10 Makam Terindah di Dunia, Jauh Dari Kesan Angker!

by -2 views
10-makam-terindah-di-dunia,-jauh-dari-kesan-angker!

Pemakaman biasanya identik dengan hal yang berkaitan dengan kematian sehingga terkesan menakutkan. Pada abad ke-19, pemakaman zaman dahulu juga memiliki reputasi yang menakutkan. Demi mengesampingkan kesan seram, banyak negara rela membangun makam terindah di dunia.

Tidak hanya menakutkan, konon zaman dulu banyak jenazah yang dicuri dari pemakaman. Bahkan lahan pemakaman digunakan sebagai tempat judi dan prostitusi.

Karena hal tersebut maka seorang arsitek bernama Sir Islington Wren memutuskan untuk membuat pemakaman bergaya taman. Tidak hanya  indah dan artistik, saat itu lahan pemakaman dipenuhi pepohonan, bunga-bunga hingga kolam.

10 Makam Terindah di Dunia

Pada saat ini, pemakaman bergaya taman menjadi sebuah tren. Karena keindahannya, orang-orang sering berkunjung ke makam tokoh-tokoh terkenal. Berikut beberapa makam terindah di dunia yang jauh dari kesan menyeramkan. 

1. Neptune Memorial Reef

Sumber: gugunderwater.com

Neptune Memorial Reef merupakan sebuah pemakaman yang berada di bawah laut Florida, Amerika Serikat. Neptune Memorial Reef pada awalnya merupakan sebuah tempat terumbu karang buatan manusia. Terumbu karang tersebut dibuat sebagai replika Atlantis sekaligus untuk menutupi 16 hektar lahan gundul  yang terdapat di dalam lautan.

Seiring berjalannya waktu, terumbu karang tersebut berubah menjadi tempat pemakaman bawah laut. Jenazah orang yang sudah meninggal tidak langsung ditenggelamkan bersama peti atau semacamnya kedalam lautan. 

Namun, jenazah harus dikremasi terlebih dahulu, lalu abu dari jenazah tersebut dicampur dengan semen dan dibentuk sesuai dengan keinginan keluarga, sehingga dapat dibawa ke dasar laut hingga kedalaman 12 meter. Nantinya diatas makam tersebut disimpan plakat yang terbuat dari perunggu atau tembaga. Hingga saat ini, Neptune Memorial Reef masih digunakan sebagai tempat pemakaman bawah laut.

Artikel terkait: 10 Wisata Horor di Indonesia untuk Uji Nyali, Berani Berkunjung? 

2. Hollywood Forever Cemetery

Sumber: travelcaffeine.com

Hollywood Forever Cemetery didirikan pada tahun 1899 dan menjadi kuburan tertua di Los Angeles. Hollywood Forever Cemetery merupakan pemakaman bagi para pendiri dan bintang Hollywood. Pemakaman ini terletak di Santa Monica Boulevard, Hollywood, Los Angeles.

Pada blok yang sama juga terdapat studio-studio Paramount Pictures. Biasanya, orang-orang terkenal yang dimakamkan di Hollywood Forever terdiri dari para selebritis seperti aktor, sutradara, penulis dan lainnya. Hollywood Forever Cemetery bukan sekadar kuburan, tetapi juga tempat dilangsungkannya sebuah konser musik bernama The Flaming Lips.

Selain konser musik, di area pemakaman ini juga dipakai untuk pemutaran film dalam acara Cinespia. Hollywood Forever Cemetery juga menjadi lokasi syuting beberapa film seperti Valentine’s Day, The Young and The Dead dan masih banyak lagi. 

3. The Merry Cemetery

Sumber: Matador Network

The Merry Cemetery berada di kota Sapanta, Romania. Di dalamnya terdapat lebih dari 600 nisan berbentuk salib kayu yang dicat warna-warni dan dihias dengan lukisan yang menggambarkan kisah hidup, rahasia, atau saat-saat terakhir mendiang yang ditempatkan di masing-masing makam.

Dilansir dari Merdeka.com, menurut Atlas Obscura, tradisi membuat nisan kayu yang unik ini dimulai oleh Stan Ioan Patras. Laki-laki yang lahir di Sapanta pada tahun 1908 bekerja sebagai pembuat nisan untuk pemakaman lokal ketika masih berusia 14 tahun. 

Pada tahun 1935, Patras mulai membuat salib-salib berukiran dengan gambar-gambar yang berkaitan dengan riwayat mendiang, disertai dengan puisi satire. Dalam tulisan-tulisan singkat yang biasanya hanya bertuliskan Rest In Peace itu bahkan bisa berisi skandal rahasia si mendiang selama hidup atau keburukannya.

Patras memasukkan simbolisme kedalam nisan-nisan karyanya. Warna hijau melambangkan kehidupan, warna kuning melambangkan kesuburan, warna merah untuk gairah, dan warna hitam melambangkan kematian.

Warna-warna tersebut dilukis di atas latar belakang berwarna biru tua yang Patras yakini mewakili harapan, kebebasan, dan langit. Terkadang Patras juga menyertakan merpati putih yang melambangkan jiwa serta burung hitam untuk mewakili kematian tragis atau mencurigakan.

Artikel terkait: 17 Film Horor Terbaik dan Terbaru Korea, Menegangkan! 

4. Calvary Cemetery

Sumber: madiganthompson.blogspot.com

Calvary Cemetery merupakan sebuah pemakaman yang terletak di tengah kota New York, lengkap dengan pemandangan gedung pencakar langit. Salah satu film yang pernah menjadikan Calvary Cemetery lokasi syuting adalah film Godfather. 

5. Waverley Cemetery

Sumber: Fine Art America

Waverley Cemetery juga merupakan pemakaman umum yang berlokasi di Sydney, Australia. Makam ini terletak di tebing yang menghadap ke lautan lepas. Banyak sekali orang yang mengunjungi makan ini, sebab dengan pergi ke pemakaman ini, pengunjung dapat mengingat tentang kematian mereka. Selain itu, pengunjung juga dapat menyaksikan indahnya pemandangan laut yang menakjubkan. 

Waverly Cemetery ini dibangun dengan nisan berbentuk salib yang memiliki ukuran besar dengan aneka bentuk yang beragam. Adanya lautan di seberang pemakaman ini menjadikan tempat ini hampir tidak mempunyai kesan angker. Pemakaman ini sudah menjadi peristirahatan terakhir lebih dari 200 veteran perang. Dari mulai tahun 1877, sekitar 8.000 orang telah dimakamkan di Waverly Cemetery.

6. Cementerio General

Sumber: duna.cl

Cementerio General merupakan pemakaman terbesar di Santiago. Di pemakaman ini terdapat lebih dari 2 juta makam. Hal unik yang dapat kalian temukan pada kuburan-kuburan di pemakaman ini adalah, kuburan dibagi sesuai profesi dari jenazah, mulai dari jenazah dengan profesi guru, pemadam kebakaran, bahkan badut.

7. Mirogoj Cemetery

Sumber: absolute-croatia.com

Mirogoj Cemetery adalah pemakaman yang terletak di Zagreb, Kroasia. Pemakaman ini memiliki 2 area yaitu area makam dan area kremasi. Tidak memiliki kesan angker sama sekali, pemakaman ini cenderung lebih estetik dan sangat cocok untuk berfoto.

Bangunan pada pemakaman ini umumnya berupa kastil kuno, lengkap dengan ukiran dinding dan lantai bercorak. Pemakaman ini juga berfungsi sebagai galeri karya seni oleh pelukis, pematung, dan pengrajin Kroasia. Mirogoj bahkan beberapa kali masuk dalam daftar kuburan paling indah di Eropa.

8. Panteón Antiguo de Xoxocotlán

Sumber: enciclopedias.com

Tahukah kalian bahwa film animasi Coco terinspirasi dari perayaan Hari Kematian (Day of the Dead/Día de los Muertos) yang dirayakan di pemakaman ini.

Mengunjungi makam kerabat menjadi tradisi warga di sini, sehingga kuburan-kuburan yang terdapat pada pemakaman ini biasanya dipenuhi oleh bunga-bunga yang indah. Perayaan Hari Kematian diperingati setiap tanggal 31 Oktober.

9. Highgate Cemetery

Sumber: tripswithrosie.com

Dibuka pada tahun 1839 di London Utara, Highgate Cemetery adalah tempat peristirahatan terakhir dari banyak tokoh terkenal, seperti Karl Marx, Malcolm McLaren, dan Jeremy Beadle. 

Kuburan tersebut berada di kedua sisi Swain’s Lane di Highgate, N6. Pemakaman Timur buka setiap hari (kecuali Hari Natal) dan untuk mengunjungi Pemakaman Barat, kalian harus mengikuti tur yang diselenggarakan oleh Friends of Highgate Cemetery.

Terdapat sekitar 170.000 orang yang terkubur di sekitar 53.000 nisan di Highgate Cemetery. Saking indahnya, area pekuburan ini juga menjadi cagar alam di London.

10. Cimetière du Père Lachaise

Sumber: thrillophilia.com

Terakhir ada Père Lachaise terletak di Paris dan dikenal sebagai pemakaman yang indah karena adanya dekorasi taman yang melingkupi area pemakaman.

Taman tersebut merupakan taman pertama yang didekorasi untuk pemakaman. Makam Jim Morrison dan Oscar Wilde ada di sini. Kuburan sekitar 44 hektar ini menjadi memorial Perang Dunia I. 

Demikian informasi mengenai 10 makam terindah di dunia. Sama sekali tidak ada kesan horor bukan? 

Leave a Reply

Your email address will not be published.