in , , ,

6 Aplikasi Browser Alternatif Pengganti Chrome untuk Android

Foto: techno.okezone

Teknologi.id –  Selain aplikasi pesan instan, web browser menjadi salah satu aplikasi yang sering digunakan oleh pengguna smartphone lantaran bisa melakukan pencarian data dan informasi di Internet.

Saat ini aplikasi browser di smartphone sudah semakin berkembang dan semakin banyak pilihan untuk digunakan berselancar di dunia maya.

Beberapa browser saat ini menawarkan keunggulannya masing-masing seperti berselancar internet lebih lancar, tampilan yang lebih sederhana, mengunduh lebih cepat, hingga membawa fitur-fitur canggih lainnya.

Baca juga: Fitur Smart Reply Masuk YouTube untuk Balas Komentar Secara Otomatis

Nah, jika bingung menentukan aplikasi browser yang tepat untuk smartphone kalian, selain browser bawaan Andorid seperti Chrome, berikut ini Teknologi.id rekomendasikan 6 aplikasi browser alternatif untuk ponsel Android:

1. Jio Browser

Foto: indiatoday.in

Jio Browser merupakan aplikasi browser pertama yang diciptakan oleh India dan terus dikembangkan sampai sekarang. Browser untuk Android ini sengaja dirancang untuk memberikan pengalaman berselancar internet yang cepat dan aman. JioBrowser menawarkan banyak fitur yang mungkin akan kalian sukai sebagai aplikasi browser modern.

Browser ini memiliki fungsi hemat baterai dan mobile data saving, penjelajahan penyamaran (incognito), dan juga kemampuan untuk mengunduh dan membaca halaman secara offline, serta menawarkan tema gelap (dark theme) yang sangat populer belakangan ini.

2. Brave Browser

Foto: Systweak

Jika kalian mencari web browser lengkap tanpa kompromi, maka cobalah Brave browser. Browser ini berfokus pada keamanan dan privasi, sehingga menjadikannya alternatif untuk UC browser yang baik. Brave browser bisa secara otomatis mengarahkan ulang halaman yang tidak aman ke HTTPS menggunakan HTTPS Everywhere, juga memblokir iklan dan pelacak lainnya. Brave juga memiliki teknik pengoptimalan data bawaan untuk meminimalkan konsumsi data seluler kalian.

Baca juga: Fans Call of Duty: Modern Warfare Protes Update Terbarunya

3. Puffin Web Browser

Foto: m.kaskus

Jika kalian membutuhkan web browsing yang super cepat, maka Puffin adalah jawabannya. Dibandingkan dengan semua browser lain ada di dalam daftar ini, Puffin tampaknya mampu memuat halaman web dengan sangat cepat karena sistem algoritma kompresi internal miliknya

Fitur menarik lainnya dari Puffin yaitu browser ini mendukung Adobe Flash melalui server cloud nya. Dengan begini akan memungkinkan kalian untuk mengakses konten Flash, seperti game browser langsung dari perangkat seluler. Fitur lainnya yaitu mode permainan yang digunakan untuk permainan flash, penelusuran pribadi, pemutar video bawaan, dan lainnya.

4.  Maxthon Browser

                               

Foto: apkpure

Jika Anda adalah pengguna web browser seluler yang berat, maka Maxthon adalah pilihan yang cukup bagus, dengan desain antarmuka yang bersih dan dapat diubah sesuai selera. Bukan hanya sebagai browser yang memuat halaman web lebih cepat, browser ini memiliki beberapa fitur bermanfaat lainnya, seperti password manager (pengelola kata sandi), note-taking tool (alat pencatat), email manager (pengelola email), web clipper, dan juga night mode (mode malam). 

Maxthon juga bisa mengompres halaman web untuk menghemat konsumsi data seluler kalian. Kalian bisa menyimpan lebih banyak data dengan mengaktifkan fitur Smart Image Display. Saat diaktifkan, Maxthon memuat gambar dalam kualitas rendah atau hanya jika diperlukan saja.

Baca juga: Jajaran Xbox Game Pass yang Akan Hadir di Bulan Juli!

5. Firefox Focus

Foto: Betanews

Firefox juga ikut berpartisipasi dalam persaingan browser di ranah Android. Meskipun belum sehandal browser untuk desktopnya, namun browser ini sudah menghadirkan beberapa fitur mumpuni seperti offline reading dan add-ons untuk kontrol gestur, manajemen password, serta ad blocker. Cara menggunakan aplikasi browser cepat ini pun tidaklah sulit. Kalian hanya perlu memiliki aplikasinya terlebih dahulu dengan mengunduhnya di Play Store, setelah selesai, kaliantinggal masuk ke dalam aplikasi dan mulailah berselancar di internet menggunakan Firefox Focus.

6. Opera Mini

Foto: opera.com

Rasanya kalian familiar dengan yang satu ini jadi tidak perlu lagi penjelasan panjang lebar mengenai browser Opera Mini. Semenjak zaman Symbian hingga Android sekarang, Opera Mini merupakan browser mobile yang paling banyak digunakan karena fitur dan kecepatannya. Opera Mini akan melakukan kompresi halaman web sehingga proses loadingnya akan berlangsung sangat cepat. Selain itu, hasil kompresan tersebut juga akan mengurangi ukuran filenya sampai 90% sehingga dapat menghemat penggunaan kuota internet kalian. Cepat, mudah, praktis juga gratis.

Baca juga: Microsoft Perbarui Desain Start Menu dan Alt Tab di Windows 10

(lm)

What do you think?

789 points
Upvote Downvote

Written by buzz your story

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0
terungkap,-ternyata-inilah-alasan-as-terus-menyerang-huawei-hingga-saat-ini

Terungkap, Ternyata Inilah Alasan AS Terus Menyerang Huawei Hingga Saat Ini

inovasi-baru-samsung,-pengisi-daya-nirkabel-yang-mampu-sterilkan-ponsel

Inovasi Baru Samsung, Pengisi Daya Nirkabel yang Mampu Sterilkan Ponsel