25+ Trik Rahasia Google & Fitur Tersembunyinya, Yuk Coba!

by -1 views
25+-trik-rahasia-google-&-fitur-tersembunyinya,-yuk-coba!

Google adalah salah satu search engine yang banyak digunakan di seluruh dunia. Meskipun digunakan sebagai mesin pencari untuk kebutuhan sehari-hari, mungkin tidak banyak orang yang tahu rahasia Google

Ada cara cepat untuk mendapatkan informasi di dunia maya yaitu dengan menggunakan trik rahasia Google. Selain mempersingkat waktu pencarian, kamu juga bisa menggunakan cara ini untuk melakukan analisis Search Engine Optimization (SEO).

Jika penasaran, kamu bisa membaca artikel ini dan kemudian bisa mencoba beberapa trik dan rahasia dari Google.

Trik Google Search yang Harus Kamu Tahu

Trik dan fitur rahasia Google
Temukan dan coba trik rahasia dan fitur tersembunyi Google! (Sumber: pixabay – Firmbee)

Untuk kamu yang ini melakukan pencarian dengan proses yang lebih cepat, coba 25 lebih kode rahasia Google Search berikut ini.

Informasi Spesifik

Kita sering kali menghabiskan waktu yang lama untuk menemukan informasi. Sekarang, kamu bisa mencoba trik rahasia yang akan membantu menemukan informasi yang spesifik. Gunakan tanda petik (“…”) di antara keyword pencarian dan Google hanya akan menampilkan daftar konten dengan urutan kata yang sama persis.

Dengan kata lain, Google hanya akan memunculkan artikel yang mengandung kata kunci yang kamu ketikkan saja. Selain cepat, cara ini juga sangat mudah, bukan?

Filetype

Kode rahasia Google selanjutnya adalah menambahkan kata filetype ke dalam kueri pencarian. Fungsinya adalah untuk mempermudah pengguna internet menemukan jurnal atau dokumen di Google yang sesuai dengan jenis file yang kamu mau.

Contohnya, file type.CDR untuk gambar vektor yang bisa kamu edit menggunakan software CorelDRAW dan file.docx untuk dokumen. Kamu juga bisa mencoba file.PDF untuk presentasi PowerPoint, dan masih banyak lagi.

Filter Artikel dari Website Tertentu

Trik rahasia Google untuk memfilter artikel dari situs tertentu
Rahasia Google untuk menemukan halaman website untuk interlink

Ada ribuan artikel di Google untuk setiap keyword yang kamu masukkan ke mesin pencari. Google menggunakan algoritma untuk menampilkan artikel yang paling sesuai dengan maksud pengguna. Kali ini, kamu bisa menggunakan filter secara manual jika ingin hasil dari website tertentu yang kamu rasa paling kredibel.

Jika kamu ingin mencari halaman dari website yang kamu kelola. Ketikkan keyword Site:nama domain website kamu: ke dalam kolom mesin pencari. Sebagai contoh, kamu bisa mengetik Site:exabytes.co.id di search engine.

Selain itu, cara ini juga bisa digunakan untuk melihat apakah website sudah terindeks di Google atau masih dalam tahap crawling.

Apabila kamu ingin membuat website, pastikan kamu sudah menyediakan nama domain dan memilih hosting terbaik seperti yang disediakan oleh Exabytes

Menemukan Beberapa Topik dalam Satu Waktu

Masih penasaran dengan kata rahasia Google? Untuk kamu yang ingin menemukan beberapa topik secara bersamaan, kamu bisa melakukannya dengan sangat mudah. Sekadar informasi, Google mengizinkan penggunanya untuk menggunakan lebih dari satu keyword dalam sekali pencarian.

Coba sematkan OR di antara keyword yang akan kamu ketikkan. Google akan menampilkan konten yang memuat kedua informasi tersebut. Contohnya, jika kamu ingin melakukan pencarian dengan kata kunci ide bisnis online dan cara memulai bisnis online, maka kamu bisa menggabungkan keduanya dengan cara mengetikkan “ide bisnis online or cara memulai bisnis online“.

T-rex Game

Saat koneksi internet terputus, kamu mungkin pernah bermain game yang bernama T-rex, yaitu dinosaurus yang melompat-lompat. Sekarang, kamu bahkan bisa memainkan game tersebut saat kamu online.

Coba Gunakan Tanda Bintang (*)

Kode rahasia Google search satu ini bisa membantu kamu menemukan artikel dengan tema yang lebih luas dan populer versi Google. Caranya sangat mudah karena kamu hanya perlu menambahkan (*) sebelum keyword. Apabila kamu ingin mencari informasi tentang web hosting, ketik *web hosting di mesin pencari.

Tanda bintang juga bisa kamu gunakan untuk menemukan informasi dengan kalimat yang terpotong. Saat berada di pusat perbelanjaan atau di kendaraan umum, kamu mungkin tidak sengaja mendengarkan sebuah lagu.

Apabila kamu mengingat potongan liriknya, kamu bisa menggunakan bantuan Google untuk menemukan informasi. Kamu bisa mengganti kata yang tidak kamu tahu menggunakan tanda bintang (*).

Penggunaan Kalkulator Google

Mungkin kamu belum pernah menggunakan fitur rahasia Google yang satu ini. Apabila kamu memiliki koneksi internet, coba cara lain untuk melakukan perhitungan yaitu dengan kalkulator Google. Kamu bisa langsung menuliskan perhitungan yang ingin kamu lakukan di kotak pencarian dan langsung tekan enter. Coba kamu ketikkan 500*100/20 dan lihat hasilnya.

Ramalan Cuaca

Saat hendak pergi ke suatu tempat dan kamu ragu bagaimana cuaca di tempat tersebut, sekarang kamu bisa mengetahui ramalan cuaca melalui smartphone. Akan tetapi, jangan lupa untuk memastikan kamu memiliki koneksi internet. Masuk ke Google dan kemudian ketik nama tempat atau kota yang akan kamu kunjungi diikuti dengan kata forecast.

Contohnya adalah, jika kamu mengetikkan kata Semarang forecast, Google akan menampilkan informasi mengenai suhu, kecepatan angin, dan lainnya untuk wilayah tersebut dari hari ini hingga tujuh hari berikutnya.

Mengetahui Waktu di Lokasi Tertentu

rahasia Google untuk mengetahui waktu
Gunakan trik dan fitur rahasia Google untuk mencari tahu waktu di wilayah tertentu! (Sumber: data pribadi)

Masih seputar kode kode rahasia Google yang menarik untuk dicoba, kamu bahkan bisa menggunakannya untuk mengetahui waktu di lokasi manapun di belahan bumi. 

Terkadang rasa rindu pada kerabat yang sudah lama tidak bertemu datang secara tiba-tiba. 

Apabila mereka tinggal di negara dengan zona waktu yang berbeda, kamu bisa terlebih dahulu mencari tahu waktu di lokasi mereka. Kamu bisa melakukannya dengan mengetikkan waktu sebelum lokasi atau negara yang kamu inginkan. 

Mencari Nilai Saham

Kini banyak orang yang terjun ke dunia investasi dan memilih berinvestasi saham. Saat kamu penasaran dengan nilai indeks pasar saham, kamu bisa memanfaatkan pencarian di mesin telusur seperti Google. Lakukan pencarian dengan mengetikkan stocks:ggrm atau kode lain sesuai dengan pasar saham yang kamu inginkan. 

Setelah menggunakan beberapa trik rahasia Google namun history serta cache pencarian semakin banyak, kamu bisa menghapus riwayat pencarian maupun cache tersebut dengan mudah. Belum tahu caranya? Coba baca artikel tentang cara menghapus cache browser ini.

Temukan Halaman Website untuk Interlink

Rahasia Google untuk menemukan halaman website untuk interlink
Trik rahasia Google bisa membantu menemukan halaman website untuk interlink (Sumber: data pribadi)

Interlink atau internal link adalah tautan atau link di sebuah text yang mengarahkan pengunjung ke halaman lain namun masih pada domain yang sama. Fungsinya adalah untuk meningkatkan optimasi mesin pencari karena bisa mengurangi bounce rate.

Mengelola situs web atau blog bukanlah pekerjaan yang mudah karena kamu harus bisa menentukan interlink yang tepat dengan banyaknya artikel yang sudah kamu bagikan. Untuk membantumu, Google memberikan trik khusus. Kamu hanya perlu mengetikkan site:nama website di depan kata kunci. 

Pencarian Konten dengan Keyword Tertentu di URL

Banyak pemilik bisnis yang menggunakan backlink untuk menaikkan ranking website yang masih tenggelam di search engine. Strategi ini dilakukan dengan cara memasang tautan rujukan di situs web orang lain atau guest blog. Namun, mencari guest blog yang relevan terbilang sulit.

Jangan hanya terpaku pada strategi tersebut karena ada solusi yang bisa kamu coba. Kamu bisa mencari daftar blog yang menempatkan kata kunci yang dimaksud dengan cara mengetikkan inurl: keyword.

Mencari Judul dengan Keyword Tertentu

Kamu perlu terus memperbarui konten agar Search Engine Optimization meningkat. Namun, ide terkadang menjadi penghalang dalam pembuatan konten. Kamu bisa menggunakan salah satu rahasia Google yaitu intitle, di mana kamu bisa mendapatkan deretan konten dengan judul yang menggunakan keyword tertentu.

Menemukan Konten dengan Keyword Tertentu dalam Halaman Teks

Mengatur kata kunci di artikel SEO agar terkesan natural tidaklah mudah. Akan tetapi, kamu bisa mempelajari dengan cara melihat artikel lain yang memiliki ranking bagus di mesin pencari. Kamu bisa menemukan konten dengan kata kunci dalam halaman teks dengan mengetikkan intext: keyword yang kamu cari. 

Mencari Konten yang Mirip untuk Menjaga Traffic dan SEO Website

Konten web atau blog yang mirip akan bersaing ketat di mesin pencari. Apabila keduanya ada di satu website yang sama, maka akan memunculkan kanibal konten. Konten yang satu akan mematikan konten lainnya dari sisi traffic. Namun, jika konten mirip tersebut ada di dua website berbeda, ini bisa menjadi indikasi konten plagiat.

Jika hal tersebut terjadi dan website kamu menjadi korban, tentunya kamu akan rugi dari sisi traffic dan kredibilitas. Untuk menemukan konten kembar di antara banyaknya konten di mesin pencari, kamu bisa mencoba trik Google satu ini. Ketikkan site:websitekamu.com “[keyword]” di mesin pencari.

Konversi Mata Uang

Fitur rahasia Google lain yang bisa kamu gunakan adalah konversi mata uang. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengetahui nilai mata uang dari satu negara ke negara lain di seluruh dunia.

Untuk mengetahui nilai tukar mata uang dari dollar Amerika ke rupiah, kamu bisa mengetikkan 1000 USD to IDR di kolom pencarian Google.

Konversi Satuan

Selain mata uang, kamu juga bisa menggunakan fitur Google untuk melakukan konversi antara nama satuan ke nama satuan lainnya seperti satuan berat dari gram ke pon dan lainnya. Kamu tinggal mengetikkan gram to pon dan hasilnya akan muncul di mesin pencari.

Zerg Rush

Jangan kaget apabila layar pencarian kamu memudar secara perlahan setelah mengetikkan keywordzerg rush” di halaman pencarian Google. Huruf O yang berjatuhan dari atas menghapus huruf-huruf yang ada. Agar huruf-huruf tersebut tidak terhapus, klik huruf O. Ini bisa menjadi alternatif hiburan saat kamu merasa bosan.

Do a Barrel

Jika belum pernah menggunakan trik rahasia Google satu ini, mengapa tidak mencobanya sekarang? Saat mengetikkan “do a barrel roll” di mesin pencari, tampilan browser di layar kamu akan berputar 360 derajat.

Askew

Kamu bisa menjahili teman yang sedang asyik sendiri dengan laptopnya dengan fitur Google satu ini. Ketik kata “askew” di kolom pencarian Google, maka layar laptop akan sedikit miring.

Gravity

Untuk kalian yang penasaran seperti apa tampilan Google dengan gravitasi, ketik Google gravity dan kemudian pilih gravity – elgooG.

Google Underwater

Saat mood hilang atau kamu merasa bosan karena tidak kunjung menemukan apa yang kamu cari di internet, coba sejenak menikmati hiburan mudah dan murah. Yaitu dengan mencoba rahasia Google yang lain seperti Google Underwater. Kamu bisa memainkannya untuk menemukan gambaran bawah laut dengan karikatur ikan yang lucu. 

Playsnake

Kamu bernostalgia dengan game yang dulu sering kamu mainkan di ponsel? Google bisa membantu mewujudkan keinginanmu di mana kamu bisa memulainya dengan mengetikkan kata kunci “playsnake”.

Jadwal dan Biaya Penerbangan

Google flight untuk mengetahui rute penerbangan serta biayanya
Fitur rahasia Google memudahkan dalam mendapatkan informasi jadwal dan biaya penerbangan(Sumber: data pribadi)

Untuk mengecek jadwal dan biaya penerbangan pesawat, ada trik rahasia Google untukmu. Kamu hanya perlu mengetikkan flight dan Google akan memberikan beberapa pilihan maskapai penerbangan.

Blink HTML

Menghabiskan waktu untuk bekerja di depan layar laptop membuat mata lelah. Saat mengistirahatkan mata, kamu bisa iseng mengetik “blink html” dan lihat layar pencarian yang berkedip terutama pada tulisan blink dan html.

Melacak Frekuensi Kompetitor dalam Publikasi Konten

Ketahui seberapa sering kompetitor publish konten
Kamu bisa melacak frekuensi kompetitor dalam publikasi konten menggunakan trik rahasia Google (Sumber: data pribadi)

Kamu mungkin penasaran seberapa sering kompetitor melakukan publikasi konten. Kamu bisa mengeceknya menggunakan trik rahasia dari Google satu ini. Tuliskan site🙁sub-website) atau (sub-domain) dan klik tombol Tools di bawah kolom pencarian.

Kembali ke Tahun 1998

Jika tidak bisa kembali ke masa lalu di dunia nyata, kamu bisa melakukannya di dunia maya yaitu melalui Google. Coba tulis “Google in 1998″ di kolom pencarian Google dan kamu akan melihat tampilan Google di tahun 1998.

Kesimpulan

Dari 25 lebih trik dan fitur rahasia Google, yang mana yang pernah kamu coba? Beberapa di antaranya bisa membantu kamu dalam menjalankan bisnis online dan lainnya bisa kamu jadikan sebagai hiburan.

Selain bisnis online, ada banyak opsi lain yang bisa menjadi cara mendapatkan uang dari Google. Apabila semua cara tersebut kamu lakukan dengan baik dan mendapatkan hasil yang maksimal, bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan penghasilan tambahan.

Butuh web hosting Indonesia untuk website yang akan kamu buat? Untuk mendapatkan layanan hosting yang sesuai dengan kebutuhan, kamu bisa segera menghubungi Exabytes.

Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikannya kepada orang-orang tersayang atau mereka yang mencari informasi serupa.

Leave your vote

434 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia theplieh

saya adalah admin di https://t.co/m6Yub2LJMv

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *