14 Tempat Makan Legendaris di Jakarta, Sudah Berusia Puluhan Tahun!

by -11 views
14-tempat-makan-legendaris-di-jakarta,-sudah-berusia-puluhan-tahun!

Industri kuliner selalu berkembang dari waktu ke waktu. Namun, ada sejumlah tempat makan legendaris di Jakarta yang bertahan sejak puluhan tahun lalu. Meski telah hadir selama puluhan tahun, restoran-restoran tersebut tetap ramai dikunjungi pembeli. 

Bukan tanpa alasan, keunikan dan kualitas yang tetap terjaga menjadi penyebab restoran-restoran ini tetap memiliki banyak pelanggan. Anda penasaran ingin mencobanya juga? Yuk, simak daftar restorannya di sini! 

14 Tempat Makan Legendaris di Jakarta
1. Angke 

Sumber: angke.com

Restoran bergaya formal yang menyajikan chinese food ini telah berdiri sejak tahun 1965. Ada lebih dari 100 menu yang bisa Anda cicipi di restoran yang telah memiliki 4 cabang ini yaitu di Ketapang, Kelapa Gading, Pantai Indah Kapuk, dan Serpong. Beberapa menu yang menjadi andalan di restoran ini adalah ayam rebus minyak jahe, lincung cah fumak, ayam garam, dan mun haisom. Dijamin akan memanjakan lidah Anda yang menggemari makanan chinese.

2. Asinan Betawi H. Mansyur 

Telah berdiri sejak tahun 1970-an, tempat ini juga dikenal dengan asinan kamboja. Makanan yang terkenal di sini adalah asinan yang terdiri dari sayuran berupa tauge, kol, daun selada, dan tahu, yang disiram dengan sambal kacang. Jangan lupa tambahkan kerupuk mi untuk membuat rasanya semakin sedap.

Meski telah berdiri selama puluhan tahun, tempat ini selalu ramai dikunjungi pembeli. Bahkan di waktu-waktu tertentu, Anda harus sabar mengantri untuk dapat mencicipi asinan yang lokasinya berada di Jalan Taman Kamboja, Rawamangun, Jakarta Timur.

3. Bakmi Gang Kelinci 

Sumber: Youtube

Tak sekadar namanya, tempat makan bakmi ini memang berada di Jalan Kelinci Raya, Pasar Baru, Jakarta Pusat. Bakmi Gang Kelinci telah berdiri sejak tahun 1957. Meski sudah berdiri selama puluhan tahun, restoran bakmi ini tetap memiliki banyak penggemar. Hal tersebut bisa dilihat dari pengunjung yang selalu ramai mengisi semua tempat duduk yang disediakan.

Sesuai namanya, tempat ini menawarkan menu bakmi ayam cah jamur. Selain itu juga ada dimsum yang menemani pengalaman makan Anda. Karena sudah bertahan hingga puluhan tahun, maka rasanya sudah tidak perlu diragukan lagi.  

4. Gado-Gado BonBin 

Berada di daerah Cikini, Jakarta Pusat, Gado-Gado BonBin telah berdiri sejak tahun 1960. Tak seperti gado-gado lainnya, di sini menggunakan kacang tanah sangrai yang kemudian dimasak. Bumbu tersebut kemudian diguyur ke dalam aneka sayuran yang terdari dari tauge, kol, timun, kentang, tahu, telur, bayam, dan kacang panjang. Kemudian taburan bawang goreng dan emping membuat gado-gado ini semakin istimewa.

Meski telah berdiri lebih dari 50 tahun, kualitas dan rasa gado-gado di sini tetap terjaga dengan baik. Maka tak heran bila banyak pelanggan datang dari seluruh Jakarta untuk mencicipinya.

5. Kopi Es Tak Kie 

Sumber: Instagram/kopiestakkieglodok

Kali ini kita beralih ke tempat yang menjual minuman Kopi Es Tak Kie. Tak tanggung-tanggung, tempat ini telah berdiri sejak tahun 1927. Sesuai namanya tempat ini menyajikan menu utama es kopi.

Sebelum merebaknya es kopi susu kekinian, Kopi Es Tak Kie telah hadir dengan cita rasa kopinya yang khas. Jika ingin mencicipinya, Anda bisa datang ke kawasan Glodok di Jakarta Barat. Namun jangan memberikan ekspektasi berlebihan karena hanya ada 2 menu kopi yang disajikan yaitu es kopi hitam dan es kopi susu saja. 

6. Kwetiau Sapi Mangga Besar 78 

Tempat makan legendaris di Jakarta selanjutnya adalah Kwetiau Sapi Mangga Besar 78. Restoran ini menyajikan aneka menu chinese food. Telah berdiri sejak tahun 1978, restoran ini memiliki menu favorit yaitu kwetiau siram.

Kwetiau yang disajikan menggunakan kaldu sapi yang gurih dengan tambahan babat sapi, urat sapi, dan daging sapi yang empuk hingga memberikan cita rasa yang istimewa. Yang menjadikan sajian ini spesial adalah jumlah isian yang melimpah. Dijamin akan kenyang hanya dengan menghabiskan satu porsi saja. 

7. Laksa Betawi Asirot 

Sumber: senibudayabetawi.com

Racikan bumbu dalam kuah laksa ini menjadikannya istimewa. Dibuat dengan racikan lengkuas, kunyit, jahe, biji pala, jinten, lada, serai, kemiri, daun jeruk, ketumbar, dan daun salam, menjadikan Laksa Betawi Asirot memiliki cita rasa yang khas.

Dalam seporsi laksa, Anda akan menemukan ketupat, daun kemangi, tauge, kucai, telur, tahu, dan daging semur. Anda bisa mencicipi laksa ini dengan mendatangi Jalan Asirot, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Satu porsi laksa ini bisa Anda nikmati dengan membayar sejumlah 20.000 rupiah. 

10 Restoran All You Can Eat di Jakarta Murah, Mulai 99 Ribu Saja!

8. Mie Ayam Gondangdia 

Telah berdiri sejak tahun 1968, menjadikan Mie Ayam Gondangdia sebagai salah satu tempat makan legendaris di Jakarta. Meski telah ada selama puluhan tahun, para pelanggan tetap harus mengantri bila ingin mencicipi mie ayam yang satu ini. Tak hanya mie ayam yang bisa Anda dapatkan di sini, Anda juga bisa merasakan menu lainnya seperti bihun goreng, pangsit, ayam kuluyuk, dan fuyunghai.

Tekstur mie yang tipis dan kenyal menjadikan mie ayam ini berbeda dengan mie ayam lainnya. Anda juga pasti akan dibuat takjub dengan cita rasa topping ayam dan jamur serta semangkuk kuah kaldu yang menjadi pelengkapnya. 

9. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih 

Sumber: Instagram/nasgorkambonsir1958

Meski menggunakan daging kambing, Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih tidak menimbulkan aroma tidak sedap pada nasi goreng buatannya. Pelanggan justru dibuat ketagihan dengan cita rasa menu nasi goreng yang satu ini. Berada di kawasan Kebon Sirih, Anda harus siap mengantri bila ingin mencicipi kuliner legendaris ini.

More

Leave a Reply

Your email address will not be published.