7 Tempat Wisata Terbaik di Sukabumi

by -0 views
7-tempat-wisata-terbaik-di-sukabumi

Sukabumi kerap menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Barat. Wilayah ini dianugerahi banyak tempat-tempat indah dan mengagumkan sehingga sangat tepat untuk dijadikan pilihan rekreasi. Dari mulai bentangan pantai sampai hamparan pegunungan.

Wisata Terbaik di Sukabumi

Dengan mengandalkan mesin pencarian Google dan beberapa keyword, kamu akan mendapatkan banyak sekali pilihan tempat wisata di Sukabumi. Namun, ada beberapa destinasi terbaik yang harus kamu ketahui. Berikut ini daftarnya:

1. Pantai Citepus

Kamu harus menyambangi Pantai Citepus jika kamu berada di Sukabumi atau sekitarnya. Deburan ombak dan indahnya pemandangan pantai ini akan membuat liburanmu terasa mengesankan. Pantai Citepus memiliki tekstur pasir yang sedikit keras, tetapi itu justru menjadi daya tarik pantai ini. Ombaknya juga cukup besar. Kamu bisa menikmati suara deburan ombak di pinggir pantai dengan berkemah maupun bakar-bakar ikan. Cocok sekali untuk jadi pilihan berlibur bersama keluarga.

Keindahan Pantai Citepus membuat destinasi wisata ini selalu ramai disambangi para wisatawan. Pantai ini berada di Jalan Raya Cisolok, Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

2. Pantai Pangumbahan

Selain Pantai Citepus, Sukabumi punya Pantai Pangumbahan yang juga tak kalah indah. Di pantai ini, ada penangkaran penyu. Biasanya, anak-anak penyu dari hasil penangkaran akan dilepas ke samudera pada pukul 5 sore hari. Pemandangan ini selalu bisa menarik perhatian para wisatawan yang datang ke sana.

Di Pantai Pangumbahan, kamu juga bisa melakukan selancar. Ombaknya sangat bagus untuk kamu yang memiliki hobi ini. Harga tiket masuknya pun termasuk murah, hanya sekitar Rp 5.000an saja. Lokasi Pantai Pangumbahan terletak di Desa Gunungbatu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

3. Kampung Ciptagelar

Kampung Ciptagelar tidak pernah tersentuh oleh perkembangan zaman. Kalau kamu berkunjung ke tempat ini, kamu akan merasakan suasana seperti di zaman dahulu. Di sana, kamu bisa melihat tradisi masyarakat zaman dahulu dan juga rumah-rumah adat. Salah satu tradisinya adalah seren taun, sebuah upacara penyerahan hasil bumi ke dalam lumbung sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat terhadap hasil produksi di bidang agraria.

Selain pemandangan zaman dahulu dan tradisi unik, Kampung Ciptagelar juga masih menyediakan udara yang sejuk dan nyaman karena lokasinya berada di dataran tinggi. Kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 5.000an saja untuk bisa masuk ke kampung ini. Letaknya berada di Kampung Sukamulya, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Glamping di Bandung yang Hits untuk Wisata Kemah Mewah

4. Kawah Ratu

Kalau destinasi wisata yang satu ini, pastilah kamu sudah pernah mendengar. Ya, Kawah Ratu memang salah satu tempat rekreasi terbaik di Sukabumi. Di sana, kamu bisa menikmati air terjun, berkemah, dan tentu saja bisa melihat bekas letusan dahsyat Gunung Salak, yaitu Kawah Ratu.

Di sekitar kawah ini kamu bisa menemukan belerang. Belerang-belerang tersebut diyakini berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Tidak harus berkemah, dengan one day visit pun kamu sudah bisa menikmati keindahan alam Kawah Ratu.

Harga tiket masuk ke Kawah Ratu hanya sebesar Rp 7.500 per orang. Lokasinya berada di Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Sukabumi, Jawa Barat. Namun, jika ingin berkeliling di kawah ini, sebaiknya kamu menyewa pemandu yang berpengalaman.

Baca Juga: 11 Tempat Wisata Kuliner Malam Jakarta Terenak dan Wajib Coba!

5. Halimun Adventure Journey

Wisata Terbaik di Sukabumi (Foto: 123rf)
Caption

Halimun Adventure Journey menawarkan pemandangan hamparan sawah hingga hamparan kebun teh yang luas. Suasananya yang asri dan segar membuat banyak orang mengunjungi tempat ini untuk mencari foto-foto terbaik seraya melepas penat dengan menghirup udara segar.

Kawasan ini dipenuhi dengan tanjakan berbatu dan juga sungai yang eksotis. Banyak dari pengunjung menggunakan mobil Jeep selama mengelilingi wisata Halimun Adventure Journey. Dengan begitu, jalanan bebatuan akan mudah ditembus. Lokasinya berada di Perbawati, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

6. Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung adalah salah satu curug yang memiliki pemandangan mempesona di Sukabumi. Air terjun indah setinggi 45 meter dibalut dengan pepohonan rindang di sekitar tebing membuat suasana menjadi teduh dan nyaman. Ini akan membuat tubuh dan pikiranmu menjadi lebih relax.

Kalau kamu ingin mengunjungi curug ini, letaknya ada di Kampung Cimarinjung, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Harga tiket masuknya terbilang murah, hanya Rp 3.000 saja.

Baca Juga: 7 Wisata Alam di Jakarta untuk Alternatif Liburan

7. Bukit Sabak

Bukit Sabak cocok bagi kamu yang suka mendaki gunung. Dengan ketinggian sekitar 1000 mdpl, Bukit Sabak akan menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang berjiwa petualang. Apalagi, Bukit Sabak memiliki pemandangan yang sangat memukau dengan pesona hutan pinus dan panorama Gunung Gede yang menawan.

Bukit Sabak berada di Desa Semplak. Kamu hanya butuh waktu sekitar 30 menit dari pusat kota Sukabumi. Tempat wisata ini sangat cocok untuk jadi pilihan berlibur bersama teman. Kamu bisa berekreasi sekaligus berolahraga.

Itulah tempat-tempat wisata terbaik di Sukabumi yang bisa jadi pilihanmu untuk berwisata. Namun, selama masih pandemi Covid-19, jangan lupa patuhi protokol kesehatan, ya!

Leave your vote

773 Points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *