7 Skill yang Wajib Dikuasai Mahasiswa Agar Cepat Dapat Kerja

by -2 views
7-skill-yang-wajib-dikuasai-mahasiswa-agar-cepat-dapat-kerja

Mendapatkan pekerjaan dengan cepat kerap menjadi harapan banyak orang, tentunya termasuk kamu yang saat ini masih berstatus mahasiswa. Kamu pasti sudah memahami dengan baik bagaimana ketatnya persaingan di dunia kerja saat ini. 

Ada banyak sekali pelamar yang membutuhkan pekerjaan, sementara lowongan yang tersedia masih jauh dari jumlah pelamar tersebut. Tentu sangat wajar, jika pada akhirnya kamu memiliki kekhawatiran tersendiri terkait hal ini. 

Jangan hanya mengandalkan nilai kuliahmu saja dalam mendapatkan pekerjaan, sebab kelak sikap ini akan membuatmu sulit mendapatkan pekerjaan. Mulai persiapan dirimu untuk terjun ke dunia kerja, meskipun saat ini kamu masih kuliah. 

Perkembangan teknologi dan ketatnya persaingan kerja saat ini harus kamu imbangi dengan skill yang juga memadai sejak awal. Hal ini penting, untuk memastikan kamu memiliki kualifikasi yang mumpuni dan persiapan yang matang untuk terjun ke dunia kerja itu sendiri. 

Berikut ini adalah beberapa skill yang wajib kamu kuasai dengan baik, agar kelak kamu cepat dapat kerja:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Bahasa asing

bahasa asing

Kemampuan berkomunikasi dengan baik merupakan tuntutan tersendiri bagi pekerja di zaman modern ini. Bukan hanya dengan atasan atau bahkan rekan kerja saja, namun kamu juga akan dituntut memiliki kemampuan berkomunikasi yang lancar dengan para klien. Hal ini hanya akan bisa kamu wujudkan, jika sejak awal kamu membekali diri dengan kemampuan bahasa yang mumpuni. 

Bukan hanya Bahasa Indonesia saja, kemampuan berbahasa asing juga akan sangat diperlukan. Saat ini ada beberapa bahasa asing yang populer dan lazim dipakai di dalam dunia kerja, antara lain: Bahasa Mandarin, Inggris, Korea, Jerman dan yang lainnya. Untuk lebih mudah mendapatkan pekerjaan, setidaknya kamu harus menguasai Bahasa Inggris dengan baik, mengingat ini menjadi bahasa asing yang paling sering digunakan di dunia kerja.

2. Public speaking

public speaking

Public speaking merupakan kemampuan berkomunikasi dengan baik di dalam berbagai situasi. Hal ini juga akan sangat dibutuhkan di dalam dunia kerja, sehingga kamu wajib mengasah kemampuan di bidang ini. Public speaking yang mumpuni akan membantumu bisa lebih mudah berkomunikasi dengan setiap orang di lingkungan kerja, sehingga kamu dapat beradaptasi dengan baik. 

Keahlian yang satu ini bahkan akan membantu kamu lebih mudah menangani berbagai tugas, terutama yang berkaitan dengan karyawan lain, tim kerja, atau bahkan klien yang berasal dari luar perusahaan.

3. Microsoft Excel

Microsoft Excel

Microsoft Excel menjadi salah satu keahlian wajib dan akan sangat banyak dibutuhkan ketika bekerja. Aplikasi yang satu ini akan membantu kamu menyelesaikan berbagai tugas, termasuk mempermudah kamu membuat laporan dan mengolah data dengan lebih cepat. 

Bukan hanya itu saja, Microsoft Excel juga akan dibutuhkan dalam berbagai bidang pekerjaan sekaligus. Pastikan kamu mengasah kemampuanmu dengan baik di bidang yang satu ini, terutama untuk berbagai keahlian spesifik yang dapat mempermudah penanganan tugas dan presentasi.

4. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop

Kemampuan yang baik di dalam Adobe Photoshop juga akan dibutuhkan ketika bekerja, terutama jika kamu akan menekuni industri kreatif. Kamu akan mempelajari teknik editing foto dan gambar di dalam Adobe Photoshop. 

Hal ini akan sangat berguna, mengingat kebanyakan perusahaan sudah menggunakan media sosial dalam mengembangkan bisnis mereka. Jika kamu tergabung di dalam tim pemasaran, maka keahlian ini tentu wajib kamu miliki sejak awal. 

5. Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization

SEO menjadi salah satu bidang yang belakangan ini sangat populer dan dipelajari banyak orang. SEO akan meningkatkan kualitas konten, sehingga bisa lebih mudah diidentifikasi dan ditemukan oleh para pembaca melalui mesin pencarian. 

Teknik SOE ini akan membantu kamu sukses bekerja di bidang media online atau bahkan digital marketing. Meski ini termasuk teknik dasar, kemampuan SEO yang baik akan membuat kamu dilirik perusahaan ketika melamar nanti.

6. Google Analytics

Google Analytics

Google Analytics merupakan layanan tidak berbayar dari Google, di mana kamu bisa melihat statistik pengunjung dengan lebih mudah. Layanan ini akan memungkinkan kamu melakukan penelusuran pengunjung secara spesifik, termasuk berbagai informasi lainnya, seperti: iklan yang tayang, jaringan PPC, email marketing, dan yang lainnya.  Kemampuan yang baik di bidang ini akan sangat dibutuhkan, apalagi jika kamu akan terjun ke dunia media digital.

7. WordPress atau platform blogging lainnya

Wordpress

Platform blogging menjadi salah satu media yang banyak digunakan saat ini, bahkan oleh para pebisnis. Banyak perusahaan yang mencari karyawan dengan kemampuan yang baik di bidang yang satu ini. kamu bahkan akan lebih mudah untuk menangani pekerjaan, jika ternyata bergabung dengan perusahaan atau klien yang membutuhkan keahlian di media sosial dan lainnya.

Bekali Dirimu dengan Skill yang Memadai Sejak Awal

Berniat terjun ke dunia kerja dan langsung dapat pekerjaan, kamu tentu harus memiliki persiapan yang matang sejak awal. Ada banyak keahlian yang bisa memungkinkan kamu mendapatkan pekerjaan. 

Pastikan kamu memilih dan menguasai skill yang tepat dan sesuai bidang yang kamu geluti, agar kelak kamu bisa langsung bekerja dan sukses di dalam karir profesionalmu.

Leave your vote

526 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia #RumahBlogInspirasi #KabarWarga #MenabarInformasiAntiBasi Official Kabarwarga

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *