5 Ciri Kucing Sedang Hamil

by -15 views
5-ciri-kucing-sedang-hamil
Ilustrasi hewan piaraan kucing. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan

Hi!Pontianak – Kucing mengalami masa birahi atau etrus saat kucing mencapai kematangan seksual. Biasanya, kucing akan birahi saat memasuki usia 6 bulan atau bisa lebih awal sekitar usia 4 bulan.

Ciri-ciri kucing sedang birahi akan terlihat dari tingkah lakunya, seperti mengeong terus menerus, bulu rontok, dan buang air sembarang.

Bagi para pencinta atau pemilik hewan kucing, biasanya akan sulit membedakan atau mengetahui saat kucing sedang bunting atau hamil. Tentunya, pemilik kucing harus mengetahui ciri-ciri saat kucing sedang hamil. Hal ini berguna agar bisa mempersiapkan saat kucing mengalami berbagai perubahan baik dari fisik maupun tingkah lakunya.

Dokter hewan, drh. M. A. Raniri, dalam unggahan di media sosialnya menjelaskan 5 ciri kucing sedang bunting atau hamil. Berikut di antaranya:

1. Peningkatan Berat Badan yang Signifikan

Ilustrasi hewan peliharaan kucing. Foto: Pixabay

Saat sedang hamil atau bunting, biasanya kucing akan mengalami peningkatan berat badan yang signifikan. Jika saat menggendong kucing terasa berat, bisa jadi kucing sedang hamil. Hal ini terjadi karena kucing mengandung lebih dari satu ekor bayi kucing.

Ciri lainnya adalah terlihat perubahan pada puting kucing. Kucing yang sedang hamil akan mengalami perubahan pada putingnya. Biasanya, puting kucing akan membesar, mengeras, dan warnanya akan lebih memerah atau pink. Jika kamu melihat perubahan seperti ini pada puting kucing, maka tandanya kucing sudah memasuki usia kehamilan pada minggu ke-3.

3. Perut Terlihat Membesar

Ciri paling umum yang terlihat ketika kucing sedang hamil adalah perut kucing membesar. Hal ini dikarenakan, kucing tak hanya mengandung satu ekor bayi kucing.

Perut kucing terlihat membesar baik dari dilihat dari samping, tengah, depan, ataupun belakangnya. Umumnya, perubahan pada perut kucing terlihat saat usia kehamilan pada minggu ke 5 ke atas.

4. Ada Pergerakan pada Perut saat Diraba

Ilustrasi kucing hitam Foto: Pixabay

Kucing yang sedang hamil saat perutnya diraba akan terasa lebih keras atau lebih tegang. Biasanya, saat perut kucing diraba akan ada pergerakan dari calon bayi kucing yang ada diperut kucing. Hal ini terjadi saat calon bayi kucing yang dikandung sudah agak besar.

Ciri umum lainnya adalah nafsu makan kucing lebih meningkat. Kucing yang sedang hamil akan terus merasa lapar karena makanan yang kucing makan juga dibagikan pada bayi kucing yang dikandungnya. Maka dari itu, nafsu makan kucing lebih meningkat. Kucing yang sedang hamil juga cenderung akan terlihat lebih malas dari biasanya.

Jika kamu ingin mengetahui lebih jelas apakah kucing sedang hamil atau tidak, serta ingin tau berapa ekor bayi kucing yang dikandung, kamu bisa mengunjungi dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan menggunakan bantuan ultrasound atau x-ray. Hasil dari pemeriksaan menggunakan bantuan ultrasound atau x-ray akan lebih akurat dan sudah bisa mendeteksi kucing hamil sejak 2 atau 3 minggu setelah kawin.

Leave your vote

631 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia #RumahBlogInspirasi #KabarWarga #MenabarInformasiAntiBasi Official Kabarwarga

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *