5 Berita Populer: Eks Presiden Timor Leste Serukan Gencatan Senjata, Sanksi AS Untungkan China

by -12 views
5-berita-populer:-eks-presiden-timor-leste-serukan-gencatan-senjata,-sanksi-as-untungkan-china

Dilanda bencana ganda (pandemi dan bencana alam), mantan Presiden Timor Leste Jose Ramos-Horta menyerukan gencatan senjata politik. Sementara itu, bak senjata makan tuan, sanksi AS justru malah menguntungkan China. Berikut lima berita terpopuler hari ini.

1. Dilanda Pandemi dan Banjir, Eks Presiden Timor Leste Serukan Gencatan Senjata

Mantan Presiden Timor Leste José Ramos-Horta pada Selasa (6/4) menyerukan “gencatan senjata” politik. Sehingga, setiap orang dapat memfokuskan upaya mereka untuk mendukung masyarakat, dan menanggapi dampak cuaca buruk, yang telah menyebabkan setidaknya 34 kematian di negara itu.

“Saya meminta pendukung partai untuk mengamati gencatan senjata, mengesampingkan kritik mereka untuk sementara waktu. Pandemi dan bencana alam ini harusnya mengundang semua orang untuk menghadapi bencana ganda ini bersama-sama,” tulisnya dalam pesan di laman Facebooknya, dilansir dari Lusa.

Baca beritanya https://www.matamatapolitik.com/dilanda-pandemi-dan-banjir-eks-presiden-timor-leste-serukan-gencatan-senjata-news/

2. Senjata Makan Tuan, Sanksi AS Malah Sering Untungkan China

Kebijakan luar negeri AS telah lama mengandalkan sanksi, meskipun efektivitasnya tidak pasti dan adanya kemungkinan konsekuensi yang tidak diinginkan. Tidak lama setelah Presiden Joe Biden menjabat, dia memberikan sanksi baru terhadap Rusia dan Myanmar.

Memang, Washington telah jatuh ke dalam perangkap yang merugikan diri sendiri, dengan melihat sanksi sebagai jawaban yang mudah untuk masalah apa pun, tulis Brahma Chellaney di Nikkei Asia.

Tidak ada yang lebih baik menggambarkan fakta ini selain perjanjian ekonomi dan keamanan 25 tahun China dengan Iran, di mana sanksi AS yang semakin ketat telah menjadikan China sebagai mitra komersial terpenting negara itu selama dekade terakhir, Brahma Chellaney menjelaskan.

Opininya di https://www.matamatapolitik.com/senjata-makan-tuan-sanksi-as-malah-sering-untungkan-china-opini/

3. Ketika China Semakin Berjaya di Timur Tengah

Berjabat tangan dan menandatangani kesepakatan dari Abu Dhabi hingga Ankara, Teheran hingga Riyadh, tur Timur Tengah Menteri Luar Negeri China Wang Yi baru-baru ini menunjukkan pengaruh China yang berkembang di wilayah tersebut.

Namun, meski perjalanan itu menyaksikan sejumlah pembicaraan yang mengesankan dan memunculkan pernyataan politik penting, kunjungan itu mungkin lebih berkaitan dengan negara yang jauh dari kawasan itu: Amerika Serikat.

Analisis lengkapnya https://www.matamatapolitik.com/ketika-china-semakin-berjaya-di-timur-tengah-analisis/

4. Tak Lagi Skilled-China, Pemerintah Duterte Banjir Pujian

Berkerumunnya kapal China di Laut China Selatan dapat menandakan pergeseran posisi pro-Beijing yang telah dikembangkan Manila selama lima tahun. Pejabat pembantu Presiden Rodrigo Duterte Salvador Panelo telah memperingatkan, ‘serangan teritorial’ China dapat memicu ‘permusuhan yang tidak diinginkan’ antara kedua negara.

“Kita bisa bernegosiasi tentang masalah yang menjadi perhatian dan keuntungan bersama, tapi jangan salah tentang itu, kedaulatan kita tidak bisa dinegosiasikan,” katanya dalam pernyataan, sebagaimana dikutip South China Morning Post.

Baca artikelnya https://www.matamatapolitik.com/tak-lagi-pro-china-pemerintah-duterte-banjir-pujian-in-depth/

5. Tiga Fakta Ruwetnya Polemik Partai Demokrat

Kendati Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat yang menggolkan Dr Moeldoko sebagai pemimpin diputus tak sah, masih ada pertanyaan yang mengganjal seputar polemik partai biru itu.

Berikut tiga fakta penting soal bara di tubuh Partai Demokrat Indonesia.

Cari tahu di sini https://www.matamatapolitik.com/3-fakta-ruwetnya-polemik-partai-demokrat-fresh-listicle/

Penulis dan editor: Aziza Larasati

Keterangan foto utama: Peraih Nobel dan mantan Presiden Timor Leste Jose Ramos-Horta. (Foto: AP/Kandhi Barnez)

5 Berita Populer: Eks Presiden Timor Leste Serukan Gencatan Senjata, Sanksi AS Untungkan China

, , , , , , , , ,

Leave your vote

333 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *