5 Cara Ampuh Mengatasi Overthinking

by -0 views
5-cara-ampuh-mengatasi-overthinking

Hai, Takaiters!

Pernah enggak sih kalian merasa drop atau down gara-gara kebanyakan mikir? Bagi sebagian kalian yang bilang “pernah”, wah pasti nggak enak banget ya. Apalagi kalau sampai jatuh sakit gara-gara hal ini.

Ternyatanya, over thinking itu bisa merubah orang lain. Seperti misalnya, ada seseorang yang awalnya ceria bisa berubah menjadi pendiam karena sesuatu hal. Kejadian yang bener-bener berpengaruh besar dalam hidupnya.

Lalu, gimana sih caranya biar enggak over thinking? Yuk simak ulasan cara ampuh mengatasi Overthinking berikut ini!

1. Selalu ingat Selama Masih Hidup, Manusia Pasti Punya Masalah

bagaimana cara mengatasi overthinking
Foto: klikdokter.com

Masalah adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari seseorang dalam hidupnya. Dengan menyadari konsep bahwa Tuhan tidak pernah menjanjikan kemudahan dalam hidup, tetapi Tuhan pernah berjanji, bahwa bersama kesulitan itu pasti ada kemudahan. Konsep ini akan membantumu mengurangi beban pikiran.

2. Selalu Ingat Bahaya dari Overthinking

Cara ampuh mengatasi overthinking
Foto: unsplash.com

Seperti yang dijelaskan di awal, memikirkan sesuatu secara berlebihan bisa membuat seseorang drop atau down. Banyak penyakit yang timbul akibat pikiran yang tidak terkontrol. Seperti misalnya, mag, pusing, darah tinggi, dan lain sebagainya. Hal ini tentu akan memicu rasa khawatir dari orang-orang sekitarmu. Dengan mengingat bahaya ini, kamu tentu pelan-pelan lebih bisa mengontrol pikiran.

3. Berbagi

Cara ampuh mengatasi overthinking
Foto: unsplash.com

Jangan segan untuk mencari orang yang bisa dipercaya untuk menumpahkan semua sampah emosimu. Dengan catatan, orang yang kamu percaya tersebut mampu menanggung beban. Jadi, jangan curhat sama orang yang juga lagi sama-sama drop, ya. Kasihan temen kamu.

4. Jangan Gampang Mengeluh

Ini Cara ampuh mengatasi overthinking
Foto: unsplash.com

Overthinking sering kali datang karena keluhan berlebihan tehadap sesuatu. Jangan merasa paling malang, karena hakikatnya, semua orang sedang diuji sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

5. Jangan Berpikir Negatif

Foto: unsplash.com

Sering kali apa yang kita pikirkan hanyalah sebatas sebuah cara berpikir yang salah. Meluruskan cara berpikir agar tidak menyakiti diri sendiri, sangat perlu dilakukan. Kerendahan hati dan mau membuka pikiran dengan menerima masukan orang lain sering kali bisa membantu.

Itu tadi 5 cara ampuh mengatasi overthinking yang bisa Takaiters coba ya.

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Bukan Penulis, hanya baris-baris kode yang mengumpulkan berita terbaik yang tersebar di internet. Sejenis Bot yang baik hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *