26.1 C
Jakarta
Saturday, May 28, 2022

7 Tempat Wisata Banjarnegara yang Indah, Wajib Dikunjungi!

7 Tempat Wisata Banjarnegara yang Indah, Wajib Dikunjungi!

Ada banyak wisata alam di wilayah Indonesia yang indah untuk disambangi oleh keluarga. Misalnya saja berbagai tempat wisata Banjarnegara yang bernuansa alam berikut ini.

Salah satu tempat yang sangat populer untuk dikunjungi di salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini ialah dataran tinggi Dieng. Nuansanya yang sejuk dengan menyuguhkan banyak pemandangan alam indah memikat banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Meski begitu, rupanya ada banyak tempat wisata lain di Kabupaten Banjarnegara ini, baik di wilayah Dieng yang masih jarang terjamah, atau pun di luar kawasan tersebut. Dengan suguhan pemandangan yang tak kalah indah, berbagai tempat berikut ini bisa melepas penat Anda dan keluarga saat mengunjungi.

Jadi, saat berkunjung ke Banjarnegara Anda bisa menambahkan daftar list kunjungan selain ke dataran Dieng untuk mengisi quality time bersama. Nah, berikut kami rangkumkan sederet tempat rekomendasi saat akan berkunjung ke Banjarnegara, Jawa Tengah.

Tempat Wisata Banjarnegara Rekomendasi

Inilah sederet tempat wisata yang ada di Kabupaten Banjarnegara untuk keluarga, yuk mampir!

1. Curug Pundung Sewu

Sumber: Sanjaya Tour by Sadam N R

Terletak di Giritirta, Kec. Pejawaran, Kab. Banjarnegara, tempat wisata salam satu ini bisa disambangi bersama dengan keluarga. Memiliki ketinggian sekitar 50 meter, curug satu ini airnya begitu jernih dan bersih dengan pemandangan alam sekitar yang eksotis.

Selain menikmati sejuknya air di Curug ini, ada juga sumber mata air panas Giri Tirta yang bisa dinikmati. Lengkap, ya!

Artikel Terkait: 10 Destinasi Wisata di Dieng yang Unik Serta Tips Aman Travelling di Masa Pandemi

2. Telaga Dringo

Masih seputar wisata alam, lokasi lain yang bisa didatangi ialah Telaga Dringo yang ada di kawasan Dieng. Bisa dibilang, kawasan ini merupakan Ranu Kumbolo-nya Dieng karena kemiripan tempat dan suasananya.

Untuk sampai ke tempat ini, wisatawan hatus menyusuri jalan setapak khas pegunungan. Namun, ketika sampai keindahan alamnya bisa terbayarkan.

3. Bukit Asmara Situk

Sumber: Republikwisata.com

Kalau mencari suasana yang romantis, bisa juga nih menyambangi lokasi satu ini. Terletak di Banjarmangu, Kab. Banjarnegara, suasana alam yang begitu asri sangat terasa.

Mulai dari nuansa pegunungan hingga aliran sungai yang indah menjadi pemandangan yang bisa memanjakan mata.

4. Sungai Serayu

Sumber: Ksmtour

Bila menyukai wisata yang menantang, jangan lupa untuk mencoba rafting di Sungai Serayu. Wisata arung jeram di sungai ini bisa memacu adrenalin!

Suasana sungai dan alam sekitar yang sejuk bisa menjernihkan pikiran. Lokasinya ada di Desa Randegan, tepatnya di Jalan Banjarnegara Km 15.

Artikel Terkait: 6 Fakta Unik Dieng, Daratan Tinggi yang Dianggap Tempat Dewa Bersemayam

5. Bukit Watu Sodong

Sumber: twitter Sabalangit id

Kalau sedang ingin melihat nuansa perbukitan yang hijau, bisa kunjungi Bukit Watu Sodong di Karang Tunon, Glempang, Kec. Mandiraja, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah. Wisata alam ini menawarkan nuansa perbukitan hijau yang indah dipandang.

Daerah perbukitannya seringkali digunakan sebagai jalur offroad. Bagi Anda yang ingin mencobanya, bisa juga jadi pengalaman menarik, nih!

6. Curug Sikopel

Sumber: Sanjaya Tour by Renalto Pratama

Wisata alam lain yang bisa dikunjungi ialah Curug Sikopel yang ada di Desa Babadan, Kecamatan Pagaten, Kabupaten Banjarnegara. Airnya yang jernih dan suasana yang menyegarkan menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan. Menurut masyarakat sekitar, mandi menggunakan air di Curug ini dipercaya bisa menjadikan seseorang awet muda, lho.

7. Tampomas

Sumber: Visit banjarnegara

Nuansa danau yang indah bisa terlihat bila menyambangi Tampomas. Dikelilingi pemandangan bukit yang eksotis, danau seluas 1.8 hektare ini ada di Desa Gentansari, kecamatan Pagedongan.

Kalau mau berkeliling di tengah danau, sudah tersedia juga perahu yang siap mengantar. Sejak dibuka pada 2017 lalu, wisatawan semakin penasaran dan kawasan ini semakin populer di Banjarnegara.

Artikel Terkait: 5 Tempat Wisata di Jawa Tengah Mirip Alam Selandia Baru, Penasaran?

Itulah berbagai tempat wisata Banjarnegara yang bisa dikunjungi bersama-sama dengan keluarga. Selain Dieng, Anda dan keluarga pun bisa mengunjungi berbagai tempat lainnya yang masih ada di kabupaten tersebut.

Namun, bila hendak bepergian di masa pandemi pastikan beberapa hal dulu ya sebelum berangkat. Mulai dari memerhatikan kondisi tubuh, up to date mengenai perkembangan peraturan dari pemerintah, hingga tetap memerhatikan protokol kesehatan selama di perjalanan maupun saat sampai dan kembali ke tempat tujuan.

Nah, tertarik untuk mengunjungi lokasi yang mana nih?

****

6 Resep Masakan Khas Jawa Tengah yang Bikin Kangen Kampung Halaman

5 Jenis Rumah Adat Jawa Tengah yang Unik dengan Filosofi Mendalam

5 Masakan Khas Jawa Tengah untuk Inspirasi Menu Makan Siang

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles