7 Aplikasi Sebagai Alternatif untuk Cek Saturasi Oksigen

by -4 views
7-aplikasi-sebagai-alternatif-untuk-cek-saturasi-oksigen
7 Aplikasi Sebagai Alternatif untuk Cek Saturasi Oksigen

7 Aplikasi Sebagai Alternatif untuk Cek Saturasi Oksigen – Pandemi masih belum berakhir. Rumah sakit dan fasilitas kesehatan hampir penuh. Maka dari itulah, pasien Covid yang tidak memiliki gejala berat, dianjurkan isolasi mandiri.

Dalam isolasi mandiri, kamu harus mengukur saturasi oksigen secara berkala. Apa itu saturasi oksigen? Saturasi oksigen adalah nilai yang menunjukkan kadar oksigen di dalam darah. Nilai ini berpengaruh terhadap berbagai fungsi organ dan jaringan tubuh.

Selama isolasi mandiri, kamu harus memastikan saturasi oksigen normal di tubuhmu, yaitu sekitar 95-100% bagi orang dewasa. Apabila saturasi oksigenmu di bawah 90%, kamu membutuhkan pasokan oksigen eksternal.

Kenapa kamu harus rajin mengecek saturasi oksigen? Karena walaupun kamu tidak sesak napas, saturasi oksigenmu bisa jadi menurun. Apabila menurunnya berkelanjutan, tubuhmu bisa mengalami kolaps.  

Dari situlah, kamu bisa mengunduh aplikasi untuk cek saturasi oksigen. Ini dia beberapa alternatif aplikasi cek saturasi oksigen.

1. O2 Meter

Aplikasi ini dikembangkan oleh Animesh Jana. Untuk menggunakannya kamu hanya perlu meletakkan jari telunjuk di kamera belakang ponsel. Lalu klik Start. Setelah menunggu beberapa saat, aplikasi itu akan menunjukkan hasil pengukuran saturasi dalam darahmu. Selain saturasi oksigen, aplikasi ini juga menyediakan pengecekan tubuh lain, semisal detak jantung.

2. Pulse Oximeter Tracker

Apabila kamu memakai Pulse Oximeter, kamu terlebih dahulu harus menekan Start. Kemudian tahan napas selama mungkin. Kalau sudah merasa tidak kuat, tekan tombol lanjutan. Lalu layar ponselmu akan menunjukkan besaran saturasi oksigen dalam tubuhmu.

3.  CarePlix Vitals

Aplikasi ini merupakan rintisan CareNow Healthcare yang berpusat di Kolkata. Untuk memakainya, kamu  cukup mengarahkan jari telunjuk ke kamera belakang. Tahan beberapa detik. Setelah itu, layar ponselmu akan menunjukkan nilai saturasi oksigen. Dalam pemakaiannya pun, kamu tidak dikenakan biaya. Seluruhnya gratis.

4. MFine

Aplikasi asal India ini masih beta, artinya dalam tahap peningkatan teknologi. Cara mengoperasikannya yakni cukup memakai kamera ponsel dan senter ponsel. Tak hanya untuk cek saturasi, aplikasi ini juga memiliki layanan untuk konsultasi kesehatan secara daring. Kamu bisa memanfaatkan perkembangan teknologi ini dengan semaksimal mungkin.  

Baca Juga: Cara Dapat Obat Gratis Khusus Pasien Isoman Covid-19

5. Blood Oxygen

Kalau kamu sedang malas mengurusi proses pendaftaran, kamu bisa memakai Blood Oxygen. Dengan aplikasi ini, kamu cukup menekan tombol Start, menahan napas, dan menekan Stop. Kemudian nilai saturasi oksigen dalam darahmu pun sudah bisa tampil di layar ponsel.

Kamu pun tidak harus membayar untuk menggunakan aplikasi ini dan tidak terdapat iklan di dalamnya.

6. Pulse Monitor – Beat & Oxygen

Aplikasi ini selain bisa untuk mengecek saturasi oksigen, juga bisa melihat detak jantung. Pulse Monitor – Beat & Oxygen menyediakan buku harian digital, yang di dalamnya bisa mengumpulkan data pengecekan saturasi oksigenmu setiap hari. Dengan adanya ini, kamu bisa memantau kadar oksigenmu selama dua minggu isolasi mandiri.

7. Finger Oximeter-SpO2

Agak berbeda dengan aplikasi lain, aplikasi ini hanya bekerja dengan bantuan alat oxymeter. Jadi, fungsi hanya untuk menampilkan, mengukur, dan menyimpan riwayat datanya.

Baca Juga: 12 Cara Meningkatkan Imun Tubuh untuk Lawan Corona

Itulah 7 aplikasi untuk cek saturasi oksigen. Namun, kamu harus mengetahui satu hal: walaupun aplikasi-aplikasi tersebut bisa mengecek saturasi oksigen, tapi hasilnya tidak akurat dan tidak bisa dijadikan rujukan. Kamu bisa membeli Oximeter di marketplace untuk bahan perbandingan dengan aplikasi-aplikasi tersebut.

Untuk menghiburmu di kala isoman, mari membaca novel-novel Indonesia bagus yang ada di aplikasi Cabaca. Bersama Cabaca, hari-hari gabutmu akan sirna. [Lisma]

Subscribe to Cabaca Blog

Get the latest posts delivered right to your inbox

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *