10+ Tips Memilih Jasa Google Ads Profesional Untuk Bisnis

by -5 views
10+-tips-memilih-jasa-google-ads-profesional-untuk-bisnis

Seiring berkembangnya teknologi yang membuat dunia berubah ke arah digital, maka banyak perusahaan-perusahaan yang beralih menggunakan website untuk menjangkau calon pelanggan. Optimasi konten dan website menjadi strategi awal dan wajib untuk dilakukan agar bisnis dapat terus berkembang dan pelanggan terus meningkat. 

Selain SEO, strategi lain dalam mengoptimasi website bisnis agar banyak dilirik dan dikunjungi oleh users adalah menggunakan Google Ads. Mengapa harus Google Ads? Karena setiap harinya terdapat sekitar >3,5 miliar pencarian yang dilakukan melalui Google. Selain itu, Google rata-rata menyumbang sebanyak 53,3% traffic ke website.

Hal tersebut membuktikan jika Google memiliki power yang sangat kuat dalam mendatangkan pengunjung ke situs website kalian. Dan saat ini pun telah banyak bermunculan jasa Google Ads. Masing-masing jasa iklan Google Ads yang ada saat ini tentu saja memiliki keunggulan dan kelebihan tersendiri. Oleh karena itu, ketika hendak memilih jasa Google Ads, pertanyaan yang benar bukanlah “bagaimana cara memilih jasa Google Ads yang bagus?” tetapi “bagaimana cara memilih jasa Google Ads yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan?”.

Nah, pada artikel kali ini akan membahas lebih dalam mengenai tips dan trik dalam memilih jasa Google Ads untuk meningkatkan bisnis. Akan dibahas secara komprehensif mulai dari apa itu Google Ads, biaya Google Ads, hingga tips dan trik dalam memilih jasa Google Ads. Sudah tidak sabar untuk mengetahuinya? Yuk, terus ikuti artikel ini, ya! Selamat membaca!

Apa Itu Google Ads?

Google Ads sebagai salah satu media periklanan yang sangat diminati saat ini.
Google Ads sebagai salah satu media periklanan yang sangat diminati saat ini. (Sumber: iStock Photo)

Google Ads dikenal pula dengan sebutan Adword. Google sendiri telah merujuk pengertian Adwords sebagai program iklan yang memungkinkan berbagai bisnis digital (sebagai pihak pengiklan) untuk memunculkan informasi dan tautan situs mereka pada laman hasil pencarian Google.

Pihak pengiklan biasanya akan memiliki beberapa list kata kunci tertentu yang sesuai dengan bisnis mereka. Kata kunci tersebut yang akan dioptimasi. Sehingga apabila terdapat pengunjung yang melakukan pencarian di Google dengan kata kunci mendekati dengan yang telah di-list, maka tautan ke situs bisnis pengiklan akan muncul pada urutan teratas SERP. 

Untuk lebih memahaminya, berikut akan dijelaskan sebuah contoh. Sebuah perusahaan sepatu menggunakan jasa Google Ads untuk menaikkan jumlah pengunjung dan transaksi penjualan pada situs website mereka. Perusahaan tersebut menggunakan kata kunci “jual sepatu murah” dan “sepatu korea murah” sebagai kata kunci yang ingin dioptimasi.

Sehingga apabila terdapat pengunjung yang memasukkan kata kunci “sepatu murah”, “jual sepatu”, “sepatu korea”, maka tautan menuju ke situs website perusahaan sepatu tersebut akan ditampilkan pada hasil teratas pencarian Google.

Contoh penerapan Google Ads
Contoh penerapan Google Ads

Pada contoh di atas, ketika kata kunci “domain murah” dimasukkan, hasil pencarian teratas dengan label “Ad” adalah contoh dari Google Ads. Google Ads memiliki kaitan yang erat dengan istilah PPC (pay-per-click). Google menggunakan prinsip pay-per-click dalam menjalankan Adword. Maksud dari PPC adalah perusahaan yang memasang iklan Google Ads harus membayar sesuai dengan harga berdasarkan jumlah klik pada iklan.

Semisal, suatu perusahaan beriklan dengan dana 1 juta per hari, dengan tarif per klik dari pengunjung yang mengarah ke tautan situs website pengiklan adalah Rp100,000. Maka, ketika perusahaan pengiklan telah memperoleh 10 klik, iklan telah habis terpakai dan situs perusahaan pengiklan tidak akan lagi ditampilkan pada urutan teratas hasil pencarian Google.

Biaya untuk memasang Google Ads cukup terjangkau jika dibandingkan dengan return yang akan diterima. Karena Google sendiri memiliki jumlah pengunjung per hari yang sangat banyak. Dengan reputasi Google yang mendunia, kalian juga bisa loh memanfaatkan Google untuk menghasilkan uang. Penasaran dengan caranya? Mampir sebentar pada artikel berikut, ya: Cara Mendapatkan Uang dari Google

Sebenarnya selain Google Ads, ada pula strategi berbayar lain yang cukup banyak diminati, yaitu Facebook Ads. Nah, untuk lebih mengetahui mengenai perbedaan Google Ads dan Facebook Ads, Exabytes Friend dapat membaca salah satu artikel berikut: Facebook Ads vs Google Ads

Biaya Google Ads 

Saat ini, harga Google Ads berkisar antara Rp1,000 hingga Rp5,000 untuk tiap klik. Sedangkan harga terendah dari pemasangan Google Ads yaitu Rp500 apabila kata kunci yang digunakan adalah brand dari perusahaan pengiklan sendiri.

Ada beberapa hal yang menjadi faktor penentu harga Google Ads, yaitu jenis kata kunci yang digunakan (semakin umum dan tidak spesifik kata kunci maka harga akan semakin mahal), kompetisi kata kunci, relevansi antara kata kunci iklan dengan landing page, serta kecepatan loading situs website sebagai landing page (semakin lama loading-nya maka harga akan semakin mahal).

Tips dan Trik dalam Memilih Jasa Google Ads Profesional

Kesalahan dalam mempercayakan strategi bisnis kita pada penyedia jasa abal-abal akan sangat berdampak fatal. Diperlukan ketelitian dan pertimbangan mendalam dalam memilih jasa Google Ads. Oleh karena, itu pada bagian ini akan dijelaskan secara detail dan lengkap mengenai tips dan trik cara memilih jasa Google Ads profesional. Silakan disimak!

Sertifikat Google AdWord Qualified Individual

Tips yang pertama dan paling penting dalam memilih jasa Google Ads adalah Sertifikasi Google Ads. Salah satu jenis sertifikasi Google Ads yang dapat digunakan sebagai acuan adalah Google AdWord Qualified Individual. Perusahaan dengan sertifikasi tersebut telah lulus uji serta diakui oleh Google sebagai ahli dalam periklanan online (AdWord).

Oleh karena itu, sangat penting bagi kalian untuk mencari tahu apakah perusahaan penyedia jasa yang ingin diajak kerja sama telah memiliki sertifikasi tersebut. Selain karena diakui oleh Google, pemegang sertifikasi tersebut telah membuktikan kualitas dan kapabilitas mereka di bidang Google Ads.

Ruang Lingkup Tanggung Jawab

Tips berikutnya dalam memilih jasa Google Ads profesional adalah ruang lingkup tanggung jawab yang mereka kerjakan. Sebelum menandatangani kontrak kerja sama dengan perusahaan penyedia jasa, penting bagi kalian untuk mengetahui apa saja yang menjadi tugas dan tanggung jawab mereka serta apa saja yang akan kalian dapatkan sebagai klien.

Perusahaan penyedia jasa Google Ads yang terpercaya dan profesional idealnya akan mengerjakan beberapa tugas, seperti membantu klien melakukan riset kata kunci yang akan dioptimasi, melakukan analisa mendalam tentang kompetitor, copywriting, membuat laporan rutin hasil pemasangan iklan, optimasi iklan, dan yang terakhir adalah melakukan kampanye iklan.

Periksa Transparansi

Hal penting selanjutnya yang patut diperhatikan sebelum memutuskan menggunakan jasa Google Ads adalah memeriksa transparansi perusahaan penyedia jasa. Kalian wajib mengetahui dan memeriksa beberapa hal termasuk metode, keahlian, dan praktik kerja dari perusahaan. Karena perusahaan penyedia jasa Google Ads yang tidak mau menunjukkan transparansi cara kerja mereka kepada calon klien biasanya menyembunyikan sesuatu yang dapat merugikan klien di masa mendatang. 

Member Google Engage Agency

Sebelumnya kalian pasti penasaran, apa itu Google Engage? Google Engage adalah sebuah program dari Google untuk para agency yang ingin bermitra secara resmi dengan Google. Penyedia jasa Google Ads yang tergabung menjadi anggota Google Engage Agency tentu saja telah diakui kemampuannya dalam mengelola Google Ads atau AdWord.

Google Certified Partner sebagai salah satu indikator untuk memilih jasa Google Ads
Google Certified Partner sebagai salah satu indikator untuk memilih jasa Google Ads

Selain Google Engage Agency, terdapat pula pertimbangan lain yang dapat digunakan untuk memilih jasa Google Ads. Pertimbangan tersebut adalah Google Certified Partner. Perusahaan atau agency dengan gelar Google Certified Partner sudah dapat dipastikan memiliki kualitas mumpuni dan terpercaya karena merupakan anggota resmi partner Google.

Biaya yang Ditawarkan

Telah disebutkan pada bagian sebelumnya bahwa kisaran normal harga jasa Google Ads pada pasaran adalah Rp1,000 hingga Rp5,000 per klik. Patokan harga tersebut akan menjadi pedoman untuk kalian. Sehingga apabila penyedia jasa Google Ads menawarkan biaya yang terlalu tinggi, kalian dapat mengetahuinya dan berusaha untuk melakukan negosiasi. 

Begitu juga apabila penyedia jasa menawarkan harga yang sangat murah dibandingkan harga normal pasaran, maka kalian perlu waspada terhadap kemungkinan adanya penipuan.

Waktu Pengerjaan

Apabila target dari bisnis kalian adalah memperoleh kenaikan 20% pengunjung website melalui Google Ads, maka seharusnya satu bulan waktu pemasangan adalah cukup. 

Jika perusahaan memberikan tenggat waktu yang terlalu lama ketika melakukan persiapan optimasi Google Ads (seperti riset kata kunci dan kompetitor), maka tentu saja akan merugikan perusahaan pengiklan.

Periksa Durasi Penyedia Jasa Google Ads Beroperasi

Semakin lama sebuah perusahaan bergerak dan beroperasi, maka semakin berpengalaman dalam mengatasi berbagai jenis klien dan segala kebutuhan mereka. Perusahaan penyedia jasa Google Ads yang memiliki sistem fly by night (tidak dapat dipercaya) sangat perlu untuk dihindari. Bekerja sama dengan perusahaan Google Ads yang stabil dan dinamis akan lebih memberikan rasa aman dan nyaman.

Pilih Penyedia Jasa dengan Portofolio Bagus

Setiap jenis perusahaan tentu saja memiliki rekam jejak. Begitu pula dengan perusahaan jasa Google Ads. Ketika akan bekerja sama dengan perusahaan tersebut, maka pastikan kalian menanyakan terlebih dahulu portofolio mereka, perusahaan mana saja yang pernah menjadi klien mereka, serta sudah berapa banyak klien yang telah ditangani. 

Selain itu, kalian juga dapat membaca review perusahaan yang terdapat pada Google Review, Kaskus, Ads.id, Facebook, dan PissedConsumer. Apabila ingin mengetahui profile perusahaan secara lengkap agar dapat menilai kredibilitas dan kualitasnya, maka kalian juga dapat mengunjungi LinkedIn perusahaan dan Blogosphere. 

Terdapat Laporan Hasil Iklan yang Jelas, Detail, dan Berkala

Laporan hasil iklan adalah hal yang sangat penting. Melalui laporan tersebut, kalian dapat menilai apakah iklan yang dipasang berjalan dengan baik atau tidak. Selain itu, laporan juga penting sebagai pedoman dalam menentukan strategi selanjutnya.

Apabila penyedia jasa tidak mau menyediakan laporan hasil iklan secara jelas, detail, akurat, dan berkala, maka lebih baik tinggalkan. Cari penyedia jasa lain yang lebih transparan dan mau memberikan pelaporan. 

Garansi Tayang

Google memiliki berbagai platform yang sangat komersil dan memiliki peluang besar untuk meningkatkan pengunjung. Platform tersebut diantaranya search engine Google dan YouTube. Youtube sebagai bagian dari Google sangat perlu juga dioptimasi untuk menampilkan iklan guna memaksimalkan jumlah pengunjung. 

Oleh karena itu, kalian perlu memastikan garansi kepada penyedia jasa bahwa iklan akan tayang dengan tepat waktu dan sesuai deadline di Google Network (search engine, YouTube, Gmail, dan lainnya).

Pahami Layanan yang Ditawarkan

Tips terakhir dan tidak kalah penting dalam memilih jasa Google Ads profesional adalah mengetahui layanan apa saja yang ditawarkan oleh penyedia jasa. Layanan yang lengkap meliputi penggunaan Google Tag Manager, tools reporting (Google Data Studio), tools untuk memantau trafik iklan (Google Analytics), tools untuk membangun brand awareness (Google Display Network), serta menayangkan iklan pada Youtube, Gmail, dan Google Shopping.

Kalian ingin mencari penyedia jasa Google Ads dengan layanan yang lengkap seperti disebutkan di atas? Maka Exabytes adalah jawabannya. Exabytes sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang digital marketing Indonesia menyediakan jasa Google Ads murah dan terpercaya. Silakan kunjungi website Exabytes untuk informasi selengkapnya, ya! 

Kesimpulan 

Google Ads saat ini kian populer karena semakin banyak perusahaan bisnis yang beralih ke arah digital dan membutuhkan Google Ads untuk media promosi. Google Ads yang diimplementasikan dengan baik akan mampu meningkatkan jumlah pengunjung, bisnis penjualan, dan brand awareness. Oleh karena itu, perusahaan bisnis tidak boleh memilih jasa Google Ads secara sembarangan.

Beberapa tips dan trik dalam memilih jasa Google Ads adalah memeriksa sertifikat Google AdWord Qualified Individual, ruang lingkup tanggung jawab, periksa transparansi, apakah penyedia jasa tersebut merupakan member Google Engage Agency, berapa biaya yang ditawarkan, waktu pengerjaan, durasi penyedia jasa Google Ads beroperasi, pilih penyedia jasa dengan portofolio bagus, terdapat laporan hasil iklan yang jelas, detail, dan berkala, garansi tayang, dan pahami layanan yang ditawarkan.

Terdapat situs-situs yang dapat membantu untuk memeriksa latar belakang perusahaan dan mempermudah dalam memilih jasa Google Ads. Untuk melihat ulasan serta review klien, maka dapat mengunjungi Kaskus, Ads.id, Facebook, Google Review, dan PissedConsumer. Untuk melihat profil perusahaan secara lengkap agar mampu menentukan kredibilitas perusahaan, maka dapat mengunjungi LinkedIn dan Blogosphere.

Untuk memastikan bahwa penyedia jasa bukan penipu, dapat melihat pada situs Scam dan Better Business Bureau (BBB). Dan yang terakhir sekaligus yang paling penting, apabila ingin mengetahui kapabilitas dan kualitas penyedia jasa, maka dapat dilihat apakah perusahaan jasa Google Ads memiliki sertifikasi Google AdWord Qualified Individual dan terdaftar sebagai anggota resmi Google Engage Agency atau Google Certified Partner.

Nah, cukup sekian pembahasan kali ini mengenai tips dan trik memilih jasa Google Ads. Semoga bermanfaat, ya! Bagi kalian yang ingin membaca artikel-artikel menarik lainnya mengenai website dan tips pembuatan konten, maka dapat mengunjungi blog Exabytes. Selain itu, Exabytes juga menyediakan jasa digital marketing yang siap mengelola kebutuhan pemasaran digital bisnis kalian! 

Jangan lupa subscribe agar tak ketinggalan konten artikel up-to-date lainnya. Sampai jumpa!

Leave your vote

653 Points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *