31.1 C
Jakarta
Wednesday, May 25, 2022

5 Makanan Khas Ramadan dari Berbagai Daerah di Indonesia

5 Makanan Khas Ramadan dari Berbagai Daerah di Indonesia

Salah satu hal yang identik dengan bulan ramadan adalah makanan khas bulan puasa dari berbagai daerah. Beberapa makanan terkadang terasa spesial karena hanya bisa kita temui pada saat bulan ramadan.

Indonesia sebagai negara yang memiliki budaya beraneka ragam, tentu memiliki makanan khas ramadan dari berbagai daerah. Berikut adalah 5 makanan khas bulan puasa dari berbagai daerah di Indonesia yang bisa Parents coba!

Daftar Makanan Khas Bulan Puasa dari berbagai Daerah di Indonesia
Bongko Kopyor (Gresik, Jawa Timur) 

Sumber: goodnewsfromindonesia.id

Makanan khas bulan puasa yang pertama adalah Bongko Kopyor dari Gresik, Jawa Timur. Bongko Kopyor merupakan bubur nangka dan kelapa kopyor. Bubur nangka yang terdapat pada bongko kopyor adalah bubur mutiara dengan potongan roti tawar, pisang, kelapa muda serta nangka. 

Tekstur dari bongko kopyor sangat lembut seperti bubur sumsum, namun sedikit encer. Hal tersebut dikarenakan bongko kopyor tidak menggunakan bahan dasar tepung. Potongan nangka yang terdapat pada bongko kopyor membuat bongko kopyor menjadi sangat harum.

Bongko kopyor biasanya dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Kuliner khas Gresik ini biasa dijual dengan kisaran harga Rp. 5.000 hingga Rp. 8.000 per bungkusnya. 

Bubur Kampiun (Bukittinggi, Sumatera Barat) 

Sumber: nesiatimes.com

Bubur kampiun merupakan makanan yang berasal dari Bukittinggi, Sumatera Barat. Makanan ini awalnya dibuat sebagai salah satu upaya untuk menghilangkan trauma masyarakat di Bukittinggi akibat perang revolusi pada tahun 1950-an. 

Bubur kampiun terdiri dari berbagai campuran seperti bubur sumsum, ketan putih dan ketan hitam yang telah dikukus, kolak ubi dan kolak pisang, bubur kacang hijau serta bubur candil.

Rasa manis dan tekstur yang beragam membuat banyak orang selalu berburu makanan asal Bukittinggi ini. Untuk membuat bubur kampiun perlu keterampilan khusus karena bubur kampiun dibuat dengan berbagai komponen dan memerlukan waktu yang tidak sebentar.

Komponen-komponen pelengkap bubur kampiun dimasak di waktu yang bersamaan pada panci dan tungku yang berbeda. 

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles