupun soft skill, langsung saja menuju ke Skill Academy. Karena di Skill Academy tersedia berbagai kelas pelatihan dengan materi yang spesifik dan juga mendalam. Yuk upgrade skill-mu agar kariermu di masa depan lebih cerah.

Tingkatkan kualitas dengan ikut kelas di skill academy!

Referensi

Flynn, Jack. (2022). 25+ Important Networking Statistics [2022]: The Power Of Connections In The Workplace. https://www.zippia.com/advice/networking-statistics/ [Daring] (Diakses pada tanggal 24 Maret 2022)

Forbes.com. (2018). Networking Skills: Six Ways Beginners Can Build Better Connections. https://www.forbes.com/sites/theyec/2018/09/18/networking-skills-six-ways-beginners-can-build-better-connections/ [Daring] (Diakses pada tanggal 23 Maret 2022)

Indeed.com. (2021).8 Ways To Build Workplace Relationships. https://www.indeed.com/career-advice/career-development/how-to-build-relationships [Daring] (Diakses pada tanggal 23 Maret 2022)

Neale, Palena. (2021). Four Steps You Can Take To Prepare For Networking Success. https://www.forbes.com/sites/forbescoachescouncil/2021/11/11/four-steps-you-can-take-to-prepare-for-networking-success/?sh=3f6895286134 [Daring] (Diakses pada tanggal 23 Maret 2022)

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles