in ,

5 Karakteristik Desain Interior Rumah Minimalis ala Korea



Rumah Minimalis di Korea


Ilustrasi Karakteristik Desain Interior Rumah Minimalis ala Korea/ Foto: Istimewa

Jakarta

Gaya hidup minimalis kini jadi pilihan banyak orang, Bunda. Gaya minimalis ini pun diterapkan pada hunian, begitu pula dengan rumah minimalis di Korea.

Dikatakan Profesor Kim Yun-tae dari Universitas Korea Seoul, fenomena hidup minimalis itu tidak bisa dijelaskan tanpa memahami perubahan persepsi orang tentang konsumsi berlebihan. Tapi pada dasarnya, gaya hidup minimalis yakni menemukan alternatif dari tren konsumsi yang berlebihan dan mencolok saat ini.

“Sangat wajar bahwa gaya hidup minimalis muncul sebagai reaksi dalam masyarakat, di mana orang tanpa henti mengonsumsi dan membual tentang konsumsi mereka,” ujar Kim Yun-tea, dilansir Korea Herald.



Senada dengan itu, penulis buku, Hwang Yun-jeong mengatakan bahwa gaya hidup minimalis yang diterapkan pada hunian akan membuat kita merasa hidup lebih lapang, lalu fokus pada hal-hal yang kita butuhkan.

“Jika mulai merapikan, kita akan terkejut bagaimana kita hidup dikelilingi hal-hal yang bahkan tidak kita gunakan. Dan hanya dengan menyingkirkannya, Anda bisa lebih fokus pada hal-hal yang kamu pedulikan,” ujarnya.

Nah kalau Bunda sedang menata rumah, berikut ini 5 karakteristik desain interior rumah minimalis ala Korea yang bisa diadopsi, melansir dari Homify.

1. Interior kayu warna cerah

Rumah minimalis ala Korea biasanya menggunakan interior kayu berwarna cerah. Komponen ini bekerja sama untuk meningkatkan tampilan ruangan.

Komponen kayu yang berwarna cerah ini bertujuan untuk membuat ruangan terasa fresh dan harmonis. Pada akhirnya, ini juga membantu menciptakan ruang hidup yang lebih fungsional.

Tentu saja, desain kayu ini tak hanya untuk lantai ataupun atap, melainkan bisa ditambahkan pula untuk perabotan atau aksen. Beberapa jenis kayu yang diterima dalam desain interior Korea seperti bambu, jati, atau pinus.

2. Maksimalkan pencahayaan alami

Salah satu cara utama desain Korea menekankan harmoni dan keseimbangan ruangan adalah melalui penggunaan cahaya alami. Di setiap bagian ruangan, cahaya alami jadi cara paling efektif untuk menerangi interior.

Cahaya alami ini lebih ringan di mata dan menciptakan suasana yang lebih halus. Itu sebabnya ahli estetika Korea mengusahakan untuk menempatkan jendela-jendela besar ke arah matahari terbit dan membiarkan cahaya alami membanjiri ruang.

Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk menambahkan lampu langit-langit dalam rumah untuk menambah efek indah cahaya alami di sudut-sudut gelap interior.

Kamar Tidur Bergaya Korea

Kamar Tidur Bergaya Korea/ Foto: Instagram

3. Pertahankan skema warna netral

Karena konsep utama dari karakteristik desain interior Korea adalah cahaya alami dan kayu berwarna cerah, maka tidak mengejutkan kalau kita melihat skema warna dalam rumah minimalis Korea biasanya dijaga tetap minimal.

Di sini, minimal berarti bahwa segala sesuatu sebagian besar netral. Warna-warna favorit tersebut di antaranya putih, abu-abu, kuning, perak, krem, dan coklat.

Tetap gunakan warna-warna ini saat mendesain ruangan, dan pilih aksen dengan hati-hati. Misalnya untuk desain kamar tidur, pilihlah warna yang didominasi dari putih, kayu, dan abu-abu. Kemudian pilih beberapa item dengan palet warna menonjol, seperti biru, namun tanpa menghilangkan nuansa netral.

4. Sertakan semburat warna dengan aksesori unik

Jika Bunda bertanya-tanya di mana tepatnya aksen warna berperan, desain Korea lebih menyukai aksesori unik dan potongan vintage.

Misalnya, pada ruang tamu dengan warna netral atau tema retro, cobalah letakkan beberapa bantal sofa dengan aksen yang lebih berani namun tidak berlebihan.

5. Jangan lupakan tempat duduk yang nyaman

Gaya hidup orang Korea secara tradisional lebih banyak dihabiskan untuk furnitur yang rendah dan rata, di mana fungsionalitas adalah fokus utamanya. Segala sesuatunya pun dijaga agar tetap bersahaja dan nyaman.

Ini membuat desain Korea lebih banyak menempatkan furnitur di lantai. Untuk menerapkan perspektif ini pada perabotan, cobalah menambahkan beberapa tempat duduk lantai yang nyaman.

Bunda juga bisa menggunakan bantal yang kokoh sebagai alas untuk area duduk, pilih meja yang rendah, serta kasur atau futon yang sederhana untuk tidur.

Simak juga tips rumah minimalis dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)

What do you think?

789 points
Upvote Downvote

Written by buzz your story

kh-wahab-chasbullah-dan-sejarah-ya-lal-wathan

KH Wahab Chasbullah dan Sejarah Ya Lal Wathan

5-drama-korea-dibintangi-aktor-tampan-l-infinite,-romantis-hingga-fantasi

5 Drama Korea Dibintangi Aktor Tampan L Infinite, Romantis hingga Fantasi