5 Jalur Trekking di Sentul, Tren Baru Pendakian Selama Pandemi Covid-19

by -3 views
5-jalur-trekking-di-sentul,-tren-baru-pendakian-selama-pandemi-covid-19

Sentul yang masuk ke dalam kawasan Bogor di Jawa Barat menjadi salah satu destinasi wisata favorit selama pandemi Covid-19 bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Sentul terkenal dengan panorama alam pegunungannya yang indah, terdapat banyak curug, persawahan, perbukitan, hingga goa. Beberapa waktu terakhir, jalur trekking di Sentul juga sedang naik daun.

Lokasi pendakian berada di sekitar Karangtengah, berjarak 20 menit dari perumahan mewah Sentul City. Memang bukan pendakian berat, namun cukup seru untuk mengobati rasa rindu pada pendakian di gunung tinggi. Banyak agen perjalanan yang menawarkan paket-paketnya melalui media sosial Instagram, harga tergantung rute, durasi, dan medan perjalannya.

Baca juga: Taman Fathan Hambalang, Cafe Tiga Gunung di Sentul

Berikut ini disajikan beberapa jalur trekking di Sentul yang paling banyak diminati selama masa pandemi Covid-19, alternatif destinasi liburan untuk warga ibukota Jakarta dan sekitarnya.

1. Gunung Pancar

Gunung Pancar memiliki ketinggian hanya 300-800 mdpl, dengan topografi landai sampai bergelombang terjal berkemiringan 15-40%. Jalur trekking di Sentul ini terbilang santai, sehingga sangat cocok untuk level pemula. Tidak jauh dari kawasan Gunung Pancar juga terdapat spot hutan pinus rindang dan hijau yang memiliki panorama alam mengagumkan.

Rute Gunung Pancar, Bogor (travel.kompas.com).

2. Rute Bojong Koneng

Rute Bojong Koneng menjadi salah satu yang paling favorit, menawarkan trek pendakian yang variatif, mulai dari tanah merah berbatu hingga jalur berlumpur. Rute ini sangat cocok untuk anda yang menyukai tantangan. Panorama alam di Bojong Koneng disebut sebagai yang terbaik di kawasan Sentul. Rute ini juga ramai oleh para pesepeda dari Jakarta hingga Bogor.

Baca juga: Hotel Alam di Sentul dengan Panorama Luar Biasa

3. Desa Cisadon

Desa Cisadon tidak boleh dilewatkan, kawasan desa terpencil di Sentul ini berada di ketinggian 1.100 mdpl. Desa ini menawarkan lanskap alam yang dikelilingi oleh panorama perbukitan hijau dengan udara yang sejuk dan asri. Meskipun cukup terpencil, terdapat warung-warung sederhana untuk beristirahat atau sekadar meminum kopi sembali menikmati alam indah.

Panorama di Desa Cisadon (Instagram/shelly_natallia).

4. Trail Run Bojong Koneng-Cisadon

Bagi anda yang menyukai trail run, rute Bojong Koneng-Cisadon ini patut dicoba. Dengan total panjang rute mencapai 7,5 Km, rute ini dikelilingi oleh pemandangan alam yang luar biasa. Jika dengan berjalan santai, jalur ini dapat ditempuh selama tiga jam. Tapi apabila dengan berlari, dibutuhkan waktu dua jam saja untuk mencapai titik finish di ujung jalur.

Baca juga: Pendopo Ciherang Sentul, Hotel di Lereng Gunung Pancar

5. Motor Trail Cisadon-Rawa Gede

Jalur ini terbilang cukup sulit dan menantang, menarkan rute trekking yang sempit dengan turunan curam dan menanjak yang terjal. Di sekitar jalur Cisadon-Rawa Gede terdapat telaga asri dengan curug di dekatnya. Panjang total rute ini adalah 7 Km, dan dapat ditempuh selama tiga jam. Pemandangan di sepanjang jalur indah dengan pohon-pohon kopi.

REKOMENDASI

ARTIKEL KEREN PALING BARU

Leave your vote

712 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia #RumahBlogInspirasi #KabarWarga #MenabarInformasiAntiBasi Official Kabarwarga

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *