32.8 C
Jakarta
Thursday, May 19, 2022

5 Tempat Wisata Edukasi Anak di Yogyakarta, Cocok Dikunjungi Saat Long Weekend!

5 Tempat Wisata Edukasi Anak di Yogyakarta, Cocok Dikunjungi Saat Long Weekend!

Ada beberapa tempat wisata edukasi di Yogyakarta yang bisa menjadi pilihan Parents berakhir pekan bersama keluarga. Beberapa tempat wisata ini tidak hanya memberikan pengalaman berlibur yang menyenangkan, tetapi juga memberikan tambahan pengetahuan kepada buah hati. 

Seperti diketahui, Yogyakarta merupakan kota yang menjadi destinasi wisata favorit banyak orang. Sebab, kota ini memang memiliki banyak tempat wisata yang bisa menyegarkan otak, mulai dari wisata alam, wisata belanja, hingga wisata sejarah. Nah, kali ini, kami akan merangkum beberapa tempat wisata edukasi di Yogyakarta, seperti dihimpun dari berbagai sumber berikut.

Artikel terkait: 12 Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang yang Sayang untuk Dilewatkan

1. Taman Pintar

Taman Pintar merupakan sebuah tempat wisata yang berada di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Yogyakarta, di kawasan Benteng Vredeburg. Tempat ini berusaha memadukan tempat rekreasi dan edukasi dalam satu lokasi. Parents dan keluarga dapat bermain di area bermain edukatif yang tersebar di dalam beberapa zona.

Selain itu, ada berbagai wahana pendidikan interaktif yang bisa digunakan untuk belajar anak-anak. Ada pula ribuan alat peraga permainan yang bisa membantu anak dalam memahami ilmu pengetahuan. Kemudian, di samping Taman Pintar juga terdapat Shopping Centre yang menjadi pasar buku yang ada di Yogyakarta. Parents bisa berbelanja buku murah di tempat ini.

2. Kalen Edukasi Lupatmo

Kalen Edukasi Lupatmo merupakan tempat wisata yang ada di Desa Wukirsari, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Tempat wisata edukatif ini awalnya digagas oleh sekelompok pemuda Manggung yang ingin menjadikan kalen (sungai kecil/parit) menjadi sarana edukasi untuk anak. Mereka prihatin melihat tempat tersebut kotor dan banyak sampah.

Dengan niat awal menanggulangi sampah di dusun tersebut, kalen tersebut sekarang menjadi tempat wisata edukatif untuk anak-anak. Anak-anak dapat belajar peduli terhadap lingkungan. 

Artikel terkait: 11 Tempat Wisata Paling Romantis yang Ada Di Indonesia

3. Museum Gempa Prof. Dr. Sarwidi

Tempat wisata edukasi di Yogyakarta lainnya adalah Museum Gempa Prof. Dr. Sarwidi. Museum ini berada di Jalan Malangyudo Nomor 25, Kawasan Wisata Kaliurang, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Awalnya, museum ini didirikan untuk memamerkan miniatur bangunan rumah tahan gempa.

Namun, Universitas Islam Indonesia pun menggagas untuk mendirikan museum gempa dan resmi dibuka pada 21 Juli 2007 lalu. Setelah beberapa kali berpindah tempat, akhirnya museum ini ditetapkan di daerah Kaliurang dengan luas bangunan 6 x 10 meter persegi. Di tempat ini, anak-anak dapat belajar mengenai gempa.

Anak-anak dapat memutar film animasi untuk anak, penampilan kejadian gempa bumi di Indonesia, dan ruang simulasi untuk merasakan gempa tersebut. Koleksi utamanya adalah Bangunan Rumah Rakyat Tahan Gempa.

4. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu bisa menjadi pilihan tempat wisata edukasi di Yogyakarta. Di museum ini, Parents bisa belajar mengenai kebudayaan dan tradisi Jawa. Terletak di Kecamatan Pakem (Kaliurang), Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, museum ini menampilkan budaya dan kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram beserta koleksi bermacam-macam batik.

Nama Ullen Sentalu diambil dari “ULating bLENcong SEjatiNe TAtaraning LUmaku” yang memiliki arti “Nyala lampu blencong sebagai petunjuk bagi umat manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan”.

Ada pun penggagas museum ini adalah bangsawan Yogyakarta yang dikenal dekat dengan keluarga Keraton Surakarta dan Yogyakarta.

Artikel terkait: 9 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Cocok Dikunjungi saat Libur Lebaran

5. Museum Sonobudoyo

Tempat wisata edukasi di Yogyakarta lainnya adalah Museum Sonobudoyo. Museum ini adalah museum dan perpustakaan sejarah dan budaya Jawa yang berisi koleksi artefak Jawa terlengkap, setelah Museum Nasional di Jakarta. Selain keramik era Neolitikum dan patung perunggu dari abad ke-8, museum ini juga memiliki koleksi wayang (wayang kulit), berbagai senjata kuno (seperti keris ), dan topeng Jawa.

Museum Sonobudoyo terdiri dari dua unit, Unit I terletak di Jalan Trikora No. 6 Yogyakarta, dan Unit II terletak di Ndalem Condrokiranan, Wijilan, di sebelah timur alun-alun utama (utara) kota. Museum ini juga menampilkan pertunjukan wayang dan gamelan setiap malam pada hari kerja, terutama untuk wisatawan asing dan domestik.

Selain itu, Museum Sonobudoyo juga memiliki bioskop yang bisa diakses oleh pengunjung pada waktu-waktu tertentu secara gratis. Biasanya, akan diputar berbagai film Indonesia.

Demikian beberapa tempat wisata edukasi di Yogyakarta yang bisa menjadi pilihan Parents untuk menghabiskan akhir pekan atau liburan bersama keluarga. Mana yang menarik perhatian Parents?

Mengintip 13 Tempat Wisata Di Ukraina, Surga di Eropa Timur

10 Tempat Wisata Glamping di Alam Terbuka yang Menyajikan Pengalaman Berbeda

7 Tempat Wisata Ramah Lingkungan di Indonesia yang Perlu Dilestarikan

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles