5 Hal Bijak yang Wajib Dilakukan sebelum Membeli HP untuk Anak

by -1 views
5-hal-bijak-yang-wajib-dilakukan-sebelum-membeli-hp-untuk-anak

Memiliki smartphone sudah menjadi hal yang biasa untuk sebagian besar orang. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak juga sudah banyak yang memiliki benda yang satu ini. 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan situs Inc, kebanyakan anak berusia 10 tahun bahkan sudah mendapatkan fasilitas HP dari orangtuanya. Namun, tepatkah membelikan anak smartphone di usia mereka yang masih tergolong dini seperti ini? 

Bagi Anda yang sudah memiliki anak usia sekolah, pertanyaan di atas tentu kerap terlintas di benak Anda, apalagi jika si kecil sudah kerap minta dibelikan HP. Pada dasarnya Anda tidak harus memberikannya dengan terburu-buru. 

Penting untuk selalu memiliki pertimbangan khusus sebelum membelikan anak sebuah HP, agar fasilitas ini bisa memberikan manfaat yang tepat. Bagaimanapun juga, melalui HP anak akan bisa melakukan berbagai aktivitas online, dan Anda perlu memastikan bahwa usia anak memang sudah tepat untuk semua hal tersebut.

Berikut ini adalah beberapa hal bijak yang wajib Anda lakukan, sebelum membelikan HP untuk si kecil:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Pahami motivasinya

loader

Hal pertama yang wajib Anda ketahui adalah motivasi anak Anda untuk memiliki HP. Anda perlu menanyakan hal ini sejak awal, apalagi jika si kecil memiliki keinginan untuk punya HP secara mendadak. 

Jika ternyata anak Anda ingin memiliki HP hanya karena teman-teman sekolahnya sudah punya, maka sebaiknya Anda mempertimbangkannya lagi. Anda tentu tidak perlu membelikannya HP hanya karena teman-temannya sudah punya, sementara benda tersebut tidak begitu dibutuhkan oleh anak Anda saat ini. 

Namun jika ternyata si kecil memang membutuhkan sebuah HP untuk mendukung aktivitas belajarnya, maka Anda bisa memutuskan untuk membeli. Di masa pandemi ini anak-anak memang belajar secara online, sehingga mereka membutuhkan fasilitas ini untuk bisa membantu mereka belajar. 

Bukan hanya itu saja, HP juga akan membantu anak untuk bisa lebih mudah berkomunikasi dengan guru dan temannya, terutama terkait berbagai pelajaran sekolahnya.

2. Pastikan anak memahami tentang cyber security

Di dalam prakteknya, HP akan digunakan untuk berbagai aktivitas yang berbeda sekaligus. Bukan hanya untuk sekedar berkomunikasi saja, perangkat yang satu ini juga biasanya dipakai untuk mengakses media sosial dan yang lainnya. 

Penting bagi anak untuk memahami aturan dan juga resiko cyber security yang bisa datang kapan saja. Anda perlu mengajarkan anak tentang berbagai hal penting ini, seperti: resiko pencurian data, cyber security, cyber bullying, dan yang lainnya. 

Membatasi akses anak ke berbagai situs juga penting, termasuk situs-situs game. Anda perlu membuat aturan tentang bermain game ini sejak awal, sebab ini bisa saja menjadi salah satu aktivitas yang paling banyak menyita waktu anak-anak ketika bermain HP. 

Tentukan durasi bermain game ini sejak awal, agar kelak anak tidak sampai menghabiskan waktu terlalu banyak untuk melakukan aktivitas tersebut.

Baca Juga:  Cara Tepat Mendidik Anak di Usia Emas, Nomor 1 Paling Penting Nih Bunda

3. Tentukan aplikasi apa saja yang di-install

loader

Diskusikan urusan yang satu ini sejak awal, tepatnya sebelum Anda membelikan HP untuk si kecil. Anda dan si kecil harus memiliki aturan jelas tentang aplikasi apa saja yang kelak akan di-install di HP tersebut, lalu apa saja batasan dan aturan dalam menggunakan HP. 

Jangan lupa untuk mengaktifkan fitur Kids Mode sejak awal, agar anak Anda hanya bisa mengakses berbagai layanan yang memang sesuai dengan usianya. Hal ini sangat penting, mengingat Anda tidak akan bisa mengawasi si kecil sepanjang waktu ketika ia sedang bermain HP. 

4. Tentukan batasan waktu

Saat Anda membelikan anak HP, maka Anda tentu sedang menunjukkan rasa percaya Anda padanya. Namun meski begitu, Anda tetap harus memiliki aturan yang jelas terkait penggunaannya. 

Tentukan batasan waktu bagi anak untuk bermain HP, agar penggunaan perangkat ini tetap terkontrol. Hal ini akan membuat anak lebih disiplin dan mudah diatur, termasuk ketika anak harus menyelesaikan berbagai tugas sekolahnya dengan menggunakan HP tersebut.

Baca Juga: Dear Parents, Lakukan Cara Ini Buat Bantu Anak Fokus saat Sekolah Online

5. Berikan HP dengan fitur tepat

loader

Sebagai pengguna pemula, anak Anda tentu tidak membutuhkan berbagai fitur terkini di HP mereka. Anda tidak perlu membelikan HP tercanggih dengan harga selangit, meskipun Anda memiliki kemampuan keuangan untuk itu. 

Pilih smartphone yang dilengkapi fitur tepat dan sesuai kebutuhan anak saja. Anda bisa mempertimbangkan HP yang sudah dilengkapi dengan fitur parental control, agar Anda bisa mengawasi penggunaan HP anak Anda dengan mudah. 

Belikan HP untuk Anak dengan Cara yang Tepat

Membelikan anak sebuah HP mungkin sudah menjadi kebutuhan dan perlu Anda pertimbangkan saat ini. Namun jangan terburu-buru, Anda perlu memastikan bahwa anak Anda memang sudah benar-benar membutuhkannya. Belikan HP untuk anak Anda di waktu dan dengan cara yang tepat, agar kelak fasilitas ini bisa memberikan manfaat positif untuknya.

Baca Juga: Cara Sukses Mendidik Anak Agar Memiliki Masa Depan Cerah

Leave your vote

728 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia. Kami bukan penulis, kami adalah baris-baris kode yang menghimpun tulisan bermutu yang berserakan di jagat maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *