7 Fakta Menarik Hari Guru Nasional yang Jarang Diketahui!

by -1 views
7-fakta-menarik-hari-guru-nasional-yang-jarang-diketahui!

Selamat merayakan Hari Guru Nasional!

Peringatan Hari Guru menjadi momen untuk merayakan kehadiran para guru di Indonesia yang jatuh setiap tanggal 25 November. Setiap tahunnya, kamu pasti ikut atau mendengar tentang momen bersejarah guru ini. Namun, tahukah kamu kalau hari guru di Indonesia sebenarnya sudah ada sejak zaman penjajahan?

Nah, untuk mewarnai perayaan hari besar ini, Jakmall Blog telah merangkum sejumlah fakta tentang Hari Guru Nasional yang jarang diketahui. Yuk, simak faktanya di bawah ini!

1. Sejarah didirikannya Hari Guru

Fakta Menarik Hari Guru Nasional | Source: goodnewsfromindonesia.id

Sebelum diresmikan Hari Guru pada tanggal 25 November, para guru sebelumnya telah mendirikan Persatuan Guru Indonesia di tahun 1912. Persatuan ini awalnya dinamakan Persatuan Guru Hindia Belanda yang terdiri dari perangkat sekolah, guru bantu, guru desa, dan kepala sekolah. Pada 1932 barulah persatuan ini diubah menjadi Persatuan Guru Indonesia.

Pada momen setelah kemerdekaan Indonesia, PGI menggelar Kongres Guru pertama yang diselenggarakan pada 24 dan 25 November 1945 di Surakarta. Di kongres inilah dibentuk Persatuan Guru Republik Indonesia yang kemudian diperingati setiap tanggal 25 November. Namun, karena peringatan ini belum disahkan secara resmi, barulah pada tahun 1994 diresmikan oleh pemerintah yang didasari pada Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994.

2. Tidak Masuk Kalender Hari Libur Nasional

Meski Hari Guru merupakan hari perayaan besar dan nasional di Indonesia, namun tidak dimasukkan ke kalender hari libur nasional. Sebaliknya, momen perayaan ini dijadikan sebagai kesempatan bagi siswa dan guru untuk saling mengapresiasi. Banyak siswa di sekolah-sekolah memberikan kado dan kue untuk merayakan hari guru ini. Bagaimana di sekolahmu?

3. Perayaan Hari Guru di Indonesia

Fakta Menarik Hari Guru Nasional | Source: beritasatu.com

Pada momen hari guru, di Indonesia umumnya dirayakan dengan upacara bendera yang disusul dengan pemberian kado dan hadiah dari siswa ke gurunya. Hal ini menjadi bentuk apresiasi terhadap jasa dan kerja keras guru dalam memajukan pendidikan. Selain itu, beberapa sekolah juga membuat acara khusus dengan perlombaan dan pertunjukkan yang melibatkan para siswa dan guru.

4. Tradisi Perayaan di Negara Lain

Hari Guru tidak hanya menjadi momen bersejarah di Indonesia. Di negara lain pun hari ulang tahun guru menjadi momen perayaan dan pengapresiasian terhadap jasa guru. Di Vietnam, perayaan momen spesial ini dilakukan oleh siswa dengan mengunjungi rumah guru mereka dan membawakan hadiah atau kado. Di Australia, para siswa, guru, orang tua, dan komunitas merayakan dengan berkumpul dengan saling memberi motivational speech.

Di Amerika, momen ini dirayakan dengan melakukan pameran atau exhibition dengan tujuan mempererat hubungan antara siswa dan guru. Sedangkan di negara-negara Eropa, hari guru diperingati dengan siswa senior yang mengisi kelas untuk siswa juniornya dan acara konser oleh siswa dan dihadiri oleh para guru.

5. Guru adalah sosok “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Fakta Menarik Hari Guru Nasional | Source: komdok.tanjabbarkab.go.id

Di dunia pendidikan Indonesia, guru dikenal sebagai sosok “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa.” Pengabdian mereka dalam memberikan pelajaran dan memajukan pendidikan di Indonesia menjadi bentuk nyata seorang pahlawan. Gelar ini merupakan apresiasi bagi para guru sehingga bisa menjadi contoh dan teladan yang baik bagi semua orang.

Lengkapi kebutuhan sekolah dan pelajaranmu dengan koleksi produk buku dari Jakmall ini!

6. Guru Menjadi Tulang Punggung Pendidikan

Meski majunya sebuah negara ditopang oleh banyak sektor, pendidikan menjadi salah satu sektor terbesar dan paling berpengaruh dalam kemajuan suatu bangsa. Guru adalah sosok yang berperan penting dalam terciptanya sumber daya manusia yang mampu bersaing di dunia internasional. Oleh karena itu, guru menjadi tulang punggung pendidikan yang harus terus didukung dan diapresiasi.

7. Jumlah Guru di Indonesia lebih dari 2 Juta orang!

Fakta Menarik Hari Guru Nasional | Source: kompas.id

Tahukah kamu kalau jumlah guru di Indonesia saat ini mencapai lebih dari 2 juta orang. Lebih detailnya dari statistik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk tahun ajaran 2019/2020, jumlah guru yang tercatat yakni mencapai 2.698.103 orang. Cukup banyak juga, ya!

Nah, itulah dia 7 fakta menarik tentang Hari Guru Nasional di Indonesia. Semoga fakta-fakta ini membuat kamu semakin menghargai dan memberikan apresiasi tinggi bagi pahlawan tanpa tanda jasa ini, ya. Selamat Hari Guru Nasional!


Dapatkan promo produk printer terbaik di sini !

Baca terus Jakmall Blog biar nggak ketinggalan informasi terkini!

Leave your vote

263 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia bayu_ichszan

🇮🇩☀️ Bismillah Tawakkaltu 'Alallah ✨🇮🇩 Stay opposite..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *