7 Artis Korban Body Shaming, Maudy Ayunda Pernah Kena Juga

by -1 views
7-artis-korban-body-shaming,-maudy-ayunda-pernah-kena-juga

Aksi cyber bullying dan body shaming bisa dialami siapa pun juga. Tak terkecuali para selebritas Indonesia. Adalah Yuni Shara, yang baru-baru ini mengalaminya dan menambah deretan panjang artis korban body shaming. 

Mirisnya, memberikan komentar nyinyir seakan menjadi hal lumrah dan masih banyak dilakukan ole warganet. Mereka tidak canggung dan takut untuk memberikan komentar-komentar menyakitkan di media sosial mengenai bentuk tubuh seseorang. Apalagi para selebritis, paras cantik dan elok tubuhnya tak lantas terhindar dari body shaming. Inilah beberapa artis korban body shaming.

6 Artis Korban Body Shaming

Menjadi artis maupun public figure memang banyak tuntutan dari warganet yang punya beragam espektasi kepada sang selebriti. Terutama tuntutan fisik. Penampilan mereka selalu jadi sorotan dan harus memenuhi espektasi ideal dari masyarakat, jika gagal memenuhi espektasi tersebut, mereka pun jadi korban body shaming.

Ada beberapa warganet yang terkadang selalu berkomentar tentang perubahan bentuk tubuh sang artis. Tentunya hal itu bukanlah tindakan yang terpuji dan tidak pantas untuk ditiru. Body shaming itu sendiri, bisa sangat menyakitkan bagi kondisi mental seseorang.

Nah, Parents, penasaran siapa aja artis yang pernah mendapatkan body shaming. Inilah beberapa artis tersebut:

1. Yuni Shara

Nama penyanyi Yuni Shara sempat jadi trending topic di Twitter pada bulan April 2021 silam. Rupanya warganet banyak yang memberikan komentar bernada kasar terkait dengan penampilannya penyanyi yang identik dengan potongan rambut pendek ini. 

Termasuk mengatakan penampilan Yuni kini sudah terlihat tua dan berkeriput. Menanggapi komentar tersebut, Yuni justru terlihat tenang dan tidak emosi. Dirinya justru mengiyakan dan mengatakan kelau kondisi tersebut memang fakta. 

“Kelihatan dong bu (kalau sudah tua), kan memang sudah memasuki 46 tahun. Dan saya tampil apa adanya kok bu, nggak dimuda-mudain dan nggak dipakein sarung tangan biar nggak kelihatan keriput. Saya santai banget dengan keriput saya. Malah ibu yang kurang santai lihatnya, hehe,” jawab Yuni seraya menyindir halus.

3. Tasya Kamila, Artis Korban Body Shaming

Terkenal sebagai penyanyi cilik, hingga kini perawakan Tasya Kamila memang tidak banyak perubahan. Ia masih terlihat seperti dulu, imut dan juga menggemaskan. Parasnya yang cantik dan talenta menyanyi dengan suara merdunya, tak lantas menjadi Tasya jauh dari bully-an dan body shaming.

Bahkan, baru-baru ini, netizen pun turut berkomentar negatif terkait fisik sang anak yang belum genap 2 tahun. Tasya pun kesal atas perlakuan netizen yang telah menyakiti hatinya

3. Audy Item, Artis Korban Body Shaming yang Dibela Suaminya

Pelantun lagu “Menangis Semalam” ini memang kerap menjadi bulan-bulanan netizen terkait body shaming. Sejak menikah dan melahirkan anak dari Iko Uwais, Audy memang mengalami perubahan fisik. Hal itulah yang dimanfaatkan oleh jari jemari netizen untuk membuat komentar negatif mengenai fisik dari penyanyi berparas cantik itu.

Namun, Audy tidak pernah menanggapi, justru sang suamilah, Iko Uwais yang kerap menanggapi nyinyiran netizen kepada sang istri. Seperti salah satu balasan Iko terhadap komentar netizen 

“Memang sekarang istri saya gendut, Itu karena pengorbanan dia sebagai seorang ibu sekarang. Yang sudah melahirkan anak dari saya. Tapi saya sangat bersyukur dengan mempunyai istri seperti dia. Walaupun dia ‘gendut’ sekarang, tetapi sehat dan bugar.

Dan dia mempunyai hati yang sangat istimewa. Sayang terhadap keluarga dan suaminya. Tidak pernah mengomentari hal negatif terhadap orang lain seperti Anda,” tulis Iko, balas komentar netizen kepada sang istri.

Bosan dengan body shaming yang diterima, Audy akhirnya melakukan diet hingga akhirnya ia berhasil menurunkan berat badan dan tampil dengan tubuh ideal sesuai tuntutan netizen. 

Artikel terkait: Cerita Perjalanan Diet Audy Item, Sering Jadi Korban Bully Saat Gemuk

4. Maudy Ayunda

Pemain film Perahu Kertas ini pun ternyata pernah menjadi target body shaming. Artis yang terbilang pintar dan cerdas dalam akademik ini, pernah menjadi korban bullying dari netizen yang tidak bertanggung jawab. Maudy disebut memiliki badan yang kurus mirip dengan tripleks.

Artikel terkait ; Alami Miom dan Kista, Rachel Goddard Putuskan Operasi Angkat
5. Putri Titian salah satu Artis Korban Body Shaming

Istri dari Junior Liem, Putri Titian pun kerap menjadi bahan bullying netizen. Terutama bentuk fisiknya. Ibu dari Iori dan Iago ini, kerap diminta untuk melakukan diet oleh para netizen karena dianggap terlalu gemuk.

Tian, sapaan akrabnya pun berekasi dengan santai dalam menghadapi komentar dari netizen tersebut.

Sering dikomentari soal bentuk badannya, Putri Titian pun membalas komentar netizen, “Makasih, mau diet mau gak bukan urusan elu.”

6. Sabrina Chairunnisa

Memiliki tubuh kurus tak selamanya dianggap ideal dan mendapat pujian. Seperti halnya kekasih Deddy Corbuzier ini.

Sabrina Chairunnisa sering dibilang “kerempeng” oleh netizen. Namun, wanita cantik ini, membalasnya dengan unggahan foto saat dia berada di sebuah pusat kebugaran melalui akun instagram pribadinya.

“Kerempeng ! Kurus banget ! Ga ada montok2nya ! MASAK SIHHHH #workingoutwithsabrina

Sakit hati gak digituin? Down ngga sih? NOPE! Udah biasa, udah kelatih mentalnya dulu.

Tapi di sini aku akan bahas mengenai body shaming karena kemarin di IG story banyak sekali curhat teman-teman korban body shaming dan minta di bahas di feed,” tulis Sabrina.

7. Prilly Latuconsina

Siapa yang tidak mengenal aktris multi talenta ini. Prilly memang memiliki perawakan imut dengan wajah yang cantik. Namun ternyata, masih banyak netizen yang tidak bisa menjaga sopan santun untuk mengomentari negatif dirinya.

Prilly pun sempat curhat ketika ada netizen yang mengomentari fisiknya, “Setiap manusia itu punya tipe beda. Ada yang dari lahir kurus, curvy, dan berisi. Kita gak bisa paksakan orang untuk berpenampilan sama karena massive beauty standard,” curhat Prillly saat ada yang mengomentari bentuk tubuhnya.

Artikel terkait ; 10 Tahun Menikah, Ini Perjalanan Cinta Jennifer dan Irfan Bachdim yang Sempat Berliku
Tips Menghadapi Orang yang Melakukan Body Shaming

Body shaming merupakan sebuah tindakan mempermalukan tubuh yang tidak memenuhi standar sosial. Akan tetapi, nyatanya tak jarang seseorang malah keterusan dengan mengolok-olok tubuhnya sendiri yang akan berdampak terhadap dirinya dan orang disekitarnya.

Seperti dilansir dari Huffpost, Profesor Psikologi di Universitas Northwestern, Renee Engeln mengatakan, komentar body shaming dapat meningkatkan perasaan bersalah dan malu wanita.

“Ini juga berlaku pada pria. Jika Anda melakukan body shaming terhadap diri sendiri, berarti ini sama saja Anda mengkritik tubuh orang lain, sengaja atau tidak. Kalimat-kalimat ini tidak hanya membuat orang merasa buruk, tapi juga mendukung diskriminasi,” jelas Engeln.

Nah, jika Anda kerap menghadapi orang yang selalu melakukan body shaming, inilah yang bisa dilakukan ;

1. Alihkan Fokus Pembicara

Sebagaimana saran seorang terapis, Torri Efron, yang menyarankan untuk menegaskan perasaan mereka yang suka melontarkan kalimat body shaming terhadap diri sendiri. “Peluk mereka dan katakan maaf karena dia merasa sedih dengan tubuhnya. Bisakah kita melakukan sesuatu untuk mengalihkan fokus?” tegas Torri

2. Jangan Diikuti

Ketika Anda, mendapati atau mendengarkan keluhan, teman atau saudara dan kerabat mengenai tubuhnya, lebih baik menghindar. Jangan pernah melibatkan masalah insecure diri Anda juga. Sebaiknya, Anda ajak lawan bicara Anda, untuk fokus dengan kualitas baik yang dimiliknya.

3. Tidak Perlu Menyangkal Kenyataan

Saat ada yang menjelek-jelekkan tubuhnya, jangan menyangkal kenyataan dengan berkata bahwa dirinya tidak seperti yang dibayangkan. Sebab itu akan membuatnya cenderung tidak terbuka lagi. Mengatakan sebuah realitas akan bisa diterima daripada kebohongan.

4. Mengubah Topik Pembicaraan

Sebisa mungkin jauhkan dari percakan juga pembicaraan negatif tentang tubuhnya. Mengalihkan fokus mengenai kekurang yang ada pada fisiknya akan lebih baik demi kesehatan fisik dan mentalnya.

Artikel terkait ; 9 Artis Melahirkan Bayi Prematur, Jauh dari HPL Dokter

Itulah, deretan artis korban body shaming. Memang harus lebih hati-hati dalam memberikan komentar ya, Parents

Baca juga ;

Parents, Inilah 5 Manfaat Buka Puasa Bersama Keluarga di Rumah

8 Fakta Atalia Praratya, Istri Gubernur Jawa Barat Positif COVID-19

Telan Air Liur Batalkan Puasa? Ini Hukum dan Pandangan Islam

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published.