25.6 C
Jakarta
Tuesday, May 17, 2022

11 Makanan Khas Thailand yang Populer di Indonesia, Cobain Yuk!

11 Makanan Khas Thailand yang Populer di Indonesia, Cobain Yuk!

Selain Singapura, Malaysia dan Vietnam, negara Thailand menjadi negara destinasi wisata favorit bagi masyarakat Indonesia maupun mancanegara. Makanan khas Thailand yang menggoyang lidah membuat pelancong selalu ingin kembali.

Negara yang dijuluki Gajah Putih ini memiliki nilai sejarah, budaya, flora fauna yang beragam serta keindahan alam yang memukau. Selain menawarkan pemandangan yang menawan dan tempat belanja yang terjangkau, Thailand pun memiliki makanan khas yang menjadi surga untuk pecinta makanan.

Ya, makanan khas Thailand merupakan hal yang wajib dicoba saat Anda berkunjung ke negara ini. Kuliner Thailand sendiri memiliki cita rasa yang tidak jauh berbeda dengan makanan Indonesia. Karena terbuat dari bermacam-macam bumbu dan rempah, citarasa yang dihasilkan lezat dan khas hampir sama seperti kuliner Indonesia.

Bagi Anda yang ingin mencoba menjelajahi citarasa yang ditawarkan negara Thailand namun masih tetap merasakan rasa yang aman di lidah orang Indonesia, berikut rekomendasi makanan khas Negeri Gajah Putih yang populer di Indonesia dan wajib untuk dicicipi. 

11 Makanan Khas Thailand Wajib Coba
1. Makanan Khas Thailand, Tom Yum

Makanan khas Thailand yang paling populer yaitu Tom Yum. Hampir semua orang dipastikan kenal dengan hidangan khas Thailand yang satu ini.

Makanan berkuah khas Thailand yang populer di kalangan masyarakat internasional dan menjadi favorit orang Indonesia berkat cita rasanya yang pedas dan asam. 

Masakan Tom Yum ini punya beberapa varian, tergantung dari bahan-bahan dasar yang digunakan, seperti Tom Yum Goong untuk Tom Yum yang menggunakan udang, Tom Yum Pla berisi ikan, atau Tom Yum Taek berisi berbagai macam makanan laut.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, masakan khas Thailand cenderung memiliki cita rasa pedas, jadi Anda harus memastikan kembali level kepedasannya sebelum memesan.

2. Pad Thai

Berikutnya yaitu untuk para pecinta mie, Pad Thai adalah sajian yang wajib untuk dicoba. Bentuknya mirip dengan kwetiau, mie berukuran lebar yang terbuat dari beras.

Biasanya, makanan ini dihidangkan bersama kuah, kucai, tauge, tahu kuning dan sumber protein, seperti udang, kepiting, daging sapi atau daging ayam.

Pad Thai sendiri merupakan satu-satunya makanan khas Thailand yang mengandung kata “Thai” dalam namanya. Hal itu bukan tanpa sebab, di tahun 1930-an ia dipopulerkan pada masyarakat guna membangkitkan semangat nasionalisme.

Di samping itu, Pad Thai juga diciptakan untuk mengurangi penggunaan beras, walaupun masakan tersebut terbuat dari beras.

Artikel terkait: 5 Resep Makanan Khas Purwokerto untuk Mengobati Rasa Kangen

3. Khao Pad

Satu lagi makanan khas Thailand yang tentu cocok di lidah Indonesia yaitu Khao Pad. Bagaimana tidak? Makanan ini berupa nasi goreng yang menggunakan kecap ikan, dan orang Indonesia mana yang tidak suka dengan nasi goreng?

Nasi goreng khas Thailand ini dibuat dengan memasak nasi yang dicampur dengan telur, bawang putih, saus tiram, garam, gula, serta saus kecap. Setelah matang, Khao Pad disajikan dengan irisan timun, selada, tomat, serta jeruk.

Terdapat banyak variasi untuk nasi goreng khas Thailand ini, tapi umumnya Khao Pad disajikan dengan tambahan irisan daging ayam, sapi, babi, atau pun seafood.

4. Makanan Khas Thailand Selanjutnya, Som Tam

Jika Indonesia punya asinan, maka Thailand pun punya makanan yang sejenis yaitu Som Tam. Hidangan ini terbuat dari pepaya muda yang dibumbui dengan bawang putih, tomat, cabai, jeruk nipis, dan saus ikan. Perpaduan bumbu-bumbu tersebut menghasilkan cita rasa pedas, manis, serta gurih yang nikmat. 

Som Tam juga termasuk ke dalam daftar 50 makanan paling enak di dunia oleh CNN Go, lho, Parents. Jadi kalau ada kesempatan Anda wajib untuk mencoba hidangan khas yang satu ini.

5. Phat Kaphrao

Makanan yang satu ini disajikan di hampir setiap rumah makan di Thailand. Phat Kaphrao adalah tumisan daging cincang dengan daun kemangi dengan citarasa pedas. Biasanya Phat Kaphrao disajikan bersama nasi putih dan telur ceplok.

6. Khao Tom

Makanan khas Thailand selanjutnya yaitu Khao Tom. Buat pecinta bubur, bisa mencoba makanan khas Thailand yang satu ini, nih. Khao Tom adalah bubur yang dimasak bersamaan dengan campuran daging atau makanan laut. Namanya pun bermacam-macam tergantung dari bahan utama yang digunakan. 

Kalau menggunakan udang namanya menjadi Khao Tom Goong, jika dengan daging babi maka menjadi Khao Tom Moo. Kalau sedang tidak enak badan atau kedinginan, makanan khas Thailand ini adalah panganan yang tepat dikonsumsi karena Khao Tom dibuat dengan rempah-rempah yang bisa menghangatkan tubuh.

Artikel terkait: Geblek Tradisional, Makanan Khas Jogja yang Ngangenin

7. Makanan Khas Thailand – Tom Kha Gai

Tom Kha Gai adalah sup berkuah santai dari Thailand. Panganan ini memiliki kuah berwarna putih yang creamy. Sup ini rasanya cukup cocok dengan lidah orang Indonesia.

Di dalamnya terdapat potongan daging ayam. Sup ini juga sangat cocok dihidangkan sebagai hidangan pembuka, atau bisa juga sebagai makanan pendamping. Nikmat banget!

8. Gaeng Daeng 

Nah yang satu ini, sama-sama menggunakan kuah santan seperti Tom Kha Gai, Gaeng Daeng ini merupakan kari ayam merah. Menggunakan santan, Gaeng Daeng terasa sangat gurih. Rasa gurih itu pun lalu dikombinasikan dengan potongan nanas, menghasilkan rasa yang unik dan segar.

9. Tod Man Pla

Selanjutnya yaitu Tod Man Pla merupakan hidangan khas Thailand lain yang cocok dengan lidah Indonesia. Hidangan ini dibuat menggunakan ikan atau ayam sebagai bahan utamanya. Belakangan, kebanyakan restoran lebih banyak yang menggunakan ikan sebagai bahan utamanya.

Untuk membuat Tod Man Pla berbahan dasar ikan, para koki biasa menggunakan jenis ikan yang memiliki daging berwarna putih. Setelah ikan dibersihkan, para koki mencampur bumbu khas Thailand yaitu bumbu pasta kari merah yang bercita rasa pedas untuk membuat hidangan Tod Man Pla. Jadi bisa dibayangkan bagaimana warna dan rasanya.

10. Makanan Khas Thailand – Gai Yang

Gai Yang merupakan makanan yang cocok disantap beramai-ramai. Sebab, hidangan ini berupa ayam bakar utuh, bukan hanya bagian dada atau paha seperti yang bisa dipesan di rumah makan pada umumnya. 

Proses memasaknya dimulai dengan membalurkan bumbu pada ayam yang hendak dibakar supaya meresap ke dalam daging dengan sempurna.

Setelah dibakar, baru dipotong-potong kasar agar lebih mudah disantap dan dihidangkan di atas piring saji berukuran besar. Anda bisa mendapatkan makanan lezat ini di daerah Chiang Mai.

Artikel terkait: Unik dan Nikmat, 5 Makanan Khas Riau Ini Wajib Dicicipi

11. Mango Sticky Rice 

Wisata kuliner di Bangkok Thailand terakhir yang perlu Anda coba adalah Mango Sticky Rice. Walaupun sajian ini sudah banyak dijual di pasaran di Indonesia, namun Anda perlu mencoba cita rasa yang sesungguhnya di tempat santapan ini berasal.

Mango Sticky Rice atau yang biasa disebut oleh masyarakat lokal Thailand dengan Kaho Niew Mamuang ini merupakan makanan berupa ketan bersantan yang dikombinasikan dengan mangga.

Perpaduan antara manis dan gurih menjadi perpaduan yang sangat nikmat ketika memasukkan sesuap Mango Sticky Rice ke mulut. Buat Anda yang penasaran dengan cita rasa yang sesungguhnya dari Mango Sticky Rice ini, Anda bisa sangat mudah menemukannya di pedagang kaki lima di pinggir jalan.

Itulah beberapa rekomendasi makanan khas Thailand yang layak Anda coba jika Anda berkesempatan untuk mengunjungi negara tersebut. Mana yang paling bikin Parents ngiler, nih?

Bikin Lapar! 15 Makanan Khas Cina Ini Jadi Favorit Masyarakat Indonesia

10 Makanan Khas Natal di Indonesia, Unik dan Istimewa

Bukan Ketupat, Ini 9 Makanan Khas Lebaran yang Unik dari Berbagai Negara

The post 11 Makanan Khas Thailand yang Populer di Indonesia, Cobain Yuk! appeared first on theAsianparent: Situs Parenting Terbaik di Indonesia.

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles