30.3 C
Jakarta
Saturday, May 28, 2022

7 Manfaat Kandungan Gizi dalam Quinoa, Bisa Jadi Teman Diet!

7 Manfaat Kandungan Gizi dalam Quinoa, Bisa Jadi Teman Diet!

Bagi masyarakat Indonesia, quinoa mungkin belum terlalu familiar seperti halnya oat. Padahal, ini juga termasuk ke dalam makanan sehat karena kandungan gizi quinoa sangat luar biasa.

Kandungan Gizi Quinoa

Dilansir dari hellosehat.com, dalam satu gelas biji kaya serat yang telah dimasak seberat 100 gram ini, bisa mengandung energi dan zat gizi sebagai berikut.

120 kkal energi
4,4 gram protein
1,92 gram lemak
21,3 gram karbohidrat
2,8 gram serat
0,1 miligram thiamin (vitamin B1)
0,1 miligram riboflavin (vitamin B2)
64 miligram magnesium
152 miligram fosfor 
1,1 miligram zinc
0,4 miligram niasin (vitamin B3)
17 miligram kalsium
1,5 miligram besi

Dengan kandungan gizi dan nutrisi seperti itu, tidak heran jika quinoa bisa memberikan berbagai macam manfaat untuk tubuh, jika dikonsumsi secara rutin. Berikut adalah beberapa di antaranya.

7 Manfaat Kandungan Gizi Quinoa untuk Kesehatan

1. Risiko Penyakit Kardiovaskular Berkurang

Quinoa adalah salah satu pilihan makanan yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah karena mengandung banyak serat, protein, antioksidan, serta mineral, seperti kalium dan magnesium.

Berbagai riset menyebut bahwa pola makan sehat dan tinggi serat dipercaya dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah. Nah, Anda bisa mendapatkan manfaat tersebut dengan makan quinoa. Selain itu, kandungan kalium quinoa juga baik untuk mengontrol tekanan darah dan mencegah hipertensi.

2. Turunkan Risiko Kanker Liver dan Kanker Usus Besar

Kandungan gizi quinoa secara alamiah bersifat antioksidan dan antikanker. Misalnya saja, ada sebanyak 17 jenis asam amino pada quinoa yang bisa menghambat pertumbuhan sel-sel kanker usus besar, dalam sebuah percobaan di laboratorium.

Sementara berdasarkan sebuah studi terhadap hewan, bubuk quinoa disebut memiliki efek merusak pada sel-sel kanker hati dan berpotensi menurunkan risiko penyakit perlemakan hati, yang dapat menyebabkan kanker hati bila tidak ditangani.

Studi terbaru juga menyebut telah ditemukan protein yang dapat melawan sel kanker, radikal bebas, dan peradangan, yang terkandung dalam quinoa.

3. Kandungan Gizi Quinoa Bantu Kontrol Gula Darah

Selanjutnya, quinoa ternyata juga bermanfaat untuk mengurangi kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil, terutama bagi penderita diabetes. Manfaat ini bisa didapatkan dari kandungan serat, karbohidrat kompleks, vitamin dan mineral, serta antioksidan yang terkandung di dalam biji-bijian tersebut.

Karena termasuk dalam jenis makanan dengan indeks glikemik rendah, mengonsumsi quinoa juga tidak akan membuat kadar gula darah Anda cepat melonjak.

4. Lindungi Tubuh dari Infeksi

Imun yang kuat sangat penting agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Nah, ternyata hanya dengan mengonsumsi beberapa gram quinoa dalam sehari, hal itu sudah sangat bermanfaat bagi sistem imun.

Studi pada 2017 menunjukkan bahwa quinoa mengandung polisakarida bioaktif, sejenis karbohidrat yang merupakan antioksidan alami. Di samping itu, karbohidrat bioaktif ini juga meningkatkan aktivitas sel kekebalan tubuh yang disebut makrofag, yang berfungsi mendeteksi dan ‘memakan’ bakteri, serta memicu peradangan yang melindungi tubuh dari infeksi.

5. Dapat Cegah Anemia Berkat Kandungan Gizi Quinoa

Salah satu kandungan qizi quinoa adalah zat besi dan folat yang cukup tinggi. Itulah mengapa quinoa termasuk makanan yang baik untuk mencegah anemia.

Selain itu, zat besi dan folat juga berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Jadi, jika asupan kedua nutrisi tersebut berkurang maka tubuh rentan terkena anemia. Anda juga disarankan makan makanan sumber zat besi dan folat lainnya, seperti daging, ikan, makanan laut, atau sayuran berwarna hijau, untuk mencegah anemia.

6. Cegah Sembelit dan Lancarkan Pencernaan

Salah satu cara menjaga kesehatan pencernaan adalah dengan mengonsumsi sumber serat yang baik, salah satunya adalah quinoa. Makanan ini mengandung banyak serat yang dapat mencegah dan mengatasi berbagai gangguan pencernaan, seperti konstipasi.

Tidak hanya itu, quinoa juga memiliki efek prebiotik yang bisa menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik di dalam usus sehingga kesehatan saluran pencernaan bisa tetap terjaga.

7. Teman Diet untuk Jaga Berat Badan

Selain untuk pencernaan, serat juga sangat dibutuhkan untuk menjaga berat badan dan membuat program diet berhasil. Sekadar informasi, jumlah serat quinoa bahkan lebih tinggi dibandingkan biji-bijian sejenisnya.

Untuk Anda yang sedang menurunkan berat badan, tak ada salahnya mulai mencoba makan quinoa karena kandungan seratnya dapat membantu Anda mencapai berat badan ideal. Ini karena serat membuat kenyang lebih lama sehingga mencegah keinginan untuk makan secara berlebihan dan mengurangi timbunan lemak pada tubuh.

Dengan kandungan gizi quinoa yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tersebut, mungkin sudah saatnya Anda memasukkan quinoa ke dalam menu makanan sehari-hari agar lebih sehat.

***

Yuk, Beralih! Ini 11 Makanan Pengganti Nasi yang Lebih Sehat

Bisa menurunkan berat badan, ini 3 manfaat quinoa untuk tubuh

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles