10+ Tips Memilih Jasa SEO Untuk Tingkatkan Kualitas Website

by -1 views
10+-tips-memilih-jasa-seo-untuk-tingkatkan-kualitas-website

Berbicara mengenai SEO, tentu saja hal yang pertama terbersit adalah sebuah strategi optimasi website. Semua pemilik situs website pasti menginginkan website yang dikelolanya memiliki jumlah pengunjung dan klik yang banyak. Sejatinya, tujuan utama dari optimasi SEO adalah meningkatkan traffic (termasuk jumlah daily active users dan click), menumbuhkan brand awareness, serta meningkatkan bisnis penjualan.

Agar sebanyak mungkin pengunjung mendatangi website sehingga menjadi yang paling banyak diklik, maka dibutuhkan SEO. Supaya konten dari website kita lebih baik dan memiliki target audiens yang akurat, maka dibutuhkan SEO. Untuk membuat website kita berada di posisi teratas hasil pencarian Google, maka dibutuhkan SEO. Oleh karena itu, peranan SEO sangat krusial dan penting terhadap keberlangsungan sebuah bisnis yang menggunakan website.

Saat ini telah hadir berbagai SEO agency yang menawarkan jasa layanan SEO. Dan masing-masing dari penyedia jasa SEO tersebut memiliki kelebihan dan keunggulan tersendiri. Jadi, sebenarnya pertanyaan yang tepat bukanlah “bagaimana cara memilih jasa SEO yang bagus?” tetapi “bagaimana cara memilih jasa SEO yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan?”.

Nah, pada artikel kali ini akan membahas lebih dalam mengenai tips dan trik dalam memilih jasa SEO berkualitas untuk meningkatkan trafik website. Sudah tidak sabar untuk mengetahuinya? Yuk, terus ikuti artikel ini, ya! Selamat membaca!

Apa Itu SEO?

Pentingnya memilih jasa SEO untuk meningkatkan traffic website
Pentingnya SEO untuk meningkatkan traffic website (sumber: iStock Photo)

SEO atau Search Engine Optimization adalah strategi optimasi website untuk mendatangkan lebih banyak traffic, click dan pengunjung. Dari semua mesin pencari yang ada saat ini (Yandex, Yahoo, DuckDuckGo, Microsoft Bing, CC Search, Boardreader, Amazon, dan lainnya), yang harus dioptimasi terlebih dahulu adalah Google.

Faktanya adalah terdapat >3,5 miliar pencarian yang dilakukan melalui Google setiap harinya. Dan juga sebanyak 53,3% traffic yang datang ke website berasal dari pencarian organik (pencarian dengan memasukkan kata kunci tertentu pada mesin pencarian Google). Itulah mengapa optimasi pada SEO Google sangat penting dilakukan.

Untuk lebih mengetahui dasar SEO yang bermanfaat sebagai landasan dalam memilih jasa SEO, maka kalian dapat membaca salah satu artikel Exabytes berikut: Belajar SEO WordPress Untuk Pemula

Tips dan Trik dalam Memilih Jasa SEO

Kesalahan dalam mempercayakan SEO bisnis kita pada penyedia jasa SEO abal-abal akan sangat berdampak fatal. Diperlukan ketelitian dan pertimbangan mendalam dalam memilih jasa SEO. Oleh karena, itu pada bagian ini akan dijelaskan secara komprehensif mengenai tips dan trik dalam memilih jasa SEO. Silakan disimak!

Pahami Tujuan dan Hasil yang Diinginkan

Memahami tujuan yang ingin dicapai oleh bisnis kalian adalah hal yang penting. Karena sasaran dan business goals yang jelas dari sebuah website akan menentukan strategi dan optimasi SEO mana yang diperlukan. 

Jasa penyedia layanan SEO memiliki keterbatasan. Mereka tidak mungkin menyediakan jasa SEO yang cocok untuk semua business goals. Oleh karena itu, tahap pertama dalam memilih jasa SEO adalah mengenali tujuan dan hasil yang diharapkan. 

Kalian harus dapat mengenali apakah website bisnis yang dikelola membutuhkan SEO-optimized content marketing (SEO untuk strategi digital marketing), Voice SEO, Link Building, Local SEO, atau E-commerce SEO. Karena masing-masing layanan SEO tersebut memiliki tujuan dan strategi berbeda.

Tujuan dari masing-masing website bisnis yang menggunakan jasa SEO juga dapat berbeda-beda. Sebagai contoh, apakah website bisnis ingin menaikkan peringkat seluruh situs website atau hanya kata kunci tertentu saja? Atau mungkin tujuannya adalah mendapatkan lebih banyak traffic dan prospek yang bagus agar dapat mendorong bisnis penjualan lebih banyak datang dari pengunjung organik.

Untuk lebih memahami bahwa mengenali tujuan dan hasil yang diharapkan merupakan langkah awal yang penting dalam memilih jasa SEO, maka simak contoh berikut.

Anggaplah bahwa situs website yang kalian kelola membuat konten-konten berkualitas secara rutin setiap hari. Tetapi ternyata Google tidak menampilkan konten tersebut pada peringkat atas hasil pencarian sesuai dengan kata kunci target yang sudah kalian setting.

Sebaliknya, ketika terdapat pengguna Google yang mencari menggunakan kata kunci target kalian, konten yang muncul di posisi teratas justru konten pesaing dengan kualitas penulisan dan kelengkapan yang masih di bawah konten kalian. Nah, pada situasi ini kemungkinan pesaing tersebut memiliki otoritas domain yang lebih tinggi atau memiliki lebih banyak backlink yang mengarah pada situs website mereka.

Pada kondisi tersebut, tujuan yang diharapkan adalah meningkatkan otoritas domain, meningkatkan peringkat Google, dan mendapatkan banyak tautan yang mengarah ke konten kalian. Maka, jasa SEO yang cocok adalah yang ahli dalam bidang Link Building. 

Kenali dengan Baik Jenis-Jenis SEO Agar Sesuai Kebutuhan

SEO On Page dan SEO Off Page adalah jenis SEO
SEO On Page dan SEO Off Page adalah jenis SEO (sumber: iStock Photo)

Selain harus memahami dengan baik tujuan bisnis dan hasil yang diharapkan, kalian harus pula mengenali dengan baik jenis-jenis SEO. Optimasi SEO memiliki tiga jenis utama, yaitu on page, off page, dan technical.

SEO On Page lebih berfokus pada mengoptimasi SEO untuk bagian depan situs website (judul konten, struktur konten, gambar konten, permalink, dan lainnya). Fungsi utama dari SEO On Page adalah agar website dapat mengarah pada audiens yang tepat serta meningkatkan konversi website.

Sedangkan SEO Off Page lebih berfokus pada mengoptimasi SEO untuk bagian luar website (Link Building, otoritas domain atau domain authority, promosi konten melalui media sosial, dan lainnya). Tujuan utama dari optimasi SEO Off Page adalah untuk meningkatkan peringkat di Google.

Selanjutnya ada SEO White Hat dan SEO Black Hat. Untuk lebih lengkap dalam memahami perbedaan antara SEO White Hat dan SEO Black Hat, maka kalian dapat mampir pada salah satu artikel Exabytes berikut: Black Hat SEO vs White Hat SEO

Verifikasi Perusahaan SEO

Tips selanjutnya dalam menentukan jasa SEO adalah melakukan verifikasi terhadap perusahaan yang menyediakan jasa SEO. Perusahaan jasa SEO yang bagus akan memiliki beberapa kriteria sebagai berikut, memiliki laporan hasil skor SEO, memiliki laporan kecepatan loading website, memiliki laporan hasil pengecekan SSL, memiliki laporan trafik website, serta memiliki tim khusus yang berspesialisasi pada SEO.

Apakah kalian sedang mencari perusahaan jasa SEO yang memenuhi segala kriteria di atas? Maka Exabytes adalah jawabannya. Exabytes sebagai penyedia jasa SEO mampu memenuhi segala kebutuhan yang berhubungan dengan SEO.

Ketahui Pengalaman Jasa SEO

Mengetahui pengalaman dan sepak terjang perusahaan jasa SEO adalah hal yang penting. Karena semakin berpengalaman sebuah perusahaan, maka akan semakin lihai pula dalam mengatasi berbagai permasalahan SEO. Kalian dapat mengunjungi website atau situs profesional perusahaan yang ada di LinkedIn guna mengecek kredibilitas.

Ketahui Reputasi Jasa SEO

Tips berikutnya yaitu mengenali reputasi perusahaan SEO. Kalian harus memastikan untuk memilih perusahaan SEO dengan reputasi baik. Cara mengetahui reputasi sebuah perusahaan adalah dengan melihat review pada berbagai forum seperti Ads.id, facebook, kaskus, dan lainnya.

Dapat juga dengan melihat testimoni pelanggan yang pernah menggunakan jasanya. Tetapi harus tetap waspada terhadap testimoni palsu yang beredar di internet.

Periksa Transparansi

Hal yang tidak kalah penting sebelum memutuskan menggunakan jasa SEO adalah memeriksa transparansi perusahaan penyedia jasa. Kalian perlu mengetahui dan menanyakan metode, keahlian, dan praktek kerja dari perusahaan. Karena perusahaan yang tidak mau memberikan transparansi cara kerja mereka kepada calon klien biasanya menyembunyikan sesuatu yang berpotensi dapat merugikan klien di masa mendatang. 

Bandingkan Harga yang Ditawarkan

Harga untuk jasa SEO memang relatif, tergantung pada tingkat kesulitan dan performa website. Namun perlu diketahui pula harga wajar yang saat ini ada di pasaran. Sehingga apabila penyedia jasa SEO menawarkan harga terlalu tinggi, kalian dapat mengetahuinya dan berusaha untuk melakukan nego.

Begitu pula ketika penyedia jasa menawarkan harga yang sangat murah dibandingkan pada pasaran, maka perlu waspada terhadap kemungkinan penipuan. Saat ini, harga jasa SEO di Indonesia yang wajar adalah pada kisaran Rp1.000.000,00 hingga Rp10.000.000,00.

Tanyakan Waktu Pengerjaan

Apabila target dari website bisnis kalian adalah mencapai peringkat 10 halaman teratas pencarian Google, maka biasanya membutuhkan waktu selama tiga bulan hingga enam bulan. Jika perusahaan memberikan tenggat waktu yang terlalu lama dalam melakukan optimasi SEO, maka tentu saja akan merugikan kalian. 

Periksa Catatan Pada Better Business Bureau (BBB)

Better Business Bureau adalah situs untuk melihat kredibilitas perusahaan
Better Business Bureau adalah situs untuk melihat kredibilitas perusahaan (sumber: iStock Photo)

Better Business Bureau (BBB) adalah sebuah organisasi privat yang menyediakan informasi-informasi berbagai perusahaan (seperti rating dan review). Penilaian yang disajikan oleh BBB dapat dilihat dan diakses oleh semua orang.

Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua perusahaan penyedia jasa SEO memiliki catatan di BBB. Sehingga kalian perlu memiliki opsi lainnya dalam melihat riwayat perjalanan perusahaan tersebut dalam menangani klien. 

Periksa Durasi Penyedia Jasa SEO Beroperasi

Semakin lama perusahaan beroperasi, maka semakin berpengalaman dalam mengatasi klien. Perusahaan penyedia jasa SEO yang memiliki sistem fly by night perlu dihindari. Bekerjasama dengan perusahaan SEO yang stabil dan terpercaya akan memberikan rasa aman dan kenyamanan tertentu.

Pahami Kontrak Kerja

Sebelum melakukan tandatangan dokumen perjanjian, maka kalian harus benar-benar membaca dengan teliti hal-hal yang tercantum di dalamnya. Pastikan bahwa kontrak kerja yang akan disetujui menjelaskan garansi dan jaminan keamanan website.

Karena apabila tidak memiliki garansi, maka hanya akan membuang-buang waktu dan uang untuk menggunakan jasa SEO tetapi tujuan yang ingin diraih tidak tercapai. Pastikan pula penyedia jasa SEO menjamin keamanan website dari Malware dan sejenisnya ketika mereka melakukan optimasi.

Pastikan Penyedia Jasa SEO Tidak Terdaftar Pada Situs Web Penipuan

Tampilan situs PissedConsumer untuk melihat testimoni klien
Tampilan situs PissedConsumer untuk melihat testimoni klien (sumber: iStock Photo)

PissedConsumer dan Scam merupakan situs website yang memiliki daftar perusahaan yang pernah melakukan penipuan. Selain itu, mereka juga mencatumkan keluhan-keluhan dari beberapa orang yang pernah menjadi klien perusahaan tertentu dan kecewa dengan pelayanannya.

Apabila perusahaan jasa SEO yang ingin kalian ajak kerjasama ternyata muncul pada daftar dua situs di atas (Scam dan PissedConsumer), maka kalian perlu waspada. Selain itu kalian dapat mencoba dengan menuliskan kata kunci berupa ‘nama perusahaan’ dan menambahkan ‘penipuan’, ‘menipu’, atau ‘scam’. 

Jika hasil pencarian tidak ada yang relevan dengan kata kunci tersebut, maka dapat dipastikan bahwa perusahaan SEO adalah terpercaya dan tidak pernah terlibat dalam kasus penipuan klien. 

Kesimpulan

Bagi pemilik website bisnis, optimasi SEO adalah hal yang sangat penting dilakukan. Optimasi SEO dapat bermanfaat untuk meningkatkan traffic (termasuk jumlah daily active users dan click), menumbuhkan brand awareness, serta meningkatkan bisnis penjualan. Oleh karena itu, kesalahan dalam memilih perusahaan penyedia jasa SEO dapat berakibat fatal dalam keberlangsungan bisnis.

Beberapa tips dan trik dalam memilih jasa SEO adalah memahami tujuan dan hasil yang diinginkan, mengenali dengan baik jenis-jenis SEO agar sesuai kebutuhan, melakukan verifikasi perusahaan SEO, mengetahui pengalaman dan reputasi jasa SEO, memeriksa transparansi perusahaan, membandingkan harga, menanyakan waktu pengerjaan, memeriksa perusahaan penyedia jasa bukan penipu, dan memahami kontrak kerja.

Terdapat situs-situs yang dapat digunakan untuk membantu memeriksa latar belakang perusahaan dan mempermudah dalam memilih jasa SEO. Untuk melihat ulasan dan testimoni klien, kalian dapat mengunjungi Kaskus, Ads.id, Facebook, Google Review, dan PissedConsumer. Untuk melihat profil dan kredibilitas perusahaan, kalian dapat mengunjungi LinkedIn dan Blogosphere. Untuk memastikan bahwa penyedia jasa bukan penipu, dapat melihat pada situs Scam dan Better Business Bureau (BBB).

Nah, cukup sekian pembahasan kali ini mengenai tips dan trik memilih jasa SEO. Semoga bermanfaat, ya! Bagi kalian yang ingin membaca artikel-artikel menarik lainnya mengenai website, digital marketing, dan tips pembuatan konten, maka dapat mengunjungi blog Exabytes. Selain itu, Exabytes juga menyediakan jasa digital marketing, loh! Dan jangan lupa subscribe agar tak ketinggalan konten artikel up-to-date lainnya. Sampai jumpa!

Leave your vote

607 Points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *