25.6 C
Jakarta
Tuesday, May 17, 2022

6 Cara Menjernihkan Minyak Goreng Bekas Pakai agar Bisa Digunakan Kembali

6 Cara Menjernihkan Minyak Goreng Bekas Pakai agar Bisa Digunakan Kembali

Kelangkaan minyak goreng saat ini menjadi keluhan yang banyak dirasakan masyarakat Indonesia di berbagai wilayah. Selain langkanya jumlah minyak, harga yang semakin melambung tinggi juga membuat masyarakat harus pandai menghemat penggunaannya. Untuk itu, tak sedikit masyarakat melakukan berbagai cara menjernihkan minyak goreng bekas agar bisa digunakan kembali.

Akan tetapi, minyak goreng bekas yang sudah digunakan sering kali berubah menjadi keruh dan kotor. Bukan begitu, Parents? Melalui artikel berikut ini, kami akan merangkumkan beberapa tips dalam membuat minyak goreng Anda kembali jernih dan bisa digunakan kembali. Kira-kira tahan berapa lama, ya? Yuk, simak informasinya sampai akhir!

6 Cara Menjernihkan Minyak Goreng Bekas
1. Diendapkan Selama Semalaman

Sumber: Freepik

Cara yang bisa Anda lakukan untuk menjernihkan minyak goreng bekas adalah dengan mengendapkannya semalaman. Cara seperti ini banyak digunakan pada minyak yang telah dimanfaatkan untuk menggoreng bahan dengan tepung.

Agar lebih jernih dan bebas tepung, Parents bisa mendiamkannya semalaman di dalam wadah agar sisa tepungnya bisa mengendap di bawah wadah dengan sempurna. Jadi, pastikan Anda tidak mengaduknya dan membuat sisa tepung tadi kembali naik ke permukaan.

2. Menjernihkan Minyak Goreng Bekas Bisa Menggunakan Segenggam Nasi

Sumber: Freepik

Tak hanya untuk makan, nasi juga bisa, kok, Anda manfaatkan sebagai penjernih minyak goreng bekas pakai. Bagaimana bisa? Tekstur nasi yang sedikit lengket bisa membantu sisa gorengan di dalam minyak menempel di permukaan nasi.

Cara yang bisa dilakukan adalah membiarkan minyak bekas pakai agar sedikit dingin, lalu ambil segenggam nasi dan kepalkan nasi. Masukkan kepalan nasi ke dalam minyak goreng bekas pakai, kemudian bolak balik dan tekan sampai seluruh sisa gorengan yang ada menempel di nasi.

Artikel terkait: Berapa Batas Penggunaan Minyak Goreng yang Sehat?

3. Menyaring Minyak Goreng Bekas Pakai Menggunakan Kulit Pisang

Sumber: Freepik

Siapa bilang kulit pisang tak bisa dimanfaatkan? Bisa, kok! Salah satunya untuk membantu menjernihkan minyak goreng bekas agar bisa digunakan kembali. Hal ini lantaran kulit pisang mampu memisahkan kotoran atau remahan sisa gorengan dari minyak. Bagaimana caranya?

Potong halus dan lembut kulit pisang, kemudian letakkan di atas saringan dan sebuah wadah di bawahnya. Kemudian, ambil minyak goreng bekas pakai yang sudah dingin, saring di atas kulit pisang tadi hingga minyak turun ke wadah.

4. Kentang Bisa Menempelkan Kotoran di Minyak Bekas

Sumber: Pexels

Selain nasi, jenis karbohidrat lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk menjernihkan minyak goreng bekas adalah kentang. Cara menggunakannya pun tak berbeda jauh, cukup cuci dan kupas terlebih dahulu kentang, kemudian potong menjadi beberapa bagian sama besar.

Berbeda dengan penggunaan nasi yang harus menunggu minyak sampai cukup dingin, kentang justru bisa dimasukkan ke dalam minyak goreng bekas yang masih panas.

Aduk sesekali hingga seluruh sisa gorengan menempel pada kentang. Namun, pastikan kentang tidak sampai gosong agar tidak mengubah warna minyak dan juga tidak berbau.

Artikel terkait: 4 Perbedaan Minyak Goreng Curah dan Kemasan, Mana yang Lebih Berkualitas?

5. Gunakan Serai untuk Hilangkan Bau

Sumber: Freepik

Tak hanya kotor, minyak goreng bekas pakai biasanya juga akan meninggalkan bau tak sedap yang membuat sejumlah orang memilih untuk membuangnya jika sudah digunakan. Di tengah kondisi kelangkaan minyak saat ini, Anda bisa, kok, memanfaatkan serai untuk menghilangkan bau pada minyak.

Bagaimana caranya? Caranya adalah siapkan dua batang serai yang sudah Anda memarkan. Kemudian masukkan ke dalam minyak goreng bekas pakai. Namun sebelumnya, panaskan terlebih dahulu minyaknya hingga mendidih, ya!

Jadi, Anda bisa memasukkan serai ke dalam minyak yang tadi sudah dididihkan dan dalam keadaan kompor mati. Setelah dimasukkan, diamkan serai selama kurang lebih dua jam untuk menyaring bau tak sedap.

Artikel terkait: 7 Tips Sehat dan Hemat Memasak Tanpa Minyak, Cek Bun!

6. Arang Tumbuk untuk Menyaring Kotoran Minyak

Sumber: Freepik

Tak hanya untuk membakar makanan, arang juga bisa dimanfaatkan untuk menjernihkan minyak goreng bekas, nih. Dengan sifat menyerap kotoran dan residu yang ampuh, Anda bisa memanfaatkannya di tengah kondisi seperti sekarang ini.

Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan menghaluskan arang terlebih dahulu hingga tidak ada arang yang menggumpal, atau sampai berbentuk serbuk.

Setelah itu, siapkan minyak goreng bekas pakai di dalam wadah, masukkan dua genggam serbuk arang ke dalam wadah tersebut. Aduk rata minyak dan arang, lalu tunggu sebentar sampai minyak kembali jernih. Jika sudah terlihat jernih, saring minyak hingga seluruhnya terangkat.

Berapa Lama Minyak Goreng Bekas Pakai Bertahan?

Sumber: Pexels

Menggunakan minyak goreng secara berulang memang bisa digunakan sebagai cara menghemat minyak di tengah kondisi kelangkaan minyak goreng saat ini. Namun, berapa lama atau berapa banyak minyak goreng bekas pakai bisa digunakan kembali?

Melansir dari Tribun News, minyak goreng bekas pakai sebenarnya tidak ada batasan pasti sampai berapa kali bisa digunakan. Namun, Parents perlu mencermati beberapa tanda yang bisa dijadikan acuan apakah minyak goreng masih bisa digunakan atau sebaiknya diganti dengan yang baru.

Beberapa tandanya di antara lain:

Minyak sudah semakin keruh dan tidak bisa lagi dijernihkan.
Timbul bau tak sedap pada minyak yang bisa mengontaminasi makanan selanjutnya yang akan digoreng.
Terdapat lapisan pada permukaan minyak atau adanya kotoran yang menggenang di bawah minyak.

Jadi, meski bisa dijernihkan kembali, Parents juga tetap perlu memerhatikan tanda dari minyak goreng bekas yang akan digunakan. Sehingga bisa dipertimbangkan untuk menggunakan minyak goreng yang baru agar makanan yang dimasak tetap terjaga kelezatan dan kesehatannya.

Demikianlah informasi terkait tips menjernihkan minyak goreng bekas dan juga kapan minyak bekas pakai bisa bertahan. Semoga bermanfaat dan bisa dicoba di rumah, ya!

Kini Sedang Langka, Waspada Praktik Minyak Goreng Oplosan

5 Cara Menghemat Minyak Goreng agar Tak Panik saat Harganya Naik

Kembali Melimpah, Ini Harga Minyak Goreng Terbaru

The post 6 Cara Menjernihkan Minyak Goreng Bekas Pakai agar Bisa Digunakan Kembali appeared first on theAsianparent: Situs Parenting Terbaik di Indonesia.

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles