10+ Kriteria Website User-Friendly dan Contohnya [Terbaru]

by -3 views
10+-kriteria-website-user-friendly-dan-contohnya-[terbaru]

Website yang baik adalah website yang memiliki desain menarik dan juga user-friendly. Jika kamu memiliki website atau blog pribadi, coba cek terlebih dahulu tampilan web atau blog tersebut. Website user friendly akan membuat pengunjung merasa nyaman sehingga mereka akan menjelajahi setiap halaman sampai menemukan apa yang mereka cari.

Untuk website yang belum user-friendly, pemilik atau pengelolanya bisa mengganti tampilannya agar lebih ramah pengguna. Apa saja kriteria website yang ramah pengguna? Mengapa bisnis online harus memiliki website yang ramah pengguna? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, kamu bisa membaca artikel ini.

Sekilas Tentang Website User-Friendly

website user-friendly untuk bisnis online
Bisnis online harus memiliki website user-friendly agar tujuan bisnis lebih mudah tercapai. (Sumber: flickr – John Aeliya)

Beberapa orang mungkin masih belum tahu apa itu user-friendly meski mereka sering mendengar istilah tersebut. User-friendly adalah kondisi di mana kita bisa menggunakan sesuatu dengan mudah dan nyaman baik dalam menggunakan sistem operasi, software, ataupun website.

Tujuannya adalah untuk mempermudah pengguna dalam mencari informasi yang penting serta menampilkan hasil yang sesuai dengan keinginan pengguna. Dalam desain website, user-friendly berarti pengunjung bisa dengan mudah menemukan informasi yang mereka butuhkan dengan cepat di berbagai perangkat termasuk komputer, tablet, dan smartphone.

Pentingnya Website User-friendly untuk Bisnis

Pentingnya memiliki website user-friendly untuk bisnis
Website user-friendly memiliki peran penting bagi bisnis online. (Sumber: pixabay – QuinceCreative)

Keberadaan bisnis secara online dimulai dari memiliki website. Jika website mudah digunakan, maka pengunjung akan merasa senang dan puas sehingga mereka akan membeli produk atau jasa yang ditawarkan di website tersebut. Jika kamu berencana untuk membuat website, silahkan baca artikel tentang cara membuat website ini.

Kenapa website harus user-friendly? Alasan dibalik pentingnya website yang ramah pengguna harus kamu pahami dengan betul. Sehingga kamu hanya akan membuat website yang tidak hanya menarik tetapi juga mudah digunakan oleh setiap pengunjung. Ada beberapa alasan kenapa website harus user-friendly, di antaranya adalah sebagai berikut.

Meningkatkan Pengalaman Pengguna

User experience atau pengalaman pengguna adalah salah satu hal penting yang harus kamu perhatikan dalam membuat website, misalnya dengan menggunakan website builder. Dewasa ini, pengguna smartphone semakin meningkat. Kebanyakan dari mereka menggunakan perangkat tersebut untuk melakukan banyak kegiatan termasuk mencari informasi dan membeli produk.

Apabila website kamu mobile-friendly, informasi akan lebih mudah diakses oleh para pengguna smartphone. Website yang ramah seluler mampu menyediakan call-to-action (CTA) yang jelas sehingga bisa meningkatkan konversi pelanggan. 

Memengaruhi Ranking di Mesin Pencari

Salah satu mesin pencari, Google, mempertimbangkan apakah website mobile-friendly atau tidak dalam menentukan ranking website di hasil pencarian. Coba cek apakah website kamu mudah digunakan di berbagai perangkat dengan menggunakan tools yang tepat, misalnya melalui situs GTMetrix.

Untuk meningkatkan peluang berada di hasil pencarian teratas, kamu juga harus mulai mempelajari core web vital yaitu kumpulan metrik website yang ditentukan oleh Google. Google menetapkan kumpulan metrik tersebut sebagai bagian dari indikator search ranking terbaru, yaitu page experience.

Kenyamanan Pengguna

Dengan memiliki website yang bisa diakses pengguna melalui smartphone, kamu bisa meningkatkan jumlah pelanggan dengan lebih cepat. Website yang ramah ponsel bisa menambah kredibilitas pada brand serta posisi kamu sebagai sumber yang terpercaya dalam menyediakan informasi pada para pelanggan dan pengguna internet.

Pelanggan biasanya mencari produk, layanan, dan tools yang bisa meningkatkan kenyamanan mereka. Dengan website yang bagus, pengguna internet bisa mendapatkan informasi yang mereka butuhkan saat mereka merasa lebih nyaman. Hal ini sangat mungkin terjadi bahkan di luar jam operasional bisnis kamu.

Website yang user-friendly akan membantu bisnis menarik lebih banyak pelanggan. Untuk meningkatkan user experience website, kamu bisa mencari informasi melalui artikel ini.  

Kriteria Website User-friendly

Kriteria website user-friendly
Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi agar website kamu user-friendly. (Sumber: Unsplash – Taras Shypka)

Membuat website yang menarik memang tidak mudah, tapi kamu bisa mencobanya menggunakan WordPress. Kelebihan WordPress dari berbagai sisi menjadi alasan kenapa semakin banyak orang yang menggunakan platform ini saat mereka memutuskan untuk membuat website untuk bisnis online.

Untuk bisa membuat website yang ramah pengguna, pastikan website kamu memenuhi beberapa kriteria. Di bawah ini adalah kriteria website user-friendly yang harus ada di sebuah website.

Nama Domain yang Mudah Diingat

Pemilihan nama domain adalah hal pertama yang harus kamu perhatikan karena berpengaruh pada kemudahan dalam mengakses situs web. Kamu harus menggunakan nama domain yang mudah diingat oleh para pengguna internet. Nama domain tentunya harus kamu sesuaikan dengan jenis website yang akan kamu buat. 

Tujuan utama membuat website yang ramah pengguna adalah agar pengunjung bisa menemukan informasi yang mereka butuhkan dengan mudah dan cepat. Nama domain yang mudah diingat akan bisa menarik pengguna internet untuk kembali mengakses website kamu.

Mudah Diakses

Kriteria lain dari website user-friendly adalah mudah diakses. Untuk memastikan hal tersebut, kamu bisa mengecek uptime website. Uptime pada situs adalah waktu situs atau layanan web yang tersedia bagi pengguna dalam periode tertentu. Pemilik website biasanya memilih hosting yang memberikan jaminan uptime tinggi untuk membuat website yang user-friendly.

Cepat Diakses

Website harus mudah dan cepat diakses, jadi pastikan kamu tidak akan menyepelekan kecepat web yang kamu miliki. Kamu sudah sering mendengar istilah bahwa waktu adalah uang, bukan? Setiap detik yang kamu habiskan hanya untuk menunggu loading website bisa membuat kamu kehilangan banyak kesempatan untuk mendapatkan uang.

Pengguna internet tidak akan menghabiskan waktu mereka hanya untuk menunggu loading website. Mereka akan memilih website lain yang loading-nya jauh lebih cepat. Karenanya, kamu harus selalu memeriksa secara berkala kecepatan website yang kamu kelola.

Agar website kamu memiliki kecepatan loading yang fantastis, coba beberapa hal berikut.

  • Aktifkan caching WordPress
  • Lakukan kompresi gambar di website
  • Meminimalisir penggunaan plugin
  • Gunakan tema yang ringan
  • Batasi jumlah konten di tiap halaman

Pastikan juga agar website tidak mengalami down, sehingga mengganggu kenyamanan pengunjung. Hindari beberapa penyebab website down untuk meminimalisir penurunan kualitas website.

Struktur Website Jelas

Struktur website tidak kalah penting untuk pengguna karena bisa membantu mereka menjelajahi situs web dengan mudah. Agar website user-friendly, konten harus disusun ke dalam kategori atau sub-kategori yang sesuai. Kategori tersebut juga masih harus kamu atur lagi ke dalam kelompok seperti menu. 

Menu Navigasi yang Efektif

Navigasi berhubungan erat dengan struktur web di mana struktur web merupakan kamar-kamar untuk menyimpan konten sedangkan navigasi adalah pintu pembuka kamar tersebut agar pengunjung bisa mengakses konten dengan lebih mudah.

Kamu bisa mencoba beberapa tips dalam membuat navigasi yang efektif seperti menggunakan keyword yang menamai navigasi, memiliki struktur web yang rapi, dan memastikan tidak ada broken link di halaman web.

Link Mudah Dikenali

Karena link masih satu paket dengan struktur dan navigasi situs web, maka kamu tidak bisa memisahkan hal tersebut dari kriteria website yang ramah pengguna. Link tidak hanya sekedar bisa di klik tetapi juga harus bisa mengarahkan pengunjung ke konten lain di dalam web. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan link untuk menambah relevansi konten melalui backlink.

Agar link mudah dikenali, ikuti format umum untuk membuatnya seperti membuat anchor text dalam bentuk keyword dan menggunakan warna mencolok atau format bold.

Konten Berkualitas

Kriteria selanjutnya dari situs web yang ramah pengguna adalah konten yang berkualitas. Kamu tidak bisa begitu saja membuat konten tanpa memperhatikan kualitasnya. Untuk memastikannya, perhatikan susunan informasi yang harus bisa membantu pembaca memahami konten dengan mudah. 

Banyak website yang menggunakan model piramida terbalik dalam membuat konten. Dengan model ini, kamu harus menaruh informasi yang paling penting di bagian awal tulisan dan kemudian membuat detail pendukung di bagian selanjutnya.

Exabytes juga menyediakan panduan lengkap seputar content marketing yang bisa kamu jadikan referensi dalam mengelola konten.

Tampilan yang Sama di Berbagai Browser

Masing-masing individu memiliki opsi dan preferensi dalam memilih browser. Kamu tentunya harus memperhatikan hal tersebut karena tampilan browser akan berpengaruh pada penggunanya.

Setiap mesin pencari memiliki kode spesifik yang membuat tampilan di satu browser dengan lainnya berbeda. Pemilik web harus bisa mengurangi perbedaan tersebut agar tampilan dan user experience tidak jauh berbeda di berbagai browser.

Call-to-action yang Jelas

Tujuan akhir dari pembuatan website yang user-friendly adalah mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin. Itulah kenapa kamu harus memperhatikan call-to-action (CTA). Buat tujuan yang jelas apakah kamu ingin mengajak pengguna ke halaman tertentu, mengarahkan mereka untuk mengisi form, atau mengajak mereka membeli produk. 

CTA yang dibuat dengan jelas dan sesuai kenyamanan pengguna bisa mempengaruhi mereka dalam membuat keputusan akhir yang berpengaruh pada pencapaian tujuan kamu dalam membuat website. Coba beberapa tips di bawah ini agar CTA tidak mengganggu kenyamanan pengguna.

  • Buat CTA yang jelas, mencolok, dan mudah dikenali
  • Simpan di posisi strategis seperti navigasi, tombol, atau sidebar
  • Gunakan ukuran font yang mudah dibaca
  • Tampilkan hanya satu CTA di setiap halaman website

Desain Responsif dan Kompatibel

Membuat website yang user-friendly adalah usaha untuk menarik banyak pengguna. Sekarang banyak orang yang lebih sering menggunakan smartphone daripada komputer untuk mengakses internet. Oleh karena itu, situs web harus responsif dan kompatibel sehingga pengguna bisa mengaksesnya melalui berbagai perangkat dan browser.

Kombinasi Warna yang Sesuai

Dalam hal user-friendly, warna menjadi bagian penting. Kombinasi warna yang sesuai bisa membangun pengalaman mengakses situs web yang menyenangkan. Banyak website yang menggunakan warna putih sebagai warna dominan. Menjadi elemen penting dalam website agar user-friendly, white space di website bisa meningkatkan reputasi dan kepercayaan pada bisnis.

Selain itu, dominasi warna putih juga bisa menonjolkan objek tertentu. Kamu bisa mempertimbangkan penggunaan warna tersebut sebagai latar foto produk agar produk kamu bisa mencuri perhatian pengunjung website.

Contoh Website User-friendly

Butuh inspirasi agar bisa membuat website yang user-friendly? Jika demikian, kamu bisa melihat beberapa contoh website yang tidak hanya menarik tetapi juga user-friendly, seperti di bawah ini.

Amazon

Website Amazon
Amazon memiliki website yang user-friendly (Sumber: kreasi pribadi)

Salah satu contoh website e-commerce yang memiliki desain ramah pengguna adalah Amazon. Pengguna bisa dengan mudah melakukan pencarian produk di website ini. E-commerce satu ini memiliki jutaan produk tetapi bisa menyederhanakan tampilan antarmukanya.

Welly

Website welly
Welly bisa menjadi inspirasi bagi yang akan membuat toko online bergaya minimalis. (Sumber: kreasi pribadi)

Jika kamu ingin membuat toko online dengan konsep minimalis, Welly bisa menjadi inspirasi sekaligus contoh website user-friendly. Desain website brand alat P3K dari Amerika Serikat ini modern dengan menampilkan produk di bagian tengah. User interface nya simpel dan rapi dengan banyak ruang kosong. 

Kombinasi warna putih yang mendominasi dan warna hijau di bagian latar belakang dengan aksen warna oranye mampu menarik perhatian pengunjung ke elemen paling penting seperti tombol CTA. 

Apple

Website Apple
Halaman produk Apple memiliki website dengan desain minimalis yang nyaman dilihat. (Sumber: kreasi pribadi)

Berbeda dari kebanyakan website e-commerce, Apple membuat halaman produk yang tampak seperti landing page. Mereka juga membuktikan bahwa desain minimalis sangat nyaman dilihat dan bisa menarik perhatian para pengunjung. 

Latar belakang yang polos serta banyaknya ruang kosong tidak akan membuat pengunjung merasa terganggu oleh gambar produk cukup besar dan nyata.

The Scott Resort & Spa

Website the Scott
Tampilan website Scott Resort & Spa rapi dan minimalis. (Sumber: kreasi pribadi)

Website dari The Scott Resort & Spa bisa menjadi referensi apabila kamu hendak membuat website untuk bisnis akomodasi. Tampilannya yang rapi dan minimalis membuat pengunjung merasa nyaman sehingga akan tertarik untuk berlibur dan menginap di resort ini.

Neuro

Website Neuro yang user-friendly
Contoh website user-friendly yang bisa menjadi inspirasi untuk membuat website (Sumber: kreasi pribadi)

Untuk menambah daftar contoh website yang keren dan user-friendly, kamu bisa melihat website dari Neuro. User interface nya fokus untuk memberikan tampilan yang menarik dengan foto produk berkualitas tinggi. Penggunaan skema warna yang cerah juga bisa menarik perhatian para pengunjung website.

Kesimpulan

Memperhatikan kriteria website user-friendly sangat penting untuk sebuah bisnis online. Oleh karena itu, kamu harus memastikan bahwa web kamu akan dibuat dengan memenuhi semua kriteria yang bisa membuatnya menjadi website yang ramah pengguna.

Setelah mengetahui elemen penting dalam website agar user friendly, hal penting lain yang tidak boleh kamu lupakan adalah keamanan website yang juga menjadi perhatian Google dalam memberikan ranking pada website

Bagaimanapun juga pengunjung ingin merasa aman saat berada di website terutama ketika mereka akan melakukan pembelian atau pemesanan produk maupun layanan kamu. Kamu bisa menggunakan SSL dari Exabytes sebagai salah satu cara meningkatkan keamanan website. Mulai sekarang!

Leave your vote

496 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia bayu_ichszan

🇮🇩☀️ Bismillah Tawakkaltu 'Alallah ✨🇮🇩 Stay opposite..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *