12 Sungai Paling Berbahaya di Dunia, Salah Satunya di Indonesia

by -8 views
12-sungai-paling-berbahaya-di-dunia,-salah-satunya-di-indonesia

Nama sungai Aare di Swiss menjadi topik pembicaraan lantaran menjadi lokasi hilangnya Emmeril Khan Mumtadz, putra sulung dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Ya, sungai paling berbahaya di dunia memang ada.

Sungai Aare memiliki panjang 288 kilometer yang membentang di negara Swiss. Meski menggoda karena warna air yang bening nan biru, pun temperatur air yang relatif dingin menyegarkan, pengunjung sungai Aare justru mendapat peringatan untuk berhati-hati lantaran sungai ini tidak sepenuhnya aman.

Dilansir dari Swissinfo.ch, setidaknya terdapat 24 korban jiwa di Sungai ini pada tahun 2013. Mayoritas korbannya adalah laki-laki muda. Karena kasus ini, sungai Aare jadi pembicaraan banyak orang. Banyak pula yang mempertanyakan sungai-sungai paling berbahaya di dunia. Sudah tahu apa saja, Parents?

12 Sungai Paling Berbahaya di Dunia

Sungai-sungai ini dinilai berbahaya lantaran arusnya yang deras, kedalamannya, juga spesies-spesies yang menghuninya. 

1. Sungai Zambezi (Benua Afrika)

(Sumber: Unsplash.com/datingscout)

Sungai Zambezi terkenal karena aliran arusnya yang sangat cepat, arus bawah yang kuat dan hewan mematikan. Di sungai ini pun terdapat bebatuan yang besar dan tajam. 

Sungai Zambezi menempati urutan keempat sungai terpanjang di dunia, panjangnya mencapai 2.574 km. Sungai ini mengalir di beberapa negara seperti Botswana, Zambia, Namibia, Zimbabwe dan Mozambik yang akhirnya bermuara di Samudera Hindia. Sungai ini menjadi rumah dari salah satu air terjun terbesar di dunia, Air Terjun Victoria.

Artikel terkait: 10 Fakta Sungai Aare di Swiss, Tempat Berenang Putra Ridwan Kamil

2. Sungai Kongo (Benua Afrika) Menjadi Sungai Paling Berbahaya di Dunia

(Sumber: Instagram.com/plaidshirtdiaries)

Sungai Kongo adalah sungai terdalam di dunia, titik terdalam sungai ini mencapai 720 kaki atau sekitar 220 m. Saking dalamnya, sinar matahari tidak mencapai bagian dasar sungai. Sungai ini sangat berbahaya, selain karena dalam, di sungai ini juga terdapat banyak jeram, ngarai dan juga air terjun.

Sungai ini berada di bagian barat hingga tengah benua Afrika. Membentang sejauh 4.700 kilometer, sungai ini melintasi beberapa negara diantaranya adalah Kongo, Republik Afrika Tengah, Zambia, Angola, Kamerun, dan Tanzania. 

3. Sungai Nil (Sudan, Mesir)

(Sumber: Instagram.com/sasha.artphoto)

Sungai ini tentunya sudah sangat terkenal. Sungai Nil adalah sungai terpanjang di dunia yang terletak di benua Afrika. Sungai yang satu ini sangat berbahaya karena dihuni oleh berbagai spesies hewan yang mematikan, Parents.

Korban jiwa sungai ini mencapai 200 orang per tahunnya. Beberapa predator yang menghuni sungai ini adalah ular kobra, ular black mamba, kudanil, juga nyamuk yang membawa berbagai penyakit seperti malaria. Sungai ini memiliki panjang sekitar 6.650 kilometer, melintasi negara Sudan dan Mesir. 

4. Sungai Paling Berbahaya di Dunia: Sungai Amazon (Brasil, Peru, Kolombia)

(Sumber: Pexels.com/ian-turnell)

Tak berbeda dengan sungai nil yang dihuni spesies berbahaya, sungai Amazon pun menjadi salah satu sungai paling berbahaya di dunia karena alasan yang sama. Di sungai ini terdapat spesies mematikan seperti hiu banteng, ular annakonda, buaya caiman hitam, ikan piranha, dan belut listrik.

Sungai ini memiliki panjang sekitar 6.400 kilometer dan melintasi negara Brasil, Peru, dan Kolombia. Sungai ini juga terkenal karena dikelilingi hutan hujan tropis.

Artikel terkait: 9 Kota Ini Ternyata Paling Panas di Indonesia, Ada Tempat Tinggal Parents?

5. Sungai Mekong (Benua Asia)

(Sumber: Unsplash.com/tomas-malik)

Sungai Mekong adalah sungai berbahaya yang terletak melintasi negara Kamboja, Tiongkok, Laos, Myanmar, Thailand, dan Vietnam. Sungai sepanjang 4.350 km ini berbahaya lantaran arus bawah yang kencang, banjir, dan dihuni oleh binatang berbahaya.

Banjir yang menelan korban jiwa masih menjadi alasan kenapa sungai ini sangat berbahaya. Selain itu, salah satu ancaman yang ada di sungai ini adalah keberadaan buaya siam yang ganas.

6. Sungai Wharfe (Inggris)

(Sumber: Instagram.com/pda.photo)

Sungai yang terletak di Inggris ini sekilas terlihat dangka serta aman untuk dinikmati. Bagian sungai ini yang dinamai The Strid adalah sungai kecil yang dihimpit bebatuan, saking kecilnya, di beberapa tempat seseorang dapat lompat dari sisi yang satu ke seberangnya. 

Ketika melihat sungai ini, lebarnya mungkin terlihat tak seberapa, tetapi sungai ini sangat dalam, dengan arus air yang kencang dan dipenuhi oleh batuan.

Di bawah permukaan air terbentuk rongga-rongga seperti terowongan dengan aliran air kencang. Bahkan karena terpeleset saja, seseorang bisa jadi tak selamat. Sungai yang berada di negara Inggris ini memiliki panjang sekitar 104,6 kilometer.

7. Salah Satu Sungai Paling Berbahaya di Dunia Adalah Sungai Citarum (Indonesia)

(Sumber: Instagram.com/tilebah)

Dilansir dari farandwide.com, Sungai Citarum adalah salah satu sungai paling berbahaya di dunia saking tercemarnya. Diketahui sungai yang berlokasi di Jawa Barat ini dicemari oleh kotoran ternak, limbah rumah tangga, dan limbah pabrik. 

Dilansir dari konservasidas.fkt.ugm.ac.id, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Greenpeace Asia Tenggara dan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) menemukan adanya senyawa logam berbahaya dari limbah pabrik di air sungai ini. Sungai Citarum diketahui memiliki panjang sekitar 240 kilometer.

Artikel terkait: 9 Pasar Paling Unik, Ekstrim dan Nyeleneh di Dunia, Indonesia juga Termasuk, Loh!

8. Sungai Yenisei (Rusia)

(Sumber: Unsplash.com/kir-shu)

Sungai Yenisei adalah sungai terpanjang di Rusia. Sungai ini memiliki panjang 3.487 kilometer. Selain bermanfaat untuk kehidupan, sungai ini pun berbahaya karena sering terjadinya banjir dan polusi radioaktif yang tidak baik untuk kesehatan.

Polusi radioaktif ini muncul dari pabrik plutonium yang berada didaerah itu. Polusi ini sangat berbahaya, dan diduga menyebabkan meningkatnya penyakit kanker di daerah itu.

9. Sungai Tarcoles (Kosta Rika)

(Sumber: Instagram.com/caitkontalis)

Sungai yang satu ini jangan dikunjungi. Sungai Tarkoles berada di Kosta Rika dan memiliki panjang sekitar 111 km. Sungai ini jauh lebih pendek dibanding sungai-sungai berbahaya lainnya.

Namun, bahayanya bukan main. Sungai ini dihuni oleh lebih dari 2.000 ekor buaya. Diperkirakan ada 63 buaya per 2,6 kilometer persegi, atau sekitar 20 buaya per kilometer persegi.

10. Sungai Potomac (Amerika)

(Sumber: Instagram.com/_wordsfromthewild_)

Sungai Potomac adalah sungai yang terletak di Virginia, Amerika. Sungai ini memiliki panjang sekitar 652 kilometer. Sekilas sungai ini terlihat sangat cantik dan memikat. Nyatanya sungai ini berbahaya karena alirannya yang deras yang juga menciptakan arus bawah sungai yang deras pula. 

11. Sungai Rio Tinto (Spanyol)

(Sumber: Instagram.com/iflscience)

Sungai yang satu ini sangat berbahaya, bahkan dari warnanya saja sudah tidak biasa. Sungai Rio Tinto memiliki panjang 100 kilometer dengan warna merah kecoklatan.

Sungai ini berbahaya karena memiliki kandungan asam yang tinggi disertai dengan senyawa logam berat seperti tembaga, perak, dan emas. Senyawa dan warnanya disebabkan oleh pencemaran akibat aktivitas tambang di area sekitar.

12. Sungai Gangga (India)

(Sumber: Unsplash.com/srivatsan-balaji)

Sungai Gangga adalah sungai dengan panjang 2.700 kilometer di negara India. Sungai ini dianggap sakral karena dipercaya menjadi jelmaan Dewi Gangga yaitu dewi pemberi kesuburan dan pembersih dosa. Karena itu, sampai sekarang sungai ini pun masih sering menjadi tempat dilangsungkannya ritual Kumbh Mela.

Meski memiliki nilai spiritual yang tinggi bagi masyarakat India, sungai ini sudah sangat tercemar. Tercemarnya Sungai Gangga tak jauh karena aktivitas manusia. Seperti pembuangan limbah industri ke sungai, maupun limbah rumah tangga.

(Sumber: Unsplash.com/pop-zebra)

Senyawa logam berat seperti merkuri pun ditemui pada air sungai ini. Saking tercemarnya, sungai ini pun mengancam keseimbangan ekosistem di sekitarnya. Berbagai penyakit yang ditimbulkan dari air sungai Gangga yang tercemar seperti kolera, hepatitis, disentri dan diare pada anak-anak.

Parents, itu dia deretan sungai paling berbahaya di dunia. Meski terlihat cantik dan aman, sebagian sungai dalam daftar ini justru sangat berbahaya.

11 Tempat Berbahaya untuk Berenang, Taruhannya Nyawa!

Naik Jet Pribadi, Intip 9 Potret Mbak Lala Liburan ke Eropa Bareng Raffi dan Nagita!

11 Fakta Chae Soo Bin, Pemeran Drama Rookie Cops yang Foto Bareng Penggemar di Bali

More

About Author: Feeds Agregator

Gravatar Image
Akun Feeds Agregator, Mesin pengepul info bermutu dari website dan blog favorit

Leave a Reply

Your email address will not be published.