10+ Tips Memilih Jasa Digital Marketing Indonesia Terpercaya

by -2 views
10+-tips-memilih-jasa-digital-marketing-indonesia-terpercaya

Untuk memaksimalkan hasil bisnis online, kamu bisa menggunakan strategi digital marketing terbaik. Namun, pemasaran secara digital bukanlah tugas yang mudah karena ada banyak hal yang harus kamu perhatikan. Jika tidak tahu cara memulainya, kamu bisa memilih jasa digital marketing

Untuk lebih memahami bagaimana kinerja digital marketing, kamu harus terlebih dahulu memahami apa itu digital marketing. Digital marketing adalah strategi pemasaran menggunakan media digital dan internet. Jika dilihat dari namanya, maka tentu saja cara pemasaran satu ini berbeda dengan cara pemasaran konvensional atau tradisional.

Agar bisa memilih jasa digital marketing yang tepat, mari kita cari tahu bersama caranya di sini.

Traditional Marketing vs Digital Marketing

Traditional marketing vs digital marketing
Penggunaan media untuk traditional marketing dengan digital marketing itu berbeda (Sumber: flickr- City Book)

Dalam memasarkan produk, saat ini setiap bisnis memiliki pilihan untuk melakukannya secara tradisional maupun digital. Apa yang harus kamu tahu tentang traditional marketing vs digital marketing?

Kamu tentu semakin sering mendengar istilah digital marketing belakangan ini. Digital marketing merupakan pemasaran secara digital dengan memanfaatkan keberadaan dari Internet. Beberapa contoh media dari digital marketing adalah website, media sosial, online advertising, dan email marketing.

Sementara traditional marketing adalah teknik marketing yang menggunakan cara-cara tradisional dengan menggunakan berbagai media, seperti banner, koran, flyer, dan billboard. Seiring perkembangan zaman, jenis pemasaran ini mulai merambah ke dunia elektronik seperti televisi dan radio.

Sebelum memilih digital marketing Indonesia sebagai teknik pemasaran produk atau jasa, ada beberapa hal yang harus terlebih dahulu kamu pertimbangkan. Sehingga kamu yakin bahwa sudah saatnya untuk menggunakan teknik pemasaran secara digital. Hal-hal tersebut adalah sebagai berikut.

  • Produk yang Akan Dipasarkan

Sebuah bisnis harus memiliki produk yang hendak dipasarkan. Ini menjadi poin pertama dalam melakukan pemasaran baik secara tradisional maupun digital. Pastikan bahwa produk tersebut bisa memenuhi kebutuhan target konsumen sehingga penjualan sesuai atau bahkan melebihi target.

  • Target Pasar

Bisnis yang sudah menentukan produk apa yang akan dipasarkan harus memiliki target pasar. Meskipun kamu memilih pemasaran secara digital, tetapi kamu harus tetap menentukan target pasar agar hasilnya lebih maksimal serta sesuai dengan tujuan.

  • Anggaran

Setiap kali memasarkan produk atau jasa, ada anggaran yang harus dibuat. Kamu harus memperhitungkan berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk setiap kebutuhan digital marketing.

  • Psikologi Konsumen

Ada empat faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih atau membeli produk atau jasa yaitu motivasi, persepsi, pembelajaran, serta kepercayaan dan sikap. Dengan mempelajari psikologi konsumen, kamu bisa memahami perilaku konsumen sehingga bisa menyusun strategi pemasaran yang berhasil.

Tips Memilih Jasa Digital Marketing

Tips memilih digital marketing
12 tips dalam memilih layanan digital marketing yang baik (Sumber: Unsplash – Diggity Marketing)

Dengan kesadaran bahwa digital marketing penting bagi UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah, semakin banyak bisnis yang mulai mencari penyedia digital marketing terpercaya. Memilih jasa pemasaran memang membutuhkan usaha yang lebih, di mana para pemilik bisnis harus mencurahkan waktu dan tenaga mereka.

Penasaran dengan alasan UMKM harus go digital? Jika demikian, kamu bisa mulai mencari tahu melalui artikel ini.

Apabila kamu masih belum yakin dengan pilihan jasa marketing digital yang ada di list, maka kamu bisa mencoba beberapa tips memilih jasa digital marketing berikut ini.

Tentukan Tujuan

Sebelum mulai mencari agensi digital marketing, tentu saja kamu harus tahu apa yang akan kamu lakukan secara online. Tetapi pastikan jika kamu tidak akan berpikir berlebihan tentang goal yang harus dicapai. Buatlah sesingkat mungkin misalnya kamu ingin berkompetisi dengan para pesaing secara online.

Atau karena kamu ingin mendapatkan penjualan yang maksimal dari apa yang kamu habiskan untuk pemasaran digital setiap bulannya. Tujuan yang simpel akan sangat membantu kamu untuk mengekspresikan apa yang kamu inginkan dari agensi yang kamu pilih, seperti Exabytes.

Analisa Website Agensi

Kamu bisa dengan mudah mendapatkan informasi seputar agensi yang hendak kamu pilih, terutama melalui website mereka. Coba analisis apakah website tersebut menyediakan fitur yang lengkap dan up-to-date serta memiliki tampilan yang menarik.

Singkatnya, apabila mereka bisa mempromosikan bisnisnya dengan baik, maka mereka juga bisa mempromosikan bisnis kamu. Itulah kenapa melakukan analisa website agensi penting untuk dilakukan sehingga kamu akan tahu apakah agensi tersebut bisa bekerja dengan profesional atau tidak.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa yakin apakah agensi tersebut bisa membantu mencapai tujuan bisnis kamu atau tidak. 

Fokus pada Nilai Bukan Harga

Meski harga menjadi salah satu faktor yang harus kamu perhatikan dalam memilih penyedia layanan termasuk pemasaran digital, tapi bukan berarti kamu berfokus pada hal tersebut. Salah satu tantangan yang kamu harus hadapi adalah kamu harus mencari tahu berapa banyak uang yang harus kamu keluarkan dalam setiap usaha pemasaran digital.

Saat memilih agensi, kamu juga harus memastikan bahwa ia akan bisa memberikan nilai tambah pada bisnis yang sedang kamu jalankan. Jangan sampai kamu terlalu menghabiskan energi pada pemilihan harga yang murah sehingga melupakan pentingnya nilai dari sebuah strategi pemasaran untuk masa depan dan pertumbuhan bisnis.

Cari Tahu Pengalaman dan Keahlian

Layanan digital marketing
Digital marketing hadir dengan berbagai channel dan bidang keahlian yang cocok untuk bisnis online klien. (Sumber: pixabay – wynpnt)

Di luar sana tentu saja banyak perusahaan yang mengaku sebagai perusahaan digital marketing terbaik. Masing-masing dari mereka menawarkan jasanya dengan sangat menjanjikan. Alhasil, tidak sedikit individu dan bisnis yang percaya dan memilih jasa digital marketing mereka tanpa pertimbangan apapun.

Untuk bisa menghindari kesalahan satu ini, kamu harus mencari tahu pengalaman serta keahlian dari digital marketer yang hendak kamu pilih. Pengalaman dan keberadaan di industri terkait bisa menjadi pertimbangan apakah suatu agensi memang layak menjadi partner kamu atau tidak. 

Pengalaman selama bertahun-tahun bisa membuktikan bahwa mereka sudah mendapatkan kepercayaan dan posisi di hati para klien. Ini menandakan bahwa mereka bisa mengerti apa yang klien mau dan harapkan.

Kamu juga harus mencari tahu di bidang mana agensi tersebut lebih ahli. Dalam digital marketing, ada beberapa channel dan bidang seperti Search Engine Optimization (SEO), Google Ads, media sosial, email marketing, dan masih banyak lagi.

Faktanya adalah tidak semua digital agensi ahli di semua bidang dan agensi besar yang berpengalaman saja yang memiliki tenaga ahli yang cukup. Kamu juga bisa mengajukan beberapa pertanyaan untuk mengetahui keahlian dari agensi seperti sejauh mana mereka tahu tren marketing 2021 atau strategi marketing apa yang mereka gunakan.

Kamu juga bisa menambahkan pertanyaan lain seperti bagaimana cara menggunakan Google trend dan apakah mereka bisa memberitahu kamu informasi detail terkait tools tersebut.

Pastikan Agensi Memiliki Rekam Jejak yang Baik

Setiap bisnis yang sedang mencari tenaga profesional tentu ingin mendapatkan hasil yang baik. Oleh karena itu, mereka harus memastikan rekam jejak calon partner dalam memasarkan produk secara online.

Saat menghubungi digital agency atau perusahaan serupa untuk memilih jasa digital marketing, pastikan untuk meminta study case tentang proyek mereka sebelumnya. Setelah itu, kamu bisa mulai menerka hasil yang bisa mereka berikan dari campaign kamu berdasarkan track record tersebut.

Cari Tahu Review dan Testimoni Klien Sebelumnya

Dengan banyaknya perusahaan atau agensi yang menyatakan diri sebagai ahli digital marketing, tidak mudah untuk mengetahui mana yang benar-benar terbaik. Terbaik dalam hal ini adalah yang paling bisa mengerti kebutuhan dan keinginan kamu dalam hal digital marketing.

Mulailah mencari review atau ulasan, testimoni, dan rating masing-masing perusahaan. Untuk melakukan hal tersebut, kamu bisa menggunakan internet melalui search engine atau bisa juga dengan melihat laman review dan rating website tiap perusahaan.

Layanan yang Diberikan

Saat mencari agensi online marketing, kamu harus tahu layanan apa saja yang mereka tawarkan. Beberapa agensi fokus di satu layanan saja sedangkan yang lainnya menawarkan beberapa layanan sekaligus. 

Jangan lupa jika Search Engine Marketing (SEM) dan Search Engine Optimization (SEO) berperan penting untuk kehadiran online bisnis kamu yang juga akan berpengaruh pada brand awareness dan ranking di hasil pencarian Google. Untuk mempelajari SEO dan SEM untuk strategi digital marketing lebih lanjut, kamu bisa membaca artikel ini.

Perhatikan Cara Mereka Berkomunikasi

Komunikasi yang baik sangat esensial untuk mengetahui seperti apa agensi yang akan bekerja sama dengan kamu. Dengan komunikasi yang jelas, kamu akan tahu apa yang sedang terjadi dengan perusahaan kamu dan strategi pemasaran yang diimplementasikan. Dalam memilih jasa digital marketing, cari tahu akan sesering apa mereka berkomunikasi dengan kamu sebagai partner yang mengharapkan layanan terbaik dari mereka. 

Pahami Proses dan Cara Kerjanya

Proses dan cara kerja digital marketing agency
Strategi pemasaran yang digunakan akan berpengaruh terhadap hasil kampanye yang dijalankan. (Sumber: pixabay – muneebfarman)

Setiap agensi atau perusahaan itu unik, di mana mereka memiliki cara kerja masing-masing dalam mengimplementasikan strategi marketing untuk setiap jenis dan ukuran bisnis klien mereka. 

Tidak ada dua perusahaan yang menggunakan strategi dan cara yang sama tetapi prosesnya mungkin memiliki beberapa kesamaan. Kamu pasti ingin memastikan bahwa kamu benar-benar memahami cara mereka bekerja dengan klien dan juga proses yang dilaluinya. 

Temui Perwakilan Agensi Minimal Sekali

Tidak ada yang mau membeli kucing dalam karung, bukan? Istilah ini juga berlaku bagi kamu yang sedang mencari jasa pemasaran digital. Saat mencari agensi yang tepat, atur jadwal untuk bertemu dengan perwakilan agensi setidaknya sekali sebelum membuat keputusan.

Mendapatkan informasi langsung dari ahlinya akan membantu kamu lebih memahami seperti apa dan bagaimana mereka dalam memberikan layanan terbaik pada setiap kliennya. 

Bandingkan Beberapa Agensi

Setiap agensi terlihat bagus dan kesan pertama inilah yang kadang membuat orang-orang terjerumus. Alhasil, mereka memilih agensi yang salah atau tidak sesuai dengan harapan. Dlaam memilih jasa digital marketing, bandingkan setidaknya tiga agensi atau perusahaan digital marketing agar kamu tahu agensi mana yang paling mendekati ekspektasi bisnis kamu. 

Dengan membandingkan beberapa agensi, kamu juga bisa sekaligus mencari berbagai informasi seperti strategi pemasaran yang digunakan, harga yang ditawarkan, dan berapa banyak layanan yang mereka sediakan.

Kontrak yang Transparan

Sistem kontrak yang transparan akan menguntungkan kedua belah pihak. Sebagai klien, kamu akan mendapatkan banyak keuntungan seperti tidak akan ada biaya tambahan yang nantinya dibebankan secara tiba-tiba di akhir kerja sama. Banyak juga agensi nakal yang menyematkan biaya-biaya tersembunyi dalam layanan mereka namun tidak tertulis dalam kontrak atau perjanjian.

Kesimpulan

Digital marketing atau pemasaran produk serta layanan secara digital bukan lagi sebuah pilihan tetapi keharusan dewasa ini. Terlebih jika kamu ingin menjangkau lebih banyak target audiens atau calon pembeli. Kebanyakan orang saat ini senang berselancar di dunia online. Belum lagi para kompetitor yang juga mulai merambah dunia online.

Jika kamu sudah menerapkan semua tips memilih jasa digital marketing di atas tapi masih ragu dan takut dalam menentukan pilihan akhir, jangan sungkan untuk menghubungi Exabytes. Hal yang paling penting adalah memastikan bahwa kamu tidak perlu terburu-buru membuat keputusan apalagi jika ini kali pertama memilih layanan digital marketing

Leave your vote

554 Points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *