25.6 C
Jakarta
Tuesday, May 17, 2022

10 Laut Terdalam di Dunia, Sulit Dieksplorasi dan Menyimpan Banyak Misteri

10 Laut Terdalam di Dunia, Sulit Dieksplorasi dan Menyimpan Banyak Misteri

Manusia bisa mencapai luar angkasa, namun dasar lautan adalah misteri yang agung. Ini merupakan ungkapan populer yang menggambarkan zona terdalam samudra sangat sulit untuk diekplorasi. Beberapa titik laut terdalam di dunia, hingga kini disebut belum berhasil dicapai oleh siapapun.

Planet Bumi terdiri dari 70 persen wilayah perairan atau lautan, dengan setidaknya 1,35 miliar kilometer kubik air. Di dalam laut, sama halnya dengan di daratan, terdapat dataran tinggi, lembah, pegununungan, dan parit atau cekungan.

Secara harfiah, laut dalam adalah lapisan terbawah dari lautan dengan kedalaman lebih dari 1,8 km. Sumber Marine Insight bahkan menyebut laut dalam bisa mencapai kedalaman 3,5 km. Namun beberapa cekungan laut berikut ini kedalamannya melebihi angka tersebut.

Zona Kedalaman Laut

Ilmuwan mengkategorikan zona kedalaman laut menjadi lima bagian, antara lain:

Epipelagik, yaitu zona yang dekat dengan permukaan laut.
Mesopelagik, berada di bawah Epipelagik dengan kedalaman 200 meter.
Batipelagik, berada di bawah lapisan Mesopelagik dengan kedalaman 1 km.
Abisopelagik, berada di bawah lapisan Batipelagic dengan kedalaman 4 km.
Hadopelagik, yaitu area cekungan di bawah Abisopelagik.

Cahaya matahari hanya bisa menembus di kedalaman 200 hingga 1000 meter di bawah permukaan laut.

Artikel terkait: Sejarah Hari Laut Sedunia, Mari Ajarkan Anak Mencintai Lautan dan Pantai

10 Bagian Laut Terdalam di Dunia

Berikut ini sejumlah laut terdalam di dunia.

1. Palung Mariana

Foto: Scientific America

Palung Mariana terletak di bagian barat Samudera Pasifik sekitar 200 kilometer sebelah timur Kepulauan Mariana, bagian barat Filipina. Wilayah ini dinobatkan memiliki zona laut terdalam di Bumi tepatnya di Challenger Deep yang dalamnya mencapai 11 km.

Di dalam Palung Mariana, terdapat lubang atau parit yang dalam, hasil dari tumbukan lempeng-lempeng litosfer samudra yang konvergen.

Di dasar Palung Mariana, kerapatan air meningkat sebesar 4,96 persen karena tekanan tinggi di dasar laut. Eksplorasi yang dilakukan oleh para ilmuwan menemukan bahwa di wilayah ini terdapat organisme yang hidup seperti ikan pipih, udang besar, krustasea besar, dan bahkan jenis ikan yang tidak dikenal.

Penelitian yang dilakukan untuk bisa mencapai dasar Palung Mariana juga terbilang tidak mudah. Dasar palung selalu berada dalam kondisi yang sangat gelap dan sangat dingin. Akan sangat berisiko untuk mencoba mencapai dasar palung.

Sebuah laporan di situs Mongabay yang dipublikasikan pada 2015 menyebut, peneliti dari Universitas Hawaii mencoba melakukan eksplorasi ke dasar Palung Mariana. Para peneliti menggunakan Falkorhr, sebuah kapal penelitian yang mengirim tim “pendarat” untuk masuk ke dasar samudera. Para pendarat ini berada dalam kotak kaca tebal seukuran lemari es besar yang dilengkapi dengan peralatan canggih beserta kamera.

Ketika sampai di dasar palung, para pendarat menyaksikan kejutan yang luar biasa. “Kami menyaksikan untuk pertama kalinya ikan-ikan di laut terdalam di dunia yang pernah terekam sepanjang sejarah,” kata peneliti senior dari Universitas Hawaii, Jeff Drazen.

2. Palung Tonga, Selandia Baru

Laut terdalam selanjutnya adalah Palung Tonga. Terletak di barat daya Samudra Pasifik dan di ujung utara Zona Subduksi Tonga Kermadec, Palung Tonga berlokasi sekitar 10,9 km di bawah permukaan laut. Titik terdalam di palung Tonga, yang dikenal sebagai Horizon Deep, dianggap sebagai titik terdalam kedua di bumi setelah Challenger Deep dan palung terdalam di belahan bumi selatan.

Para peneliti juga menemukan bahwa pergerakan lempeng ini juga menyebabkan gunung berapi besar di palung Jepang serta palung Mariana. Menurut ilmuwan kelautan, sedimen Horizon Deep adalah tempat hidup cacing gelang.

Ketika misi Apollo 13 dibatalkan pada tahun 1970 setelah ledakan di tangki oksigen, generatornya pecah di atmosfer dan kemudian jatuh di dekat Palung Tonga. Beruntungnya, menurut pemantauan atmosfer dan lautan, mengindikasikan bahwa tidak ada pelepasan bahan bakar nuklir yang terjadi.

3. Galathea Deep, Palung Filipina, Samudra Pasifik

Titik laut terdalam di dunia yang ketiga yaitu, Kedalaman Galathea atau Galathea Deep di palung Filipina yang mencapai kedalaman 10,54 km di bawah permukaan laut. Wilayah ini juga dikenal sebagai Palung Mindanao.

Palung Mindanao cukup terkenal di kawasan laut Filipina. Hingga tahun 1970, ilmuwan beranggapan bahwa palung Filipina adalah titik terdalam di planet Bumi.

Artikel terkait: Studi: 90 persen garam laut terkontaminasi plastik, peringatan buat Parents!

4. Parit Kuril – Kamchatka, Samudra Pasifik, Salah Satu Laut Terdalam di Dunia

Titik laut terdalam lainnya terletak di Samudra Pasifik, dengan kedalaman 10,5 km di bawah permukaan laut, yakni parit Kuril. Cekungan ini berada di dekat Pulau Kuril dan di lepas pantai Kamchatka.

Parit Kuril disebut bertanggung jawab atas sejumlah aktivitas gunung berapi dasar lautan di wilayah tersebut.

5. Parit Kermadec, Samudra Pasifik

Parit Kermadec terletak di dasar Samudra Pasifik Selatan, membentang sekitar 1.000 km antara Rantai Gunung Laut Louisville dan Dataran Tinggi Hikurangi. Palung Kermadec memiliki kedalaman maksimum 10,04 km.

Palung ini juga merupakan rumah bagi berbagai spesies termasuk spesies amphipod raksasa yang berukuran panjang sekitar 34 cm, di bagian bawah parit.

Beberapa tahun lalu, Palung Kermadec menjadi pemberitaan setelah kecelakaan meledaknya kapal selam tanpa awak untuk keperluan penelitian. Meledaknya kapal tersebut disebabkan oleh tekanan tinggi di kedalaman 9.990 meter saat melakukan eksplorasi di Palung Kermadec.

Artikel terkait: Menakjubkan! Ibu ini melahirkan di Laut Merah melalui metode water birth

6. Palung Izu-Ogasawara

Terletak di bagian barat Samudra Pasifik, Palung Izu-Ogasawara memiliki kedalaman maksimum 9,78 km. Dikenal juga sebagai Palung Izu-Bonin, parit dalam ini membentang dari Jepang ke bagian utara Palung Mariana dan juga merupakan perpanjangan dari Palung Jepang.

7. Palung Jepang, Samudra Pasifik

Palung Jepang merupakan bagian dari Cincin Api Pasifik, terletak di dasar Samudra Pasifik bagian utara, tepatnya di sebelah timur laut Jepang. Palung Jepang memiliki titik terdalam mencapai 9 km, memanjang dari Kepulauan Kuril hingga Kepulauan Bonin.

Kapal selam penelitian Shinkai-6500 yang berawak 3 orang pada 11 Agustus 1989 berhasil menyelam di palung ini hingga kedalaman 6.526 meter.

8. Palung Puerto Rico, Samudra Atlantik

Palung Puerto Rico berlokasi di antara Laut Karibia dan Samudra Atlantik. Kedalaman rata-rata di Samudra Atlantik adalah 3.646 meter di bawah permukaan laut. Sedangkan titik terdalamnya yakni Palung Puerto Rico mencapai kedalaman 8.376 meter di bawah permukaan laut.

Palung Puerto Rico juga disebut bertanggung jawab terhadap tsunami dan gempa yang terjadi di wilayah ini.

Artikel terkait: 11 Jenis Udang Air Laut yang Nikmat Disantap! Anda Suka yang Mana?

9. Palung Sandwich Selatan, Samudra Atlantik

Setelah Palung Puerto Rico, Samudra Atlantik juga memiliki palung terdalam yakni Palung Sandwich Selatan dengan kedalaman maksimum sekitar 8,42 km. Titik terdalam ini disebut Meteor Deep yang membentang lebih dari 956 km menjadikannya salah satu palung paling terkenal di dunia.

Terletak 100 km di sebelah timur Kepulauan Sandwich Selatan di Samudra Atlantik selatan, parit ini dibentuk oleh subduksi Lempeng Amerika Selatan di bawah Lempeng Sandwich Selatan kecil. Palung Sandwich Selatan ini juga diasosiasikan dengan busur vulkanik aktif.

10. Palung Peru–Chili, Samudra Pasifik

Palung Peru–Chile (Palung Atacama) terletak sekitar 160 km di lepas pantai Peru dan Chili di timur Samudra Pasifik. Palung Atacama memiliki kedalaman maksimum 8,06 km di bawah permukaan laut. Titik terdalam dari parit ini dikenal sebagai Richards Deep.

Parit tersebut berukuran panjang sekitar 5.900 km dan lebar rata-rata 64 km, dan mencakup area seluas sekitar 590.000 kilometer persegi.

Itulah beberapa daftar lokasi laut terdalam di dunia. Kedalaman laut yang sangat ekstem membuat manusia kesulitan untuk mengeksplorasi dasar Bumi. Untuk lebih memahami informasi ini, Anda dapat menyaksikan beberapa film yang menggambarkan eksplorasi dunia bawah laut.

Semoga informasi tentang laut terdalam di dunia ini membantu.

Pesona Pulau Bunaken, Tempat Tinggal Biota Laut Unik dan Putri Duyung

6 Akibat Rotasi Bumi, Perbedaan Waktu Hingga Arus Laut Membelok

10 Danau Terbesar di Dunia, Nomor 1 Luasnya Seperti Laut

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles