30.7 C
Jakarta
Thursday, May 19, 2022

5 Fakta Menarik Film Pemenang Oscar 2022, CODA: Kisah Haru Keluarga Tunarungu

5 Fakta Menarik Film Pemenang Oscar 2022, CODA: Kisah Haru Keluarga Tunarungu

Seiring dengan meluasnya pemberitaan tentang aktor tuna rungu Troy Kotsur yang meraih penghargaan Piala Oscar, film Coda yang dibintanginya pun turut mendapat perhatian besar dari publik. Apalagi film ini mendapatkan gelar Best Pictures atau Film Terbaik di ajang Oscar 2022. 

Coda (2021) adalah film drama komedi indie yang ditulis dan disutradarai oleh Sian Heder. Judul film CODA merupakan akronim dari Child of Deaf Adult.

Coda mungkin termasuk film yang mampu menyentuh sanubari penontonnya, dengan kisah mengharu-biru tentang keluarga tunarungu. Kini film Coda dihujani pujian dari semua kalangan karena gebrakannya mengkasting aktor penyandang disabilitas, Troy Kotsur.

Terlepas dari itu, ada sejumlah fakta menarik lainnya di balik pembuatan film Coda. Berikut ini ulasannya.

Artikel terkait: Kisah Troy Kotsur, Aktor Tunarungu Pemenang Oscar 2022

Fakta Menarik Film CODA
1. Kisah Keluarga Nelayan yang Tuli

Coda menceritakan kisah keluarga nelayan penyandang tunarungu yang menjalankan bisnis perikanan. Keluarga ini memiliki seorang putri bernama Ruby (Emilia Jones), satu-satunya yang tidak tunarungu.

Ruby bercita-cita sebagai penyanyi, namun ia juga menjadi tumpuan harapan keluarga sebagai penerus pengelola bisnis. Kondisi tersebut menghadapkan Ruby pada dilema antara mengejar karier sebagai penyanyi atau membantu usaha keluarganya. 

Artikel terkait: Daftar Nominasi Piala Oscar 2022, Ada yang Borong 12 Kategori!

2. Remake Drama Prancis

Coda merupakan produksi ulang (remake) dalam bahasa Inggris dari drama Prancis pemenang penghargaan tahun 2014 berjudul La Famille Bélier. Film ini memberikan banyak gambaran tentang komunitas tunarungu dan bagaimana mereka menjalani kehidupan.

3. Pemeran Film Coda Meraih Piala Oscar 2022

Menceritakan tentang keluarga tunarungu, Coda pun dibintangi oleh pemain disabilitas non-pendengaran (Troy Kotsur, Marlee Matlin, dan Daniel Durant).

Troy Kotsur bahkan meraih penghargaan Piala Oscar 2022 untuk kategori Pemeran Pendukung Terbaik, menjadikannya mencetak sejarah sebagai aktor tunarungu pertama yang memenangkan Piala Oscar.

Artikel terkait: Fakta Film Drive My Car: Film Jepang Pertama yang Masuk Nominasi Best Picture Oscar

4. Sutradara Juga Belajar Bahasa Isyarat

Sutradara Sian Heder

Karena Coda melibatkan pemeran tunarungu, sang sutradara Sian Heder dan aktris Emilia Jones pun belajar menggunakan bahasa isyarat, salah satunya untuk mendukung kelancaran komunikasi.

Dua pakar ASL (Bahasa Isyarat Amerika) juga meninjau skrip dan membuat perubahan yang diperlukan.

5. Menjadi Bintang di Festival Film Sundance 2021

Penulis dan sutradara Sian Heder menciptakan gebrakan paling banyak di festival Sundance 2021 dengan Coda. Film ini mendapat banyak pujian dan mendominasi upacara penghargaan yang diadakan secara virtual.

Penghargaan yang dimenangkan Coda, di antaranya Grand Jury Prize, Audience Award, Director Award untuk Heder, dan Special Jury Award untuk Best Ensemble.

6. Film Coda Memenangkan 3 Kategori dalam Academy Award 2022

Tak hanya membawa Troy Kotsur menjadi pemenang piala Oscar dalam kategori Best Supporting Actor, film ini juga memenangkan dua kategori lainnya yakni Best Adapted Screenplay, dan Best Picture. 

***

Bagaimana Parents? Tertarik untuk 

Permintaan Maaf Will Smith Usai Menampar Chris Rock saat Oscar 2022

Tak Terima Istrinya Dijadikan Lelucon, Will Smith Memukul Chris Rock di Panggung Oscar

15 Film Barat Terbaik Sepanjang Masa, Rekomendasi Tontonan di Waktu Senggang

The post 5 Fakta Menarik Film Pemenang Oscar 2022, CODA: Kisah Haru Keluarga Tunarungu appeared first on theAsianparent: Situs Parenting Terbaik di Indonesia.

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles