26.5 C
Jakarta
Sunday, May 22, 2022

Inilah Tutorial Shalat Bagi Orang yang Sakit | Bincang Syariah

BincangSyariah.Com–  Shalat merupakan ibadah paling...

Hukum Bersentuhan dengan Bukan Mahram Saat Thawaf | Bincang Syariah

BincangSyariah.Com– Termasuk dari syarat thawaf...

6 Negara Terkecil di Dunia dan Fakta Menariknya, Vatikan Hingga Liechtenstein

6 Negara Terkecil di Dunia dan Fakta Menariknya, Vatikan Hingga Liechtenstein

Belajar Geografi bersama anak akan jadi menyenangkan dengan membahas daftar negara terkecil di dunia. Karena biasanya, jika anak-anak belajar soal negara, maka mereka akan membayangkan suatu daerah dengan wilayah yang luas. 

Anak-anak mungkin belum pernah mendengar bahwa ada juga beberapa negara yang memiliki wilayah yang tak seluas negara lainnya. Dengan menggunakan bantuan peta atau globe, Parents bisa menunjukkan letak deretan negara dengan luas paling kecil di dunia berikut ini. Yuk, belajar bersama si Kecil dengan mengenalkan beberapa negara paling kecil di dunia berikut ini!

Daftar Negara Terkecil di Dunia
1. Vatikan, Negara Terkecil di Dunia

Sumber: Nations Online Project.

Vatikan adalah negara paling kecil sedunia yang hanya memiliki luas wilayah sekitar 0,44 kilometer persegi. Panjang kota ini sekitar 1.045 meter dengan lebar 850 meter dan dibatasi oleh tembok tinggi.

Menurut World Population Review di tahun 2021, jumlah penduduk Vatikan hanya ada 800 jiwa saja. Meski begitu, Vatikan terlihat ramai karena banyak dikunjungi wisatawan terutama karena banyak terdapat tempat religius.

Lokasi dari Vatikan juga cukup unik, yakni berada di dalam Kota Roma, Italia. Vatikan mendapat pengakuan sebagai negara merdeka pada 1929 berdasarkan Perjanjian Lateran atas kesepakatan antara Wakil Kepala Pemerintah Takhta Suci Kardinal Pietro Gaspari dan Perdana Menteri Kerajaan Italia Benito Mussolini.

Artikel terkait: Mengapa Anak-anak Jepang adalah Anak Paling Sehat di Dunia? Inilah alasannya

2. Monako, Negara Terkecil di Dunia yang Tidak Punya Bandara

sumber: Monaco Map 360

Monako adalah negara paling kecil nomor dua sedunia yang hanya memiliki luas wilayah sekitar 2.02 kilometer persegi. Menurut World Population Review di tahun 2021, jumlah penduduk Monako hanya ada 39,511 jiwa saja. 

Monako dikenal sebagai negara yang memiliki bendera dengan warna yang mirip dengan bendera Indonesia. Selain itu negara ini juga dikenal sebagai surga pajak karena pendapatan negaranya berasal dari pajak kasino dan sektor pariwisata.

Lokasi dari Monako berada di perbukitan yang menghadap langsung ke arah laut Mediterania yang indah. Negara ini juga dikelilingi oleh negara tetangganya, yaitu Perancis. Saking kecilnya, Monako tidak memiliki bandara dan digantikan dengan adanya helipad.

3. Nauru, Salah Satu Negara Terkecil di Dunia yang Bangkrut

Sumber: Maps of World

Nauru adalah negara terkecil di dunia nomor tiga yang hanya memiliki luas wilayah sekitar 21 kilometer persegi. Nauru dulunya dikenal dengan nama Pulau Pleasant yang merupakan negara kepulauan di Mikronesia, Pasifik Tengah.

Menurut World Population Review di tahun 2021, jumlah penduduk Nauru berjumlah 10,876 jiwa saja. 

Nauru menyimpan kisah mantan negara makmur di dunia pada era tahun 1980-an yang kini bangkrut karena eksploitasi sumber daya alamnya.

Dulu, Nauru dikenal sebagai penghasil fosfat bermutu tinggi dengan kemampuan produksi terbesar dunia. Sayangnya, karena pengelolaan uang negara yang buruk, negara ini akhirnya bangkrut dan mengandalkan aset yang dimilikinya di Australia sebagai sumber pemasukan.

Artikel terkait: 5 Nama Anak yang Dilarang Di Seluruh Penjuru Dunia

4. Tuvalu, Negara yang Hampir Tenggelam

Sumber: .worldatlas.com

Tuvalu adalah negara paling kecil nomor empat dunia yang hanya memiliki luas wilayah sekitar 26 kilometer persegi. Sebelumnya, negara Tuvalu dikenal dengan nama Ellice Islands yang letaknya berada di kepulauan Polinesia. 

Menurut World Population Review di tahun 2021, jumlah penduduk Monako hanya ada 11,931 jiwa saja. Penduduknya tersebar di pulau-pulau kecil, yaitu pulau-pulau kecil yang bernama Niulakita, Nukulaelae, Funafuti, Nukufetau, Vaitupu, Nui, Niutao, Nanumaga, dan Nanumea.

Baru-baru ini Menteri Luar Negeri (Menlu) Tuvalu Simon Kofe membuat video pernyataan untuk konferensi perubahan iklim internasional terbesar COP26 demi menyuarakan negaranya yang hampir tenggelam karena perubahan iklim. Sebanyak 2 dari 9 pulau di Tuvalu terancam tenggelam karena naiknya permukaan air laut dan erosi pantai.

5. San Marino, Negara Republik Terkecil di Dunia

Sumber: Encyclopedia Britannica

San Marino jadi negara paling kecil nomor lima dunia yang hanya memiliki luas wilayah sekitar 61 kilometer persegi. Sama seperti Vatikan, San Marino juga dikelilingi oleh kota-kota negara Italia. Menurut World Population Review di tahun 2021, jumlah penduduk San Marino hanya ada 34,017 jiwa saja. 

Unik, San Marino jadi negara republik terkecil sekaligus tertua di dunia. Dalam sejarahnya, diketahui San Marino didirikan oleh Marinus, seorang tukang batu yang mencari perlindungan dari serangan bangsa Romawi. 

Artikel terkait: 10 Negara Terbaik dan Terburuk untuk Cuti Melahirkan

6. Liechtenstein, Negara Terkecil dengan Pemandangan Indah

Sumber: Encyclopedia Britannica

Liechtenstein jadi negara paling kecil nomor enam di dunia yang hanya memiliki luas wilayah sekitar 160 kilometer persegi. Menurut World Population Review di tahun 2021, jumlah penduduk San Marino hanya ada 38,250 jiwa saja. 

Terletak di antara Austria dan Swiss, Liechtenstein dikaruniai pemandangan indah karena terletak di lembah sungai Alpen. Selain dikaruniai pemandangan indah, negara ini merupakan salah satu negara terkaya di dunia.

Itulah daftar negara terkecil di dunia untuk dikenalkan kepada si kecil. Semoga bermanfaat, ya!

****

Mengintip Menu Sarapan Dari Seluruh Dunia

5 Negara ASEAN dengan Sistem Pendidikan Terbaik 2021, Indonesia Urutan Berapa?

Lindungi Anak dari Risiko Obesitas, 7 Negara Ini Batasi Junk Food!

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles