5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Kredit Mobil di Leasing Mobil

by -0 views
5-hal-yang-perlu-diperhatikan-saat-memilih-kredit-mobil-di-leasing-mobil

Saat ini mobil menjadi salah satu kebutuhan bagi beberapa orang, baik untuk bekerja, membuka usaha, atau untuk kendaraan pribadi bepergian, apapun alasannya, banyak orang yang ingin membeli mobil.

Namun sayangnya, harga mobil tidaklah murah, beberapa orang memilih untuk kredit mobil di perusahaan leasing mobil terpercaya.

Cara kredit dinilai lebih ringan, dan cocok bagi seseorang yang memiliki budget terbatas atau tidak mempunyai simpanan, serta membutuhkan mobil dalam waktu cepat.

Setiap orang pasti memiliki alasan tersendiri mengapa mereka memilih untuk kredit mobil dibandingkan membayar secara cash, karena keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Agar tidak salah pilih dan tetap hemat, ada 5 hal yang perlu anda perhatikan saat memilih kredit mobil, di antaranya yaitu:

1. Pilih Tipe Mobil

Sebelum memutuskan untuk kredit mobil, alangkah sebaiknya Anda mencari dan memilih tipe mobil sesuai keinginan dan kebutuhan anda.

Pasalnya Ada banyak jenis mobil yang bisa anda temukan di pasaran berdasarkan merk, warna, ukuran, hingga kegunaannya. Pastikan anda tahu apa tujuan Anda membeli mobil, hal tersebut memudahkan anda untuk membuat keputusan yang tepat.

Jika Anda membutuhkan mobil untuk membawa barang atau penumpang yang banyak, anda butuh mobil yang berukuran besar.

Namun jika membutuhkan mobil untuk memudahkan aktivitas bepergian ke kantor ataupun ke tempat lain, Anda bisa memilih mobil berukuran kecil dan tetap nyaman saat dikendarai. Anda juga bisa memilih tipe mobil murah sesuai dengan budget atau kemampuan membayar mobil.

Anda juga bebas memilih ingin membeli mobil baru atau mobil bekas. Kedua pilihan tersebut tentu memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing.

Buatlah keputusan yang tepat dan jangan termakan gengsi. Setelah menentukan tipe mobil anda jadi lebih mudah mengajukannya ke leasing mobil.

2. Perhatikan Harga Beli dan Harga Jual Mobil

Memperhatikan harga menjadi salah satu hal yang sangat penting sebelum Anda membeli mobil di leasing mobil. Bukan hanya perhatikan harga beli, tetapi juga perhatikan harga jual mobil, sehingga jika nanti Anda ingin menjual atau mengganti yang baru, Anda tidak terlalu rugi.

Terdapat beberapa mobil yang harganya bisa langsung turun sebesar 10% hingga 15% setelah keluar dari showroom, meski begitu ada pula mobil yang harga jualnya bisa lebih tinggi dibandingkan harga beli.

Memang ini dipengaruhi karena beberapa hal misalnya perawatan intensif pada mobil, mesin yang masih tangguh dan lainnya.

Alangkah baiknya anda memilih harga mobil yang terjangkau namun tetap berkualitas. Anda dapat memperhatikan mesin mereknya, hingga spesifikasi lainnya sebagai pedoman untuk memutuskan mobil yang Anda beli. Hal tersebut memudahkan anda untuk langsung mengajukannya ke leasing mobil.

3. Pilih Perusahaan Kredit yang Tepat: Dealer, Leasing atau Bank?

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, bahwa perusahaan leasing mobil menjadi incaran bagi banyak orang yang ingin membeli mobil, namun tak ada salahnya jika anda membandingkannya terlebih dahulu dengan mengkredit mobil di dealer atau bank.

Setelah memiliki pilihan mobil, ada baiknya anda mulai melakukan perbandingan ke beberapa dealer, leasing mobil atau bank.

Pasalnya, meskipun mereknya sama, namun terkadang terdapat beberapa perbedaan, baik dalam bentuk suku bunga maupun promosi lainnya

Leasing mobil bukanlah pilihan yang buruk, karena anda tetap bisa mengkredit mobil dengan bunga yang berlaku serta lebih mudah pengajuannya.

Hanya saja anda perlu berhati-hati dalam mencari penyedia jasa leasing mobil, pastikan penyedia jasa tersebut terpercaya, profesional, dan memberikan kemudahan.

4. Besaran Bunga

Dalam memilih perusahaan leasing mobil, pastikan Anda memperhatikan besaran bunga yang ditawarkan. Setiap perusahaan leasing memiliki kebijakan besaran bunga yang berbeda, Anda bisa melakukan perbandingan dan memilih jasa penyedia leasing yang bunga nya rendah atau terjangkau.

Dengan mengetahui besaran bunga, anda dapat mengetahui jumlah biaya yang harus dikeluarkan setiap bulannya.

5. Tentukan Masa Cicilan

Dalam hal membayar cicilan ke perusahaan leasing mobil, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan. Memang mencicil mobil dalam waktu lama membuat biaya yang harus dibayar lebih rendah, namun coba pikirkanlah kembali apa yang mungkin akan terjadi di masa yang akan datang.

Mungkin saja pengeluaran Anda nantinya akan lebih besar atau ada masalah dalam pekerjaan, dan lainnya yang membuat kondisi ekonomi memburuk.

Selain itu, agar tidak terlalu besar membayar bunga, Anda bisa memilih masa tenor yang cepat misalnya 1 sampai 3 tahun saja. Meskipun cicilan Anda setiap bulan terhitung besar, namun setidaknya bunga yang harus dibayar sedikit. Pastikan anda mempertimbangkan hal ini dengan baik dan tepat.

Itulah 5 hal yang harus anda perhatikan ketika memilih kredit mobil baru ataupun bekas di leasing mobil. Dengan memperhatikan 5 hal tersebut dengan baik, anda bisa mendapatkan mobil sesuai keinginan dan kebutuhan tanpa mengeluarkan biaya yang sangat boros. Anda juga bisa membayar cicilan dengan baik tanpa mengganggu kondisi keuangan keluarga.

Kini waktunya Anda mulai memikirkan membeli mobil impian anda. PT Maybank Indonesia Finance menjadi perusahaan leasing mobil yang tepat untuk membantu anda dalam mengkredit mobil dengan mudah dan praktis serta memberikan keuntungan besar.

Maybank Finance memberikan masa tenor sesuai kebutuhan dan bunga yang rendah serta pembayaran mudah. Jadi tunggu apalagi? Kredit mobil hanya di Maybank Finance!

Referensi:

https://maybankfinance.co.id/artikel/kredit-mobil-leasing-atau-bank/

https://maybankfinance.co.id/

Leave your vote

401 Points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *