7 Alasan Kelebihan Keyboard Mechanical Penting Buat Gamer

by -0 views
7-alasan-kelebihan-keyboard-mechanical-penting-buat-gamer

Kelebihan keyboard mechanical bisa dibilang penting buat gamer. Sebagai informasi, papan ketik modern umumnya terbagi menjadi dua, yakni mekanis dan flatpanel. Keyboard mekanis adalah papan ketik yang bisa kamu temukan di komputer lawas dengan tuts besar yang menonjol. Sedangkan flatpanel keyboard adalah pengembangan papan ketik yang sering ditemui di laptop.

Bagi sebagian orang, keyboard tidak lebih dari sekedar perangkat untuk mengkonversi ide menjadi sebuah tulisan dengan fungsi dasarnya sebagai papan ketik. Evolusi semenjak kehadiran pertamanya pada 1874 sebagai typewriter atau mesin tik membuatnya semakin efisien dan ringkas. Seiring perkembangan jaman, keyboard juga berevolusi yang di antaranya hadir lewat kelebihan keyboard mechanical.

Kelebihan keyboard mechanical

Sistem mekanis yang digunakan keyboard ini membuatnya lebih solid ketika ditekan. Selain itu keyboard mechanical juga tak gampang rusak. Meski begitu mekanisme yang diusungnya memaksa keyboard mechanical punya dimensi besar.

Nah, buat yang ingin tahu apa saja nilai plus dari keyboard mekanis, simak artikel berikut.

1. Switch sangat beragam, bisa dipilih sesuai keinginan

Switch keyboard mechanical
Switch keyboard mechanical (foto: sblrlk/123rf.com)

Komponen terpenting dari keyboard mechanical adalah switch. Bisa dikatakan, salah satu alasan paling penting mengapa orang-orang membeli keyboard jenis ini adalah switch.

Switch sendiri terletak di bawah keycaps. Jenis switch yang akan menentukan feel dan besar suara saat keycaps diketik.

Ada tiga jenis Switch yang umumnya dijual di pasaran. Ketiganya adalah:

Linear. Switch jenis ini tidak memberikan umpan balik sentuhan atau klik saat kamu menekannya. Switch jenis ini akan sangat terasa lembut ketika ditekan, bahkan terkesan mengambang. Ini cocok bagi kamu yang tidak ingin punya keyboard mechanical dengan suara yang berisik ketika ditekan. Biasanya, Switch jenis Linear dilambangkan dengan warna Red atau Merah.

Tactile. Ini merupakan Switch “tengah” antara Linear dan Clicky. Kamu bakal merasakan sedikit feedback ketika mengetik, meski tidak sekeras dan seberisik feedback Switch Clicky. Pengalaman mengetik juga sedikit halus, meski tidak sehalus Linear. Switch Tactile biasanya memiliki warna Brown.

Clicky. Sama seperti namanya, Switch tersebut punya suara keras saat ditekan. Ia juga lumayan keras ketimbang Switch lain, meski tetap nyaman untuk ditekan. Orang memilih Switch jenis ini karena pengin punya keyboard dengan key yang memberikan sensasi saat mengetik. Biasanya, Switch Clicky menggunakan warna Blue.

Switch yang beredar di pasaran pun ada berbagai merek. Beberapa merek yang terkenal adalah Gateron, Cherry Switch MX, dan Kalih.

Keyboard non-mechanical biasanya tidak mengizinkan kamu untuk menentukan Switch sendiri. Sebelum membeli keyboard mechanical, kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu Switch mana yang paling kamu sukai.

Menariknya lagi, beberapa keyboard mechanical mengizinkan kamu untuk mengganti jenis Switch sendiri! Jadi, saat sudah mulai merasa tidak cocok dengan satu jenis Switch, kamu tidak perlu mengganti keyboard. Cukup beli Switch jenis lain saja!

2. Sangat mudah “dihias”

Switch keyboard mechanical
Switch keyboard mechanical (foto: bond80/123rf.com)

Keyboard mechanical sangat mudah “dihias”. Dalam artian, bagian-bagian yang ada di keyboard mechanical bisa dengan mudah diganti-ganti sendiri.

Banyak perusahaan yang menjual keycaps dengan desain sangat cantik dan keren. Jadinya, kamu bisa mengganti keycaps setiap sudah merasa bosan.

3. Usia yang relatif lebih panjang dibanding papan ketik flat-panel

Kelebihan keyboard mechanical
Kelebihan keyboard mechanical

Kebanyakan produk mechanical keyboard sudah melalui tahap uji hingga sebanyak 30 sampai 70 juta pencetan jari.

Mengapa bisa bertahan lama, adalah karena tiap tuts tersusun dari banyak lapisan komponen yang membuatnya lebih kuat, yang memberikan keuntungan lebih jika dibanding keyboard flatpanel dengan daya tahan rata-rata hingga 5 juta pencetan jari.

Baca jugaTips Merawat dan Cara Membersihkan Keyboard Mechanical

4. Perawatan yang lebih mudah

Kelebihan keyboard mechanical
Kelebihan keyboard mechanical

Buat kamu techgeek pengguna papan ketik mekanis, tentunya sudah mengetahui keunggulan yang satu ini. Sebab komponen yang bisa dilepas-pasang, setiap tuts keyboard mechanical bisa kamu bersihkan dengan mudah.

5. Mengeluarkan suara ketikan yang mantap di telinga

Kelebihan keyboard mechanical
Kelebihan keyboard mechanical. (BukaReview/Ernest Dimitria)

Meski poin ini sepenuhnya subjektif, tapi patut juga masuk ke daftar keunggulannya. Perbandingan antara keyboard flatpanel dan keyboard mekanis dari segi umpan-balik, kelebihan keyboard mechanical adalah suara yang dihasilkan dan hentakan balik dari pegas tuts-nya.

Suara dan pantulan pegas inilah yang menjadikannya unggul di mata para vintagegeek.

Baca juga15 Keyboard Gaming Terbaik dan Terlaris di Bukalapak

6. Lebih berbobot, jadi lebih stabil dan tidak mudah bergeser

Kelebihan keyboard mechanical
Kelebihan keyboard mechanical. (BukaReview/Ernest Dimitria)

“Bibit, bebet, dan bobot” begitulah kata pepatah lama untuk mengetahui kriteria suatu hal apakah sesuai dengan ekspektasi atau tidak.

Menimbang aspek bobot, keyboard mekanis menawarkan stabilitas ketika digunakan sebab lebih berat dibandingkan keyboard flat-panel, jadi kamu tidak akan lagi terganggu dengan tergesernya keyboard sebab tersenggol tangan.

Baca juga18 Keyboard Wireless untuk Kamu yang Sering Mobile

7. Dapat dimodifikasi dengan LED atau dicat ulang

Kelebihan keyboard mechanical
Kelebihan keyboard mechanical

Poin ini adalah yang paling penting untuk kamu para PC modders yang gemar memodifikasi tampilan fisik komponen komputer. Sebab struktur mechanical keyboard yang memiliki tuts yang bisa dilepas, kamu bisa memanfaatkannya untuk kebutuhan modif.

Cat ulang setiap tuts dengan warna yang senada dengan casing CPU, atau pasang lampu LED multi warna di bawah setiap tutsnya, semua bisa kamu lakukan pada papan ketik mekanis. Jadi, siap menjajal kelebihan keyboard mechanical tersebut?

Baca juga artikel terkait Gadget atau tulisan menarik lainnya di BukaReview.

Leave your vote

780 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia. Kami bukan penulis, kami adalah baris-baris kode yang menghimpun tulisan bermutu yang berserakan di jagat maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *