26.1 C
Jakarta
Saturday, May 28, 2022

15 Negara Terpadat di Dunia, Indonesia Nomor Berapa Nih?

15 Negara Terpadat di Dunia, Indonesia Nomor Berapa Nih?

Sejumlah negara memiliki angka populasi yang tinggi, sehingga disebut sebagai negara terpadat di dunia. Untuk menambah wawasan umum kita dan bekal menemani belajar si kecil, kali ini TheAsianparent merangkum ranking negara dengan penduduk terpadat di dunia.

Jika Parents ingat pelajaran di sekolah dulu, informasi tentang negara dengan populasi penduduk tinggi dimuat di dalam buku. Namun, tak ada salahnya jika kita menyegarkan ingatan, dengan ditambah beberapa informasi yang mungkin bermanfaat.

Salah satu faktor yang memengaruhi kepadatan penduduk di suatu negara yaitu angka reproduksi atau tingkat kelahiran tinggi, seperti di negara-negara Afrika. Berikut ini ranking negara terpadat di dunia dan profil singkatnya.

Artikel terkait: Bukan jagung bakar atau sate, ini 8 makanan khas tahun baru di berbagai negara

15 Negara Terpadat di Dunia, Termasuk Indonesia dan 2 Negara ASEAN Lainnya

Inilah sederet negara dengan populasi penduduk yang padat.

1. China

China tercatat sebagai negara dengan penduduk terbanyak di dunia. Menurut Biro Statistik Nasional China Asia Timur, total penduduk pada 2020 mencapai 1,44 miliar jiwa.

Sekitar 90 persen penduduk Cina adalah orang Cina Han. Ada lebih dari 50 kelompok etnis yang diakui di Cina, di antaranya etnis Uyghur, dengan sekitar 10 juta jiwa, dan etnis Tibet sekitar 3 juta jiwa.

2. India

Menempati ranking dua sebagai negara terpadat di dunia, yakni India. Jumlah penduduk diperkirakan 1,37 miliar jiwa. India juga menjadi negara terpadat kedua di Asia dan dunia.

Negara yang dijuluki Tanah Hindustan ini memiliki ratusan kelompok etnis. Konstitusi India mengakui 22 bahasa berbeda sebagai bahasa resmi.

Dalam masyarakat Hindu, sistem kasta kuno masih berlaku. Negara bagian India yang paling padat penduduknya adalah Uttar Pradesh, dengan 200 juta penduduk.

3. Amerika Serikat

Populasi di Amerika Serikat mencapai angka 330.160.000 jiwa, menurut Biro Sensus AS.

Wilayah terpadat AS berada di bagian tengah Amerika Utara, terutama di negara bagian California. Negeri Paman Sam juga memiliki populasi Kristen terbesar di dunia. 65 persen orang Amerika mengidentifikasi diri mereka sebagai penganut Kristen.

New York menjadi kota terpadat sekaligus ibu kota Amerika dengan jumlah penduduk 8,3 juta jiwa.

Artikel terkait: 3 Resep kolak durian Medan yang bikin segar tenggorokan, penasaran?

4. Indonesia

Negara terpadat selanjutnya adalah Indonesia dengan jumlah penduduk 271.350.000, menurut catatan Badan Pusat Statistik. Indonesia merupakan negara kepulauan terpadat, dengan jumlah penganut Islam terbesar di dunia.

5. Pakistan

Pakistan adalah negara terpadat kelima di dunia, negara terpadat ketiga di Asia, dan negara Islam terbesar kedua setelah Indonesia. Total penduduk diperkirakan 221,000,000 jiwa pada 2021.

Enam kelompok etnis besar tinggal di negara ini, di antaranya Punjabi (45 persen), Pashtun (15 persen), Sindhi (14 persen) dan Saraikis (8 persen). Sekitar 96 persen penduduk Pakistan adalah Muslim.

6. Brasil

Dengan jumlah penduduk 212.675.000 jiwa pada 2021, Brasil menjadi negara terpadat peringkat enam. Negeri Samba ini juga merupakan negara dengan populasi Kristen tertinggi kedua di dunia, dengan 65 persen Katolik Roma dan 22 persen Protestan. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Portugis Brasil.

Artikel terkait: 5 Negara Terkaya di Dunia, Salah Satunya Tetangga Indonesia

7. Nigeria

Pada 2020, perkiraan penduduk Nigeria mencapai 206.140.000 jiwa, sehingga menempati ranking ketujuh sebagai negara terpadat di dunia.

Nigeria adalah sebuah negara di Afrika Barat yang berbatasan dengan Teluk Guinea. Negara ini juga merupakan negara bagian terpadat di Afrika dan memiliki tingkat pertumbuhan penduduk yang tinggi secara konsisten.

Kelompok etnis utama adalah Hausa 30 persen, Yoruba 15 persen, Igbo (Ibo) 15 persen, dan Fulani 6 persen. Lebih dari setengah penduduk Nigeria adalah Muslim (53 persen), mayoritas Sunni.

8. Bangladesh

Proyeksi populasi Bangladesh adalah 171.000.000 jiwa pada 2011 – 2061. Terletak di delta Gangga-Brahmaputra, antara India dan Myanmar. Negara ini mencakup area yang lebih dari setengah ukuran Inggris Raya, menjadikan Bangladesh negara besar terpadat di dunia. Islam menjadi agama mayoritas di Bangladesh.

9. Rusia

Populasi di Rusia mencapai 146.749.000 jiwa pada 2020, menurut Layanan Statistik Negara Federal. Angka tersebut mencakup populasi di Semenanjung Krimea yang diduduki Rusia.

Rusia adalah negara lintas benua yang terletak di Asia utara dan Eropa timur. Rusia juga merupakan negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayah.

Lebih dari 80 persen populasi di negara ini adalah etnis Rusia. Bahasa resminya, bahasa Rusia.

Warga negara Rusia sebagian merupakan ateis, karena warisan sejarah pernah di bawah pemerintahan Uni Soviet. Sebagian kecil penganut Kristen Ortodoks Rusia (20 persen) dan pemeluk agama Islam (17 persen).

10. Meksiko

Menurut Institut Statistik dan Geografi Nasional Amerika Utara (INEGI), jumlah populasi di Meksiko adalah 128.933.000 jiwa pada 2020.

Meksiko juga termasuk negara terpadat kedua di benua Amerika Utara dan negara berbahasa Spanyol terpadat di dunia. Populasi Kristen di negara ini juga tertinggi ketiga di dunia, sebesar 92,4 persen dari jumlah penduduk.

11. Jepang

Total penduduk Jepang mencapai 125.930.000 jiwa pada 2020, menjadikannya negara terpadat peringkat sebelas di seluruh dunia.

Jepang adalah negara kepulauan di Samudra Pasifik. Dijuluki Negeri Matahari Terbit, negara ini menggunakan Bahasa Jepang sebagai bahasa nasional, dan mayoritas penduduknya menganut Budha dan Shinto.

12. Etiopia

Perkiraan PBB pada 2020, jumlah penduduk di Etiopia mencapai 114.964.000 jiwa. Negara di ‘tanduk Afrika’ ini bersebelahan pula dengan daratan terpadat di dunia, yakni Sudah dan Somalia.

Seperti banyak negara Afrika, Ethiopia adalah negara multi-etnis dengan lebih dari 80 kelompok etnis yang berbeda dan banyak bahasa lokal.

Sekitar sepertiga dari populasi negara itu adalah Muslim, 44 persen penganut Ortodoks Ethiopia, dan sekitar 18 persen pemeluk Protestan.

Artikel terkait: Mengenal 11 Jenis Hewan Endemik Indonesia, Sebagian Terancam Punah

13. Filipina

Dengan populasi mencapai 108.000.000 jiwa pada tahun 2020, Filipina termasuk negara terpadat di dunia ranking ke-13.

Filipina adalah negara kepulauan dan negara terpadat kedua di Asia Tenggara, setelah Indonesia. 85% dari populasi negara itu adalah penganut agama Kristen.

14. Mesir

Mesir berada di timur laut Afrika berbatasan dengan Laut Mediterania di utara. Negara yang memiliki peninggalan sejarah Islam ini merupakan negara terpadat di Afrika Utara dan Timur Tengah, dengan jumlah penduduk mencapai 102.180.000 jiwa pada 2021.

Bahasa utama yang digunakan adalah bahasa Arab Mesir. Agama mayoritas Mesir adalah Islam Sunni, diperkirakan 85-95 persen dari populasi.

15. Vietnam

Pada 2019, catatan Kantor Statistik Umum Sensus Asia Tenggara Vietnam menunjukkan jumlah penduduk negara ini mencapai 96.209.000 jiwa. Menjadikannya sebagai negara terpadat ke-15.

Mayoritas penduduk merupakan etnis Vietnam (Kinh) hampir 90 persen. Etnis minoritas antara lain etnis China (8 persen), Khmer, Cham, Nung, Rhade (2 persen). Bahasa yang digunakan adalah bahasa Vietnam dengan aksen yang bervariasi. Agama yang dianut adalah Budha (80 persen), Katolik Roma (11 persen), Protestan (2%), Islam, Hindu, Cao Dai (2 persen).

Nah, Parents itulah daftar sejumlah negara dengan padat penduduk di dunia. Semoga membantu menambah wawasan, ya. Kira-kira Parents sudah pernah mengunjungi negara mana, nih?

****

 

10 Hewan Terkecil di Dunia, Visual Imut dan Bobotnya Cuma Setengah Ons

8 Hewan Tertinggi di Dunia, dari Bison sampai Jerapah

Materi Edukasi Anak, Kenali 4 Fakta Unik Jaring Laba-Laba

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles