25+ Contoh Website E-Commerce Terbaik Untuk Bisnis [2022]

by -4 views
25+-contoh-website-e-commerce-terbaik-untuk-bisnis-[2022]

Hai Exabytes Friends!

Apakah kamu berencana untuk membangun bisnis e-commerce? Tapi, apakah kamu bingung bagaimana mendesain bisnis e-commerce yang sesuai dengan produk penjualan milikmu?

Desain website itu penting, sama pentingnya seperti ketika kamu mendekorasi sebuah toko fisik. Desain yang menarik dan enak dipandang akan membuat para pengunjung nyaman melihat tampilan website. Personal branding yang baik akan meningkatkan penjualan, jadi sebaiknya pilihlah desain website yang menarik, yang dapat merepresentasikan produk.

Di artikel ini, kamu bisa mengulik beberapa contoh template website e-commerce terbaik yang bisa kamu jadikan referensi untuk mendesain website e-commerce. Selain itu, kamu juga akan mempelajari tentang pengertian e-commerce dan beberapa komponen penting yang harus kamu perhatikan saat membangun e-commerce secara lengkap. Simak yuk!

Pengertian E-commerce

E-commerce adalah singkatan dari electronic commerce, artinya adalah perdagangan elektronik. Pada dasarnya, e-commerce adalah kegiatan transaksi jual-beli produk atau jasa oleh individu atau perusahaan melalui media internet.

Kegiatan transaksi e-commerce pertama kali ditemukan di tahun 1994 oleh Phil Brandenberger yang membeli sebuah album “Sting’s Ten Summoners” seharga 12,48 dollar menggunakan Mastercard. Sejak itu, kegiatan transaksi perdagangan e-commerce terus berlangsung sampai sekarang.

Contoh perdagangan e-commerce yang terbesar di dunia adalah Amazon, yang kita kenal sebagai perusahaan besar berbasis internet penjual eceran yang menawarkan layanan free shipping. Amazon juga masuk ke dalam salah satu 5 perusahaan terbesar di Amerika.

E-commerce menjadi bisnis yang menguntungkan sejauh ini karena semakin bertambahnya pengguna internet dan platform media sosial. 

Menurut ecommerceguide.com, pembeli dari populasi generasi X adalah 34% dari populasi belanja online. Boomers merupakan 31% populasi belanja online, sedangkan generasi milenial merupakan 30% dari populasi pembeli jualan online.

Baca juga pengertian e-commerce selengkapnya di blog Exabytes!

4 Komponen Penting saat Membuat Website E-Commerce

Ada beberapa komponen penting yang harusnya kamu perhatikan saat membuat website e-commerce agar kamu makin siap dan matang dalam membangun bisnis e-commerce. Simak di bawah ini:

Membuat Strategi Customer Retention

Apa itu strategi customer retention? Strategi customer retention adalah strategi yang bertujuan untuk menambah jumlah pelanggan tetap agar profitabilitas bisnis terus meningkat. 

Jumlah pelanggan yang setia lebih penting ketimbang mencari banyak pelanggan yang hanya sekali membeli. Bayangkan jika kamu menemukan banyak pelanggan tetapi pelanggan tersebut hanya menggunakan layanan sesaat saja, itu membuat profitabilitas bisnis tidak meningkat. 

Tetapi, jika kamu memiliki banyak pelanggan setia, itu bisa menguntungkan bisnis e-commerce.Oleh karena itu, kamu juga harus mengetahui bagaimana membuat strategi customer retention.

Menggunakan Payment Gateway

Payment gateway adalah layanan pembayaran online yang menjadi perantara transaksi antara pembeli dengan penjual di e-commerce.

Layanan payment gateway dibutuhkan untuk memudahkan saat pembeli melakukan pembelian dengan cara memakai fitur checkout pada website e-commerce. Contoh layanan-layanan payment gateway yang dikenal saat ini adalah Doku, iPaymu, Xendit, dan Winpay.

Manfaat yang didapatkan jika bisnis e-commerce menggunakan payment gateway adalah proses transaksi lebih cepat, mudah mengecek pembayaran yang masuk, lebih user-friendly, dan dengan menggunakan payment gateway tidak perlu menyediakan banyak rekening, karena rekening bank akan dimasukkan ke satu rekening utama pemilik e-commerce.

Baca informasi daftar payment gateway terbaik selengkapnya di blog Exabytes!

Mempromosikan E-commerce di Sosial Media

Karena semakin banyaknya pengguna sosial media, maka peluang untuk bertemu calon-calon pembeli pun lebih luas. 

Salah satu promosi di sosial media adalah dengan menggunakan layanan Facebook Ads. Keuntungan menggunakan layanan Facebook Ads adalah Facebook Ads tidak hanya berfokus sebagai tayangan iklan, tetapi iklan ditargetkan menuju target audiens yang tepat berdasarkan informasi pelanggan, sehingga pemasaran seperti ini lebih efektif untuk menemukan calon-calon pembeli yang benar-benar sedang mencari layanan seperti yang ditawarkan.

Menggunakan layanan ini menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan brand awareness kepada publik.

Membuat Template yang Menarik dan Kreatif

Desain website dengan tampilan yang menarik dan kreatif berdampak kepada kenyamanan yang dirasakan oleh pengguna layanan. Gunakan desain yang eye-catchy agar lebih menarik dan profesional.

Kunjungi sebuah website dengan tampilan terbaik untuk mencari inspirasi dalam memilih tema yang sesuai dengan website e-commerce. Nah, di artikel kali ini kami sudah menyiapkan berbagai rekomendasi template website e-commerce khusus untuk Exabytes Friends. Simak selengkapnya!

25 Rekomendasi Template E-Commerce Terbaik

Mari lihat-lihat rekomendasi website e-commerce dengan template terbaik berikut ini sebagai acuan untuk mendesain website. Unik-unik loh!

Désplacé Maison

website e-commerce Déplace Maison
Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: Déplace Maison)

Déplace Maison merupakan sebuah website bisnis online yang berfokus kepada penjualan sepatu dan aksesoris trekking perkotaan dari konvergensi seni dan kepribadian.

Website Déplace Maison dirancang dengan sebuah gambar desain grafis pada header mereka yang sangat mencerminkan ciri khas produknya, font yang besar diketik dengan capslock, dan juga menghias kursor dengan icon yang menyerupai tinta hitam yang bergerak. Saat kamu pertama kali masuk ke dalam situs website mereka, tampil sebuah tulisan bergerak yang berkesan menakjubkan.

Nalen Ayurveda

Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: Nalen Ayurveda)
Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: Nalen Ayurveda)

Nalen Ayurveda merupakan sebuah e-commerce yang menawarkan produk perawatan kulit alami, organik, dan berbahan vegan. Mereka menggunakan bahan-bahan nabati sebagai bahan pembuatan produknya dalam kemasan yang eco friendly.

Tampilan design website Nalen Ayurveda memiliki visual yang kuat dan mereka memberikan fitur layanan chat live, membagikan artikel-artikel, tema warna background yang menunjukkan nuansa alami sebagai representasi produk alami yang dijual, dan fitur website yang user-friendly.

Provincial Spirits

 Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: Provincial Spirits)
Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: Provincial Spirits)

Provincial Spirits adalah sebuah rumah lokakarya koktail yang berdiri di Port Coquitlam. Mereka berfokus kepada koktail kalengan, minuman soda, Local Spirits, beer, wine, whisky, dan minuman penyulingan distillery.

Desain template website yang mereka gunakan adalah warna putih yang memberi kesan segar dan dingin pada produk minumannya. Mereka menampilkan foto-foto merk minuman Provincial Spirits dan juga menyertakan label harga di bawahnya.

Wannabe Toys

Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: Wannabe Toys)
Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: Wannabe Toys)

Wannabe Toys merupakan website e-commerce yang unik karena menjual produk-produk atribut dan action figures untuk para penggemar.

Tampilan website mereka menggunakan sebuah gambar bergerak sebagai icon website, dan sebuah kursor yang unik. Tema warna yang digunakan untuk template website juga sangat nyaman dipandang, sehingga membuat pengunjung betah memandangnya.

Cloe Cassandro

 Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: Cloe Cassandro)
Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: Cloe Cassandro)

Cloe Cassandro adalah sebuah website e-commerce bidang fashion. Fokusnya adalah fashion pakaian pantai yang etis handmade yang berpusat di pulau Bali. Mereka juga mengutamakan keahlian dan pengrajin lokal.

Kamu bisa menemukan Cloe Cassandro di website mereka. Tampilan desain website Cloe Cassandro dipenuhi dengan fotografi model untuk mempromosikan produk fashion khas Bali yang mereka tawarkan. Kamu juga dapat berlangganan newsletter mereka di tampilan websitenya.

Faves

Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: Faves)
Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: Faves)

Faves adalah produk permen fruits & veggies yang ditujukan kepada para vegan pecinta makanan manis. Produk Faves merupakan permen vegan yang tidak menggunakan rasa buatan dan pewarna buatan, rendah gula, tinggi serat, dan bebas gluten.

Desain tampilan website Faves sangat unik dengan tema warna gradasi ungu dan hijau yang mencerminkan rasa manis permen. Faves merupakan produk permen yang sehat dan ramah lingkungan.

Eliqs

Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: Eliqs)
Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: Eliqs)

Eliqs adalah e-commerce yang berfokus pada penjualan desain minuman bir kaleng, yang ditujukan untuk acara social events, pernikahan, dan mereka juga menawarkan produk-produk mereka kepada Bar, Restoran, dan Hotel.

Pada tampilan utama websitenya, Eliqs memberi batasan usia di atas 21 bagi pengunjung yang mampir ke website mereka. Target audiensnya adalah orang-orang yang umurnya sudah legal untuk minuman beralkohol.

Standstill Tea

Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: Standstill Tea)
Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: Standstill Tea)

Standstill Tea adalah sebuah e-commerce pembuatan teh modern yang menggunakan tema cara ritual minum teh kuno. Standstill Tea memperkenalkan cara minum teh kuno kepada generasi baru untuk menciptakan kesan ritual minum teh yang menyatukan kebersamaan, dengan produk teh yang berasal dari perkebunan teh di China dan Taiwan. Desain website yang mereka gunakan menggunakan warna tema hitam yang mencerminkan teh hitam.

The Dockyard Social

Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: The Dockyard Social)
Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: The Dockyard Social)

The Dockyard Social merupakan bar street-food terbaik di Scotland. The Dockyard Social menggabungkan pedagang-pedagang penjual street-food dan menawarkan cocktail gratis yang bisa didapatkan di website mereka. 

The Dockyard Social membuat template warna-warni yang eye-catchy untuk menarik perhatian audiens muda-mudi, mengenalkan alamat lokasi, dan tawaran berlangganan kepada newsletter kepada audiens.

Cafe Two 14

Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: Cafe Two 14)
Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: Cafe Two 14)

Cafe Two 14 merupakan e-commerce penjualan kopi. Cafe Two 14 menawarkan berbagai jenis kopi, seperti kopi dicampur coklat, pineapple expresso, kopi dengan campuran caramel, milk, coklat, dan hazelnut.

Website Cafe Two 14 didesain dengan user friendly, menampilkan gambar-gambar produk kopi mereka sesuai jenis yang diinginkan pelanggan, fitur live chat, dan subscribe to newsletter.

Roots Catering

 Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: Roots Catering)
Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: Roots Catering)

Roots Catering adalah sebuah katering di Charlotte, North Carolina, Amerika Serikat yang tujuannya untuk acara pernikahan, acara perusahaan, dan acara pertemuan sosial dengan layanan antar pesan katering dan request custom untuk tema acara yang membuat layanan mereka menjadi unik.

The Nuff

Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: The Nuff)
Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: The Nuff)

Tampilan tema website milik The Nuff dipenuhi dengan visual gambar kartun lucu yang bertujuan untuk menjangkau audiens anak-anak. Visual buku bergambar unicorn membuat kesan imajinatif dan menarik. The Nuff adalah website yang mengenalkan sebuah buku yang ditulis untuk menguatkan para perempuan (baik anak kecil maupun dewasa) penyintas kanker payudara.

Melalui kisah yang abadi dan mengharukan tentang cinta, harapan, dan ketekunan tanpa syarat ini, penulis buku ini berharap dapat memberdayakan gadis-gadis di mana pun untuk menjadi wanita yang berani dan percaya diri sebagaimana mereka diciptakan.

L’intendance

 Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: L'intendance)
Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: L’intendance)

L’intendance melampirkan visual gambar-gambar produk yang mengundang selera, tampilan yang user friendly, kategori produk, tampilan warna yang lembut membuat nyaman dipandang, pemilihan font yang menarik. Desain website yang cantik dan cocok untuk tema e-commerce mereka.

Mystery

Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: Mystery)
Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: Mystery)

Mystery memiliki ide produk e-commerce yang menarik. Mereka menjual Mystery Gift Cards yang akan dijual kepada online shop.

Tampilan website Mystery didesain dengan tema warna gradasi ungu, menampilkan logo-logo brand terkenal yang bekerja sama dengan Mystery dengan maksud membangun kepercayaan kepada customer (splunk, Amazon, Microsoft, Apple, Starbucks, Ford, dan Twitter) yang ditampilkan dengan mode bergerak, dilengkapi fitur live chat, pemilihan font yang rapi dan mudah dibaca, template yang sederhana tapi terlihat elegan.

Sobremesa

 Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: Sobremesa)
Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: Sobremesa)

Sobremesa menggunakan video singkat pada header tampilan websitenya. Pada tampilan beranda dipenuhi dengan foto-foto sebagai tampilan visualnya, kata-kata singkat “pengalaman kami”, label blog yang memudahkan penggunanya untuk menemukan sebuah konten yang mereka cari, dan fitur daftar keranjang yang akan memudahkan pembeli untuk membayar.

Insane Boats

 Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: Insane Boats)
Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: Insane Boats)

Tema warna kuning yang dimiliki website Insane Boats membuat kesan penuh petualangan yang menggembirakan. Pada header, Insane Boats menampilkan gambar slide show berganti-ganti, font tulisan capslock yang tegas dengan shadow warna kuning, fitur daftar keranjang, 

RespiTech

 Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: RespiTech)
Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: RespiTech)

RespiTech merupakan e-commerce di bidang layanan/perawatan saluran pernafasan. Mengambil topik permasalahan polusi udara yang mematikan lebih dari 35,000 orang setiap tahunnya dan mengancam jiwa, RespiTech menawarkan peralatan-peralatan kebutuhan saluran pernafasan dan anti polusi udara dengan teknologi nanofiber.

Bliss

Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: Bliss)
Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: Bliss)

Bliss memiliki tampilan tema warna-warni yang memikat, tampilan slide show bergerak menampilkan foto-foto ulasan produk, copywrite yang persuasif di bagian header, tampilan produk-produk disertai dengan label harga tiap gambar, rating tiap produk, opsi Add To Bag yang menyingkat waktu pembeli untuk berbelanja di website mereka, menawarkan layanan free shipping dan free samples, dan kamu juga dapat subscribe ke newsletter mereka.

Bon Bon Bon

 Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: Bon Bon Bon)
Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: Bon Bon Bon)

Bon Bon Bon adalah e-commerce yang menjual dessert, terutama cokelat, bagi pecinta makanan manis. Mereka mendesain tulisan Bon Bon Bon yang diletakkan di tengah-tengah dan diberi warna merah pada font tulisan agar membuatnya terlihat mencolok. Di bawahnya diberi tata letak label/kategori seperti shop all, boxes-o-bones, chocolate oddities, swag, events, special orders, dan blog. Di bawah label blog, ada sebuah gambar bergerak yang membuatnya unik.

Fronks

 Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: Fronks)
Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: Fronks)

Fronks menata letak widget pada bagian atas dan menaruh tulisan Fronks di tengah-tengahnya. Di bawahnya, ada tulisan copywrite yang diletakkan di tengah-tengah dengan opsi center align. Ada pilihan tiga rasa susu yang dipisahkan dengan icon gambar tiap rasa susu, this one’s original, this one’s cocoa, this one’s simple.

Jackie Smith

 Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: Jackie Smith)
Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: Jackie Smith)

Jackie Smith memiliki desain website yang sangat visual penuh dengan gambar-gambar produk yang mereka tawarkan, seperti handbag, backpack, sweatshirt, sepatu, dan belt-bag. Website yang sangat berfokus pada penjualan produk, dihiasi dengan banyak banner yang membuat websitenya terkesan sangat komersial.

Simply Chocolate

 Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: Simply Chocolate)
Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: Simply Chocolate)

Simply Chocolate memiliki desain website yang paling menarik. Tidak seperti website pada umumnya, desain label di bagian atasnya pun diletakkan menyamping vertikal. Ketika kamu scroll ke bawah, kamu akan menemukan gambar bungkus coklat. Jika kamu mengklik pada bagian “robek di sini” pada gambar bungkus coklat tersebut, bungkusnya akan robek seolah kamu membukanya. Ketika kamu scroll ke bawah lagi, bungkusan tersebut akan terus terbuka sampai kamu menemukan gambar coklat dengan varian rasa lainnya di bawahnya.

Tampilan kreatif seperti ini akan mengundang perhatian banyak audiens ke dalam website, membuat audiens penasaran untuk terus scrolling ke bawah dan menelusuri keseluruhan website, sehingga mereka semakin penasaran juga dengan produk yang ditawarkan.

Premium Teas

Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: Premium Teas)
Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: Premium Teas)

Tata letak yang dimiliki website Premium Teas sangat umum digunakan. Desainnya sedap dipandang. Pada bagian header ditampilkan gambar bergerak nuansa hari raya. Kemudian, di bawah header ada produk-produk yang diberi label harga di tiap gambarnya dan dilengkapi dengan rating review tiap produk. Di bagian footer, kamu juga akan menemukan profil Cafe/Restoran, Toko Retail, dan Corporate Gifts milik mereka.

Frank Body

 Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: Frank Body)
Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: Frank Body)

Frank Body memanfaatkan tema nuansa pink untuk merepresentasikan produk kecantikan. Font Courier New yang cocok dengan tema pink. Frank Body merupakan e-commerce yang berfokus pada penjualan produk skincare dan peralatan mandi yang berbahan dasar kopi. Desain warna pink mencerminkan bahwa sebagian besar target audiens mereka adalah wanita.

Decibullz

Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: Decibullz)
Contoh template website e-commerce terbaik (Sumber: Decibullz)

Decibullz adalah e-commerce penjualan produk ear-plug yang digunakan untuk latihan tembak, acara konser musik keras, travelling, dan lainnya. Ear-plug akan sangat berguna untuk melindungi kesehatan telinga.

Saat kamu pertama kali mengunjungi website Decibullz, kamu akan menemukan gambar seorang penembak pada header website mereka. Gambar ini menunjukkan bahwa produk yang mereka jual adalah khusus untuk para penembak. Foto seorang penembak pada tampilan website adalah ditunjukkan untuk target audiens mereka, sehingga mereka menjual produk tepat sasaran audiens.

Selain contoh-contoh template e-commerce di atas, kamu juga bisa mempelajari rekomendasi website e-commerce fashion di blog Exabytes.

Kesimpulan

Memilih tampilan website e-commerce terkesan sangat mudah dilakukan, namun pada kenyataannya merupakan hal yang krusial karena berpengaruh pada peningkatan penjualan. Memperhatikan tampilan website yang user-friendly sangat penting. Kreasikan tampilan website seunik mungkin untuk menarik hati pengunjung website. 

Hal-hal lainnya yang bisa kamu lakukan adalah menata letak label blog semenarik mungkin, menambahkan fitur layanan live chat, menyesuaikan nuansa website dengan khas produk yang dijual, pemilihan warna yang membuat nyaman untuk dipandang, dan menyertakan gambar yang merepresentasikan produk atau target audiens.

Sekarang kamu sudah bisa membayangkan gambaran website mana yang kamu inginkan. Semoga rekomendasi 25 template website di atas menginspirasimu mendesain website untuk e-commerce.

Khusus untuk pemilik e-commerce, Exabytes menyediakan e-commerce hosting yang memberi kemudahan membangun toko online. Selain itu, ada juga layanan jasa pembuatan website toko online untuk membangun toko online impian dengan desain profesional. Mulai sekarang!

Leave your vote

496 Points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *