25.6 C
Jakarta
Tuesday, May 17, 2022

5 Cara Mengurus Kartu ATM yang Hilang atau Tertelan, Jangan Langsung Panik!

5 Cara Mengurus Kartu ATM yang Hilang atau Tertelan, Jangan Langsung Panik!

Saat mengetahui bahwa kartu ATM hilang atau tertelan di dalam mesin, biasanya reaksi pertama kali sang pemilik kartu adalah panik. Sebenarnya kondisi seperti ini wajar terjadi, sebab setiap pemilik ATM tentu merasa khawatir jika uang di dalam rekeningnya akan disalahgunakan orang lain.

Alih-alih panik dan membuat Anda bingung harus berbuat apa, Anda bisa menenangkan diri terlebih dahulu. Kemudian segera hubungi customer service untuk mengurus proses kehilangan kartu ATM tersebut. Untuk mengetahui lebih lanjut cara mengurus kartu ATM yang hilang, berikut telah kami rangkumkan beberapa informasinya.

5 Cara Mengurus Kartu ATM Hilang
1. Pindahkan Saldo ke Rekening Lain

Sumber: Pexels

Bagi Anda yang menggunakan layanan SMS banking atau M-banking, biasanya akan lebih mudah untuk proses transaksi tanpa kartu. Sehingga cara pertama yang bisa dilakukan ketika kartu ATM hilang atau tertelan adalah memindahkan saldo ke rekening lain terlebih dahulu. Cara ini bisa dilakukan untuk berjaga-jaga jika ATM Anda disalahgunakan oleh orang lain yang menemukannya.  

Namun saat melakukan cara ini, Anda perlu memerhatikan jumlah saldo yang terdapat pada nomor rekening tersebut. Pastikan Anda menyisakan sedikit nominal di dalamnya untuk membantu proses pemblokiran nantinya. Sebab proses ini biasanya membutuhkan biaya yang akan dipotong langsung melalui rekening kartu ATM tersebut.

Tawarkan Banyak Keuntungan, Begini 7 Langkah Mudah Menabung di Bank

2. Segera Hubungi Customer Service untuk Proses Pemblokiran

Sumber: Pexels

Jika Anda sedang berada di dekat kantor cabang bank terdekat, Anda mungkin bisa segera melakukan pelaporan kehilangan untuk memblokir kartu ATM yang hilang atau tertelan.

Namun jika Anda tak memiliki waktu, biasanya customer service menyediakan layanan panggilan telepon yang akan memudahkan anda melakukan pemblokiran dengan bantuan pihak bank. Siapkan beberapa dokumen dan informasi pendukung untuk melakukan verifikasi data.

3. Melakukan Pemblokiran Kartu Lewat Layanan M-Banking

Sumber: Pexels

Tak hanya memindahkan saldo, layanan M-Banking yang Anda gunakan biasanya juga sudah disediakan fitur untuk memblokir kartu ATM. Sehingga lebih memudahkan untuk langsung melakukan pemblokiran tanpa perlu datang ke kantor cabang atau menghubungi customer service.

Caranya adalah dengan masuk ke dalam aplikasi M-Banking milik Anda, kemudian pada bagian Akun Saya, biasanya akan terdapat fitur Blokir Kartu yang bisa Anda pilih ketika kartu ATM hilang atau tertelan.

The post 5 Cara Mengurus Kartu ATM yang Hilang atau Tertelan, Jangan Langsung Panik! appeared first on theAsianparent: Situs Parenting Terbaik di Indonesia.

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles