10+ Tips Membuat logo Brand yang Baik dan Profesional

by -2 views
10+-tips-membuat-logo-brand-yang-baik-dan-profesional

Dengan semakin pesatnya pergerakan ekonomi ke arah digital, membuat persaingan dan kompetisi di antara para pebisnis juga semakin gencar. Selain dengan mengikuti alur perubahan bisnis ke arah online agar dapat bersaing di era digital, dibutuhkan pula inovasi dan pembaruan secara berkala agar bisnis tidak tenggelam. Untuk melengkapi penjelasan mengenai bisnis online, Exabytes Friends dapat singgah sejenak untuk menikmati pemaparan pada salah satu artikel berikut: Langkah Memulai Bisnis Online Sukses

Berbicara mengenai inovasi bisnis, logo adalah salah satu komponen penting yang perlu strategi dan inovasi matang dalam pembuatannya. Keberadaan logo dalam suatu brand adalah hal yang krusial. Karena logo adalah bagian sentral sebagai garda pertama untuk menunjukkan branding dan citra suatu produk. Selain itu, logo merupakan salah satu cara untuk membangun brand awareness. Oleh karena itu pada artikel kali ini akan dihadirkan pembahasan detail mengenai tips membuat logo. Simak terus, ya!

Tips Membuat Logo yang Baik dan Profesional

Logo sebagai visual branding suatu produk untuk memperkenalkan identitas perusahaan.
Logo sebagai visual branding suatu produk untuk memperkenalkan identitas perusahaan. (Sumber: iStock Photo)

Nah, pada artikel kali ini akan membahas secara komprehensif tentang tips membuat logo yang baik agar mampu menarik calon pelanggan serta meningkatkan bisnis penjualan. Yuk disimak!

Sebuah Gambar Dapat Melukiskan Seribu Kata

Logo merupakan representasi visual dari sebuah brand. Melalui logo, sebuah brand dapat mengkomunikasikan banyak hal, mulai dari arti produk, kegunaan produk, hingga keunikan produk dibandingkan merek lain yang sejenis.

Oleh karena itu, tips membuat logo yang pertama adalah memahami betul produk yang ingin dipromosikan serta keunikan yang dimiliki. Karena logo yang baik mampu menjelaskan makna sebuah brand beserta produknya hanya melalui gambar serta padanan warna.

Contoh desain logo yang mampu menggunakan gambar untuk menjelaskan seribu kata.
Contoh desain logo yang mampu menggunakan gambar untuk menjelaskan seribu kata. (Sumber: iStock Photo)

Pada contoh logo di atas, tanpa melihat atau mengetahui nama brand dari produk tersebut, kita tetap akan memahami bahwa produk yang ditawarkan adalah makanan. Terlihat dari logo peralatan makan berupa piring, sendok, dan garpu. Itulah pentingnya sebuah logo yang mampu merepresentasikan produk yang ingin dipromosikan hanya melalui sebuah gambar.

Sediakan Ruang Kosong Pada Logo Agar Desain Terlihat Bersih

Seorang pendiri merek pakaian tersohor “Chanel” yang bernama Gabrielle Bonheur Chanel pernah berkata “before you leave the house, look in the mirror and take one thing off”. Makna tersirat dari kalimat tersebut adalah agar tidak tampil berlebihan dan lebih baik terlihat simpel.

Contoh desain logo yang menggunakan ruang kosong.
Contoh desain logo yang menggunakan ruang kosong. (Sumber: iStock Photo)

Makna tersebut juga berlaku dalam dunia desain. Dengan membuat ruang kosong di antara logo dapat menjadikannya terlihat bersih dan simpel. Seperti contoh logo di atas, logo sebuah brand yoga mampu menggambarkan ketenangan dan kenyamanan dari ruang kosong yang ada di sekitar logo.

Contoh desain logo yang menggunakan ruang kosong dan desain yang simpel.
Contoh desain logo yang menggunakan ruang kosong dan desain yang simpel. (Sumber: iStock Photo)

Contoh selanjutnya dari implementasi ruang kosong pada logo adalah pada gambar di atas. Logo tersebut menggambarkan sebuah brand fotografi yang mampu menyajikan konsep minimalisme.

Dengan membuat ikon kamera menggunakan dua tanda kurung “[]” dan huruf “o” membuktikan bahwa sebuah logo tidak harus menggunakan gambar yang rumit. Cukup dengan gambar sederhana dapat menghadirkan representasi brand secara utuh dan unik. 

Ciptakan Logo Sederhana yang Mudah Diingat 

Tips membuat logo selanjutnya adalah menciptakan logo sederhana yang mudah diingat. Menurut beberapa design experts, logo yang baik adalah yang mudah dikenal dan diingat oleh konsumen atau pelanggan mereka. Untuk membuat logo yang mudah dikenal dan diingat, sebuah situs desain bernama Design Hack membagikan sebuah tips agar menciptakan logo desain yang serupa dengan nama brand.

Contoh desain logo yang mudah diingat dan merepresentasikan nama brand dengan baik merupakan salah satu tips membuat logo yang harus dilakukan.
Contoh desain logo yang mudah diingat dan merepresentasikan nama brand dengan baik. (Sumber: iStock Photo)

Seperti contoh logo dari salah satu perusahaan IT terbesar saat ini yaitu Apple. Logo dari Apple sangatlah sederhana dan merepresentasikan nama brand dengan baik. Karena nama brand yang dimiliki adalah Apple, maka logo perusahaan yang mereka buat berupa buah apel dengan sedikit gigitan pada bagian kanan agar menjadi ciri khas dari logo tersebut.

Warna yang digunakan pada logo brand Apple juga sangat netral yaitu hitam dan putih sehingga cocok ketika diletakkan dalam berbagai jenis produk mereka.

Bayangkan Tempat Dimana Logo Akan Diletakkan

Contoh desain logo sebuah brand minuman dengan tema desain bulat.
Contoh desain logo sebuah brand minuman dengan tema desain bulat. (Sumber: iStock Photo)

Ketika membuat sebuah logo, perlu diperhatikan pula produk yang akan ditempeli logo tersebut. Sebagai contoh, apabila perusahaan kalian bergerak di bidang food and beverages dan kalian ingin membuat logo minuman, maka bentuk logo yang cocok adalah lingkaran karena akan terlihat bagus ketika ditempelkan pada cup minuman.

Selain itu, lebih baik apabila mempertimbangkan pula strategi promosi yang digunakan pada produk tersebut. Apabila strategi marketing yang akan dijalankan untuk mempromosikan produk adalah melalui networking (dari media sosial, acara-acara webinar, dan lainnya), maka logo yang diciptakan harus terlihat bagus pada kartu nama.

Begitu pula ketika strategi pemasaran yang digunakan adalah melalui digital marketing (dengan video marketing misalnya), maka pembuatan logo bisa mempertimbangkan perpaduan warna yang unik dan mencolok agar logo dapat terlihat stands out pada layar video promosi.

Warna Adalah Kunci Untuk Desain Logo yang Bagus

Tips membuat logo yang baik selanjutnya berkaitan dengan warna. Pemilihan warna dalam sebuah logo adalah hal penting. Kesalahan dalam memadukan warna dapat membuat logo menjadi kacau.

Karena warna adalah unsur desain yang sangat berperan penting dalam pembuatan logo brand, maka kalian harus memahami terlebih dahulu makna dan macam-macam warna. Pada dunia desain, warna diklasifikasikan menjadi tujuh jenis, yaitu warna primer, warna sekunder, warna tersier, warna netral, warna panas, warna dingin, dan warna komplementer.

Sebaiknya desain logo yang diciptakan menggunakan warna primer atau warna netral agar terlihat simpel, mudah diingat, dan tidak terlalu ‘ramai’. Warna primer adalah warna-warna dasar seperti biru, kuning, dan merah.

Sedangkan warna netral yaitu hasil perpaduan tiga jenis warna (primer, sekunder, dan tersier) dengan proporsi seimbang 1:1:1. Contoh dari warna netral adalah hitam, putih, coklat, dan abu-abu.

Selain memahami tentang jenis-jenis warna, perlu diketahui pula makna dari tiap warna agar dapat disesuaikan dengan arti dan filosofi brand. Contohnya adalah warna hitam yang memiliki makna kekuatan, keanggunan, dan formalitas. Warna hitam cocok digunakan untuk tipografi dan bagian fungsional dari logo.

Contoh lainnya yaitu warna ungu yang selalu dikaitkan dengan kreativitas dan imajinasi. Sehingga warna ini akan cocok untuk menggambarkan kekayaan, kemewahan, dan royalti.

Sampaikan Makna dari Logo Secara Harfiah

Logo sebagai sebuah simbol identitas brand dapat diterjemahkan secara tersirat maupun tersurat. Apabila suatu brand ingin menunjukkan jati diri secara nyata dan transparan, maka dapat membuat logo dengan makna brand secara harfiah.

Contoh desain logo yang menyampaikan makna produk secara harfiah.
Contoh desain logo yang menyampaikan makna produk secara harfiah. (Sumber: iStock Photo)

Apabila nama brand kalian adalah sebuah benda, maka jadikan benda tersebut sebagai logo. Kalian dapat menyimak pada contoh logo di atas. Sebuah brand Power Storage menggunakan logo berupa gambar “listrik” untuk menyampaikan pesan tersirat dari brand. Contoh lainnya yaitu perusahaan Apple yang menggunakan logo buah apel untuk merepresentasikan brand mereka secara harfiah.

Mengikuti Perkembangan Zaman dan Budaya 

Apabila brand kalian telah memiliki logo sebelumnya, maka tidak ada salahnya untuk membuat logo baru dari hasil perombakan logo sebelumnya yang sudah ada. Perombakan dapat dilakukan dengan cara menyederhanakannya. Karena semakin berkembangnya jaman, sesuatu yang sederhana, mudah diingat, namun tetap eye-catching dan outstanding lebih banyak diminati oleh banyak orang.

Evaluasi desain logo Pepsi dari tahun ke tahun.
Evaluasi desain logo Pepsi dari tahun ke tahun. (Sumber: iStock Photo)

Seperti yang terlihat pada evolusi desain logo Pepsi. Sebagai perusahaan yang berdiri sejak berpuluh tahun lalu, Pepsi terus melakukan inovasi dalam memperbaiki logo mereka. Logo Pepsi telah melalui beberapa iterasi desain (konsep pengembangan desain yang bersifat dinamis dan fleksibel sehingga dapat diulang kembali jika terdapat kesalahan) hingga saat ini menghasilkan logo yang sangat simpel dan mudah diingat.

Selain itu, desain logo yang baik juga tetap harus mengikuti perkembangan tren pasar dan budaya (market and cultural trends). Apabila tidak mau mengikuti alur perubahan zaman, maka desain logo tersebut akan terasa kaku dan monoton. 

Tidak hanya logo yang harus mengikuti perubahan zaman serta budaya, namun sebuah bisnis juga harus menyesuaikannya. Dengan semakin gencarnya aktivitas masyarakat yang dilakukan secara luring, maka bisnis konvensional yang hanya menggunakan toko fisik untuk memasarkan produk mereka akan semakin jauh tertinggal.

Oleh karena itu dibutuhkan inovasi dan pembaruan agar bisnis mampu menjelajah online dan mampu menarik lebih banyak pelanggan melalui virtual. Untuk lebih lengkapnya Exabytes Friends dapat mampir sebentar pada artikel berikut ya: Alasan Bisnis Harus Go Online 

Gunakan Logotype

Contoh perusahaan-perusahaan ternama yang menggunakan Logotype.
Contoh perusahaan-perusahaan ternama yang menggunakan Logotype. (Sumber: iStock Photo)

Tips membuat logo branding yang baik dan profesional selanjutnya yaitu berkaitan dengan Logotype. Logotype dikenal pula dengan nama “word mark”, yaitu penggunaan nama brand sebagai kerangka utama ide dalam merancang logo. 

Salah satu keunggulan dari mengimplementasikan Logotype adalah dapat meningkatkan brand identity dan brand awareness karena visual logo langsung menjelaskan informasi tentang perusahaan. Selain itu, Logotype dapat memberikan kesan klasik dan tradisional pada desain logo. 

Implementasikan Teknik Visual Double Entendre

Contoh desain logo yang menggunakan teknik Visual Double Entendre.
Contoh desain logo yang menggunakan teknik Visual Double Entendre. (Sumber: iStock Photo)

Visual Double Entendre adalah sebuah konsep desain yang menggunakan dua gambar sebagai elemen utama logo sehingga logo memiliki dua makna yang melebur menjadi satu. Dengan menggunakan Teknik Visual Double Entendre, designer dapat menggabungkan sebuah tempat, konsep, ide, nama brand, tema, dan lainnya hanya dalam satu gambar saja. Sehingga logo tidak akan terlihat penuh dan tetap simpel tetapi eye-catching.

Keunikan dari teknik ini adalah mampu menyajikan informasi tentang brand tanpa harus mencantumkan nama brand sebagai teks di logo. Selain itu, Visual Double Entendre mampu menghadirkan kesan yang artistik dan cerdas pada logo brand.

Gunakan Custom-Font Pada Logo dengan Typography

Tips membuat logo yang akan dibahas selanjutnya yaitu berkaitan dengan penulisan. Salah satu ide unik dan menarik dalam pembuatan logo adalah menggunakan typography. Teknik typography menghasilkan logo yang hanya berupa tulisan saja. Tulisan tersebut biasanya berupa nama brand.

Desain logo Coca-Cola dengan typography.
Desain logo Coca-Cola dengan typography. (Sumber: iStock Photo)

Sebagai contoh, dihadirkan logo Coca-Cola yang menggunakan typography sebagai teknik pembuatan logonya. Dengan hanya membuat logo berupa tulisan nama brand, namun tetap menarik, unik, dan tidak mainstream karena Coca-Cola menggunakan custom-font sendiri.

Custom-font yang diciptakan khusus oleh tim desain sebuah brand dalam pembuatan logo akan menghasilkan kesan otentik dan kreatif. Saat ini telah banyak hadir software maupun aplikasi yang mampu membuat font sendiri, salah satunya yaitu FontLab Studio dan FontCreator. Silakan dicoba!

Pilih Software atau Aplikasi Pembuat Logo yang Terbaik 

Apabila kalian baru saja terjun di dunia bisnis dan brand yang dikembangkan masih dalam skala mikro sehingga belum memiliki desainer sendiri untuk membuat logo, maka kalian dapat membuat logo secara murah bahkan gratis melalui internet. Bagaimana caranya? Simak sejenak pada salah satu artikel Exabytes berikut ya: Desain Logo Online Gratis

Desain logo secara online dapat pula dilakukan menggunakan beberapa aplikasi atau software khusus pembuat logo. Contoh aplikasi gratis pembuat logo yaitu Inkscape, Jeta Logo Designer, dan Corel Draw.

Kesimpulan

Untuk dapat menciptakan sebuah logo yang kreatif, unik, otentik, menarik, timeless, serta tidak monoton maka dibutuhkan keahlian khusus dan kepekaan terhadap tren pasar dan budaya. Tips membuat logo yang baik menurut Exabytes yaitu membuat gambar logo yang mampu melukiskan seribu kata, menyediakan ruang kosong pada logo, menciptakan logo sederhana yang mudah diingat, dan membayangkan tempat logo diletakkan.

Tips membuat logo selanjutnya adalah menggunakan perpaduan warna dengan apik, menyampaikan makna brand secara harfiah, mengikuti perkembangan zaman dan budaya, menggunakan Logotype, mengimplementasikan teknik Visual Double Entendre, menggunakan custom-font, serta memilih software atau jasa pembuatan logo yang profesional.

Nah, selain menggunakan aplikasi pembuat logo, kalian juga dapat mempercayakan pembuatan logo pada jasa desain logo profesional agar hasil yang diperoleh terlihat lebih bagus dan menarik. Exabytes sebagai salah satu perusahaan IT yang bergerak di bidang digital juga menghadirkan jasa pembuatan logo, loh!

Harga desain logo di Exabytes sangat terjangkau. Tanpa merogoh kocek terlalu dalam, brand kalian akan memiliki logo dengan desain profesional, tampilan menarik, unik, mudah diingat, dan waktu pembuatan yang relatif cepat. Tunggu apalagi langsung saja berkunjung ke laman utama Exabytes untuk info selengkapnya, ya!

Leave your vote

333 Points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *