4 Tips Meningkatkan Imunitas Lansia, Anak Muda Juga Perlu Tahu!

by -1 views
4-tips-meningkatkan-imunitas-lansia,-anak-muda-juga-perlu-tahu!

Hai, Takaiters!

Ditengah melonjaknya kasus positif Covid-19, menjaga kekebalan tubuh atau imunitas sangat penting. Ketika imunitas  terjaga dengan baik, maka tubuh akan lebih kebal terhadap serangan berbagai macam penyakit termasuk virus berbahaya.

Hal ini perlu diperhatikan utamanya bagi para lansia. Kelompok usia ini dinilai lebih rentan terpapar virus Covid-19 terutama bagi mereka dengan kondisi kesehatan serius.

Seperti yang kita ketahui, seiring dengan bertambahnya usia kekebalan tubuh seseorang akan menurun. Ada beberapa hal yang mempengaruhi seperti penyakit bawaan, menurunya fungsi sel atau organ tubuh, dan faktor lainya.

Nah, agar kesehatan tubuh terjaga dengan baik, berikut beberapa tips meningkatkan imunitas lansia ditengah pandemi Covid-19. Simak ulasan berikut ya!

1. Tetap Melakukan Aktivitas Fisik

Foto: Tribunnews.com

Lansia tetap harus melakukan aktivitas fisik agar kekebalan tubuhnya lebih kuat. Memang, melakukan aktivitas yang berat tidak memungkinkan karena hanya akan memperburuk kondisi kesehatan. Meskipun begitu, bukan berarti mereka harus duduk saja tanpa melakukan aktivitas fisik apapun.

Pasalnya melakukan aktivitas fisik ini bisa meningkatkan imunitas yang memang efektif guna mencegah terjangkitnya virus Covid-19. Tak perlu melakukan aktivitas berat, lansia bisa berolahraga seperti jalan kaki, yoga, atau bersepeda. Olahraga ini bisa dilakukan selama 30 menit saja secara rutin misalnya 2 atau 3 kali seminggu.

Jika terlalu berat, berjemur di pagi hari juga direkomendasikan untuk meningkatkan produksi Vitamin D. Sinar matahari pagi sangat baik untuk melindungi diri dari serangan virus. Lansia bisa berjemur sekitar jam 10 pagi selama durasi 10 sampai 15 menit.

2. Menghindari Stres

tips meningkatkan daya tahan tubuh bagi lansia
Foto: halodoc.com

Stres bisa terjadi pada siapa saja ditengah pandemi seperti saat ini, misalnya karena takut tertular Covid-19,  resah akibat kehilangan pekerjaan, penghasilan yang tak menentu saat pandemi, dan alasan lainya. Utamanya bagi lansia, mereka harus bisa mengelola stres dengan baik agar kekebalan tubuh tidak menurun.

Stres jangka pendek memang tidak mempengaruhi kesehatan, namun jika terjadi dalam jangka panjang dan tidak terkontrol maka akan menurunkan imunitas yang berdampak mudahnya terserang penyakit.

Pasalnya stres dapat menurunkan kadar sel darah putih yang berperan dalam melawan infeksi. Tubuh yang kekurangan sel darah putih, maka resiko terserang virus lebih tinggi.

Maka dari itu, lansia perlu menjalani kegiatan yang bisa menenangkan pikirian. Misalnya dengan membaca buku,berkebun, atau bermain bersama  cucu, memasak atau  melakukan aktivitas lainya.

Membaca informasi terkait Covid-19 di media sosial juga perlu sedikit dikurangi karena bisa menimbulkan kekhawatiran yang berdampak pada stres. Pasalnya di situasi seperti saat ini banyak juga informasi kurang tepat atau berita hoax yang beredar luas.

3. Mengonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Foto: JawaPos.com

Lansia dengan atau tanpa penyakit bawaan harus memperhatikan pola makan dengan baik agar daya tahan tubuhnya meningkat. Apalagi di situasi pandemi, mengonsumsi makanan sehat adalah sebuah keharusan. Jenis makanan yang perlu  dikonsumsi diantaranya sayuran dan buah yang mengandung vitamin dan antioksidan.

Memberikan nutrisi yang baik untuk lansia memang tidak mudah, terkadang salah memberikan makanan tertentu sedikit saja bisa menimbulkan efek negatif. Hal ini tentu harus diperhatikan betul oleh orang yang lebih muda. Mengonsumsi makanan sehat ini juga termasuk mengurasi asupan lemak, makanan olahan, dan juga gula.

4. Istirahat yang Cukup

tips meningkatkan imunitas tubuh lansia
Foto: okezone.com

Kualitas tidur yang baik ini penting diterapkan oleh siapapun baik anak-anak, orang dewasa, maupun lansia. Kualitas tidur yang cukup akan meningkatkan efektivitas tubuh dalam mencegah timbulnya berbagai macam penyakit ataupun virus berbahaya.

Bagi lansia, istirahat cukup ini sangat penting utamanya untuk meningkatkan fungsi otak, konsentrasi, dan memori. Dalam hal ini lansia diharapkan memiliki waktu tidur cukup setidaknya tujuh hingga sembilan jam setiap malam. Agar tidur lebih berkualitas, pastikan ruangan yang digunakan gelap, sejuk, dan tenang.

Itulah diatas tips meningkatkan imunitas lansia ditengah pandemi Covid-19. Menjaga kesehatan sangat diperlukan ditengah merebaknya wabah Covid-19. Maka dari itu kamu perlu mengingatkan orang tua, kakek, atau nenek untuk menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari virus berbahaya ini.

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *