5 Kapal Perang Unik Dan Kreatif Yang Pernah Diciptakan Oleh Manusia

by -2 views

Anehdidunia.com – Manusia memang hidup di darat, namun dua per tiga permukaan Bumi ditutupi oleh laut. Itulah sebabnya manusia mengembangkan kemampuan berlayar supaya bisa menyeberangi kawasan yang daratannya terpisah satu sama lain.

Selain untuk transportasi, manusia juga menggunakan kapal sebagai senjata perang saat terlibat konflik satu sama lain. Berikut ini adalah 5 contoh kapal perang paling unik yang pernah diciptakan oleh manusia.

Kapal dengan Tiga Baris DayungKapal dengan Tiga Baris Dayung via greekreporter.comDi masa lampau, teknologi mesin masih belum bisa ditemukan. Supaya kapal bisa bergerak di laut, kapal pun mengandalkan tenaga dayung. Namun bagaimana jika kapalnya berukuran besar dan kapalnya berlayar di laut lepas? Apakah dayung tetap bisa digunakan untuk menggerakkan kapal tanpa terombang ambing oleh arus?

Kalau bagi bangsa-bangsa kuno di Laut Mediterania (misalnya bangsa Yunani Kuno), menambah jumlah dayung adalah solusinya. Dengan memasang begitu banyak dayung pada kapal, maka kapal diharapkan menjadi lebih stabil dan bisa bergerak tanpa terpengaruh oleh arus laut.

Trireme adalah kapal yang dirancang dengan konsep demikian. Jumlah dayung yang menyusun kapal ini dilaporkan mencapai 170 dayung! Dayung-dayung tersebut tersusun dalam formasi 3 baris. Itulah sebabnya mengapa kapal ini diberi nama trireme. Dalam bahasa Latin sendiri, kata “triremes” memiliki arti “tiga baris dayung”.

Karena memiliki banyak dayung, trireme pun memerlukan banyak orang sebagai pendayungnya. Jumlah total awak yang menaiki trireme bisa mencapai 200 orang lebih. Supaya dayungnya tidak saling tumpang tindih, dayung yang ada di baris atas lebih panjang dibandingkan dayung yang ada di barisan bawahnya.

Trireme didesain supaya bisa melaju secepat mungkin di laut. Saat terjadi pertempuran di laut, para pendayung trireme akan mengayuh dayungnya secepat mungkin supaya kapalnya menabrak bagian samping kapal musuh. Saat kapal musuh tertabrak, kapal tersebut akan terguncang sehingga penumpangnya pun berjatuhan ke laut dan tenggelam.

Kapal yang Menyemburkan Api AbadiKapal yang Menyemburkan Api Abadi via topwar.ruByzantium atau Romawi Timur adalah nama dari kekaisaran yang pernah berdiri di Eropa Timur pada Abad Pertengahan. Pada puncak kejayaannya, kekaisaran yang beribukota di Konstantinopel ini memiliki wilayah kekuasaan yang membentang mulai dari Spanyol hingga Turki dan Afrika Utara.

Byzantium juga terkenal sebagai kekuatan maritim di kawasan Laut Mediterania. Salah satu alasan kenapa Byzantium bisa memiliki angkatan laut yang begitu ditakuti adalah karena kekaisaran ini memiliki senjata rahasia bernama Api Yunani.

Api Yunani adalah senjata penyembur api yang dipasang pada kapal laut. Apa yang membuat Api Yunani berbeda dari api biasa adalah jika terkena air, Api Yunani tidak akan padam, tapi justru malah terus berkobar hebat. Seolah-olah api tersebut tidak bisa padam.

Dengan senjata itulah, kapal-kapal perang Byzantium berhasil menenggelamkan kapal-kapal perang musuh yang mencoba mengakhiri hegemoni Byzantium di laut. Saking pentingnya peran senjata ini bagi angkatan laut Byzantium, informasi mengenai bahan dan metode pembuatan Api Yunani menjadi rahasia negara yang dijaga dengan amat ketat.

Kapal untuk Serangan Bunuh DiriKapal untuk Serangan Bunuh Diri via dailynews.lkSri Lanka adalah negara pulau yang terletak di sebelah selatan India. Sekitar puluhan tahun silam, Sri Lanka menjadi arena perang saudara antara pasukan pemerintah melawan kelompok pemberontak Macan Tamil.

Saat Macan Tamil masih aktif beroperasi, kelompok tersebut terkenal dengan taktiknya yang begitu ekstrim pada masanya. Pasalnya anggota kelompok ini tidak segan-segan melakukan serangan bunuh diri. Metodenya pun begitu beragam karena selain melakukan serangan bunuh diri di darat, mereka juga bisa melakukannya di laut.

Untuk melakukan serangan bunuh diri, Macan Tamil menggunakan kapal speed boat khusus yang mengangkut bahan peledak. Saat kapal tersebut sudah bertabrakan dengan kapal musuh, kapalnya akan meledak bersama-sama dengan kapal musuh.

Kapal-kapal milik angkatan laut Sri Lanka yang sedang berpatroli menjadi sasaran utama serangan bom bunuh diri oleh kapal-kapal Macan Tamil. Supaya kapal yang hendak melakukan serangan bunuh diri bisa mencapai sasarannya tanpa terkena serangan musuh, kapal-kapal tersebut bakal ditemani oleh kapal-kapal Macan Tamil yang dilengkapi dengan senjata jarak jauh (misalnya senapan mesin).

Saat melakukan serangan, kapal yang dilengkapi dengan senapan mesin akan menyerang kapal perang Sri Lanka. Saat konsentrasi pasukan Sri Lanka tengah teralihkan, kapal yang mengangkut bom akan meluncur cepat menuju sasarannya dan kemudian meledakkan diri.

Kapal Kura-Kura BerduriKapal Kura-Kura Berduri via tripadvisor.comKura-kura adalah hewan yang terkenal suka membawa cangkangnya ke mana-mana. Kalau dalam ranah maritim, kapal kura-kura adalah sebutan untuk kapal perang yang pernah digunakan oleh angkatan laut Joseon (Korea) saat berperang melawan Jepang pada abad ke-16.

Sebutan kapal kura-kura digunakan karena bagian atas kapal ini nampak memiliki atap berbentuk bundar layaknya tempurung kura-kura. Atap bundar itu sendiri aslinya adalah lambung kapal yang dipasang secara terbalik. Atap kapal kura-kura juga dilengkapi dengan duri-duri tajam dan lapisan logam.

Saat perang antara Joseon dan Jepang masih berlangsung, kapal-kapal Jepang memiliki kebiasaan untuk mendekati kapal Joseon secepat mungkin. Saat sudah berjarak cukup dekat, awak kapal Jepang kemudian beramai-ramai melompat ke badan kapal Joseon untuk membunuhi awaknya.

Sebagai tanggapan atas taktik tersebut, Joseon pun menciptakan kapal kura-kura. Karena bagian atapnya dilengkapi dengan duri-duri yang tajam, tentara Jepang tidak bisa lagi melompat ke badan kapal kura-kura karena mereka bakal menghadapi resiko tertusuk oleh duri.

Kapal kura-kura juga dilengkapi dengan deretan meriam di bagian samping dan depan kapal. Dengan meriam itulah, kapal kura-kura bisa menembaki kapal musuh hingga tenggelam. Bagian depan kapal kura-kura juga dilengkapi dengan struktur menyerupai kepala naga supaya awak kapal Jepang merasa takut duluan saat melihat kapal kura-kura di kejauhan.

Kapal yang Bisa Bergerak di DaratKapal yang Bisa Bergerak di Darat via ensinarhistoriajoelza.comIstanbul adalah kota terbesar di Turki yang sebelum ini bernama Konstantinopel. Sebelum menjadi kota milik Turki, Konstantinopel berstatus sebagai ibukota Kekaisaran Romawi Timur atau Byzantium. Semasa masih menjadi ibukota Romawi Timur, Konstantinopel terkenal sebagai salah satu kota yang paling sulit ditaklukkan.

Konstantinopel amat sulit ditaklukkan karena kota ini dibangun di ujung semenanjung yang mudah dilindungi. Jika ada yang ingin menyerang dari arah darat, tembok Konstantinopel yang amat tebal menyebabkan kota ini nyaris tidak bisa ditembus. Jalur darat menuju Konstanti

Konstantinopel juga sulit diserbu dari arah laut karena perairan sekeliling Konstantinopel dilindungi olehr rantai-rantai yang terbentang di bawah permukaan laut. Jika ada kapal yang mencoba menerobos rantai tersebut, kapal tersebut akan tenggelam akibat bergesekan dengan rantai.

Pasukan Turki Ottoman yang ingin menaklukkan Konstantinopel sadar betul akan keberadaan rantai tersebut. Untuk mengatasinya, pasukan Ottoman pun membawa kapal-kapalnya melewati daratan hingga sampai di bagian perairan Konstantinopel yang tidak dilindungi oleh rantai.

Kapal-kapal tersebut bisa dibawa melaju di atas darat karena pasukan Ottoman menaruh batang-batang kayu di jalur darat yang dilalui oleh kapal. Saat pasukan Byzantium melihat kemunculan kapal-kapal tersebut, mereka begitu kaget karena mereka tidak mengira kalau Ottoman bakal membawa kapal-kapalnya menyusuri daratan.

Pasukan Ottoman juga dilengkapi dengan meriam yang berkaliber amat besar. Saat pasukan Ottoman terus berdatangan bak air bah, tembok Konstantinopel akhirnya berhasil dijebol oleh pasukan Ottoman pada tanggal 29 Mei 1453. Jatuhnya Konstantinopel ke tangan Ottoman sekaligus menandai runtuhnya Byzantium.

referensi :

https://en.wikipedia.org/wiki/Trireme

https://en.wikipedia.org/wiki/Greek_fire

https://en.wikipedia.org/wiki/Sea_Tigers

https://en.wikipedia.org/wiki/Turtle_ship

https://en.wikipedia.org/wiki/Fall_of_Constantinople

Leave your vote

526 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia. Kami bukan penulis, kami adalah baris-baris kode yang menghimpun tulisan bermutu yang berserakan di jagat maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *