20 Kerja Online untuk Pelajar & Mahasiswa 2021- 2022, Fleksibel juga Minim Risiko

by -11 views
20-kerja-online-untuk-pelajar-&-mahasiswa-2021-2022,-fleksibel-juga-minim-risiko
20 Kerja Online untuk Pelajar & Mahasiswa 2021- 2022, Fleksibel juga Minim Risiko

Cari cuan tambahan yuk!

Sebagai pelajar atau mahasiswa, kita dituntut untuk nggak meninggalkan kewajiban belajar dan bertanggung jawab sama tugas yang diberikan. Tapi, terkadang kita membutuhkan kerja sampingan untuk sekedar jajan, menabung, bahkan membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu kerja online untuk pelajar & mahasiswa banyak dicari. Salah satu keuntungan dari pekerjaan online adalah waktu fleksibel. Jadi, kita gak perlu takut ketinggalan pelajaran.

Banyak yang bertanya, ada nggak sih lowongan kerja online untuk pelajar & mahasiswa minim risiko dan nggak perlu modal besar? Nah, buat menjawab itu, Jakmall.com sudah merangkum 20 kerja online untuk pelajar dan bisa kamu jalankan buat dapat lebih banyak penghasilan tambahan.

1. Jadi freelance writer untuk artikel atau website

Kerja Online untuk Pelajar & Mahasiswa Image Source: @kaitlynbaker

Kalau suka menulis, cocok banget sama pekerjaan satu ini. Cara menjadi freelance writer yaitu dengan mendaftarkan dirimu di situs atau kanal menulis, seperti Get Craft, Remotivi, IDN Times, dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk melatih kemampuan menulismu dengan banyak latihan, membaca, dan juga belajar menulis dengan baik.

2.  Aneka bisnis jajanan online cocok banget buat kamu yang suka masak

Kerja Online untuk Pelajar & Mahasiswa Image Source: @anniespratt

Kalau kamu punya hobi masak, nggak ada salahnya buat coba menjualnya lewat berbagai platform media sosial, seperti facebook, Instagram, bahkan TikTok. Cobalah menu sederhana lagi viral, unik, dan nggak perlu modal banyak. Misalnya cimol atau corndog yang lagi hits. Sistem kerja sampingan dari rumah ini bisa menggunakan sistem PO dibanding membuatnya dulu baru menjualnya.

3. Selagi tahu waktu, main game online nggak selamanya negatif kok

Kerja Online untuk Pelajar & Mahasiswa Image Source: Sigmund

Terlalu banyak main game sampai lupa waktu memang nggak disarankan. Tapi, kamu bisa mencoba game yang bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah lho. Sekarang sudah banyak rekomendasi game dan bisa kasih kamu kesempatan dapat cuan hanya dengan bermodalkan kuota internet, salah satunya adalah Axie Infinity. Ada juga game yang menghasilkan uang tanpa modal, seperti Market Glory dan Coin Republic (GoldenTown).

4. Jago bahasa Inggris? Coba jadi penerjemah yuk!

Kerja Online untuk Pelajar & Mahasiswa Image Source: Fastwork

Nah, kalo kamu punya kemampuan bahasa Inggris  baik, coba deh buka jasa menerjemahkan jurnal, skripsi, abstrak, buku, atau tulisan lainnya. Kamu hanya membutuhkan laptop dan kuota internet. Tips menjadi penerjemah di antaranya belajar dengan maksimal dan bisa gabung ke komunitas bahasa asing. Agar lebih menarik, kamu bisa melengkapinya dengan berbagai sertifikat pendukung, misalnya TOEFL atau TOEIC.

5. Freelance graphic designer jadi pekerjaan yang banyak dicari lho

Kerja Online untuk Pelajar & Mahasiswa Image Source: Emily Bernal

Graphic designer adalah pekerjaan yang punya peran penting di dalam berbagai bidang, termasuk dunia bisnis. Jika tertarik dengan kerja online pelajar satu ini, buatlah portfolio bagus agar calon client tertarik menggunakan jasamu. Selanjutnya, kamu bisa menawarkan jasa milikmu melalui teman-teman terdekat atau berbagai situs freelancer, seperti Sribulancer atau Goban.

6. Guru privat belajar online banyak diminati di kondisi seperti sekarang

Kerja Online untuk Pelajar & Mahasiswa Image Source: Shutterstock

Di masa seperti sekarang, berbagai kegiatan offline memang banyak dibatasi. Termasuk bimbingan belajar. Oleh sebab itu, banyak orang tua lebih memilih privat online untuk menjaga kesehatan buah hatinya. Belum lagi kalau mereka harus bekerja dan gak bisa menemani anaknya mengerjakan tugas. Kamu bisa memilih menjadi guru privat sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, seperti bahasa asing, matematika, atau mata pelajaran lainnya.

7.  Kalau handal dalam bermusik, bisa daftarkan dirimu jadi guru musik online

Kerja Online untuk Pelajar & Mahasiswa Image Source: Sweetwater.com

Selain guru privat buat mengajarkan pelajaran di sekolah, kamu juga bisa menjadi guru musik online, seperti piano, gitar, dan biola. Bergabunglah dengan berbagai website yang bisa menghubungkan kamu dengan calon client. Pekerjaan ini mampu menghasilkan puluhan ribu hingga ratusan ribu perjamnya.

Koleksi kalimba estetis mulai dari Rp50Rb-an, cek di sini yuk!

8. Suka berinteraksi sama orang baru? Coba deh jadi admin online shop  

Kerja Online untuk Pelajar & Mahasiswa Image Source: Kelly Sikkema

Bisnis online adalah pekerjaan yang menjanjikan jika dijalankan dengan sungguh-sungguh. Namun, tak jarang kesibukan membuat banyak orang tidak sempat mengurus bisnis online mereka. Jadi, banyak orang membutuhkan admin buat meng-handle bisnisnya. Tips menjadi admin yang baik adalah sikap ramah dan fast respon saat menjawab pertanyaan dari customer. Kamu juga sebaiknya mempelajari fitur pada platform yang digunakan.

9. Lowongan kerja sampingan input data

Kerja Online untuk Pelajar & Mahasiswa Image Source: Fastwork

Tak jarang perusahaan memiliki banyak data yang harus diinput dan mengharuskan mereka merekrut freelancer untuk menginput data penting. Nah, kalau kamu suka dengan angka dan familiar sama Excel atau Spreadsheet, pekerjaan sampingan berikut ini bisa jadi sumber pemasukan menjanjikan.

10. Product Reviewer banyak dilirik banyak perusahaan

Kerja Online untuk Pelajar & Mahasiswa Image Source: Freepik

Product reviewer adalah orang yang memberikan ulasan terkait produk tertentu yang dijual atau diproduksi oleh client. Seorang product reviewer biasanya akan membuat konten di media sosial atau website milik mereka. Walaupun kelihatannya sederhana, pekerjaan satu ini membutuhkan strategi tertentu agar review yang ditulis dapat menarik perhatian penonton.

11. Daripada hanya disimpan, kamu juga bisa menjual foto di internet lho!

Kerja Online untuk Pelajar & Mahasiswa Image Source: expertphotography.com

Fotografi jadi kegiatan seru dan dapat dijadikan hobi. Daripada hanya disimpan aja, coba deh jadikan stok foto yang kamu punya jadi penghasilan tambahan. Sekarang ini sudah banyak situs untuk bisa dijadikan tempat buat menjual koleksi fotomu, seperti Shutterstock, Dreamstime, iStockphoto.com. Tips menjual foto di Internet di antaranya adalah kualitas gambar yang baik, tidak mengandung unsur sara, dan resolusi gambar yang disesuaikan dengan kebijakan dari situs yang dipilih.

12. Punya banyak followers, bisa coba jadi seleb Instagram atau TikTok

Kerja Online untuk Pelajar & Mahasiswa Image Source: blog.youlinkto.com

Media sosial Instagram dan TikTok memang punya banyak peminat dari berbagai kalangan nih. Hal tersebut dimanfaatkan oleh berbagai brand atau perusahaan untuk mempromosikan produk mereka atau disebut dengan endorsement. Nah, salah satu caranya adalah memiliki pengikut yang jumlahnya dirasa cukup untuk menarik perhatian buat menjalankan kerja sampingan online lewat HP tanpa modal ini. Namun, jika kamu belum punya banyak followers, jangan patah semangat ya. Terus berkarya untuk membuat konten menarik agar akun milikmu semakin dilirik.

13.  Jadi dropshipper adalah solusi buat yang ingin penghasilan tambahan tanpa ribet

Kerja Online untuk Pelajar & Mahasiswa Image Source: SHUTTERSTOCK

Kalau kamu mau penghasilan tambahan mudah dan praktis, bisa banget nih join jadi dropshipper. Soalnya kamu nggak perlu pusing lagi mikir stok barang, packing, dan juga pengiriman barang. Sekarang ini sudah banyak marketplace yang membuka kesempatan untuk menjadi dropshipper.

Salah satunya adalah Program Afiliasi Jakmall.com. Kalau kamu belum berpengalaman di bidang bisnis, nggak usah khawatir ya. Di Jakmall.com tersedia berbagai fitur yang bisa memudahkan kamu belajar seputar berbisnis.

14. Hanya mengisi mengisi survey online tapi bisa dibayar?

Kerja Online untuk Pelajar & Mahasiswa Image Source: revelance

Sekarang ini sudah banyak situs survey yang bisa kasih bayaran untuk para respondennya. Survey ini dilakukan untuk banyak kepentingan dan dananya akan dibayarkan melalui PayPal dengan layanan transfer dan pembayaran secara online. Situs survey yang bisa kamu gunakan di antaranya ClixSense, The Panel Station, dan Toluna.

15. Cari barang preloved untuk dijual kembali di berbagai situs online

Kerja Online untuk Pelajar & Mahasiswa Image Source: Carousel

Dilansir dari dictionary.cambridge.org, preloved artinya bukan barang baru, tetapi sudah pernah dipakai sebelumnya. Terkadang kita mempunyai barang dengan kondisi masih bagus namun sudah tidak terpakai lagi. Dari pada mubazir atau membuat ruangan sempit, lebih baik kamu jadikan ini sebagai kesempatan untuk dapat penghasilan tambahan. Bisa juga lho membantu menjual produk preloved punya teman-temanmu di akun media sosial khusus atau marketplace.

16. Menawarkan layanan pembukaan website

Kerja Online untuk Pelajar & Mahasiswa Image Source: pcplus.co.id

Kalau kamu memiliki kemampuan untuk membuat website, bisa dijadikan peluang usaha juga nih. Website memiliki banyak manfaat, di antaranya sebagai sumber informasi untuk perusahaan, mengakses layanan publik, hingga untuk memperkenalkan produk atau brand baru.  

Cara yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis ini adalah dengan membuat website pribadi yang berisi Curriculum profilmu dan portofolio terbaik untuk menarik perhatian calon client. Selain itu, kamu juga bisa lho bergabung bersama komunitas pembuat website.

17. Lagi cari kerja online tanpa modal untuk pelajar? Buka jasa ketik online aja!

Kerja Online untuk Pelajar & Mahasiswa Image Source: computer.howstuffworks.com

Nggak semua pekerjaan memerlukan modal besar. Kamu bisa memanfaatkan kemampuan yang sudah pasti dimiliki oleh pelajar dan mahasiswa. Salah satunya adalah mengetik. Walau terlihat mudah, nggak semua orang punya waktu untuk menyelesaikan tugas mengetik untuk kepentingan tertentu. Jadi, bisa menawarkan jasa ini kepada yang membutuhkan.

18. Memulai karir sebagai voice over talent juga bisa jadi kerja online seru

Kerja Online untuk Pelajar & Mahasiswa Image Source: pronthego.com

Voice over talent adalah orang yang mengisi suara pada video, iklan, live event, atau media lainnya. Salah satu syarat menjadi voice over talent adalah intonasi dan penekanan suara baik ketika menyampaikan pesan. Pekerjaan ini bisa dilakukan dari rumah dan mengirimkannya secara online lho. Namun, untuk mengakali noise atau suara bising, kamu bisa mengakalinya dengan aplikasi edit video atau mengisi celah pintu kamar tidur dengan draft stopper.

TaffSTUDIO Mikrofon Kondenser Studio hanya Rp80Rb-an!

19. Virtual assistant banyak dibutuhkan karena lebih efisien

Kerja Online untuk Pelajar & Mahasiswa Image Source: smallbiztrends.com

Di saat seperti sekarang, berbagai aktivitas dialihkan lewat daring atau online. Bahkan pekerjaan sebagai asisten juga bisa dikerjakan dari jarak jauh. Selain lebih efisien, virtual assistant banyak juga diminati oleh pengusaha dan bisnis online yang membutuhkan bantuan tapi belum memerlukan karyawan full time. Pekerjaan virtual assistant di antaranya mengatur jadwal, membalas chat, merangkum hasil rapat, dan menerima panggilan telepon.

20. Punya bakat mengedit video? Jadikan sumber penghasilan tambahan yuk!

Kerja Online untuk Pelajar & Mahasiswa Image Source: teknoiot.com

YouTube adalah platform cukup populer dan banyak diminati. Nggak heran kalau banyak orang yang berlomba-lomba membuat konten dengan menjadi YouTuber. Namun, nggak semua orang mempunyai skill untuk mengedit video yang baik. Jadi, banyak juga yang membutuhkan jasa editor video. Agar bisa menjadi seorang editor dibutuhkan kemampuan untuk menggunakan aplikasi untuk mengedit video. Kamu bisa memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan, seperti, Adobe Premiere Pro, Adobe After Effects, Lightworks, Shotcut.

Itu dia 2o kerja online untuk pelajar dan mahasiswa yang bisa kamu lakukan dari rumah. Biar semakin semangat menjalaninya, pilihlah pekerjaan sesuai dengan passion atau hobimu ya.


Wujudkan mimpimu punya bisnis sendiri, yuk join Program Afiliasi Jakmall!

Mau tahu lebih banyak seputar Afiliasi Jakmall? Cek infonya di sini yuk!

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *