in ,

19 Makanan Unik Ini Bisa Cetak Untung Gede untuk Ide Bisnis

Bisnis makanan unik dan kreatif emang gak ada matinya. Selalu ada yang baru dan pasti memberi untung. Menjalani usaha makanan unik sudah terbukti sukses bikin banyak orang penasaran dan ketagihan.

Cukup banyak lho orang yang menjalankan bisnis makanan unik dan kreatif, dan berhasil. 

Salah satu contohnya yang cukup laris di pasaran, boba. Yups, setelah dijadikan minuman, kini sudah banyak pelaku usaha yang mencoba mengolah boba menjadi topping makanan, contohnya boba toast

Jika kamu tertarik mengembangkan bisnis makanan ini, tentunya banyak riset yang harus dilakukan. Salah satunya, cara agar makanan unik yang kamu bikin terus melekat di lidah orang dan gak hanya booming saat viral di sosial media saja. 

Makanan klasik khas Indonesia yang dimodifikasi juga cukup menjanjikan untuk bisnis makanan unik. Misalnya, martabak dengan topping keju mozzarella, atau bisa juga seblak dengan topping seafood atau fishcake

Nah, kalau sekarang, kira-kira apa ya usaha makanan unik dan kreatif yang bisa menghasilkan untung? Yuk, cek di sini!

Baca juga: Cuma Bermodalkan Rp 5 Juta, Coba 12 Peluang Usaha yang Menjanjikan Tahun Ini

Makanan unik yang laris di pasaran

Lidah manusia memang gak ada puasnya, meski sudah berkali-kali menjajal makanan enak, lidah tetap ingin mengeksplor jenis rasa yang berbeda dan unik.

Di Indonesia, sudah bermunculan berbagai jenis makanan unik dan viral yang membuat orang rela mengantri demi mencicipi kelezatan makanan tersebut.

Berikut, makanan yang cukup laris di pasaran beberapa waktu belakangan ini:

Es krim cheetos

Mencicipi es krim yang rasanya manis mungkin sudah biasa, ya. Namun, bagaimana kalau ada es krim dengan campuran rasa manis dan asin? 

Yups, Ezo Cheescake beberapa waktu yang lalu mengeluarkan es krim dengan remah-remah cheetos di atasnya. Dengar-dengar sih rasa dari es krim cheetos ini enak dan gurih. Mau mencobanya?

Sate telur indomie

Setelah donat indomie, ada lagi makanan unik dengan bahan dasar dari  indomie yakni sate telur indomie. 

Tentunya kamu akan merasakan sensasi makan Indomie yang berbeda, seperti makan sate dengan tekstur yang renyah dan gurih.

Boba brown sugar

Bisa dibilang, boba menjadi salah satu bisnis makanan unik yang cukup populer. Rata-rata pelaku usaha pasti menyisipkan menu boba dalam bisnis makanan mereka. 

Salah satu menu paling populer adalah, boba brown sugar karena rasanya yang manis dan gurih. 

Gak hanya itu, kini orang pun berlomba-lomba menciptakan makanan dengan topping boba, seperti  boba toast.

Baso aci

Setelah makanan yang manis-manis, kini beralih ke makanan asin dan pedas yang disukai banyak orang,  baso aci. Makanan unik baso aci ini juga lagi populer di kalangan para foodies

Gak hanya itu, kini sudah banyak orang yang menjual baso aci kemasan, jadi kamu hanya perlu menghidangkannya dengan air panas saja.

Salted egg chicken

Menu makanan unik yang disukai banyak orang adalah salted egg chicken. Salted egg chicken cukup laris di pasaran karena rasanya yang gurih, praktis, dan tentunya saja sesuai dengan kantong mahasiswa. 

Gak cuma ayam sih, ada juga menu ikan atau beef dengan lumuran saus salted egg yang enak dan gurih. 

Ayam geprek

Sejak beberapa tahun lalu, popularitas ayam geprek memang gak pernah turun. Rasanya yang pedas dan enak membuat banyak orang memilih ayam geprek sebagai pilihan menu makan siang atau makan malam. 

Kini, kamu bisa memilih sendiri ayam geprek sesuai level kepedasan yang kamu mau. 

Dessert box oreo

Makanan unik yang cukup laris salah satunya dessert box. Kamu bisa mencontoh dessert box ala Bittersweet by Najla yang cukup digemari banyak orang. Rasanya yang manis dan lembut membuat dessert box disukai oleh semua umur. 

Makanan unik yang ngetren tahun 2020

Jika kamu berniat meraih cuan di dunia kuliner, bisa lho mempertimbangkan beberapa bisnis makanan unik yang diperkirakan akan terus meningkat popularitasnya di tahun 2020 ini. Apa saja?

Es kopi susu gula aren

Popularitas kopi gula aren sejak akhir 2019 terus naik. Menurut data dari IDN Times, sebanyak 32,2 persen orang saat ini mengonsumsi 3-5 gelas kopi per hari. 

Jadi, bisnis makanan unik ini tentu harus kamu pertimbangkan karena peluangnya gak sedikit. 

Kehadiran kopi gula aren juga bisa menjadi alternatif para foodies yang aslinya gak bisa minum kopi yang terlalu strong. Kamu wajib memikirkan bisnis ini, sih!

Boba milk tea

Boba diprediksi akan terus jadi primadona di dunia bisnis kuliner, mengingat hingga sekarang antrian untuk membeli boba milk tea masih terus panjang. 

Jika tertarik, kamu mungkin bisa mencoba rasa baru dari boba, misal boba green tea, boba taro, hingga boba tiramisu.

Martabak topping samyang

Salah satu camilan klasik di Indonesia yang gak bikin orang bosan adalah martabak. Tapi, kini sudah banyak pelaku usaha martabak yang berkreasi dengan menciptakan topping unik untuk martabak, seperti topping dari samyang. 

Wah, bayangin saja rasa martabak telur yang gurih dicampur dengan rasa samyang yang pedas khas Korea, pasti enak! Kalau berhasil, kamu mungkin bisa mencoba varian lain, misal topping bulgogi?

Ayam geprek

Bisnis ayam geprek hingga saat ini juga masih eksis, lho! Kamu bisa berkreasi dengan berbagai varian sambal hingga topping yang unik agar bisnis ayam geprekmu nanti bisa meledak. 

Salah satu ide sambal yang bisa kamu coba, seperti sambal cumi, sambal bulgogi, hingga rica-rica. 

Puding regal

Tren bisnis makanan unik lainnya yang bisa kamu coba yakni puding regal. Rasa biskuit regal yang enak memang cocok dipadukan dengan puding, apalagi saat bercampur dengan siraman saus vla yang creamy

Nah, kamu bisa nih menjualnya dengan berbagai varian rasa pudingnya, seperti tiramisu, cokelat, hingga green tea.

Pancake boba

Selain minuman boba, pancake dengan topping boba juga lagi hits, lho! Perpaduan pancake yang lembut dengan siraman topping boba yang manis ini banyak disukai oleh berbagai kalangan dari anak kecil hingga orangtua, tentu sangat menjanjikan bukan?

Bakso konro

Olahan bakso juga tentunya akan selalu disukai oleh lidah orang Indonesia. Hanya saja, kamu harus kreatif dengan mengolahnya menjadi makanan unik seperti bakso konro. 

Perpaduan antara bakso dengan makanan konro khas Makassar tentu akan memberikan cita rasa yang unik. 

Katering makanan sehat

Gak sedikit kaum milenial yang kini mulai melek sama kesehatan. Kamu bisa mencoba membuat katering makanan sehat seperti Yellow Fit dengan rasa yang enak. Bisa makan sehat dengan rasa yang enak tentu akan menarik perhatian orang.

Misalnya, kamu bisa memasukkan menu fast food seperti burger atau spaghetti dengan jumlah kalori yang tentunya sudah diperhitungkan. 

1. Tahu kribo

Namanya saja sudah unik, apalagi bentuknya. Berdagang tahu kribo bisa menjadi pilihan yang bisa kamu ambil buat menjalankan usaha makanan unik dan kreatif lho!

Bedanya tahu kribo dengan jajanan tahu lainnya terletak pada proses pembuatannya. Tahu kribo dibuat dengan menghancurkan tahu terlebih dahulu kemudian dicampur dengan tepung beras, tepung kanji, dan bahan-bahan lain yang dibutuhkan. Setelah itu, baru digoreng.

Modal yang dikeluarkannya pun gak besar-besar amat. Kamu bisa bikin tahu kribo dengan dana gak sampai Rp100 ribu.

2. Belalang goreng

Makanan satu ini bukan cuma unik, tapi sedikit ekstrem. Meski begitu, makanan ini bukan berarti gak ada yang mau ya! Cukup banyak kok orang yang pengin tahu rasa dari belalang goreng yang kabarnya nikmat.

Gak cuma bisa menjadi peluang usaha, konon mengonsumsi belalang goreng bisa mendapat manfaat, seperti mencerdaskan otak, mempercantik kulit, hingga menjaga kesehatan tulang.

Kabarnya nih usaha berdagang belalang goreng ini bisa menghasilkan omzet dari Rp400 ribuan hingga Rp1 jutaan. Mantap banget, kan!

3. Burger hitam

Bisnis makanan unik dan kreatif lainnya yang bisa kamu pilih adalah usaha berjualan burger hitam. 

Melihat warna burger yang gak biasa bikin orang-orang kepengin tahu rasa dari burger yang satu ini. Buat resepnya, kamu bisa mengetahuinya dari ulasan-ulasan online.

Modal yang perlu disiapkan buat menjalankan usaha burger hitam diperkirakan mencapai Rp5 jutaan. Omzetnya bisa tembus Rp10 jutaan lho per bulan.

4. Asinan rambutan kiamboy

Pernah mencicipi buah rambutan yang dijadikan asinan? Rupanya buah rambutan yang jadi asinan berhasil menarik minat banyak orang lho. Pastinya makanan ini boleh banget jadi usaha makanan unik dan kreatif.

Cara membuatnya pun terbilang mudah dan modal yang mesti disiapkan gak besar-besar amat. Pokoknya cocok deh buat kamu yang pengin jalankan usaha tanpa keluar modal banyak.

Tapi, berhubung rambutan itu buah musiman, kayaknya kamu bakal lebih leluasa buka usaha ini saat musim rambutan. Soalnya, bakal lebih gampang cari bahan bakunya dan lebih murah pula!

5. Semangka goreng

Biasanya buah semangka dimakan sebagai pencuci mulut. Lain cerita dengan makanan unik yang satu ini. Buah semangka yang bisa langsung dimakan justru malah digoreng dulu.

Sebenarnya, proses pembuatan semangka goreng ini mirip-mirip dengan proses pembuatan pisang goreng. Bisa dibilang pembuatannya simpel dan dana yang dihabiskan juga gak terlalu banyak. Pas nih buat yang pengin jalankan usaha makanan unik dan kreatif bermodal minim!

6. Es krim goreng

Berikutnya, adalah usaha es krim goreng yang bisa jadi pilihan bisnis makanan unik dan kreatif. Kabarnya nih usaha yang satu ini bisa mencetak omzet hingga Rp20 juta per bulannya.

Udah gitu, memulai usaha ini gak ribet. Cukup dengan modal mulai dari Rp7 jutaan, kamu bisa menjalin kemitraan dengan sejumlah franchise es krim goreng. Dari modal segitu, kamu bakal menerima booth, perlengkapan jualan, pelatihan, dan bahan baku.

7. Dadar gulung cokelat

Kalau dadar gulung yang berwarna hijau tampak biasa buat kamu, gimana dengan dadar gulung cokelat? Tentu saja warna cokelatnya bikin kamu berhasrat buat mencicipi makanan unik yang satu ini.

Dengan bermodalkan Rp3 jutaan, usaha dadar gulung cokelat berpotensi mencetak omzet hingga Rp9 jutaan tiap bulannya. Cara membuat dadar gulung cokelat terbilang mudah, dan bisa kamu dapatkan infonya dengan gampang di internet.

8. Keripik tempe

Bisnis makanan unik dan kreatif lainnya yang bisa kamu coba adalah usaha jualan keripik tempe. Kamu bisa membuat sekaligus menjualnya ataupun sekadar menjualnya.

Gimana dengan omzetnya? Ada lho yang bisa meraup hingga Rp10 juta per bulannya. Seperti yang diberitakan Detik, seorang wirausahawan bernama Widiatmoko membuka usaha keripik tempe yang dinamakan Tempe King dengan modal Rp5 juta. Ia mengaku bisa meraup penghasilan Rp10 juta tiap bulannya.

9. Ramen burger

Kreativitas di bidang kuliner terus bermunculan. Salah satunya, membuat burger yang rotinya pakai mie ramen. Bayangin, mie ramen yang disantap begitu saja sudah enak, apalagi dijadikan roti burger?

Nah, membuka usaha ramen burger ternyata bisa memberi omzet yang lumayan besar lho. Bermodalkan Rp5 juta, kamu sudah bisa menjalankan usaha ini.

10. Cokelat dodol

Makanan lainnya yang berpeluang mendatangkan omzet menjanjikan adalah cokelat dodol. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan buat memperoleh keuntungan dari usaha makanan unik dan kreatif ini, yaitu membuat lalu menjualnya ataupun cuma menjualnya.

Cukup banyak orang yang sukses berjualan cokelat dodol ini. Salah satunya adalah Kiki Gumer, CEO PT Tama Cokelat Indonesia. 

Seperti yang diberitakan Liputan 6, Kiki mengaku cokelat dodol yang dijualnya bisa mendatangkan omzet hingga Rp4,5 miliar tiap tahunnya.

11. Oreo goreng

Gak disangka, Oreo yang enak itu makin enak lagi kalau dijadikan Oreo goreng lho. Makin mantap lagi kalau mendapatkan omzet dari menjual makanan ini.

Membuat Oreo goreng itu gak sulit. Sudah gitu, informasi resepnya mudah sekali ditemukan di internet. Infonya nih jualan Oreo goreng dalam sebulan bisa hasilkan omzet hingga Rp10 juta!

12. Puding roti

Pernah membayangkan gak gimana jadinya kalau puding dan roti dikombinasikan sebagai makanan? Ternyata, keduanya bisa menjadi kombinasi makanan yang nikmat lho!

Gak cuma nikmat, tapi puding roti bisa menjadi makanan yang memberi omzet yang menjanjikan. Proses pembuatannya mudah dan modal yang dibutuhkan juga gak banyak.

13. Seblak seafood

Begitu juga dengan seblak seafood. Pilihan kuliner ini bisa dijadikan sebagai peluang meraih untung. Bikin makanan yang satu ini juga gak ribet-ribet amat kok. Bahan-bahannya juga terbilang masih terjangkau.

Satu lagi nih yang perlu kamu tahu. Orang-orang yang suka seblak itu cukup banyak lho. Jadi, gak usah khawatir gak laku deh!

14. Cheese tea

Mungkin kamu sudah pernah dengar sebelumnya kreasi minuman yang satu ini. Namun, bukan berarti menjual minuman ini gak bisa memberi omzet ya. 

Cukup banyak lho orang yang suka cheese tea. Dengan kata lain, menjual minuman ini berpotensi memberikan untung.

Biar gak susah-susah memulainya, kamu bisa menjalin kemitraan dengan franchise alias waralaba yang udah ada. Modal investasi yang disiapkan mulai dari Rp10 jutaan. Sementara omzetnya per bulan bisa mencapai Rp13 juta.

15. Steak tempe

Pernah mencoba steak tempe? Nah, makanan unik yang satu ini gak kalah enak dari steak daging lho. Sudah gitu, bahan-bahan yang dipakai cukup terjangkau.

Pastinya, membuka usaha makanan unik dan kreatif ini berpeluang mencetak untung. Apalagi namanya bikin orang-orang penasaran, seperti apa rasa dari steak tempe ini.

Nah, itu tadi 19 makanan unik dan kreatif yang bisa kamu jadikan inspirasi buat jalankan usaha. Semoga bermanfaat! (Editor: Chaerunnisa)

What do you think?

789 points
Upvote Downvote

Written by buzz your story

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0
pengin-ajukan-pinjaman-di-bank?-5-aset-ini-bisa-jadi-jaminan

Pengin Ajukan Pinjaman di Bank? 5 Aset Ini Bisa Jadi Jaminan

10-rekomendasi-kursi-gaming-terbaik-dan-nyaman-untuk-kamu

10 Rekomendasi Kursi Gaming Terbaik Dan Nyaman Untuk Kamu