7 Makanan Super Pedas yang Ada di Indonesia, Mana yang Jadi Favoritmu?

by -6 views
7-makanan-super-pedas-yang-ada-di-indonesia,-mana-yang-jadi-favoritmu?

Saat menyantap makanan pedas, kita akan mendapatkan sensasi yang unik. Meskipun merasa kepedesan, tapi malah nagih dan ingin selalu coba lagi. Tak kaget jika akhirnya pecinta kuliner pedas sangatlah banyak. Di Indonesia sendiri ada banyak makanan super pedas yang menjadi favorit banyak orang.

Di setiap daerah di Indonesia memiliki banyak makanan khasnya. Tak sedikit yang memiliki rasa pedas yang membuat ketagihan. Nah, jika kamu penasaran dengan apa saja makanan super pedas yang ada di Indonesia, sebaiknya simak daftarnya di bawah ini, ya!

7 Makanan Super Pedas yang Ada di Indonesia, Dijamin Pasti Ketagihan

Menikmati makanan pedas bagi sebagian orang bisa menjadi sumber dari rasa bahagianya. Apakah kamu salah satunya? Jika iya, lalu apa makanan super pedas di Indonesia yang jadi favoritmu?

Artikel terkait: 10 Makanan Terpedas di Dunia, Ada yang Berasal dari Indonesia

1. Rica-rica

Sumber: Selerasa

Siapa sih yang tak kenal dengan makanan super pedas yang nikmat satu ini? Sebagian besar orang Indonesia pasti sudah familiar dengan masakan dari Sulawesi Utara ini.

Umumnya rica-rica berbahan dasar ayam. Lalu dibumbui dengan cabai merah dan hijau dalam jumlah yang banyak. Selain itu, bumbu lain yang harus ada dalam masakan pedas ini adalah cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan jahe.

2. Seblak

Sumber: Detik

Makanan dari Bandung, Jawa Barat ini sangat terkenal di seluruh Indonesia. Tak kaget jika banyak penjual seblak yang bisa ditemukan di seluruh Indonesia. Rasanya yang pedas dan gurih begitu dicintai oleh banyak orang.

Bahan utama dari seblak adalah kerupuk basah yang telah dimasak. Selain itu, bisa juga ditambahkan mi atau makaroni. Kemudian, seblak juga semakin nikmat dengan tambahan seperti telur, ayam, seafood, bakso, hingga sosis.

3. Ayam Betutu

Sumber: Asian Food Network

Makanan super pedas yang ada di Indonesia selanjutnya berasal dari Bali, yaitu ayam betutu. Makanan yang satu ini memiliki bahan dasar daging ayam atau bebek. Salah satu keunikan ayam betutu adalah rasanya yang pedas dan nikmat karena rempah-rempah dalam bumbu.

Proses memasak ayam betutu sudah lebih modern dan sederhana jika dibandingkan dengan zaman dahulu. Pasalnya, dulu saat memasaknya ayam harus dibumbui lalu dibungkus dengan daun pisang. Setelah itu, ditutup lagi dengan pohon pisang dan ditanam di lubang tanah. Selanjutnya, ditutup dengan bara api hingga ayam matang.

4. Penyetan

Sumber: Nibble

Jika kamu datang ke Jawa Timur, jangan sampai terlewat untuk mencoba penyetan. Makanan yang satu ini sangat mudah ditemukan di pelosok daerah Jawa Timur. Namun, kini sudah banyak penjual penyetan yang datang ke berbagai daerah di Indonesia lainnya.

Sebenarnya makanan yang satu ini cukup sederhana karena bahan utamanya adalah sambel ulek. Ada berbagai pilihan lauk mulai dari ayam, bebek, ikan, tahu, hingga tempe.

Keunikan dari makanan ini adalah lauknya dipenyet menjadi hancur sehingga rasa pedas sambal meresap ke dalam lauknya.

5. Oseng-oseng Mercon

Sumber: Genpi

Yogyakarta memang terkenal dengan beragam kulinernya, salah satunya gudeg yang punya cita rasa manis yang nikmat. Selain itu, rupanya ada juga makanan khas Yogyakarta yang punya cita rasa pedas yang bikin nagih, yaitu oseng-oseng mercon.

Sesuai dengan namanya, mercon yang secara harfiah adalah petasan menggambarkan seperti apa rasa pedasnya makanan ini yang meletup-letup saat disantap di mulut.

Bahan utama dari oseng-oseng mercon adalah daging sapi yang dibumbui dengan cabai rawit dengan jumlah sangat banyak. Supaya rasanya lebih kaya, ditambah juga dengan bawang merah, bawang putih, lengkuas, dan jahe.

Artikel terkait: 5 Masakan Khas Jawa Tengah untuk Inspirasi Menu Makan Siang

6. Rendang

Sumber: iNews

Disebut sebagai salah satu makanan paling populer dari Indonesia, rendang juga memiliki cita rasa yang lezat. Umumnya rendang memiliki rasa yang pedas dan gurih sehingga menjadi makanan favorit dari banyak orang Indonesia. 

Biasanya rendang menggunakan bahan utama berupa daging sapi. Namun, juga bisa diganti dengan bahan lain seperti ayam.

Apapun bahan utamanya, rendang akan tetap terasa sangat nikmat karena bumbu dari beberapa rempah-rempah. Memasaknya juga membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga bumbunya bisa merasuk ke dalam daging yang empuk.

7. Ayam Bakar Taliwang

Sumber: Kompas

Makanan super pedas di Indonesia yang satu ini juga sangat populer di tengah para pecinta masakan pedas. Berasal dari NTB, makanan yang satu ini selalu jadi incaran para wisatawan yang berkunjung ke Lombok.

Untungnya, saat ini sudah banyak penjual ayam bakar taliwang di berbagai daerah di Indonesia.

Campuran dari berbagai macam bumbu cabai membuat kuliner ini terasa pedas dan nagih. Selain itu, ada juga sedikit rasa manis yang membuat rasanya menjadi semakin kompleks dan nikmat.

Secara fisik memang ayam bakar taliwang cukup mirip dengan ayam bakar pada umumnya. Namun, cita rasa pedasnya yang lezat membuat makanan ini sangat dicintai.

Itulah beberapa makanan super pedas di Indonesia yang cita rasanya tak perlu dipertanyakan lagi. Kira-kira dari 7 makanan di atas, mana nih favoritmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published.