26.5 C
Jakarta
Sunday, May 22, 2022

Inilah Tutorial Shalat Bagi Orang yang Sakit | Bincang Syariah

BincangSyariah.Com–  Shalat merupakan ibadah paling...

Hukum Bersentuhan dengan Bukan Mahram Saat Thawaf | Bincang Syariah

BincangSyariah.Com– Termasuk dari syarat thawaf...

7 Cara Menaikkan Berat Badan yang Agar Ideal, Sudah Dilakukan?

7 Cara Menaikkan Berat Badan yang Agar Ideal, Sudah Dilakukan?

Menjadi sehat adalah tujuan yang ingin dicapai banyak orang. Salah satu cara hidup sehat, selain menerapkan gaya hidup sehat, adalah menjaga berat badan tetap ideal sesuai indeks massa tubuh (IMT). Mau tahu bagai mana tips menambah berat badan?

Tidak bisa dipungkiri, selain berkitan dengan penampilan, tubuh yang terlalu kurus atau gemuk tentu rentan mengalami berbagai masalah kesehatan. Akan tetapi, mencapai dan menjaga berat badan ideal bukanlah hal mudah.

Ada yang sulit menurunkan berat badan, ada pula yang susah menaikkan berat badan. Pada kasus kedua, Anda bisa mencoba beberapa tips berikut untuk memiliki berat badan yang sehat dan ideal.

Kapan Berat Badan Dikatakan Ideal?

Yang dimaksud berat badan ideal adalah berat badan yang dianggap paling sehat sesuai IMT. Untuk menghitungnya, Anda hanya perlu membagi berat badan (kg) dengan tinggi badan (m) dikuadratkan.

Setelah dihitung, nilai apakah berat badan Anda masuk ke dalam kategori ideal atau tidak seperti berikut:

Kurus bila IMT kurang dari 18,5 kg/m2
Normal bila IMT berada pada rentang 18,5 sampai 22,9 kg/m2
Gemuk bila IMT berada pada rentang 23 sampai 27,5 kg/m2
Obesitas bila IMT lebih dari 27,5 kg/m2

Artikel Terkait: 5 Cara Menghitung Berat Badan yang Ideal, Lebih Mudah dan Akurat

Mengapa Sebagian Orang Susah Naik Berat Badan?

Berat badan seseorang akan dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti genetik, usia, jenis kelamin, gaya hidup, kebiasaan dan budaya dalam keluarga, pola tidur, hingga tempat domisili dan bekerja.

Dari berbagai faktor tersebut, yang cukup menentukan adalah faktor genetik. Faktor ini berperan besar dalam menentukan bentuk dan metabolisme tubuh sehingga sebagian orang memiliki tampilan ramping alami.

Akan tetapi, bagi sebagian lainnya, ada kondisi-kondisi medis yang mendasari sehingga berat badan turun drastis atau menjadi sulit bertambah. Beberapa penyebabnya antara lain:

Gangguan makan yang membuat seseorang membatasi asupan makan sehingga tubuhnya kesulitan untuk mempertahankan berat badan yang sehat. Yang termasuk gangguan makan di sini, misalnya anoreksia nervosa atau bulimia.
Hipertiroidisme yaitu kondisi ketika hormon tiroid dalam tubuh berlebih. Seseorang dengan hipertiroidisme memiliki metabolisme yang terlalu aktif sehingga tubuh membakar kalori sepanjang hari. Akibatnya, ia akan sulit menambah berat badan bahkan ketika asupan makanannya meningkat.
Penyakit radang usus. Kondisi ini membuat jenis dan jumlah makanan yang dapat dikonsumsi terbatas. Tak jarang, penyakit radang usus menyebabkan diare sehingga berat badan terus menurun.
Diabetes tipe 1. Ini merupakan jenis diabetes yang disebabkan oleh gangguan autoimun. Bila tidak diobati, diabetes tipe 1 membuat kadar gula di dalam darah terus-menerus tinggi dan penderitanya mengalami penurunan berat badan.
Efek samping obat. Pada beberapa kasus, konsumsi obat tertentu (seperti antibiotik atau kemoterapi) dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan, mual, muntah, dan diare sehingga seseorang sulit mempertahankan berat badan ideal.

Tips Menambah Berat Badan yang Sehat

Artikel Terkait: 8 Jenis Olahraga untuk Menambah Berat Badan Lebih Ideal

Beberapa cara berikut bisa dicoba untuk menaikkan berat badan secara sehat:

1. Makan Lebih Sering

Seseorang dengan tubuh kurus cenderung cepat kenyang. Agar berat badan bertambah, Anda perlu makan lebih sering setidaknya 5 sampai 6 kali sehari dengan porsi kecil. Tujuannya agar tubuh mendapatkan total asupan kalori yang lebih banyak dalam satu hari.

2. Konsumsi Makanan Berkalori Tinggi

Salah satu kunci menambah berat badan adalah dengan menambah asupan makanan ringan berkalori tinggi yang sehat. Contohnya adalah keju, buah-buahan tinggi kalori (seperti alpukat, pisang, mangga), ubi manis, roti dengan selai, dan yogurt.

3. Suplemen Kreatin

Bila ada kesulitan untuk menambah asupan kalori harian, mengonsumsi suplemen kreatin dapat menjadi solusi. Suplemen ini berisi kreatin monohidrat yang bisa membantu menaikkan berat badan. Pastikan untuk tidak mengonsumsi suplemen ini secara berlebihan agar tidak membebani hati dan ginjal.

4. Perhatikan Asupan Makanan

Untuk menambah berat badan, pilih karbohidrat yang kaya nutrisi (seperti roti gandum, sereal, buah, sayur) dan protein (seperti daging merah, ayam, ikan, telur, keju, kacang-kacangan). Saat makan, mulailah dengan mengonsumsi makanan yang padat kalori dan tinggi protein lalu yang terakhir ditutup dengan makan sayur.

5. Minum Air Putih Setelah Makan

Hindari minum air putih sebelum makan karena bisa membuat Anda kenyang lebih cepat. Selain itu, hindari juga mengonsumsi minuman kemasan yang tinggi kalori dan cenderung tidak ada kandungan gizinya.

6. Jalani Hidup Sehat

Untuk menaikkan berat badan secara sehat, Anda juga perlu berolahraga rutin minimal 30 menit sehari atau 150 menit per minggu. Ini pun perlu dibarengi dengan tidur cukup setidaknya 7 sampai 8 jam sehari, dan tidak merokok.

7. Konsultasikan dengan Dokter

Bila Anda termasuk yang bertubuh kurus dan mengalami kesulitan dalam menaikkan berat badan, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu untuk menilai ada tidaknya kondisi medis yang perlu dikoreksi. Bila semua normal, Anda bisa mulai mencoba untuk meningkatkan berat badan dengan cara-cara yang sehat.

Semoga tips menambah berat badan ini bisa bermanfaat, ya.

Keeping It Off

https://www.cdc.gov/healthyweight/losing_weight/keepingitoff.html

5 Ways to Reach a Healthy Weight

https://kidshealth.org/en/teens/weight-tips.html

Difficulty Gaining Weight and What to Do About It

https://www.healthline.com/health/why-cant-i-gain-weight

Maintaining a Healthy Weight

https://www.nia.nih.gov/health/maintaining-healthy-weight

Ingin berat badan ideal setelah melahirkan, lakukan hal ini dalam pola makan Anda

11 Tips Gemukin Badan dengan Cara Alami, Tak Perlu Minder Kekurusan

6 Susu Penambah Berat Badan untuk Perempuan Pilihan 2022, Tambah Sehat dan Percaya Diri

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles