10+ Tips Memilih Platform Email Blast Untuk Email Marketing

by -3 views
10+-tips-memilih-platform-email-blast-untuk-email-marketing

Saat ini ada berbagai media komunikasi digital yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis, salah satunya adalah email. Pada umumnya email digunakan sebagai media komunikasi profesional untuk mengirim hasil karya, pekerjaan maupun melakukan penagihan. Namun, saat ini fungsi email telah bergeser menjadi lebih luas. Selain sebagai alat komunikasi, email juga digunakan sebagai media promosi.

Email yang berisi aktivitas komersial disebut juga dengan email marketing. Manfaat email marketing beraneka ragam, Anda dapat mengirimkan katalog, voucher diskon, maupun menyapa pelanggan lama. Mengingat pengguna email kebanyakan berasal dari kalangan usia produktif, itu berarti mereka adalah pengambil keputusan yang berdaya beli. Sehingga, bila target pasar Anda berada pada rentang usia 20-35 tahun, email marketing dapat menjadi alat pemasaran yang menguntungkan.

Meski begitu, menggunakan email marketing bukan tanpa tantangan. Selain Anda, ada banyak email lain yang masuk dalam inbox pelanggan, sehingga pesan Anda mungkin tidak selalu dibaca. 

Karenanya, Anda perlu mematangkan rencana sebelum mulai menggunakan email marketing. Menetapkan tujuan, menyusun copywriting yang menarik, sampai menentukan desain yang sesuai. Selain itu, Anda juga perlu memilih platform email marketing yang tepat untuk mengeksekusi rencana yang sudah dibuat. Nah, Anda dapat menyimak beberapa tips berikut ini agar dapat memilih platform email blast terbaik untuk email marketing.

Tips Memilih Platform Email Blast Untuk Email Marketing

Berbeda dengan email pribadi, email marketing memiliki tampilan yang lebih menarik karena digunakan untuk keperluan promosi. Selain itu, email marketing juga dikirim dalam jumlah banyak (blast) sekaligus. Jadi, tidak mungkin Anda memulai email marketing tanpa bantuan platform yang tepat.

Platform email marketing adalah program yang digunakan untuk membuat, mengirim dan mengevaluasi email marketing. Ada banyak program seperti ini, umumnya semua program memiliki fungsi dasar yang sama. Namun, cara penggunaan serta beberapa fitur tambahan dapat berbeda antara satu dengan yang lain. Karena itu, Anda perlu memilih platform mana yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Mailchimp, Get response dan Constant contact adalah beberapa platform email marketing yang terkenal. Namun, Anda tidak mungkin menggunakan semuanya bukan? Untuk menentukan pilihan terbaik, Anda perlu membandingkan beberapa program email marketing berdasarkan kriteria tertentu. Nah untuk mempercepat proses ini, Anda dapat mengikuti 10+ tips memilih platform email blast untuk email marketing berikut.

Tentukan Tujuan Perusahaan

Tips Memilih Platform Email Blast
Dengan menentukan tujuan perusahaan sebelum melakukan eksekusi email blast, tentu akan menghemat biaya, tenaga, dan sumber daya. (Sumber: pressfoto on freepik)

Pertama, Anda perlu menentukan tujuan apa yang ingin dicapai oleh perusahaan. Buatlah rincian tujuan perusahaan beserta ide dan rencana yang akan dilakukan. Semakin jelas tujuannya akan semakin baik, karena dari sini Anda dapat membangun tolak ukur spesifik mengenai fitur apa yang paling dibutuhkan. Jadi, ketika Anda membandingkan dan memilih platform email blast satu dengan yang lain, perbandingan Anda akan lebih terarah serta tidak terpancing untuk membeli layanan yang tidak diperlukan.

Perhatikan Harga dan Batasan Layanan Gratis

Setelah menentukan tujuan, Anda perlu memperhatikan bagian terpenting dalam memilih platform email blast yaitu harga platform email marketing tersebut. Disinilah Anda perlu jeli, karena ada beberapa platform email marketing yang memberikan layanan gratis dengan fitur atau waktu terbatas. Jangan sampai campaign email marketing yang sudah berjalan harus terkendala karena masalah pembatasan fitur.

mailchimp adalah salah satu platform email blast yang dapat menjadi pilihan
Contoh harga layanan email marketing Mailchimp.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan paket harga yang tertera. Jangan mudah tergiur dengan fasilitas lengkap karena harganya tentu lebih mahal. Sesuaikan kriteria tiap paket dengan kebutuhan perusahaan. Bila skalanya tidak terlalu besar akan lebih baik bila Anda membeli paket yang lebih murah dan sesuai budget.

Fitur Segmentasi Audience

Email memiliki pengguna yang tidak terbatas, karena itu Anda perlu melihat lebih detail mengenai demografi masing-masing audience. Pasalnya, strategi pemasaran untuk umur remaja tentu berbeda dengan mereka yang sudah dewasa. Oleh sebab itu, coba perhatikan apakah platform email marketing yang Anda pilih cukup efektif untuk mengelompokkan segmentasi audience?

Tips Memilih Platform Email Blast
Mengenal segmentasi audience sangat penting dalam menyusun strategi kampanye email. (Sumber: fauxels from pexels)

Minat, lokasi, umur dan jenis kelamin adalah beberapa aspek yang dapat Anda sesuaikan dalam platform email marketing. Dengan fitur ini Anda dapat membuat dan mengirimkan beberapa email sesuai dengan target audience yang dituju. Sehingga, upaya email marketing yang Anda lakukan dapat berjalan lebih maksimal.

Template Email yang Dapat Digunakan

Tampilan email marketing yang cantik tidak hanya semata-mata dirancang untuk menarik perhatian audience, tapi juga untuk memudahkan pembeli melakukan transaksi. Dalam email marketing terdapat tombol-tombol yang dapat diklik untuk langsung mengarahkan pembeli pada website yang dituju. Selain itu, email marketing juga cenderung menggunakan lebih banyak gambar untuk mendukung visual produk yang dijual.

Anda dapat merancang email marketing dengan mudah menggunakan template yang tersedia pada platform. Sayangnya, tidak semua template tersedia secara gratis, beberapa template mungkin harus dibeli terlebih dahulu. Karena itu, Anda perlu memperhatikan ketersediaan template pada platform yang digunakan, bila desain yang menarik ternyata berbayar itu berarti Anda perlu menyediakan budget untuk biaya tambahan.

Platform Mudah Digunakan

Platform email marketing dikemas dalam bentuk program dengan beberapa fitur yang harus dioperasikan sendiri. Meskipun dalam praktiknya Anda memang dapat mempelajari setiap fungsi secara otodidak, namun program yang rumit tentu akan mempersulit kinerja. Dalam memilih platform email blast, pilihlan platform yang user friendly dan tidak berbelit-belit. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah merancang pesan, mengirim email blast, mengevaluasi campaign bahkan menyelesaikan masalah yang mungkin muncul dalam email marketing.

Mendukung Mobile Friendly

Tidak semua platform email marketing menyediakan fitur mobile friendly. Karena itu, Anda perlu lebih jeli dan selektif dalam membandingkan serta memilih platform email blast untuk email marketing. Dukungan mobile friendly bukanlah hal yang remeh, tidak semua pengguna membuka email melalui PC atau laptop. Jadi, Anda perlu memperhatikan apakah pesan yang Anda kirimkan dapat terbuka dengan baik pada perangkat seluler. Fitur mobile friendly dapat membantu Anda menjangkau para pengguna ponsel dan meningkatkan efektivitas email marketing.

Fitur Email Otomatis

Fitur email otomatis adalah salah satu fungsi penting dalam platform email marketing. Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk mengatur kampanye email drip sesuai dengan perilaku audience. Misalnya, ketika pelanggan mendaftar email newsletter, Anda tidak perlu mengirimkan email sambutan secara manual satu persatu, Anda dapat menggunakan fitur email otomatis untuk menjawab mereka.

Tidak hanya itu, fitur email otomatis ini juga dapat Anda gunakan untuk mengingatkan pembayaran dan mengirimkan voucher diskon atas pembelian tertentu.

Fitur Evaluasi dan Analisa Email Marketing

Tips Memilih Platform Email Blast
Analisa email marketing secara berkala untuk meninjau performa kampanye yang dijalankan. (Sumber: myriam jessier on unsplash)

Mengingat tips pertama, tentu Anda menggunakan email marketing bukan tanpa tujuan. Setelah menyusun strategi dan menjalankannya, Anda perlu melihat bagaimana hasil kerja keras selama ini. Platform email marketing menyediakan fitur untuk mengevaluasi dan melakukan analisa otomatis atas kampanye yang dijalankan. 

Dengan fitur ini, Anda tidak perlu menggunakan pengolah data terpisah melainkan dapat secara langsung menginterpretasikan hasil analisis dan mengambil keputusan.

Easy to Use Builder

Selain template bawaan, Anda juga bisa mengkreasikan tampilan email sendiri. Bagi Anda yang bukan berasal dari background seni dan desain, fitur ini mungkin tidak terlalu penting. Tapi jangan salah, bisa jadi tidak semua template sesuai dengan kebutuhan Anda. Bila hal tersebut terjadi mau tidak mau tentu Anda harus mengedit atau bahkan merancang desain sendiri.

Untuk merancang email marketing biasanya terdapat fitur-fitur pengeditan yang dapat disebut dengan email builder. Carilah platform yang menyediakan easy to use builder, dalam artian menu-menu yang ada mudah dimengerti dan digunakan bahkan untuk orang awam sekalipun. Jadi, paham design atau tidak, bukan hambatan untuk menciptakan tampilan email yang Anda inginkan.

Fitur Tambahan Fungsional

Penyedia platform email blast untuk email marketing biasanya memiliki beberapa fitur unggulan yang membedakan mereka dengan pesaing lain. Fitur ini bisa berupa kemudahan import kontak, dukungan A/B testing maupun bisa dihubungkan dengan aplikasi lain. Akan tetapi tidak semua fitur tambahan ini bermanfaat untuk Anda, karena itu pilihlah platform yang memberikan fitur tambahan paling sesuai dengan keperluan Anda.

Dukungan Customer Support

Dalam memilih platform email marketing Anda perlu memperhatikan dukungan customer support yang tersedia. Karena, tidak semua platform memberikan akses customer support pada pengguna versi gratis. Padahal fitur ini sangat berguna bila Anda mengalami kendala atau butuh konsultasi seputar email marketing. Oleh sebab itu, bila Anda berencana membeli paket layanan sebaiknya Anda memilih paket yang memberikan dukungan customer support.

Cara Pembayaran Paket Layanan

Platform email blast untuk email marketing biasanya menyediakan beberapa opsi pembayaran yang bisa Anda pilih. Opsi ini tidak sama antara satu dengan yang lain, ada platform yang mengharuskan Anda membayar penuh, ada juga yang memungkinkan sistem pascabayar. Bila perusahaan Anda memiliki peraturan ketat soal pengeluaran dana, Anda dapat mempertimbangkan platform yang memberikan Anda kemudahan pembayaran setelah layanan digunakan.

Kesimpulan

Setelah membaca 10+ tips memilih platform email blast untuk email marketing diatas, Anda dapat mulai membandingkan beberapa platform. Buatlah list yang memuat masing-masing kelebihan dan kekurangan untuk mempermudah perbandingan. Setelah menentukan pilihan, Anda juga bisa memanfaatkan fitur free trial untuk memantapkan pilihan.

Agar email marketing semakin profesional, Anda dapat menggunakan email marketing dari Exabytes. Dengan menggunakan layanan email tersebut, Anda dapat melaksanakan kampanye email marketing dengan lebih optimal dan hasil yang lebih baik.

Exabytes juga menyediakan fasilitas akun email gratis yang bisa Anda dapatkan ketika Anda membeli layanan hosting Indonesia SSD, di mana layanan hosting tersebut didukung dengan kapasitas penyimpanan hingga 240GB dan mobile support untuk mendukung mobilitas Anda.

Mari maksimalkan kampanye email marketing Anda dengan menggunakan email marketing Indonesia dari Exabytes.

Leave your vote

694 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia bayu_ichszan

🇮🇩☀️ Bismillah Tawakkaltu 'Alallah ✨🇮🇩 Stay opposite..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *