32.8 C
Jakarta
Thursday, May 19, 2022

11 Minuman yang Bantu Tidur Malam Lebih Nyenyak dan Berkualitas

11 Minuman yang Bantu Tidur Malam Lebih Nyenyak dan Berkualitas

Minuman untuk tidur merujuk pada beberapa cairan yang dapat membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak. Terlepas dari Anda mengalami gangguan tidur atau tidak, beberapa minuman berikut ini dipercaya dapat meningkatkan kualitas tidur.

Parents, Anda tentu tahu bahwa tidur merupakan hal yang sangat krusial bagi tubuh. Tidur dalam durasi waktu cukup sangat direkomendasikan supaya fungsi tubuh berjalan sebagaimana mestinya.

Para ahli menyarankan setidaknya orang dewasa tidur selama 7-9 jam setiap malam. Jika Anda kurang tidur, sejumlah risiko kesehatan mungkin akan mengintai, seperti depresi, diabetes, penyakit jantung, bahkan pada kasus yang sangat parah bisa berujung pada kematian.

Apabila Anda mengalami masalah sulit tidur nyenyak atau ingin meningkatkan kualitas tidur, beberapa minuman untuk tidur berikut ini dapat Anda coba.

Artikel terkait: Anak Sulit Tidur, Pahami Dulu Tahapan dalam Tidur

11 Minuman yang Bantu Tidur Malam Lebih Nyenyak dan Berkualitas
1. Jus Ceri

Mengutip dari Healthline, jus ceri termasuk minuman yang dapat membantu Anda tidur lebih baik. Hal ini karena ceri mengandung triptofan, yakni asam amino yang merupakan prekursor hormon melatonin, yang membantu mengatur saat Anda tertidur dan bangun.

Sebuah studi selama 7 hari pada 20 orang menemukan bahwa minum konsentrat jus ceri setiap hari, secara signifikan meningkatkan kadar melatonin, dibandingkan dengan minuman plasebo atau obat medis.

Penelitian lainnya terhadap 30 peserta menemukan bahwa mengonsumsi produk berbasis ceri dua kali sehari ternyata meningkatkan tidur malam dan mengurangi jumlah bangun di malam hari. Selain itu, melatonin urin juga ditemukan lebih tinggi di pagi hari.

Mengonsumsi jus ceri disarankan bagi Anda yang mengalami insomnia.

Artikel terkait: Aturan Anak Tidur Terpisah dengan Orangtua, Kapan Seharusnya Anak Tidur Sendiri?

2. Susu Hangat

Sejak zaman dulu, susu hangat cukup kondang dapat membantu membuat tidur lebih nyenyak dan menjadi pilihan yang populer hingga kini.

Meski begitu, terdapat perdebatan terkait ada atau tidaknya bukti ilmiah susu hangat dapat meningkatkan kualitas tidur.

Akan tetapi, ada yang menyebut bahwa susu hangat mengandung asam amino triptofan – sama seperti jus ceri.

Triptofan bisa ditemukan dalam makanan yang kaya karbohidrat. Inilah alasan mengapa banyak orang merasa mengantuk setelah makan besar. Setelah triptofan dikonsumsi, kemudian diubah menjadi hormon melatonin alami dalam tubuh, yang membantu mengondisikan tubuh untuk tidur.

3. Susu Almond

Susu almond bisa menjadi alternatif pengantar tidur yang lezat. Menurut penelitian, kehadiran serotonin di otak dapat membantu untuk memulai tidur. Tingkat serotonin yang sehat dalam sistem saraf pusat kita sering bergantung pada keberadaan triptofan, yang secara alami ditemukan dalam susu sapi dan susu almond.

Susu almond juga sangat tinggi magnesium, yang merupakan nutrisi penting lainnya yang dapat meningkatkan kualitas tidur.

4. Susu Malt

Susu malt adalah susu yang ditambahkan bubuk malt yang terbuat dari tepung gandum. Contoh yang mudah kita temukan di pasaran misalnya Ovaltine.

Susu malt hangat yang bercita rasa gurih ini dipercaya dapat membantu tidur lebih baik. Susu malt juga mengandung banyak vitamin B, seng, zat besi, fosfor, dan magnesium — campuran mineral yang sempurna untuk membantu Anda merasa relaks sebelum tidur.

Artikel terkait: 8 Cara Tidur Cepat 30 Detik Saat Mengalami Insomnia

5. Teh Valerian

Akar valerian telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat penenang di dunia medis. Ini juga telah digunakan untuk membantu mengurangi perasaan cemas dan meningkatkan ketenangan pada orang sebagai obat alami untuk stres.

Ramuan valerian sekarang sering digunakan untuk membantu mengobati gangguan tidur, terutama bagi orang yang menderita insomnia.

Biasanya, teh valerian dikombinasikan dengan lemon dan herbal lain yang diketahui dapat membantu menyebabkan kantuk. Namun hati-hati, teh valerian kemungkinan dapat membuat ketagihan.

6. Teh Chamomile

Teh chamomile, seperti halnya susu hangat, bisa menjadi pilihan sebagai minuman untuk tidur. Para ahli telah merekomendasikan penggunaan teh chamomile selama bertahun-tahun bagi orang-orang yang mengalami insomnia.

Teh chamomile dikenal memberi efek yang menenangkan, serta bebas kafein. Terkadang, orang akan menggabungkan teh chamomile dengan pengobatan alami lainnya, misalnya suplemen magnesium, untuk membantu meningkatkan efeknya.

7. Air Kelapa Murni, Minuman untuk Membantu Tidur Nyenyak

Air kelapa mungkin lebih dikenal sebagai minuman penambah energi yang mencegah dehidrasi. Namun ternyata air kelapa juga dapat membantu tidur lebih nyenyak.

Di dalam air kelapa terkandung magnesium dan potasium, yang membantu mengendurkan otot. Minuman ini juga kaya akan vitamin B, yang dikenal dapat membantu mengurangi tingkat stres.

Artikel terkait: Akibat Kurang Tidur bagi Anak dan Orang Dewasa

8. Smoothie Pisang

Minuman untuk tidur berbasis buah lainnya adalah smoothie pisang. Anda dapat dengan mudah membuat smoothie pisang sebelum tidur. Bisa juga ditambahkan almond dan susu untuk mendapatkan smoothie yang lebih lezat.

Smoothie pisang mengandung magnesium dan potasium untuk meningkatkan relaksasi otot. Efek kenyang dari pisang juga dapat membantu menekan keinginan untuk ngemil di malam hari.

9. Teh Hijau Tanpa Kafein

Teh hijau menjadi minuman kesehatan yang populer karena banyak memberi manfaat. Tak hanya dikenal membantu menurunkan berat badan, teh hijau yang tanpa kafein rupanya dapat membantu tidur lebih baik.

Teh hijau mengandung asam amino yang dikenal sebagai theanine. Theanine telah terbukti membantu mengurangi stres dan meningkatkan pola tidur yang lebih nyenyak.

Sebagai catatan, pada dasarnya teh hijau mengandung kafein. Jika Anda ingin memeroleh manfaat untuk membantu tidur, pastikan memilih yang tanpa kafein.

Artikel terkait: Hindari Olahraga Intens Kurang dari 2 Jam Sebelum Tidur di Malam Hari

10. Jus Kiwi, Minuman untuk Tidur

Buah kiwi terkenal kaya dengan kandungan vitamin dan mineral, misalnya vitamin C, vitamin E, folat, dan kalium. Jus dari buah kiwi dapat diandalkan untuk membantu tidur lebih nyenyak di malam hari.

Namun karena rasa kiwi yang asam, Anda mungkin ingin menambahkan madu supaya lebih lezat dan agak manis. Hindari membubuhkan gula karena kalori gula lebih banyak dan sebaiknya tidak untuk dikonsumsi di malam hari.

Mengambil asupan dua buah kiwi sebelum tidur dapat membuat Anda lebih mudah memejamkan mata dan tidur lebih lelap.

11. Teh Peppermint, Minuman untuk Tidur Nyenyak

Peppermint telah banyak digunakan dalam pengobatan tradisional selama bertahun-tahun. Teh peppermint diyakini memiliki sifat antivirus, antimikroba, dan bahkan anti-alergi.

Teh peppermint juga terbukti secara klinis membantu meredakan sakit perut di malam hari. Meski disebutkan bisa membuat tidur lebih baik, diperlukan penelitian lebih lanjut terhadap teh peppermint.

Teh peppermint mudah dibuat. Cukup rebus beberapa daun peppermint bersama air, dan teh peppermint siap untuk dikonsumsi.

Teh peppermint umumnya aman, tetapi dapat berinteraksi dengan tekanan darah tertentu, gangguan pencernaan, dan obat diabetes.

Jika Anda sedang mengonsumsi obat lain, Anda harus berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan sebelum minum teh peppermint.

Itulah beberapa daftar minuman untuk tidur. Semoga membantu.

Bayi Tidur Dengan Mata Terbuka, Bahayakah?

Ini Dia, 5 Posisi Tidur Paling Intim untuk Memancing Kemesraan Suami Istri

Kurang Tidur Semenjak Punya Momongan? Inilah Tipsnya

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles