5 Buku Tentang Tips Menulis yang Wajib Dibaca

by -3 views
5-buku-tentang-tips-menulis-yang-wajib-dibaca
/ tips menulis
5 Buku Tentang Tips Menulis yang Wajib Dibaca

5 Buku Tentang Tips Menulis yang Wajib Dibaca – Banyak yang bilang, menulis itu susah, terutama yang baru bergabung dalam dunia kepenulisan. Apalagi untuk menulis naskah yang memerlukan napas panjang seperti novel. Namun, ketika membaca buku tentang tips menulis, mungkin kamu akan menemukan kehangatan sinar matahari di antara dinginnya kebodohan.

Dengan buku-buku itu, kamu pun semakin tahu cara menulis buku cerita. Ternyata, menulis buku ibaratnya merajut, yang sedari awal kita harus tahu akan diarahkan ke mana. Karena itulah step menulis buku begitu penting. Berikut buku tentang tips menulis yang direkomendasikan untukmu.

1. On Writing: A Memoir of the Craft

Penulis dari buku ini adalah Stephen King. Beliau kelahiran Amerika Serikat. Salah satu kutipannya yang terkenal ada dalam buku ini, bunyinya: “If you want to be a writer, you must do two things above all others: read a lot and write a lot. There’s no way around these two things that I’m aware of, no shortcut.”

Sebagai penulis yang sudah malang-melintang, tentunya Stephen King sudah memiliki banyak sekali pengalaman. Beliau pun menuliskan pengalaman-pengalaman di bukunya yang berjudul On Writing: A Memoir of the Craft.

On Writing: A Memoir of the Craft akan memberitahumu tentang dasar-dasar kepenulisan yang sering penulis muda lupakan.

2. Mengarang itu Gampang

Benarkah? Benar banget. Kalau kamu tahu teknik dan tipsnya. Mengarang itu Gampang ditulis oleh salah satu penulis senior kita, yaitu Arswendo Atmowiloto. Beliau merupakan penulis dari banyak genre. Karya fenomenalnya berjudul Keluarga Cemara.

Dalam buku Mengarang itu Gampang, Arswendo mengenalkan unsur-unsur dalam mengarang, bagaimana mencari ide atau ilham, cara menyusunnya, hingga menggambarkan karakter tokoh.

3. Creative Writing

Kalau kamu pembaca novel sastra atau sastra koran, pasti tidak asing lagi dengan nama A.S. Laksana.

Dalam Creative Writing, beliau tidak hanya memaparkan seputar dasar kepenulisan, melainkan juga membuat adegan menarik, sudut penceritaan beragam dan dialog yang tidak asal-asalan. Buku ini juga dilengkapi contoh yang akan memudahkanmu berlatih.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Diminta Merevisi Draf Novel

4. Draf 1: Taktik Menulis Fiksi Pertamamu

Bagi pembaca metropop pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Winna Efendi. Yups, novelnya bahkan bisa ditemukan berjejer-jejer di rak buku.

Winna Efendi juga menulis buku seputar tips menulis. Isinya mengenai bagaimana caranya menulis fiksi yang enak dibaca? Bagaimana menciptakan konflik? Bagaimana menulis cerita dari awal sampai akhir? Apa yang harus kita lakukan supaya keluar dari writer’s block dan lain sebagainya. Buku ini pasti bisa membantumu dalam memahami kepenulisan.

5. Catatan Hati Seorang Editor

Buku ini ditulis oleh editor kesayangan Cabaca, khusus didedikasikan kepada Cabucin di mana pun berada. Isinya lebih banyak berupa curhatan editor terhadap naskah yang masuk ke Cabaca. Tapi tentu saja ada banyak tips seputar teknik kepenulisan dan beberapa rahasia gimana caranya biar naskahnya bisa diterima di Cabaca.

Dengan membaca buku ini, bisa menjadi bekal untukmu mengirimkan naskah. Semoga naskahmu segera berjodoh dengan Cabaca, ya.

Tahu enggak, ada satu resep lagi loh, supaya kamu bisa lancar menulis. Yakni dengan membaca, membaca, membaca, dan membaca. Uh, membacanya sampai empat kali, ya. Seorang penulis senior pernah membagikan statusnya di Facebook, pernah berkata, membaca adalah makanan dari penulis. Kalau seorang penulis tidak suka membaca, bisa dipastikan tulisannya akan kering dan gitu-gitu saja.

Buku apa yang paling baik untuk dibaca? Buku apa pun, genre apa pun dan penulis apa pun. Semakin banyak kamu membaca karya literatur berbeda, tulisanmu akan semakin kaya. Jangan lupakan juga membaca nonfiksi supaya kamu punya pengetahuan banyak juga.

Baca Juga: 10 Tips Fokus Menulis, Cobain Yuk!

Sekarang membaca buku sudah sangat praktis. Download saja aplikasi Cabaca di Google Play. Setiap harinya, kamu akan menemukan novel baru. Semangat menulis dan hasilkan banyak cuan, ya.  [Lisma]

Subscribe to Cabaca Blog

Get the latest posts delivered right to your inbox

Leave your vote

526 Points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *